1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Fitnah keji Yang Disebarkan "SILET'" tentang Merapi membuat warga Eksodus

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by kanga6us, Nov 8, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. kanga6us M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Aug 21, 2009
    Messages:
    2,195
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +328,458 / -0
    [​IMG]

    Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mengaku mendapat 1.128 aduan terkait tayangan infotainment di RCTI 'Silet'. Diantara aduan tersebut, ada yang mempermasalahkan presenter 'Silet', Feni Rose.

    "Diantara aduan ada juga keluhan soal presenter. Itu termasuk dari aduan 1.128 yang masuk kita. Itu aduan terbanyak selama KPI ada," kata anggota KPI, Yazirwan Uyun, di sela-sela pertemuan antara KPI dengan para pemimpin redaksi sejumlah stasiun TV di Kantor KPI Jl Gajah Mada, Jakarta Pusat, Senin (8/11/2010).

    Menurut Yazirwan, Silet telah menimbulkan keresahan di masyarakat, terutama dalam tayangan terakhirnya mengenai bencana letusan Gunung Merapi. Bahkan gara-gara tayangan Silet yang memuat ramalan-ramalan mengenai letusan dahsyat Merapi, Minggu (7/11), kemarin, banyak pengungsi melakukan eksodus.

    Oleh karena itu, KPI mengimbau kepada seluruh presenter acara atau program berita agar mengikuti aturan yang tertuang dalam dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran.

    "Kami juga sudah mendapat aduan terutama soal penyampaian bahasa yang digunakan presenter yang dianggap berlebihan,"tambahnya.

    Wakil Ketua KPI Ani Mutmainnah menambahkan, KPI juga pernah menegur soal pakaian yang digunakan para presenter infotaiment termasuk 'Silet'. Hal ini terlihat dalam beberapa tayangan terutama yang ditayangkan setelah bulan puasa.

    "Setelah lebaran itu semua (pakaian) terbuka lagi. Tidak hanya Silet tapi semua program infotaiment," jelas Ani.

    Sebelumnya, Feni Rose telah meminta maaf kepada masyarakat Yogyakarta atas tayangan tanggal 7 November 2010. Feni mengaku sebagai seorang presenter infotainment, dirinya murni hanya melaksanakan tugas sesuai naskah.

    "Saya meminta maaf sedalam-dalamnya," kata presenter kondang itu melalui rilis kepada detikcom.
    Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mengambil langkah tegas terhadap tayangan infotainment 'Silet' hari Minggu (7/11). Mereka meminta tayangan 'Silet' dihentikan mulai Selasa (9/11) besok, sampai status 'Awas' Merapi dicabut.

    "Kita meminta penghentian sementara tayangan 'Silet'," ujar Ketua KPI Dadang Rahmat dalam jumpa pers di Kantor KPI, Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat, Senin (8/11/2010).

    Dadang mengatakan, sebenarnya KPI sudah mengirimkan surat kepada pihak redaksi tayangan itu. KPI juga tengah menunggu klarifikasi yang dilakukan dari pimpinan redaksi tayangan 'Silet'.

    Lebih lanjut Dadang mengatakan, tayang berdurasi 1 jam di RCTI itu telah terbukti menimbulkan keresahan masyarakat yang berada di Yogyakarta. Sampai-sampai dalam hitungan satu hari sejak tayangan itu muncul, KPI telah menerima 1.128 pengaduan dari masyarakat.

    "Berdasarkan informasi yang disampaikan kepada kita, berdasarkan temuan kami, sudah terbukti menimbulkan keresahan di masyarakat dengan adanya tayangan tersebut. Di beberapa tempat (di Yogyakarta) akibat tayangan tersebut juga sempat membuat warga eksodus," imbuh Dadang.

    "Kita juga sudah menerima sebanyak 1.128 aduan sejak kemarin setelah penayangan tayangan tersebut," tegasnya.

    KPI dikatakan Dadang, meminta penghentian tayangan tersebut dilakukan sampai pemerintah mencabut status Merapi yang saat ini masih dinyatakan 'Awas'. KPI pun ingin penghentian itu dilakukan terhitung mulai Selasa (9/11) besok.

    "Kami menghentikan acara itu sampai pemerintah mencabut status siaga (sampai status waspada) di Merapi. Dan kami meminta program itu dihentikan besok. Kalau tidak dipatuhi akan ada konsekuensi lain, tergantung bagaimana mereka melaksanakannya," ucap Dadang.

    parah nih acara TV, bikin warga jogja dan sekitarnya panik :sigh:

    denger2 kemaren bpk menkominfo sempet ngasih warning buat KPI untuk menyeleksi
    acara yang berhubungan dengan merapi, karena sudah ada pengaduan sebelumnya dari warga tentang pemberitaan yang terkesan maksa

    sumber:
     
    • Like Like x 2
    • Thanks Thanks x 2
    Last edited: Nov 8, 2010
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. leaver M V U

    Offline

    I'm still a newbie

    Joined:
    May 10, 2010
    Messages:
    8,305
    Trophy Points:
    242
    Ratings:
    +34,102 / -2
    beritanya malah bikin masyarakat di sekitar merapi tambah takut akan merapi.....
    emang acara kayak gitu gak di seleksi dulu....

    Last edited by kanga6us; Today at 07:48 PM. Reason: RCTI, go to hell!!








    kata-kata paling keren.....
     
  4. haineko M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 9, 2009
    Messages:
    1,118
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +5,523 / -0
    acara jahanam :panda:


    ===========
    yg disana pada ndak ngerasain - ndengerin gemuruh volcano-nya disini :panda:
    disini keadaan sempat genting :oii: ditambah berita2 gajes seenaknya begitu :voodoo:
     
    • Like Like x 1
    Last edited: Nov 8, 2010
  5. makadze M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 30, 2009
    Messages:
    388
    Trophy Points:
    77
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +24 / -155
    emang acara gosip kaga ad yang bermutu gan, orang lagi susah bukannya d tenangin malah d bikin panik..:panda:
    ga bisa bikin acara yang lebih :tampan: apa? :???:
     
    • Tidak Setuju Tidak Setuju x 1
  6. cigarette Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 8, 2010
    Messages:
    51
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +13 / -0
    acara yg cuma isinya nyebarin fitnah doang, infotainment dihentikan siarannya selamany malah lebih bagus
     
  7. hidey-holey M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Nov 7, 2008
    Messages:
    12,331
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +23,753 / -0
    emang kaya gimana fitnahnya?

    sekali lagi kredibilitas "pers" paling laris di indonesia, tidak lebih kredibel daripada kredibilitas buletin sma:panda:
     
  8. _Exia_ M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    1,600
    Trophy Points:
    126
    Ratings:
    +499 / -0
    sebelumnya saya mau tanya, eksodus itu apa yah? :???:
    maaf klo ga tau :maaf:

    --------------------------------------------------------

    emank dasarnya infortainment dah, dari gosipin artis, ampe gosipin bencana juga jadi . . .
     
  9. smkosasih M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,341
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,189 / -0
    hahaha..:lol: betul itu.. hanya beberapa yg kredibel.

    memang yg namanya infotainment itu gak baik buat masyarakat.:rokok:
    liat aja dari namanya "infotainment", terdengar tidak baik kan.(tekankan yg di BOLD)
    :lol:
    apalagi itu tuh :
    TV ONE yg selalu terdepan melebih-lebihkan berita
    :swt:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  10. AK54 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 15, 2009
    Messages:
    136
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +22 / -0
    hohoho,,,, mohon maap sebelumnya,,, :maaf:

    emang beritanya apa tho yg ada di acara silit,,, :bingung: koq bisa bikin panik n sampe orang2 KPI + kemenkominfo nyemprit :kuning: tuh acara,,,,

    mohon pencerahan cuz ane jarang nonton acara begituan,,,
     
  11. mcallister Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 8, 2010
    Messages:
    123
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +1,339 / -0
    lagian ngapain coba infotainment sampe ngeberitain tentang merapi, itu kan jatahnya berita kaya seputar indonesia
    saya sendiri sempet panik secara saya domisilinya di jogja. dia kan ngga ngerasain debu vulkanik sama gemuruhnya merapi
     
  12. ghaghagha M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 15, 2010
    Messages:
    760
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +1,229 / -0
    Silet sering ganti2 tema bro :swt:
    dulu tentang mistis, terus ganti ke infotainment, sekarang malah bahas kejadian2 alam maupun aneh
    kayak dulu tuh, ngebahas tentang turunnya malaikat; tentang pintu neraka dll
    sebenernya kalo narasi nya nggak lebay dan lebih dikaji secara ilmiah, acara ini bisa top top markotop :swt:
     
  13. Hhmm M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 21, 2009
    Messages:
    2,090
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +9,076 / -0
    eksodus itu klo ga salah "pindah" / "pergi" CMIIW :peace:

    infotainment emang gitu, selalu lebay dalam menyampaikan pesan, orang lagi berduka dan ketakutan, malah mengeluarkan statement yg aneh2... :ngeselin:
     
  14. ariffadly Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 30, 2009
    Messages:
    211
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +43 / -0
    Sembarangan aja main memberitakan hal gak bener :oii: 'warga jadi banyak melakukan eksodus'
     
  15. apitnobaka M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 23, 2010
    Messages:
    527
    Trophy Points:
    166
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +2,044 / -1
    parah pisan lah.
    berita yang bilang tanggan 8 merapi bakal meletus besar2an itu.. keterlaluan banget.

    ane orang jogja, 21 km di selatan merapi.
    mana pas itu berita emang simpang-siur, enggak dari radio, dari sms, dari orang2 bilang, dari tivi pula!
    ada yang bilang batas aman 25 km, trus berita awan panas merapi bakal sampe 60 km ke selatan.. bbbah!

    ane gak percaya.
    tapi tetangga2 udah pada kemakan berita, langsung ngungsi ketakutan.. padahal sebenernya jarak 21 km tuh masih aman.

    kita di sini udah panik, gak perlu ditambahi berita2 lebay yang terlalu digede2in lagi deh.. :rokok:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  16. echiikid M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 8, 2009
    Messages:
    508
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +31 / -0
    ah infotainment mah cuma media buat nutupin konspirasi yang sedang terjadi aja menurut ane..gembar gembor gosip doang bisanya buat kejar rating..:tangkis:
     
  17. MobyC M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 26, 2010
    Messages:
    521
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +59 / -0
    Beginilah kalau acara didramatisir... Yang diwawancarai juga gak kompeten
    Kejar Rating akhirnya jadi bumerang :hulk:
     
  18. sp4rkfist M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Nov 2, 2009
    Messages:
    6,624
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +5,264 / -0
    biasa lah, infotainment :yareyare:
    sering memberikan "berita" tanpa sumber yang jelas:sigh:
     
  19. Raizan M V U

    Offline

    Lord of Spirits

    Joined:
    Aug 25, 2009
    Messages:
    2,925
    Trophy Points:
    192
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,290 / -6
    wewwww memang tuhhh ngasih berita tanpa sumber yang jelas kadang tidak relevan
     
  20. YamiRi M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Apr 2, 2010
    Messages:
    2,405
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +689 / -0
    :terharu:
    akhirnya ni acara diberhentiin juga

    dari dulu udah eneg liat ni acara... infotainment versi horror.... semua isu artis sampe' takhayul2 diembat habis
    Semua diulas setajam SILET :lol:
     
  21. Rabu_Rabu Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 18, 2010
    Messages:
    177
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +792 / -0
    bukannya sekarang memang berita di tv itu ngacau semua ya? maksdnya berita yang harusnya gosip masuk ke berita di m**ro tv atau tvoneng itu. kayaknya kehabisan bahan berita, acara berita sekarang nyampur sama gosip :yareyare:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.