1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Geography & Astronomy Fenomena Supermoon Picu Gempa Bumi? BACA SEKARANG!

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by shinobi32, Mar 14, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. shinobi32 M V U

    Offline

    Forza Inter!

    Joined:
    Jul 31, 2008
    Messages:
    18,338
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,482 / -10
    TEMPO Interaktif, Pekan depan, pada 19 Maret 2011, bulan akan berada di orbit terdekat dengan bumi, fenomena ini kerap disebut Supermoon. Pada tanggal tersebut, Bumi dan bulan berjarak 356.577 kilometer.

    Para penganut teori konspirasi menyebutkan Supermoon bisa menyebabkan Moonageddon atau bencana besar, seperti gempa bumi dan letusan gunung berapi.

    Supermoon sebelumnya terjadi 1955, 1974, 1992 dan 2005. Di tahun tersebut ada peristiwa cuaca ekstrim atau bencana alam.
    Tsunami yang membunuh ratusan ribu orang di Indonesia juga terjadi dua minggu sebelum Supermoon pada Januari 2005. Kemudian, pada Natal 1974, topan Tracy menghancurkan Darwin, Australia.

    Pada hari ini, Jumat (11/3) juga terjadi bencana gempa bumi 8,9 skala richter di Jepang. Gempa besar yang disusul tsunami 10 meter tersebut merenggut delapan nyawa.

    Namun Pete Whaler, ilmuwan dari International Centre for Radio Astronomy tak percaya hal tersebut. "Tidak akan ada gempa bumi atau letusan gunung berapi kecuali karena memang itu sudah ditakdirkan," kata dia.

    Pernyataan Whaller didukung oleh astronom Australia, Simon O'Toole. "Menurut saya, kemungkinan terjadi bencana akibat Supermoon sama seperti kemungkinan dunia akan kiamat pada 21 Desember tahun depan," kata dia.

    Astrolog Amerika Serikat, Richard Nolle berbeda pendapat. Menurut dia, percaya atau tidak, faktanya, Supermoon terkait beberapa bencana besar yang terjadi. "Cuaca ekstrim, gempa bumi, badai besar," kata Nolle kepada Radio ABC.

    Nolle juga mengatikan fenomena Supermoon yang akan terjadi pekan depan dengan gempa besar di Christchurch, Selandia Baru pada 22 Februari lalu. Dia juga menghubungkan dengan gempa bumi di Turkmenistan pada 1948, erupsi Gunung Pinatubo di Filipina pada 1991 dan badai Katrina pada 2005 di Amerika Serikat.


    UPDATE

    setelah googling, gw penasaran gmn sih peristiwa supermun ini yg terjadi kemaren. nah ini dia gambar2nya:
    :matabelo::bingung:

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]
     
    • Thanks Thanks x 1
    Last edited: Mar 24, 2011
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. quro_one M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 13, 2011
    Messages:
    577
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +124 / -0
    :fufufu: hal itu sangat mungkin, tapi tidak selalu.. aktivitas astronomi memang bisa mempengaruhi 'isi' bumi, tapi dalam kadar probabilitas tertentu, karena masih banyak faktor lainnya.. intinya sih keseimbangan dgn benda2 angkasa lainnya juga.. :hehe:
     
  4. MIKO2K0 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 15, 2009
    Messages:
    82
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +3 / -0
    bisa juga kalau dekatnya jarak bulan ke bumi itu dapat berpengaruh pada gravitasi, mungkin sebagai contoh pasang dan surutnya air laut...
     
  5. easyvalen M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 28, 2010
    Messages:
    1,830
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +2,082 / -0
    weks ngeri banget. apa lagi klo ada bencana di indonesia gara2 supermoon:takut:
     
  6. kenjiz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 7, 2010
    Messages:
    1,513
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,090 / -0
    iyo pasti ngeri bgt kalo ada bencana di indonesia gara2 supermoon
    ntar indonesia jadi panik :panik::panik:
     
  7. shiroanduchan Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 14, 2010
    Messages:
    29
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    itu mungkin juga sih ya..seluruh alam semesta kan saling berhubungan..semoga semua ilmu yang ada di bumi bisa dipake manusia buat kebaikan ya bro:cerutu::cerutu:
     
  8. reshatri Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 26, 2009
    Messages:
    123
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +18 / -0
    semua kemungkinan pasti bisa terjadi
    yang penting kita harus selalu siap dengan segala kemungkinan:angel3:
    :peace:
     
  9. aldien M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 27, 2009
    Messages:
    554
    Trophy Points:
    81
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +74 / -2
    supermoon temenya superman..

    :peace:
     
  10. fizhie M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 2, 2010
    Messages:
    104
    Trophy Points:
    77
    Ratings:
    +258 / -0
    terlalu dini klo menyebut suatu bencana terjadi karna ada nya fenomena supermoon,
    perlu adanya penelitian lagi,
    klo setahu ane memang klo bulan itu punya grafitasi tpi yg ane baca" sih cuma nyebabin air pasang gg sampe bencana...
    lagipula gempa di picu pergeseran kerak bumi yg saling bergesekan, gg ada hubungannya sama benda yg ada silluar angkasa
     
  11. shinobi32 M V U

    Offline

    Forza Inter!

    Joined:
    Jul 31, 2008
    Messages:
    18,338
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,482 / -10
    mungkin udah terjadi tuh, itu di jepang..
     
  12. shinobi32 M V U

    Offline

    Forza Inter!

    Joined:
    Jul 31, 2008
    Messages:
    18,338
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,482 / -10
    jangan lupa, ntar malem liat langit.
    klo kata berita di TV puncaknya jam 1.11 WIB
     
  13. fiolegend M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    607
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +256 / -0
    sulit menyebutkan bahwa supermoon membawa bencana di bumi,,,
    kira2 ada pemikiran secara ilmiah ga ya bwt hal2 yang kayak gini??
     
  14. bmembara Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 15, 2010
    Messages:
    15
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    Kalau di Indonesia siapa ya pemicu gempa2nya?
     
  15. Xchalant M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 26, 2008
    Messages:
    489
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +113 / -1
    wah beneran efeknya ternyata.., dari sore kemarin hujan lebat sebentar2 berenti terus hujan lagi sampe malam, hujannya gak biasa cenderung kaya badai saking kuatnya curah air disertai angin kencang.

    supermoon memang mengacak2 sistem cuaca di atas bumi, mudah2an cepat selesai.
     
  16. fiolegend M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    607
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +256 / -0
    ada penjelasan ilmiahnya ga untk hal tsb??
    soalnya cuaca dibumi juga dah ga mulai menentu,,,
    klw yang ane dengar, pengaruhnya cuma pasang surut air laut aja,
    seperti penampakan bulan purnama seperti biasanya,,,
     
  17. rubah M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 15, 2009
    Messages:
    825
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +29 / -0
    ahhhh.. tadi malem g sempet liat supermoon !!!
     
  18. mujito M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 24, 2009
    Messages:
    530
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +9,909 / -0
    yang paling pengaruh kan pasang surut laut, apa benar ada hubungan dengan gempa bumi
     
  19. verth Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 7, 2009
    Messages:
    214
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +467 / -0
    iya nie, kemaren sore, badai hujan +kilat.. tapi tanda2 badainya, udah berasa dari dua hari sebelumnya.. tanda2nya: kalo malem tuh gerah banget.. walaupun angin malamnya dingin.. Jadi, ya gak heran juga sama badainya. cuma sayang aja, jadi gak bisa liat supermoon nya..
     
  20. EzioAuditor Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 28, 2011
    Messages:
    20
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +3 / -0
    Indah tapi Bahaya
     
  21. shinobi32 M V U

    Offline

    Forza Inter!

    Joined:
    Jul 31, 2008
    Messages:
    18,338
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,482 / -10
    gw udah bela2in bangun jam 2, tapi di langit awan semua...........
    hak keliatan
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.