1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Biography Frans Soemarto Mendoer: orang yang mengabadikan foto proklamasi RI

Discussion in 'Indonesian History' started by blacksheep, May 16, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. blacksheep M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,595
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +25,043 / -0
    [​IMG]Frans Soemarto Mendoer

    Fotografi memang bukan hanya menjadi saksi sejarah, tapi juga menjadi bukti sejarah hidup manusia dan peristiwa-peristiwa yang melingkupinya. Dengan keberadaan foto, banyak orang bisa diingatkan dan disadarkan tentang suatu hal. Frans Soemarto Mendoer sangat memahami hal tersebut. Karena itulah, setelah mendapat kabar dari seorang sumber di harian Jepang Asia Raya bahwa akan ada kejadian penting di rumah kediaman Soekarno, Frans langsung bergerak menuju rumah bernomor 56 di Jalan Pegangsaan Timur itu sambil membawa kamera Leica-nya. Dan benar, pagi itu, Jumat, 17 Agustus 1945, sebuah peristiwa penting berlangsung di sana: pembacaan teks proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia oleh Soekarno.

    [​IMG]
    Saat itu Frans hanya memiliki sisa tiga lembar plat film. Jadi dari peristiwa bersejarah itu, ia hanya bisa mengabadikan tiga adegan. Yang pertama, adegan Soekarno membacakan teks proklamasi. Yang kedua, adegan pengibaran bendera Merah Putih yang dilakukan oleh Latief Hendraningrat, salah seorang anggota PETA. Dan yang ketiga, suasana ramainya para pemuda yang turut menyaksikan pengibaran bendera. Setelah menyelesaikan tugas jurnalisnya itu, Frans langsung bergegas meninggalkan rumah kediaman Soekarno karena menyadari bahwa tentara Jepang tengah memburunya.

    Frans menjadi satu-satunya orang yang mengabadikan momen sakral itu karena Alex Alexius Impurung Mendoer, kakak kandungnya yang juga sempat memotret prosesi bersejarah tersebut, harus merelakan kameranya dirampas oleh tentara Jepang.

    Dan sewaktu tentara Jepang menemui Frans untuk meminta negatif foto Soekarno yang sedang membacakan teks proklamasi, Frans mengaku film negatif itu sudah diambil oleh Barisan Pelopor. Padahal negatif foto peristiwa yang sangat penting itu ia sembunyikan dengan cara menguburnya di tanah, dekat sebuah pohon di halaman belakang kantor harian Asia Raya. Kalau saja saat itu negatif film tersebut dirampas tentara Jepang, maka mungkin generasi sekarang dan generasi yang akan datang tidak akan tahu seperti apa peristiwa sakral tersebut.

    Bahkan, mengenai kehadiran Frans di rumah Soekarno pada waktu itu, wartawan senior Alwi Shahab menulis “Andaikata tidak ada Frans Mendoer, maka kita tidak akan punya satu foto dokumentasi pun dari peristiwa proklamasi kemerdekaan…” Tulisan itu dimuat di harian Republika edisi Minggu, 14 Agustus 2005, tiga hari menjelang peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ke-60.

    Pencucian tiga buah foto bersejarah itu juga tidaklah mudah karena dihalang-halangi pihak Jepang. Frans bersama Alex terpaksa secara diam-diam harus mengendap, memanjat pohon pada malam hari, dan melompati pagar di samping kantor Domei (sekarang kantor berita ANTARA) untuk bisa sampai ke sebuah lab foto guna mencetak foto-foto tersebut. Padahal, bila dua bersaudara itu tertangkap oleh tentara Jepang, mereka akan dipenjara, bahkan dihukum mati.

    Foto pembacaan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia itu pertama kali dimuat di harian Merdeka pada tanggal 20 Februari 1946, lebih dari setengah tahun setelah pembuatannya. Film negatif catatan visual itu sekarang sudah tak dapat ditemukan lagi. Ada dugaan bahwa negatif film itu ikut hancur bersama semua dokumentasi milik kantor berita Antara yang dibakar pada peristiwa di tahun 1965. Waktu itu, sepasukan tentara mengambil seluruh koleksi negatif film dan hasil cetak foto yang dimiliki Antara lalu membakarnya.

    sumber : http://www.pasarkreasi.com/whoswho/print/photography/29


    Code:
    http://timetotalks.blogspot.com/2010/04/frans-soemarto-mendoer-satu-satunya.html
     
    • Like Like x 3
    • Thanks Thanks x 3
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. 1c4ru5 Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    6,681
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +5,956 / -1
    swt itu ttg wartawannya bru kmren nih dibahas di skolah tpi bru tw wajahnya gitu :lol:
     
  4. Xavier24 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 20, 2009
    Messages:
    51
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +5 / -0
    Klo ketauan bisa dihukum mati..

    Aiih serem amat ya..
     
  5. 1c4ru5 Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    6,681
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +5,956 / -1
    dia yg kubur di bwh pohon trus blg ama jepang telah dibawa barisan pelopor gmbrnya trus org jepang percaya cri barisan pelopor buat ngambil pdhal di bwh pohon :lol:
     
  6. kucing_alas M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 30, 2008
    Messages:
    898
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +59 / -0
    thanks infonya...dr dulu ga pernah mikir sapa yang foto ya momen tsb...kita hrs berterimakasih ma Frans Soemarto Mendoer, klo beliau ga mengabadikan momen bersejarah tsb..mungkin kita skrg cm bisa menghayal bgm wkt soekarno memproklamasikan kemerdekaan...
     
  7. sample Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 16, 2010
    Messages:
    89
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +54 / -0
    wahhhh .
    Info bagus nih ..
    sering2 share gan klo ada info baru ..

    sering cari2 thread beginian saya .
    biar tau Indonesia kita ini aslinya
     
  8. 1c4ru5 Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    6,681
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +5,956 / -1
    INDONESIA?NEGARA TERHEBAT DAN TERKAYA DUNIA SAYANG SAYA GK BSA DIMAKSIMALKAN KEK NEGARA2 MAJU SKRG...DAN MDH DIADU DOMBA

    dan gw bru ingat si frans soemarto ini nantinya stlh merdeka pda 17-8-45[secara dunia] dan merdeka secara sah dri belanda taon 1959
    si frans ini jdi juru foto kenegaraan dan juru foto pemerintah dan kepresidenan jdi ampir smua foto ptg pda saat dia megabdi hasil karya dia smua :top:
     
  9. neo079 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 17, 2009
    Messages:
    245
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +710 / -0
    Being memorial by photography
    ini yg bikin gw salut sama dunia fotografi
     
  10. maznarsiz Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 15, 2010
    Messages:
    17
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +11 / -0
    sejarah yang ditulis dengan darah perjuangan jangan hilang begitu saja ditelan oleh zaman
     
  11. AngelOfAvalon Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 29, 2010
    Messages:
    350
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +67 / -0
    wah, mantap! ane baru denger nih nama orang yang motret. terus kesannya dramatis banget gan,

    bayangin, tiga flat film yang berisi gambar2 penting...dulu kalo ane punya kamera (bukan yang digital) kalo filmnya tinggal 3, mungkin ane pake buat moto kucing, atau moto ikan piaraan gan! hahaa......salut Frans Mendoer!!
     
  12. Master_T M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 7, 2009
    Messages:
    1,571
    Trophy Points:
    112
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +436 / -0
    tapi sayangnya beliau cuma membawa 3 negatif...

    jadinya yang bisa diabadikan ya cuma segini
     
  13. momoghie Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 2, 2009
    Messages:
    59
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +42 / -0
    Behhh.... perjuangan seorang jurnalis yang ingin menyelamatkan sejarah bangsanya... patut ditiru tuh sama jur2nalis2 sekarang... jangan cuma cari gosip aja, gosip mah:muntah1:
     
  14. newcurzon Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 19, 2009
    Messages:
    48
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -1
    gila jadi saksi bisu sejarah indonesia.. salute....
     
  15. bulb Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 25, 2010
    Messages:
    138
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +49 / -0
    Frans... niceinfogan , baru tau kalo yg ngambil gambarnya nih orang
     
  16. cq510 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 6, 2010
    Messages:
    205
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +8 / -0
    oh ternyata ini orangnya ya, ga ngeh juga ya siapa yang ngambil foto pas lagi proklamasi, :haha:
    wew, keren banget bener2 buat di sisain cuma untuk momen penting aja.
     
  17. hellianowned M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 15, 2010
    Messages:
    691
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,467 / -0
    untung beliau bisa ngibulin tentara Jepang ya :top: , jd masih ada bukti momen2 paling bersejarah buat bangsa ini.
     
  18. yudo_w Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 5, 2009
    Messages:
    48
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +19 / -0
    Alhamdulillah pak Soemarto, memang foto bisa menjadi saksi bisu peristiwa bersejarah, Allah masih memberikan ridho-Nya untuk negeri Indonesia, oleh karena itu wahai bangsa Indonesia, suadara saudaraku sebangsa dan setanah air, bahwa tujuan Revolusi kita mengejar suatu Idee Besar, yakni melaksanakan Amanat Penderitaan Rakyat; Amanat Penderitaan Rakyat seluruhnya, seluruh rakyat sebulat-bulatnya (hehe.. barusan pak Karno lewat..)
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.