1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Pengen hadiah pulsa buat ngisi paketan internet? Ikuti TTS Cartoons 2018 di AMVC CrossWords. Langsung saja jawab, aku tunggu yaaaa!!
  6. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

Science Guyur Air Langsung ke Kepala Saat Mandi Berisiko Stroke?

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by smkosasih, Sep 26, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. smkosasih M V U

    Online

    Senpai

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,341
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,185 / -0
    Beredar peringatan agar saat mandi jangan langsung mengguyur air ke kepala karena bisa berisiko stroke. Ternyata menurut pakar saraf kemungkinan itu ada terutama pada orang-orang tertentu yakni saat udara terlalu dingin atau panas dan suhu tubuh sedang dalam kondisi sebaliknya.

    [​IMG]

    Maka itu disarankan bila Anda sedang kepanasan atau kedinginan, sebaiknya hindari mengguyur air langsung ke kepala saat mandi. Pada orang-orang tertentu, mengguyur air langsung ke kepala dengan suhu yang berlawanan bisa menyebabkan stroke.

    Semua titik dan suhu dalam tubuh manusia baik yang berada di dalam maupun di luar berpengaruh pada aktivitas otak. Otak berfungsi untuk memonitor tubuh agar berfungsi secara normal, maka sesuatu yang ganjil pada tubuh tentu sangat mempengaruhi otak.

    "Jika seseorang yang tubuhnya sedang kepanasan lalu langsung diguyur kepalanya dengan air dingin, bisa menyebabkan saraf kaget atau bahkan stroke bila terjadi pada orang yang tidak sehat," jelas Prof dr Teguh Ranakusuma, SpS (K), dokter spesialis saraf dari Departemen Neurologi FKUI-RSCM, saat dihubungi detikHealth, Senin (26/9/2011).

    Prof Teguh menyebutkan, perubahan suhu yang tiba-tiba bisa menyebabkan stroke bila terjadi pada tipe-tipe orang dengan penyakit tertentu, yaitu:

    1. Penyakit jantung
    2. Tekanan darah tinggi
    3. Gangguan pembuluh darah (kardiovaskuler)
    4. Gangguan darah

    "Ini juga terjadi ketika tubuh yang kedinginan tiba-tiba diguyur air panas. Perubahan yang tiba-tiba ini yang menyebabkan stroke. Makanya kalau orang haji sering mengalami heat stroke (stroke karena kepanasan), karena belum terbiasa dengan suhu yang tiba-tiba panas," lanjut Prof Teguh.

    Prof Teguh menjelaskan, tubuh manusia memiliki regulasi yang tinggi karena terdapat thermo regulator (pengatur suhu) di otak. Ketika suhu tubuh panas, maka otak akan memerintahkan pembuluh darah untuk melebar agar terjadi penguapan dan penurunan suhu. Sebaliknya, otak akan memerintahkan pembuluh darah menyusut bila tubuh kedinginan.

    Bila pembuluh darah yang sedang melebar karena kepanasan tiba-tiba disiram air dingin, maka bisa menyebabkan pembuluh darah pecah. Jika hal tersebut terjadi di pembuluh darah otak, maka bisa menyebabkan stroke. Hal yang sama juga terjadi ketika pembuluh darah yang sedang menyusut diguyur dengan air panas.

    Menurut Prof Teguh, kondisi ini juga sering terjadi pada orang yang suka mandi uap. Jika selesai mandi uap yang panas kemudian langsung masuk ruangan AC, maka orang tersebut bisa pingsan. Perubahan suhu yang tiba-tiba bisa membahayakan pembuluh darah.

    "Jadi orang yang memiliki penyakit jantung, hipertensi, ada masalah dengan pembuluh darah atau isi darahnya sendiri, harus hati-hati dengan perubahan suhu yang tiba-tiba. Kalau mau mandi sebaiknya diusap-usap dulu, jangan langsung diguyur ke kepala jadi biar beradaptasi dulu. Kita harus sayang dengan tubuh kita karena Tuhan sudah memberi kita tubuh yang sempurna. Sakit itu yang ngasih bukan Tuhan tapi karena manusia itu sendiri yang kurang bisa merawat tubuhnya," tutup Prof Teguh.

    Untuk menghindari risiko kepala kaget disarankan saat udara terlalu dingin atau panas dan suhu tubuh sedang dalam kondisi sebaliknya, maka saat mandi jangan langsung mengguyur air di kepala. Beri tubuh penyesuaian dulu seperti menyiram tangan lalu badan baru ke kepala.

    sumber:
    Code:
    http://www.detikhealth.com/read/2011/09/26/190454/1730890/766/guyur-air-langsung-ke-kepala-saat-mandi-berisiko-stroke?l991101755
    wah, pantesan dulu ortu sering bilang jangan langsung guyur kepala kalau mandi.
    :belajar:
     
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. V3rmouth M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 21, 2009
    Messages:
    863
    Trophy Points:
    207
    Ratings:
    +9,228 / -0
    Serem jg ya
    Gara2 guyuran air bisa bikin stoke
    Hiiii....
     
  4. smkosasih M V U

    Online

    Senpai

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,341
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,185 / -0
    sebenarnya guyurannya gak serem. Tapi kalu suhu tubuh sangat berbeda dengan suhu air yg ngeGuyur kepala kita itu baru serem..
    ntu baru berisiko stroke.
     
  5. fakkumod Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 8, 2011
    Messages:
    208
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +225 / -0
    "Prof dr Teguh Ranakusuma, SpS (K), dokter spesialis saraf dari Departemen Neurologi FKUI-RSCM, saat dihubungi detikHealth, Senin (26/9/2011)."

    Wah, dosen ane tuh bos wakakakak.
     
  6. shadiixx M V U

    Online

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 24, 2009
    Messages:
    646
    Trophy Points:
    121
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,294 / -1
    wah bahaya ane sering tuh langsung kepala, tapi kalo misalnya cuaca panas terus badan disiram air dingin juga bukannya bahaya yaa?
     
  7. crazy4fun M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    May 1, 2009
    Messages:
    6,252
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +5,828 / -0
    Brarti klo suhu badan kita normal2 aja gpp kan guyur air langsung ke kepala :bingung:
     
  8. aira_LMH_PMY M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 28, 2011
    Messages:
    1,017
    Trophy Points:
    96
    Ratings:
    +1,171 / -0
    ya kayak yg dah berolahraga ja mestinya istirahat dulu,
    jangan lansung mandi,

    banyak kasus yg meninggal karena setelah main bola meninggal setelah berenang...
     
  9. __todosengel Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Jul 25, 2011
    Messages:
    11,013
    Trophy Points:
    262
    Ratings:
    +18,330 / -0
    hmm jadi gak boleh langsung ya... :iii:
    berarti harus nunggu beberapa waktu dulu ini...
     
  10. smkosasih M V U

    Online

    Senpai

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,341
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,185 / -0
    iya, jadi perbedaan air dan suhu tubuh gak boleh terlalu kontras.
    panas x dingin
     
  11. totonpunk M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 8, 2011
    Messages:
    1,436
    Trophy Points:
    97
    Ratings:
    +480 / -0
    Kepala memang tempat otak dimana semua perintah berasal dari situ.
    Jadi kita harus hati-hati memperlakukan kepala kita agar tidak timbul hal2 yang tidak diinginkan.
     
  12. yadiein M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Oct 6, 2011
    Messages:
    3,335
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +58,198 / -0
    waduhhhh
    serem juga nih..
    ane kan kalau mandi suka langsung guyur ke kepala aja...
    beneran ga nih gan...?
    apa nakut2in aja..?
     
  13. TOMACHAN Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 31, 2010
    Messages:
    83
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +4 / -0
    bener juga sih terutama kalo

    suhu udara dingin bisa koit ntar.... palagi abis begadang....
     
  14. yuma Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 3, 2009
    Messages:
    5,763
    Trophy Points:
    201
    Ratings:
    +3,012 / -0
    Saya selalu olahraga ringan dulu sebelum mandi supaya tubuh agak "panas". Terutama pas musim penghujan, saat temperatur cenderung rendah. Dengan begitu, pas mandi dan mengguyur bagian kepala rasa dinginnya nggak terlalu terasa :hmm:

    Dulu juga pernah baca -lupa di mana- katanya saat mandi dengan shower jangan membuka keran sampai maksimal. Soalnya, tekanan air yang keluar dari shower jadi terlalu besar (pada shower dengan diameter lubang tertentu) sehingga bisa bikin sakit kepala.
     
  15. andra35 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 22, 2010
    Messages:
    23
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Wedew padahal seger, ternyata berbahaya juga efeknya......:gaswat: :kaget:
    nice Info:top:
     
  16. Xeros Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 4, 2009
    Messages:
    231
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +835 / -0
    :gaswat: serem juga nih..

    gak pernah kepikir kalau yang ginian aja bisa bikin stroke.
     
  17. yerhannap M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 30, 2010
    Messages:
    463
    Trophy Points:
    37
    Ratings:
    +2,394 / -0
    klo mandi air dingin seringnya dibilang sm ortu siramnya dari kaki dulu
     
  18. bintang_kecil M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 23, 2010
    Messages:
    550
    Trophy Points:
    156
    Ratings:
    +1,651 / -2
    Wah sip gan sungguh info yang berguna. peringatan yang baik buat kita semua nih, hati-hati ketika mandi
     
  19. yunniebun Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 4, 2012
    Messages:
    201
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +1 / -0
    yang bentul??? :shock:
    gua biasanya sih guyur kepala kalo lagi mau keramasan doang dan kalo lagi kedinginan gua lebih milih mandi tanpa keramasan yang artinya kepala ga kesirem air :hoho:
    yang jadi masalah itu kalo panas sih emang, pas lagi kepanasan terus langsung nyirem kepala pake air itu seger banget soalnya :sebel:
     
  20. rumahmakanpadang M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 25, 2010
    Messages:
    216
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +7 / -0
    mungki kalo kepanasan jangan langsung mandi,
    kipas kipas badan aja dulu bar dingin
     
  21. avianto6300 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 23, 2011
    Messages:
    71
    Trophy Points:
    21
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +7 / -0
    setidaknya mitos orang tua itu bisa dibuktikan dengan teori yang berlaku di zaman sekarang...
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.