1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Fenomena Baru : Dokter Online ...

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by gusrus, Feb 18, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. gusrus M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 26, 2009
    Messages:
    219
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,432 / -0
    Dokter Online, apakah itu?
    Di dalam zaman yang serba Online sekarang ini, dimana hampir di setiap sudut kehidupan, hampir tidak kita ketemukan lagi sesuatu tanpa ada kata “Online” dibelakangnya. Dengan adanya komputer diperkuat dengan Internet, menjadikan segalanya mudah di dapat, bagaikan “Dunia ada digenggaman kita”. Tidak terlepas dengan Dunia Kesehatan pada umumnya dan Dunia Kedokteran pada khususnya, ada satu hal yang sangat trend sekarang ini “Dokter Online”, yang telah merubah tiga ratus enampuluh derajat istilah klasik “Dokter” itu sendiri.

    Dimana kita ketahui dokter di zaman Hippokrates “Bapak Kedokteran” sampai zaman Offline (lawan kata Online), seratus persen bergumul dengan pekerjaan seharian dengan pasien, mencatat segala data pasien dengan pena dan kertas. Namun dengan adanya kata Online dibelakangnya, dokter tidak perlu melihat langsung pasiennya, cukup dengan komputer dengan alat kamera canggih “Webcam” dapat berkomunikasi langsung dengan pasiennya tanpa menyentuhnya.Dengan adanya ini, menjadi dokter saja di zaman super modern ini tidaklah cukup, karena bisa-bisa kita dicap sebagai dokter yang “Gatek” atau Gagap Teknologi. Dan harus pula kita camkan bahwa bidang yang mungkin juga sangat baru Telemedicine dimana Dokter Online adalah salah satu bagiannya, tidak bisa tidak telah menjadi fenomena baru di dalam Ilmu Kedokteran Modern.

    Manfaat utama dari Dokter Online
    Di Eropa dan Amerika, sebagai negeri pelopor kemajuan teknologi juga di bidang teknologi kedokteran, Dokter Online sudah menjadi hal yang biasa. Dimana pasien bertanya-jawab tentang penyakitnya lewat email dan berdialog langsung lewat web camera dengan dokternya.
    Dengan begitu salah satu dampak utama dari Dokter Online adalah efesiensi waktu dan tempat. Dimana pasien tidak perlu menunggu berlama-lama di ruang praktek dokter untuk menanyakan sesuatu gejala penyakit yang mungkin bisa ditangani tanpa kehadiran seorang dokter. Juga dokter tidak perlu meng-anamnesa (pemeriksaan secara cermat) berlama-lama sesuatu penyakit yang seringkali berulang pada pasiennya.
    Begitu pula bila pasien memperpanjang resep bila obat sudah habis, pasien itu bisa kontak langsung lewat email atau telepon dan Dokter Online akan menulis resep lewat email atau per telepon yang kemudian diteruskan ke Apotik Online yang bekerjasama dengan Dokter Online itu.
    Bayangkan saja, berapa lama waktu yang diperlukan pasien bila tanpa bantuan Dokter Online ini. Pertama harus menunggu berlama-lama di ruang praktek dokter atau sebut saja “Dokter Offline”, itupun kalau langsung bisa ditangani, bila tidak harus menunggu sampai gilirannya tiba. Sesudah itu berkonsultasi dengan dokter memakan waktu paling kurang 30 menit, selanjutnya Dokter Offline ini menulis resep dan pasien itu harus menunggu lagi berjam-jam di ruang tunggu Apotik Offline sampai obatnya bisa diambil.

    Apa yang dilakukan Dokter Online bila keadaan Gawat Darurat?
    Bila pasien dari Dokter Online itu mengalami keadaan gawat darurat, pasien atau keluarga pasien bisa langsung memberi sinyal kepada Dokter Online-nya sehingga Dokter Online itu bisa langsung mengontak Bagian Gawat Darurat Rumah Sakit lewat Alarm untuk membawa pasien itu langsung ke Rumah Sakit dengan Ambulance, dengan begitu tanpa mengunjungi dokter terlebih dahulu pasien bisa langsung ke Rumah Sakit untuk segera ditangani. Lagi-lagi efisiensi waktu dan tempat. Dengan Sistem Jaringan Kesehatan yang terpusat sangat membantu lancarnya hubungan antara Dokter Online dengan pasiennya.

    Apakah Dokter Online itu gratis, atau bagaimana dengan Sistem Pembayarannya?
    Tidak, Dokter Online itu tidak gratis. Pasien harus menjadi Pasien Tetap dari Dokter Online itu. Pembayaran dapat dilakukan lewat Kartu Kredit atau dengan pembayaran lewat Bank Online.

    Bagaimana bila Pasien itu ingin bertemu dengan Dokter Online-nya?
    Bila pasien ingin langsung bertemu dengan Dokter Online-nya, pasien itu dapat mengontak Dokter Online-nya lewat email atau telepon dan dia dapat berbicara langsung dengan Dokter Online-nya secara terbuka. Tanpa menunggu lama di ruang praktek seperti pada Dokter Offline.

    Kesimpulan:
    Dengan adanya Dokter Online hubungan Dokter-Pasien tidak hanya sebatas kamar praktek berukuran 4 x 4 m2, tetapi lebih dari itu Dokter-Pasien bisa berhubungan kapan saja dan dimana saja tanpa mengenal batas ruang dan waktu.


    www.kompasiana.com

    :idws:
    :idws:
    :idws:
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. angelzinc M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 6, 2009
    Messages:
    716
    Trophy Points:
    192
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +31,183 / -0
    kwaokwoaw ... cara instan
    boleh juga tuh
    tp ada gak yaa di indo


     
  4. danieledgar M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 12, 2009
    Messages:
    928
    Trophy Points:
    126
    Ratings:
    +724 / -0
    taunya saya dokter cinta:hihi:
     
  5. erickstrad Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    May 15, 2009
    Messages:
    7,469
    Trophy Points:
    267
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +53,557 / -0
    di SF ini juga ada dokter online kok : http://idws.in/57632 :haha:

    yah, meskipun canggih tp ttep saja kurang efisien, krn diagnosa sang dokter bisa saja salah krn kurangnya interaksi langsung :hehe:
     
  6. dejivrur M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    3,896
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,109 / -2
    IDWS juga punya dokter online biar kata masih calon juga tapi pada hebat hebat loh
    ga perlu sebut merek langsung cari aja di SF health
     
  7. kidjaisy M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 14, 2010
    Messages:
    205
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +36 / -0
    tp lumayan kan... bisa tw dikit ttg masalahnya...
    klo kita ga tw apa2.. bisa2 panik sendiri malah...
     
  8. BanZaii M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 16, 2008
    Messages:
    164
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +10 / -0
    dokter yang berniat membantu walau tanpa bayaran.... itu lah dokter online lol
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.