1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Hewan Asli Indonesia Mulai Langka

Discussion in 'JaBoDeTaBek' started by Gunawan02, Feb 4, 2015.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Gunawan02 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 14, 2015
    Messages:
    215
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +0 / -0
    cahaya.co - Tak lama lagi kebanggaan kita akan keindahan dan keanekaragaman satwa asli tanah air sirna dan tinggal kenangan. Pasalnya, beberapa hewan endemik Indonesia terancam punah bahkan beberapa di antaranya sudah tak dapat ditemukan lagi di habitat aslinya.

    Harimau Bali yang meramaikan kekayaan alam negeri ini, menurut Willie Smits, seorang pakar satwa liar dari Pusat Perlindungan Satwa (PPS) Tasikoki, telah dinyatakan punah.

    "Harimau Jawa juga sudah punah, harimau Sumatera saat ini populasinya kurang dari 300 ekor, badak jawa tinggal sedikit, badak Sumatera hampir-hampir punah begitu banyak jenis burung di berbagai pulau seperti burung Jarak Bali juga sudah punah," tutur mantan staf ahli Menteri Kehutanan.

    Di Sulawesi sendiri, menurut Smits, terdapat beberapa jenis hewan asli yang terancam tak dapat disaksikan anak-anak generasi mendatang seperti Anoa, burung Maleo, Babi rusa dan Monyet bokong merah (Macaca Nigra).

    "Kalau saat ini satwa-satwa tersebut berkurang, itu merupakan bukti bahwa kita gagal mengamankan satwa di habitat aslinya. Berarti program kita tidak berhasil. Saya dulu ikut menulis aturan yang berlaku di sini, jadi saya harus mengakui bahwa Departemen Kehutanan belum berhasil untuk menyelamatkan lingkungan hidup," tutur dia panjang lebar.

    Selama ini, menurutnya, proses hukum terhadap pelaku-pelaku perburuan dan pemelihara satwa ilegal dipandang belum berjalan sesuai hukum dan perundang-undangan yang berlaku, sehingga tangan-tangan jahil terus saja menjarah kekayaan alam tanah air tanpa berpikir jauh ke depan.

    "Berarti, bagaimana pun kita tidak bisa mengatakan bahwa program kita untuk pelestarian lingkungan hidup berhasil. Jadi kita harus mencari jalan baru, dan menurut saya jalan terbaik adalah dengan penegakan hukum. Itu yang paling mendidik," tegas Smits. ( BN / ac )

    www.cahaya.cohttp://www.cahaya.co/kanal/read/34/1263/hewan-asli-indonesia-mulai-langka.html
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.