1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Fakta dibalik Mayat Berjalan Toraja

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by ojongonotalah, Mar 6, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. ojongonotalah Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 21, 2011
    Messages:
    309
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +854 / -0
    Thread Edukatif dari ojongonotalah, semoga bermanfaat. :peace:


    Tulisan ini benar-benar terlambat. Namun, walaupun sudah sering dan bahkan sudah cukup lama diberitakan, saya masih menerima email pertanyaan mengenai mayat berjalan tanah Toraja. Awalnya, saya sama sekali tidak berniat untuk menulis soal ini karena saya enggan mengomentari soal-soal mistik. Tapi, sepertinya pertanyaan yang masuk rata-rata berkisar pada masalah foto. Jadi, saya menghabiskan dua hari ini untuk mencari informasi mengenai Toraja dan berusaha menjawab pertanyaan apakah foto itu menunjukkan mayat yang berjalan di tanah Toraja? :takut:


    Jadi, sayapun memutuskan untuk menulis soal ini. Namun, saya hanya akan membatasi soal foto sang mayat. Ada dua pertanyaan yang akan saya jawab.

    1. Apakah foto itu menunjukkan prosesi mayat yang sedang berjalan?
    2. Kalau tidak menunjukkan mayat yang sedang berjalan, prosesi apakah yang sedang tergambar di foto tersebut?

    (Warning: Tulisan ini berisi foto-foto yang kurang menyenangkan untuk dilihat. Jadi, kalau kalian yang membaca ini sedang makan, sebaiknya kalian selesaikan dulu, baru membaca):sekarat

    Sebelumnya, mari kita lihat kutipan dari kisah yang beredar luas. Ada beberapa versi yang beredar. Namun, saya akan mengutip dari email yang saya terima dari pembaca.

    Membaca kalimat di atas, saya cukup heran dengan ejaan yang digunakan. Namun, ternyata berita tersebut memang dimuat di berbagai blog dengan ejaan seperti itu. Mengapa ini bisa terjadi?

    Jawabannya cukup sederhana.
    Tulisan ini pertama kali dimuat di internet oleh torajacybernews.blogspot.comdan disitu disebutkan kalau tulisan itu adalah saduran dari sebuah tulisan lama bertanggal 19 Februari 1972.

    Ejaan yang kita kenal sekarang atau Ejaan yang disempurnakan (EYD) diresmikan penggunaannya pada tanggal 16 Agustus 1972. Dengan demikian, cerita di atas masih menggunakan ejaan sebelumnya, yaitu ejaan Republik.

    Jadi, sekarang kalian tahu mengapa tulisan di atas menggunakan ejaan yang cukup asing.

    Karena itu pula, foto tersebut tidak berkaitan dengan isi tulisan itu karena foto tersebut jelas bukan berasal dari kamera tahun 1972.

    Nah, sekarang masuk ke pertanyaan pertama: apakah foto di atas menunjukkan foto mayat berjalan?

    Menurut saya Tidak.

    Apa yang terjadi sebenarnya adalah sebuah prasangka. Bayangkan, sebuah artikel mengenai mayat berjalan yang disertai sebuah foto mayat yang sedang berdiri. Bukankah itu akan membuat kita menganggapnya sebagai foto mayat berjalan? Walaupun sebenarnya belum tentu.

    Contoh lain: Misalnya, ada sebuah berita mengenai seorang perampok yang tertangkap polisi. Lalu pada berita tersebut, dilampiri sebuah foto yang menunjukkan seorang pria bertampang sangar. Apa yang terpikir oleh kalian?

    Kalian akan menganggap pria itu sebagai perampok yang tertangkap. Padahal bisa saja ia adalah polisi berpakaian preman yang telah menangkap perampok itu.

    Soal prasangka seperti ini sudah pernah saya bahas sedikit di postingan mengenai penemuan jejak tapak kaki raksasa di Aceh.

    Coba lihat foto di atas. Ada dua hal yang bisa menjadi petunjuk.

    Pertama, mayat wanita tersebut terlihat seperti mumi. Ini artinya ia telah meninggal dalam waktu yang cukup lama.

    Kedua, pada foto itu, terlihat adanya sebuah peti mati di kanan bawah. Peti mati tersebut terlihat kotor. Ini menunjukkan kalau peti mati itu telah digunakan untuk waktu yang cukup lama.
    Kedua petunjuk ini bertentangan dengan cerita mengenai mayat berjalan di atas. Di cerita itu, dikisahkan kalau orang Toraja yang merantau dan meninggal dalam perjalanannya, supaya tidak meninggal di tanah asing dan tidak merepotkan orang lain, dengan suatu ilmu gaib akan dibuat berjalan sendiri hingga sampai ke rumahnya untuk mendapatkan proses pemakaman yang layak.

    Itu artinya, mayat berjalan Toraja adalah mayat yang masih barumeninggal dan belum pernah ditaruh ke dalam peti. Ini tidak sesuai dengan foto yang kita miliki.

    Lagipula, torajacybernews tidak pernah menyebutnya sebagai foto mayat berjalan.

    Lalu, pertanyaan keduanya. Jika bukan menunjukkan mayat berjalan, prosesi apakah yang ditunjukkan oleh foto di atas?
    Saya percaya kalau foto tersebut menunjukkan bagian dari tradisi Toraja yang disebut Ma'nene, sejenis tradisi penghormatan kepada leluhur yang telah meninggal. Bagian dari tradisi ini adalah mengeluarkan jenazah anggota keluarga yang telah lama meninggal dari makam dan mengganti pakaiannya sebagai bentuk penghormatan kepada mereka.

    Tradisi Ma'nene pernah ditulis secara singkat oleh liputan6.com pada bulan Agustus 2005. Dari tulisan yang dibuat oleh Liputan6.com tersebut, sepertinya ada deskripsi yang mirip dengan apa yang tergambar di foto kita. Ini kutipannya:

     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. 9a0809 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 29, 2009
    Messages:
    710
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +578 / -0
    fotonya ngeri!!!
    masi ada daging"nya
     
  4. fajarkurtz M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 25, 2009
    Messages:
    2,163
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +3,472 / -1
    aduh gan ngeri... ane pilih kabur kalo lagi ada ritual kayak gitu..
    :takut:
     
  5. shadowpit M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 28, 2010
    Messages:
    561
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +57 / -0
    ini merupakan suatu tradisi daerah yang harus kita jaga,,jangan dilihat dari segi ngerinya tapi dari segi keunikan adat istiadatnya.. :top:,,daerha lain / negara lain mana ada yang kaya ginian...
     
  6. han_too Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 21, 2009
    Messages:
    23
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +2 / -0
    ugh,,serem juga ya..
    coba beneran bisa jalan bisa kaget beneran :|
     
  7. joe_cfu M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 10, 2010
    Messages:
    2,083
    Trophy Points:
    132
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,574 / -0
    masa' mayat orang yg dah meninggal selama satu tahun, masih utuh gitu ?? :bloon:
    bukannya tubuhnya dah ancur ???
    kok mlah kaya' mumi gitu :iii:
     
  8. dibu M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 8, 2009
    Messages:
    553
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +101 / -0
    wah baru tau neh ada mayat berjalan di toraja...
    yang gw tau se kalo ditoraja adatnya kalo ada yang meninggal harus ada perayaan sembelih kebo trus makamin di tebing batu
    bagi yang ga punya duit mayatnya harus disimpen dirumah dulu sampe punya duit untuk ngelaksanain hajatan
    selama disimpen dirumah orang2 rumah nganggap yang uda meninggal masih dalam keadaan tertidur
     
  9. juli90an Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 25, 2010
    Messages:
    100
    Trophy Points:
    52
    Ratings:
    +615 / -0
    wah serem juga ya...
    dulu aku pernah denger cerita kalo di toraja mayat nya bisa gali kuburan sendiri....
    serem juga ya adat nya...:panik:
     
  10. quro_one M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 13, 2011
    Messages:
    577
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +124 / -0
    masih kurang jelas nih sama mayat berjalan.. maksudnya tuh gmn ya yang bener..
    ada yg bilang mayat nya di gotong dari rumah trus di taruh di goa..
    ada lagi yg bilang mayatnya jalan beneran.. :iii:
     
  11. ojongonotalah Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 21, 2011
    Messages:
    309
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +854 / -0
    hayo di baca lagi yg bener ya biar paham :voodoo:
     
  12. rikyu M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 12, 2009
    Messages:
    1,250
    Trophy Points:
    211
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +9,714 / -0
    aks kirain ternyata bener juga


    nice ulasannya kakak
     
  13. keepthefaith Gatotkaca

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 22, 2009
    Messages:
    69
    Trophy Points:
    87
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +1 / -0
    OH MY GOD...

    ane kirain beneran ada mayat berjalan d toraja ternyata cuma proses penggantian pakaian untuk mayat...

    ane udah shock ajaa pas tauu ada mayat berjalan
     
  14. Shouenga M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 21, 2008
    Messages:
    1,621
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,773 / -0
    gambarnya menyesatkan :lol: kalo udah gini, salah siapa?
     
  15. rubah M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 15, 2009
    Messages:
    825
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +29 / -0
    nice info... jadi mayat itu emang sengaja diberdirikan untuk diganti pakaiannya kan?? bukan berdiri karena mayat itu berjalan
     
  16. manusiahero2011 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 9, 2011
    Messages:
    615
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +852 / -0
    ohhh ternyata tiruan photo yah gan.. huhuhu.. nggak takut akh... tadi sih sempet takut.. :hehe: :malu:
     
  17. newproperty Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 20, 2010
    Messages:
    27
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +8 / -0
    muup ane gak paham yg ginian :)
     
  18. xyrsh M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 29, 2010
    Messages:
    591
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +1,255 / -0
    keke... makasih udah diingetin kalo foto2nya kurang menyenangkan buat diliat.. Aku pernah trauma liat foto di forum ini gara2 ga dikasi peringatan.. some things are better left unseen.. :takut:

    Tulisannya keluar taun 1972? Ko baru heboh sekarang ya? Analisisnya masuk akal ko, kalo ada orang Toraja yang ngeliat artikel plus fotonya, pasti langsung tau kalo keduanya ga berhubungan.
     
  19. munkgrav M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 7, 2008
    Messages:
    1,296
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +29,738 / -0
    culture tiap daerah emank beda2 ya.....
    klo saia siy tipe2 yg parno ama hal yg kaya gituan...
    untungnya saia ga lahir dan besar di toraja....
    :hehe:
     
  20. ARIA Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 1, 2009
    Messages:
    113
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +1 / -0
    Paling sensasi aja yg bilang mayat berjalan padahal ngak
     
  21. ArdzJie Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 13, 2010
    Messages:
    29
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    kalo sudah jadi mayat yaa ga bakalan jalan lagi...
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.