1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.

News Hary Tanoe Keberatan Terkait Kritik Mahfud MD Terhadap Stasiun TV yang Belum Beralih ke Digital

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by IDWS.News, Nov 6, 2022.

  1. IDWS.News Gatotkaca

    Offline

    ▁ ▂ ▄ ρεηүεвαя ιηғσ ▄ ▂ ▁

    Joined:
    Feb 18, 2010
    Messages:
    3,404
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +106 / -0
    Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut masih ada tujuh stasiun televisi swasta yang masih melakukan siaran secara analog pasca migrasi siaran TV analog ke digital di wilayah Jabodetabek pada Rabu (2/11/2022) lalu.

    Pengalihan siaran analog ke digital itu sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja Pasal 78 Angka 3 Sektor Pos, Telekomunikasi, dan Penyiaran (Postelsiar).

    "Hanya ada beberapa TV yang sampai sekarang masih tidak mengikuti atau membandel atas keputusan pemerintah, yaitu RCTI, Global TV, MNC TV, iNews TV, ANTV, dan tadi juga terpantau TV One serta Cahaya TV," ungkapnya dalam pernyataan yang diunggah di kanal YouTube Kemenko Polhukam pada Kamis (3/11/2022).





    Menariknya, dari tujuh stasiun televisi swasta yang masih belum beralih ke digital tersebut, empat di antaranya dimiliki oleh MNC Group. Sedangkan dua lainnya dimiliki VIVA Group yang kepemilikannya terkait dengan Grup Bakrie.

    Mengenai ketujuh stasiun televisi yang masih membandel tersebut, Mahfud MD mengancam akan menyatakan bahwa akvitas siaran mereka sebagai aktivitas ilegal.

    "Maka, jika sekarang masih melakukan siaran-siaran melalui analog, maka itu bisa dianggap sebagai ilegal dan bertentangan dengan hukum yang berlaku. Mohon agar ini ditaati agar pemerintah tidak perlu melakukan langkah-langkah yang sifatnya polisionil daripada sekadar administratif," kata Mahfud MD.

    Atas ancaman tersebut, ketujuh stasiun televisi yang disebut Mahfud MD itu pun belakangan ini mulai mematikan siaran analog masing-masing.


    Protes Bos Besar MNC Group

    Bos MNC Group, Hary Tanoesoedibjo alias Hary Tanoe menyampaikan keberatan atas dimatikannya siaran analog jaringan televisi miliknya.

    MNC Group sendiri menaungi sejumlah stasiun televisi nasional seperti RCTI, MNCTV (dulu TPI), INews (dulu SUN TV), dan GTV (dulu Global TV). Hary Tanoe bahkan mengaku merasa ditekan pemerintah agar perusahaannya ikut mematikan siaran analog dan berganti menjadi siaran digital. Ia juga meminta maaf kepada seluruh pemirsa televisinya karena pihaknya tak memiliki pilihan lain.

    "Mohon maaf kepada pemirsa RCTI, MNCTV, GTV dan iNews se-Jabodetabek, karena adanya permintaan oleh Menko Polhukam, Bapak Mahfud MD untuk mematikan siaran analog di wilayah Jabodetabek, maka kami dengan SANGAT TERPAKSA mengikuti permintaan tersebut, meskipun masih tidak paham dengan landasan hukum yang dipakai," tulis Hary Tanoe dikutip dari akun Instagram resminya.

    Pendiri Partai Perindo ini juga menyinggung kebijakan pemerintah yang dinilai tidak singkron terkait dimatikannya siaran analog.

    Hary Tanoe beralasan bahwa pihaknya (MNC Group) belum pernah mendapat surat tertulis resmi dari pemerintah untuk menyabut izin siaran analog di wilayah Jabodetabek.

    "Secara fakta, permintaan tersebut kami laksanakan walaupun sampai hari ini, jam, dan detik ini belum ada surat tertulis yang diterima oleh MNC Group terkait dengan pencabutan izin siaran analog di wilayah Jabodetabek untuk mendukung program Analog Switch Off sehingga dengan demikian secara hukum tidak ada kewajiban kami untuk melaksanakan Analog Switch Off," tulis pernyataan resmi MNC Group, dikutip dari Kompas.com.


    Sumber: Portal IDWS
     
  2. khuma_putry Regional Leader

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Nov 7, 2009
    Messages:
    6,245
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +147,839 / -10
    kalau kita yang jauh dari signal UHF mah sante saja. sudah terbiasa dengan barang mahal (parabola + Ricever).

    mau ada signal UHF (Analog) maupun siaran digital tidak ngaruh. yang ngaruhnya cuma tidak bisa nonton bola liga paling mahal di dunia (liga BRI).
     

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.