1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

News Gempa Bawah Laut 7,7 M di Pasifik Selatan, Australia dan Selandia Baru Umumkan Peringatan Tsunami

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by IDWS.News, Feb 11, 2021.

  1. IDWS.News adalah Partner/ Kontributor TerverifikasiIDWS.News Gatotkaca

    Offline

    ▁ ▂ ▄ ρεηүεвαя ιηғσ ▄ ▂ ▁

    Joined:
    Feb 18, 2010
    Messages:
    2,439
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +85 / -0
    Gempa bawah laut berkekuatan 7.7 skala magnitudo menghantam Pasifik Selatan dan mengakibatkan ancaman tsunami bagi negara-negara di sekitar pusat gempa.

    Gempa tersebut terjadi Kamis dinihari waktu setempat, dan terletak kurang lebih 415km ke arah timur dari New Caledonia dengan kedalaman 10km, menurut laporan Survei Geologi Amerika Serikat seperti dilansir dari CNA. Pasifik Selatan merupakan istilah menyebut wilayah dari Samudra Pasifik yang berada di bagian selatan garis khatulistiwa.

    Pusat Peringatan Tsunami AS di Pasifik Selatan melaporkan diperkirakan akan terjadi "gelombang tsunami mematikan" di beberapa garis pantai. Tsunami itu diprediksi memiliki ketinggian 0,3-1meter di atas level air laut pasang dan kemungkinan menghantam Fiji, Selandia Baru, dan Vanuatu.

    Departemen Seismologi Fiji lewat Twitternya telah melaporkan gelombang tsunami telah sampai di garis pantainya, sayang belum ada detail lebih jauh lagi.

    Biro Meteorologi Australia juga mengnfirmasi bahwa gelombang tsunami telah terbentuk dan memperingatkan Pulau Lord Howe yang terletak sekitar 550km arah timur dari pulau utama Australia.

    Di sisi lain, Agensi Manajemen Gawat Darurat Nasional Selandia Baru telah merilis pernyataan yang memperingatkan masyarakat yang berada di daerah pantai untuk menjauh dari wilayah garis pantai.


    [​IMG]
    Gempa bawah laut berkekuatan 7.7 skala magnitudo terjadi di Pasifik Selatan, sebelah utara Selandia Baru pada Kamis dinihari waktu setempat. (Foto: USGS)

    "Kami memperkirakan area-area pantai Selandia Baru akan terkena gelombang air laut yang kuat dan tidak biasa, serta kenaikan air laut yang tak terduga di daerah pantai seiring dengan terjadinya gempa 7.7 skala magnitudo," bunyi cuplikan dari pernyataan agensi tersebut, seperti dilansir dari CNA.

    Area yang diperkirakan akan dihantam gelombang tsunami di Selandia Baru adalah pulau-pulau di sebelah utara Selandia Baru, Great Barrier Island di arah timur dari Auckland, dan garis pantai sebelah timur Selandia baru.

    Gempa bawah laut ini termasuk dalam wilayah cincin api atau wilayah di mana pelat tektonik Bumi saling berbenturan, sehingga kerap kali menimbulkan aktivitas vulkanik maupun seismik.

    Di tahun 2018, gempa 7.5 skala magnitudo yang menyebabkan tsunami di Pulau Sulawesi, Indonesia, menyebabkan kurang lebih 4.300 orang meninggal atau hilang. Lebih jauh lagi, pada 2004, gemba berkekuatan 9,1 skala magnitudo terjadi di daerah pantai Pulau Sumatra dan menyebabkan tsunami yang menelan korban jiwa mencapai 220 ribu orang serta dianggap sebagai salah satu bencana alam paling mematikan dalam sejarah.


    Sumber: Portal IDWS
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.