1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Other Facts of Air Force One

Discussion in 'Science and Technology' started by onefineday, Jul 14, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. onefineday M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 23, 2010
    Messages:
    570
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +24,191 / -0
    Air Force One

    Selama ini yang diketahui umum / awam bahwa pesawat kepresidenan Amerika Serikat adalah kantor terbang (flying office) dengan berbagai teknologi canggih didalamnya. Tapi ada dua fakta penting tentang 'Air Force One' yang tidak disadari oleh masyarakat umum,

    1. "Air Force One" teknisnya bukanlah pesawat: Itu adalah nama panggilan radio [callsign] untuk setiap pesawat US Air Force yang membawa Presiden Amerika Serikat. Segera setelah presiden Amerika Serikat melangkahkan kakinya ke dalam sebuah pesawat terbang Angkatan Udara, saat itu juga pesawat itu dipanggil/disebut sebagai 'Air Force One' oleh awak dan pengendali lalu lintas udara untuk menghindari 'kebingungan' dengan pesawat lain di daerah tersebut. Jika presiden menggunakan pesawat Angkatan Darat, maka pesawat itu akan disebut 'Army One', dan jika ia naik helikopter maka akan disebut 'Marine One'.

    2. Sampai saat ini, sebenarnya ada dua pesawat (bukan satu) yang secara teratur dan khusus terbang membawa presiden ke tempat tujuannya. Kedua pesawat ini berasal dari keluarga Boing VC-25 yang didesain khusus sebagai pesawat penumpang Angkatan Udara Amerika, bentuk militer dari pesawat Boeing 747-200B, dengan nomor ekor 28000 dan 29000. Setiap pesawat dilengkapi dengan empat General Electric CF6-80C2B1 jet engine, membawa 53.611 gallon bahan bakar.

    [​IMG]
    Special Air Mission 28000
    [One of the two modified 747s that commonly flies as "Air Force One"]

    Fakta lain dari 'Air Force One' :

    Sebelum era presiden Nixon, pesawat-pesawat yang membawa presiden (Air Force One) tidak didampingi/dikawal oleh pesawat tempur AS, hingga pada Juni 1974 ketika pesawat yang ditumpangi Nixon dijadwalkan berhenti di Syria, dihadang oleh pesawat-pesawat tempur Syria dengan maksud ingin bertindak sebagai pengawal. Pilot dan para kru pesawat yang tidak diberitahu sebelumnya, mengira ini sebagai ancaman kemudian mengambil tindakan pencegahan seperti menukik tajam. Sejak kejadian itu sampai sekarang, Air Force One selalu didampingi oleh pesawat tempur AS sebagai pengawal.

    Pada era akhir pemerintahan Presiden Bush tahun 2009, pesawat Air Force One, VC-25A dengan nomor ekor 28000 yang bertugas membawanya ke Texas kemudian berubah menjadi 'Special Air Mission 28000' karena ia tidak membawa misi sebagai Presiden Amerika Serikat.

    Pesawat kepresidenan VC-25As (SAM 28000 dan SAM 29000) akan segera digantikan karena dinilai sudah kurang efektif dan biaya operasional yang mulai meninggi. Angkatan Udara AS (USAF) sudah mulai mencari penggantinya termasuk pesawat dari keluarga Boeing 747-8 dan 787 yang baru atau EADS Airbus A380. Januari 2009 EADS menarik proposalnya hingga tersisa Boing sebagai penawar tunggal.

    [​IMG]
    President Franklin D. Roosevelt's C-54 Skymaster aircraft, nicknamed "the Sacred Cow".

    [​IMG]
    The Independence used primarily by President Truman

    [​IMG]
    The Columbine III used by President Eisenhower

    [​IMG]
    Boeing 707 (SAM 26000) served Presidents Kennedy to Clinton

    [​IMG]
    Special Air Mission 27000
     
    • Like Like x 2
    • Thanks Thanks x 1
    Last edited: Aug 14, 2010
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. sniper89 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 5, 2009
    Messages:
    981
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +1,023 / -0
    kirain nama pesawatnya :swt: jadi kalo presiden naek pesawat capung, ntar disebut air force one juga :lol:
     
  4. onefineday M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 23, 2010
    Messages:
    570
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +24,191 / -0
    pesawat apapun, tak terkecuali pesawat kertas [mungkin] :hahai:
     
  5. andy46 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 8, 2009
    Messages:
    161
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +2 / -0
    wow....
    baru tau nih, kalau naik pesawat, namanya diubah jadi pakai one...
    :hehe::hihi::haha:
     
  6. gravitazy M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 19, 2010
    Messages:
    480
    Trophy Points:
    92
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +960 / -0
    baru tau ane gan,,,selama ini wa kira nama pesawat khusus kepresidenan,,,
    coz presiden US emang sering naik pesawat "itu" trus,,,


    mungkin " bak_one'" kali,,, ato "tiga ro-one"....[​IMG]
     
  7. cuber_boy M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 28, 2009
    Messages:
    640
    Trophy Points:
    126
    Ratings:
    +1,547 / -0
    pesawat segede itu yang naikin cuma 1 orang penting..

    gak worth bgt..
     
  8. enceladus Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 8, 2010
    Messages:
    98
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +16 / -0
    Jangan salah.. pesawat segede gini g cuma isi angin doang. Isinya macem macem, bro.. trus pejabat yang naek jg g cma presiden doank... Yang jelas, kalo pesawat ini terbang, pusat pemerintahan bisa pindah ke sini. Makanya pesawat ini slalu dikawal minimal sama 4 pesawat jet tempur AS.
     
  9. b1282s M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Oct 7, 2009
    Messages:
    3,853
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +66,278 / -0
    uhm.. klo wapres amerika yg ke luar negri apa pake pesawat ini jg ?
    ato menteri luar negri dan pertahan ?
    ato hanya dgn presiden ikut serta baru pesawat ini bisa dpake ?

    btw.. knp airbus mengundurkan diri ya ?
     
  10. cuber_boy M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 28, 2009
    Messages:
    640
    Trophy Points:
    126
    Ratings:
    +1,547 / -0
    waw.. gitu y kk..

    indonesia punya kendaraan yang difungsikan kyk gini gak??
     
  11. b1282s M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Oct 7, 2009
    Messages:
    3,853
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +66,278 / -0
    kendaraan yg difungsikan sebagai transportasi presiden ?
    ada sih.. tp bkn pesawat khusus.. artinya, sehari² pesawat ini digunakan untuk kegiatan komersial jg..
    nah, klo presiden mo gunain pesawat, baru garuda menyiapkan pesawat..
    tergantung mana yg paling "sehat"..
    setau gue, Indonesia blm pny pesawat khusus kepresidenan.. :ngantuk:
     
    Last edited: Aug 17, 2010
  12. enceladus Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 8, 2010
    Messages:
    98
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +16 / -0
    Kalo pesawat sampe sekarang si belum (ato mungkin g bakal pernah ada). Awal taon ini presiden ngajuin buat bikin pesawat khusus kpresidenan. Tapi... baru muncul wacana, langsung ditolak sama kawan2 kita di DPR. Katanya g telalu penting, cuma ngehabisin uang negara aja.. Padahal menurut ane, lebih boros lagi uang untuk bayar gaji + tunjangan anggota legislatif yang kerjanya cuma tidur dan bolos.. memang susah maju negara ini... baru angan2 aja, dah ditolak mentah2...
     
  13. akira_kurosaki Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 19, 2010
    Messages:
    75
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +3 / -0
    apapun kendaraannya klo yg naik presiden jd nambah "One" doank belakangnya :hahai:

    jd bemo one :hahai:
     
  14. nurend M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Dec 10, 2009
    Messages:
    6,968
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +65,700 / -0
    kirain yg air force one pesawat yg kayak ada radar di atasnya itu
     
  15. edrik M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 29, 2008
    Messages:
    603
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +286 / -0
    kebayang gak kalo dia pake pesawat layang trs yang kawal F22 raptor....
     
  16. speedyrj M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 3, 2008
    Messages:
    510
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +86 / -0
    fasilitasnya aja yag mantep, ada self defensive lagi
     
  17. mamoen36 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 21, 2010
    Messages:
    68
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +3 / -0
    tapi yang pasti Air Force 1 selalu dilengkapi peralatan mutahir pada jamannya gan
     
  18. teted Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 27, 2009
    Messages:
    179
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +898 / -0
    worth lah gan simbol negara masa mo naek kapal komersil :hahai: kelas ekonomi lagi :panik: ngga bayangin kl ada serangan pas naek kapal yang seadanya gitu :hahai: lom apa² dah hancur duluan ntar :takut:
     
  19. bl4ckkn16ht Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 24, 2010
    Messages:
    270
    Trophy Points:
    27
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +193 / -0
    lah film air force one-nya harrison ford kan juga sama waktu air force one yang asli jatuh ke laut dia pindah ke pesawat penolong, pesawatnya langsung ganti callsign jadi air force one.

    siapa bilang kebanyakan nonton film salah. justru film kadang-kadang ngajarin kita sesuatu yang kita belum tahu juga.
     
  20. sinsisme M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 25, 2009
    Messages:
    1,538
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +2,672 / -0
    Berarti tiap ganti prersiden itu ganti pesawat lagi yah :bingung:

    Kalo diliat baik2 yang bentuk2 model clinton ampe sekarang obama rada2 mirip pesawatnya, yang beda cuma nomor ekornya aja, apa cuma nomor ekornya aja yang dirubah :bingung:

    Btw :niceinfo:
     
  21. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,616
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,636 / -1
    :haha:
    ternyata "Air Force One" teknisnya bukanlah pesawat..
    cuma [callsign] untuk setiap pesawat US Air Force yang membawa Presiden Amerika Serikat..

    baru atau nih ane.. :top:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.