1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

Parenting [Growth & Development] Anak Laki-laki Suka Main Boneka?

Discussion in 'Parenting and Pregnancy' started by yoonz14, Feb 12, 2014.

  1. yoonz14 Mod in Trainee

    Offline

    ❤邓邓伦伦❤邓论❤

    Joined:
    Apr 27, 2012
    Messages:
    9,322
    Trophy Points:
    252
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +10,297 / -0
    [​IMG]

    Banyak orangtua khawatir, anak laki-laki yang bermain dengan mainan anak perempuan, seperti boneka atau sebaliknya anak perempuan yang bermain dengan mainan anak laki-laki akan memperlemah identifikasi kelaki-lakian atau keperempuanannya. Karena itulah mereka tidak senang bila anaknya bermain dengan mainan yang bukan mewakili gendernya.

    Di usia ini, anak seringkali memang masih tertarik dengan berbagai mainan. Anak laki-laki bisa saja ikut senang bermain boneka karena kakaknya bermain boneka, atau anak perempuan senang bermain mobil-mobilan karena teman bermainnya juga main mobil-mobilan. Baru di usia lima tahun ia akan mulai mengidentifikasi mainan berdasarkan jenis kelaminnya.

    Anak-anak perempuan mulai memilih bermain boneka, dan anak laki-laki mulai memilih bermain mobil-mobilan, atau robot-robotan. Anak perempuan mungkin akan terlihat asyik bermain rumah-rumahan, sementara anak laki-laki seolah begitu menikmati ketika bermain bajak laut atau perang-perangan. Terlepas dari pengaruh luar, tampaknya anak memiliki dorongan dari dalam dirinya untuk memilih mainan-mainan yang sesuai dengan jenis kelaminnya sendiri.

    Jadi, kalau sekarang si tampan cilik Anda suka bermain boneka, tampaknya Anda tak perlu terlalu khawatir, Ma. Jangan heran kalau setelah usia lima tahun ia akan menyukai permainan yang lebih ‘laki-laki’, dan menegur teman perempuannya yang mau ikut bermain, “Ga usah ikutan. Kamu kan anak perempuan. Ini main perang-perangan, nanti kamu ketinggalan kalau harus lari...” Begitu pun sebaliknya, anak perempuan mungkin akan menegur teman laki-lakinya yang mau ikut bermain boneka. “Ih sana kamu! Kamu kan anak laki-laki. Masa mau ikut main boneka?”

    Sumber




    Walau dikatakan disini kalau tidak perlu khawatir, tapi ada kalanya sebagai orang tua masih harus memantau lagi mainan anak2
    krn ada muridku yg sudah kelas 5 SD (kira2 berarti 10 tahun) sikapnya masih seperti anak cowok dan yg anak cowok sikapnya masih kayak anak perempuan... ^^
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. bloodypains Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 18, 2014
    Messages:
    47
    Trophy Points:
    7
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2 / -0
    sebisa mungkin anak laki-laki di beri mainan robot2an .jangan boneka yang cewe2 gitu karena akan berefek menuju perkembangannya
     
  4. ernimulyandari M V U

    Offline

    ~ 에르니~

    Joined:
    Jul 6, 2012
    Messages:
    9,406
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +11,977 / -0
    Yups setuju...
    Setiap anak mempunyai masa sendiri-sendiri...
    Kita g boleh terlalu banyak melarang...
    Tapi ada baiknya jika tidak segera kembali ke jalan yang benar harus segera dialihkan...
    Semisal udah 1 bulan itu anak cowok main boneka terus... nah kita sebagai orang tua harus mengalihkan... misal ya kita belikan mobil2an terus diam2 bonekanya diumpetin... :hehe:



    [​IMG]
     
    • Like Like x 28
  5. HateLove M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 12, 2011
    Messages:
    419
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +482 / -0
    Sebagusnya anak di berikan kebebasan dalam berkreasi dan mau melakukan apa dengan pengawasan. .
    Jangan di batas batasi apa lagi sampai melarang melarang yang bisa berdampak tidak baik terhadap dampak psikologisnya
     
  6. aristhomast Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 15, 2010
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +0 / -0
    Kalo sy se ga masalah anak laki main boneka, asal mainan lain kyk mobil2an, robot2an jg tetep dikasi main..
    trus kalo boneka kan bs ditaruh di tmpt tidur anak jg sbg hiasan atau spy ada tmn tidur anak..
     
  7. erfi M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 3, 2013
    Messages:
    1,479
    Trophy Points:
    72
    Ratings:
    +797 / -0
    setuju dengan HateLoveHateLove; dan yoonz14yoonz14;


    anak-anak jangan dilarang selama itu tidak berbahaya

    anak cowo suka bermain boneka mungkin karena hanya rasa keingintahuannya atau karena dia berteman dengan teman cewenya lagipula dengan begitu dia akan belajar mengenal
    kelembutan dan sebaliknya dengan anak cewe yang suka manjat pohon,main bola ,dll .. dia akan belajar mengekspresikan diri.
    orang tua hanya mengamati saja jika kebablasan barulah di beri pengertian #CMIIW


    (anak ku cowo usianya 2 tahun,sesekali dia bermain boneka karena temen cewenya ngajak bermain adik-adikan, jadi kalo bertemu dengan bayi anakku bisa bersikap lembut seperti elus pipinya dan mencium dahinya :hehe:
    anak ku perempuan usianya 9 tahun ,,, dia tomboy.. suka main layangan,manjat pohon ,main bola dengan teman-teman cowonya , lama-lama rasa malu nya timbul jadi sekarang hanya sesekali saja main sama temen cowonya :hihi:)
     
    Last edited by a moderator: Apr 25, 2015
  8. ccinneke Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 29, 2009
    Messages:
    40
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +47 / -0
    anakku kedua nya cowok. (umur 10 dan 5 thn). Mereka masing2 punya boneka kesayangan. Yang satu bentuknya bebek, yang satunya lagi bentuknya kera. Tapi keduanya juga masih suka main bola, main perang2 an, dan permainan2 cowok lainnya. Rasanya selama boneka nya itu masih netral (binatang, bentuk mobil) dan masih suka dengan jenis mainan lainnya, kok gak masalah ya
     
    • Thanks Thanks x 1
  9. OXYCANTHAA Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 21, 2015
    Messages:
    189
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +22 / -0
    Macam boneka nya musti diperhatikan juga, apakah boneka macam boneka Barbie atau macam super hero, binatang :hoho:
    Kalau yang terakhir, rasa nya masih dalam taraf wajar dan normal
    Namun, apabila macam boneka Barbie, orang tua sebaiknya mengarahkan pada macam boneka yang lain atau mobil-mobilan atau lainnya :elegan:
     
  10. wiwis6002 M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Mar 29, 2012
    Messages:
    9,139
    Trophy Points:
    202
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +2,398 / -2
    teman ku pernah bertanya padaku hal yg sama..
    kalo anak cowok maen boneka gimana??
    :iii: waaktu itu aku jawabnya, ya harus dibiasakan main yg sesuai gendernya dong..
    tapi sekarang mungkin jawabankua akan berbeda..
    anak balita itu memang cusiousity nya lagi tinggi, jadi pantas kalo memainkan berbagai hal yg ada d sekitarnya , salah satunya mungkin boneka..
    walaupun boneka, kenapa gk sekalian saja bneka itu dibuat sebahai sarana edukasi buat dia..
    kalo boneka nya boneka binatang, bisa kita kenalkan tentang bentuk morfologi binatang,
    kalo boneka nya berwujud manusia, bisa kita buat edukasi tentang perbedaan gender & peran gendernya dia..
    saya setuju sm kk erfi, mungkin dengan diperbolehkan main sedikit feminim anak bisa tahu gimana memperlakukan orang lain yg berbeda usia atau gender..

    imho :hehe:
     
  11. andridprasetyo M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 18, 2009
    Messages:
    377
    Trophy Points:
    42
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +80 / -0
    kalo cowok, lebih baik diajak main ke luar, di halaman gitu main lempar-lempar bola
    atau main sepak-sepak bola, atau kejar-kejaran, pokoknya yang melatih kinetik
    kalo tetep suka sama boneka, ajak agar main boneka bersama di luar,
    terus bonekanya dikasih kostum cowok juga
    terus main bonekanya yang temanya tentang bola juga,
    itu salah satu jalan tengah yang baik :hmm:
     
  12. bjarstkular Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 11, 2012
    Messages:
    11
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    kalau anak saya sering dikasi nonton film action kaya ksatria baja hitam atau bima X itu efek'y bagaimana?:bingung:
     
  13. burekku Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 10, 2008
    Messages:
    122
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +4,086 / -0
    pernah baca tulisan di mainan lego tahun 70 an bahwa emang cowo tu awal2nya pasti doyan sama objek kaya boneka2 gitu.tapi linknya ane gag nemu
     
  14. donjongos Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 24, 2010
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    betul dunia anak dunia bermain, tetapi tetap harus diawasi...
     
  15. n4no Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 23, 2010
    Messages:
    29
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +22 / -0
    Bagaimana kalau sebaliknya, anak perempuan suka main mobil-mobilan dan robot?
     
  16. pieterloho Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 20, 2011
    Messages:
    13
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +4 / -1
    patut di coba gan.... terima kasih
     
  17. m4ttrix Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 19, 2009
    Messages:
    31
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +3 / -0
    anak cowo maen boneka gpp lah.. asal bonekannya boneka cowo, jangan boneka barbie... tp herannya jhonny depp hobi koleksi boneka barbie toh dia tetap maskulin
     
  18. alexandrajhee Members

    Offline

    Joined:
    Aug 11, 2016
    Messages:
    4
    Trophy Points:
    11
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +2 / -0
    Hi salam kenal.
    Anakku sekarang usianya masuk 9 tahun. Gender : male.
    Dan perihal mainan sejak dia kecil tidak banyak mengalami masalah (kecuali mainan rusak/hancur :ngantuk:) terutama masalah yang berhubungan dengan psikologisnya.

    Bagi saya, segala mainan itu baik, asalkan kita bisa seimbangkan. Dan yang enggak kalah penting, adalah kita mau dan mampu mendampinginya. Kecuali kalo kerja semua, mungkin yang mendampingi di rumah perlu di brief dulu.
    Seimbang contohnya, ketika anak laki-laki bermain boneka, maka seimbangkan dengan mainan mobil-mobilan.
    Atau contohnya ketika anak saya (waktu itu uia 5thn) excited banget sama mainan masak-masakan dengan perabot kitchen warna pink dan ungu, saya enggak lantas tidak memperbolehkan. Tapi saya seimbangkan dengan membelikan mainan tukang-tukangan.
    Dan ketika bermain, saya dampingi sebentar buat ngobrol
    "Wah, kamu lagi memasak apa? Bikin yang enak ya kayak masakan mommy"
    "Biasanya sih yang suka didapur itu mommy, tapi kalo kamu bantuin mommy it's good"
    "Kira-kira boneka kamu diberi nama apa? Jack? Rhinos? Pasti dia juga seneng loh kalo diajak main tukang-tukangan hari ini"

    Segitu aja sih. Semoga lumayan bs membantu mencari inspirasi.
     
    • Thanks Thanks x 1
  19. ___Renata___ M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 4, 2014
    Messages:
    772
    Trophy Points:
    77
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +328 / -2
    Wah, beda-beda ya pendapatnya

    Tapi kalo aye pribadi sih (nanti kalo udah punya anak),
    lebih cenderung utk gak membolehkan anak laki2 aye bermain boneka terutama boneka yg sifatnya feminin
    spt boneka dedek bayi, boneka perempuan atau boneka barbie


    Nah, kalo main action figure superhero atau robot Gundam, boleh deh
     
  20. kumamaku Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 7, 2009
    Messages:
    49
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    Ada anak temanku yang terbiasa main boneka dari balita sampai menginjak usia SD. Secara tidak disadari, si anak jadi lebih sensitif dan agak kewanitaan. Oleh karena itu orang tua harus mengawasi apa yang dimainkan oleh anak, dan membatasi proporsinya.. agar tidak menyesal di kemudian hari.
     
  21. sakaww Gatotkaca

    Offline

    Ref:rain / Mabayui Bakari

    Joined:
    Sep 5, 2009
    Messages:
    533
    Trophy Points:
    132
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,384 / -2
    ya asalkan kita sebagai orang tua proaktif mengawasi proporsinya
    sebenernya laki main boneka juga ga masalah
    proporsinya dijaga aja, sama diawasin
     

Share This Page

Users found this page by searching for:

  1. anak usia 7 th main berbie

    ,
  2. anak laki laki suka main masak masakan

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.