1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Ungkapin kenangan film Asia paling berkesan buatmu. Berhadiah GK, Pulsa, dan Line Gift Sticker loh! .Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Hadapilah Masalah dengan Ketenangan

Discussion in 'Motivasi & Inspirasi' started by Blirante, Mar 12, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Blirante M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 12, 2009
    Messages:
    454
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +194 / -0
    "Ketenangan adalah sumber kekuatan yang luar biasa". (Lao Tzu)

    Setiap orang tidak akan lepas dari masalah. Secara sederhana, masalah dapat diartikan tidak sesuainya antara harapan dengan kenyataan. Jika suatu permasalahan mendatangi kita, tentu saja kita akan berusaha menyelesaikannya secepat mungkin. Namun, bagaimana jika masalah yang datang itu begitu pelik dan kita belum menemukan solusinya? Apakah yang sebaiknya kita lakukan? Mudah-mudahan kisah berikut ini dapat memberikan inspirasi bagi kita.

    Suatu saat seorang tukang kayu sedang asyik bekerja. Secara tak sengaja arlojinya jatuh dan terbenam ke dalam tingginya tumpukan serbuk kayu. Arloji tersebut merupakan hadiah dari seorang sahabatnya, dan telah lama dipakainya. Karena begitu menyukai arloji tersebut, iapun berusaha untuk menemukannya kembali.

    Sambil mengeluhkan keteledorannya, tukang kayu tersebut membongkar tumpukan serbuk kayu. Teman-temannya ikut pula membantu menemukan arloji tersebut. Namun setelah membolak-balik tumpukan serbuk kayu tersebut, arloji tersebut belum juga ditemukan.

    Ketika jam istirahat tiba, semua pekerja pergi meninggalkan bengkel tersebut untuk makan siang. Tukang kayu yang kehilangan arloji tersebut, dengan lesu juga meninggalkan bengkel.

    Saat itu datanglah seorang anak mendekati tumpukan serbuk kayu tersebut. Rupanya sudah sejak tadi dia memperhatikan mereka mencari arloji yang jatuh ditumpukan serbuk kayu. Anak itu lalu berjongkok dan mulai mencarinya. Tak berapa lama kemudian, ia berhasil menemukan arloji tersebut. Anak itu kemudian menyerahkan arloji tersebut kepada tukang kayu.

    Alangkah gembiranya tukang kayu karena arloji kesayangannya ditemukan kembali. Ia berterima kasih kepada anak tersebut dan bertanya bagaimana ia bisa menemukannya. Padahal sebelumnya banyak orang yang membongkar serbuk kayu tersebut. Anak itupun menjawab: "Saya hanya duduk tenang di lantai. Dalam keheningan itu saya bisa mendengar bunyi ‘tok-tak, tok-tak'. Dengan itu, saya tahu di mana arloji itu berada".

    ***

    Ketika kita mendapatkan masalah, kita ingin masalah itu cepat selesai. Tidak seorangpun ingin masalahnya berlarut-larut yang pada gilirannya dapat menghambat aktivitas. Namun, seringkali ketika masalah itu datang, kita belum memiliki jalan keluarnya. Hal ini terjadi karena peliknya masalah yang dihadapi.

    Menghadapi suatu masalah pelik, alih-alih memikirkannya setiap saat ada baiknya sejenak kita lupakan masalah tersebut. "Duduklah dengan tenang dan buatlah secangkir teh", demikian kata seorang bijak.

    Lao Tzu, seorang filsuf China pernah berucap, "Ketenangan merupakan sumber kekuatan yang luar biasa". Dalam suasana yang tenang dan nyaman, otak kita akan mampu berpikir dengan baik. Ketenangan memberikan kekuatan bagi otak untuk bekerja dengan baik. Berbagai alternatif untuk memecahkan masalah yang pelik tersebut, akan muncul dengan sendirinya dalam pikiran kita. Layaknya detak arloji yang terdengar di keheningan.

    Oleh sebab itu ketika kita kehilangan akal dalam menghadapi suatu persoalan, maka jangan ambil keputusan apapun. Alih-alih mengambil keputusan yang tergesa-gesa, lebih baik tenangkan pikiran terlebih dahulu. Ketika saatnya tiba, pikiran akan memberikan jalan keluar yang efektif. Saat itulah waktu yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan.
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. shabutaro M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Oct 7, 2008
    Messages:
    2,666
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +2,229 / -0
    :top::top::top:
    kalo ada masalah, jangan grusa-grusu nyelesaikannya. lebih baik tetep tenang, dan mungkin akan ketemu jalan keluarnya... :top:
     
  4. genbu Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 8, 2009
    Messages:
    172
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +428 / -0
    ceritanya versi serbuk kayu y...
    klo g yang pernah dengar t versi tumpukan jerami.. tapi gpp
    ceritanya bener2 punya arti yang dalem dan bisa dipraktekin di kehidupan sehari-hari dan itu terbukti sama g kalau dalam menghadapi setiap masalah terkadang ketenanganlah yang jadi jalan keluar
     
  5. just_fluke Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 27, 2010
    Messages:
    76
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +4 / -0
    bener banget neh kk :)
    gw jg sering denger cerita kaya gene neh. dan uda lama terapin dan hasil nya emg bner luar biasa kk heheh. dari masalah kecil sampe besar bisa kita selesain kk
    bagus neh cerita nya. memotivasi orang neh. sep kk hehehe
     
  6. hcxiii Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 15, 2010
    Messages:
    136
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +134 / -0
    wah mantab tu bocah :piss:

    he could think out of the box :top: :top:
     
  7. v3rt1c4l M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 4, 2009
    Messages:
    180
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +15 / -0
    wah bener.... hati boleh panas, tapi kepala tetap dingin
     
  8. niels2805 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 29, 2010
    Messages:
    34
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +0 / -0
    Panik hanya akan membuat konsentrasi terpecah....
     
  9. rezabadguy M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 28, 2009
    Messages:
    516
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +6,191 / -0
    yang penting percaya bisa nyelesainnya. sayangi diri sendiri d
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.