1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Dismiss Notice
  7. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  8. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

etiket penggunaan sumpit

Discussion in 'Lifestyle' started by kiefs, Nov 30, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. kiefs M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 8, 2009
    Messages:
    1,194
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +747 / -0
    [​IMG]
    Sumpit diciptakan bangsa Tiongkok dan sudah dikenal di Tiongkok sejak 3.000 hingga 5.000 tahun yang lalu. Di dalam masyarakat Tionghoa, makan bersama dianggap sebagai sarana mempererat tali persaudaraan dan kesempatan berkumpul dengan sanak keluarga dan teman-teman, sehingga penggunaan alat makan yang tajam harus dihindari.

    Pada zaman dulu, gading gajah sering digunakan untuk membuat sumpit mahal di Tiongkok. Pengguna sumpit dari gading gajah adalah kalangan pejabat tinggi dan orang berada. Sumpit dari perak pernah digunakan istana kaisar di Tiongkok untuk mendeteksi racun yang mungkin dibubuhkan pada makanan. Sumpit akan berubah warna akibat reaksi kimia jika makanan telah diberi racun.

    Pada abad ke-6 atau abad ke-8 Masehi, sumpit sudah merupakan merupakan alat makan yang umum bagi suku Uigur yang tinggal wilayah stepa Mongolia.

    Di Thailand, sumpit hanya digunakan untuk makan mi dan sup setelah Raja Rama V memperkenalkan alat makan dari barat di abad ke-19.

    # Ciri khas

    Kualitas bahan dan bentuk sumpit bisa bermacam-macam, tapi sumpit umumnya terdiri dari sepasang tongkat pendek dan lurus yang mempunyai panjang yang sama. Di bagian pangkal sumpit kadang-kadang diberi hiasan dengan motif dekorasi atau gambar yang menarik agar pasangan sumpit tidak saling tertukar. Hiasan pada pangkal sumpit juga berfungsi sebagai pembeda bagian pangkal dengan bagian ujung sumpit. Bagian ujung sumpit digunakan untuk menjepit makanan sewaktu jari-jari tangan memegang bagian pangkal sumpit.

    # Sumpit di berbagai negara

    Panjang sumpit berbeda-beda bergantung pada negara asal sumpit. Sumpit dari Tiongkok biasanya lebih panjang dari sumpit Korea atau Jepang, dengan diameter bagian pangkal dan bagian ujung yang hampir sama. Bagian ujung sumpit tidak dibuat runcing agar tidak digunakan untuk menusuk makanan. Batang sumpit dari Tiongkok lebih berbentuk segi empat panjang supaya tidak mudah tergelincir dari meja. Plastik merupakan bahan pembuat sumpit yang populer di Tiongkok.

    Sumpit Korea umumnya terbuat dari bahan logam dan lebih ceper dibandingkan sumpit dari Jepang dan Tiongkok. Sumpit dari Jepang sebagian besar terbuat dari kayu, lebih pendek dibandingan sumpit dari Korea atau Tiongkok dan mempunyai ujung sumpit yang langsing. Bagian ujung yang sangat langsing pada sumpit Jepang dimaksudkan untuk mengangkat tulang dari daging sewaktu orang Jepang makan ikan. Bagian ujung sumpit ada kalanya dibuat berulir agar makanan yang dijepit tidak jatuh.

    Bambu dan kayu merupakan bahan pembuat sumpit sekali pakai yang banyak disediakan di restoran termasuk restoran-restoran di Indonesia. Waribashi (割箸 ,sumpit belah?) adalah sebutan untuk sumpit sekali pakai asal Jepang berbentuk sepotong kayu ringan yang diberi belahan di tengahnya tapi tidak dibelah sampai putus. Pemakai bisa membelah sendiri waribashi menjadi sepasang sumpit yang siap digunakan. Waribashi biasanya disediakan di restoran Jepang atau disisipkan sewaktu membeli paket makanan yang disebut bentō.

    Di beberapa negara Asia Timur, sumpit yang panjangnya sekitar satu setengah kali sumpit untuk makan dipakai untuk memasak di dapur. Sumpit dapur digunakan untuk pekerjaan menumis dan menggoreng di dalam minyak yang banyak. Tempura digoreng dengan menggunakan sumpit dapur tebal dari kayu atau bahan logam.

    # Etiket

    Secara garis besar etiket penggunaan sumpit berlaku di semua negara walaupun ada perbedaan di sana-sini bergantung pada negara dan daerahnya.

    * Sumpit biasanya tidak ikut diayun-ayunkan bersama gerakan tangan ketika sedang berbicara, dipukul-pukulkan ke meja atau digunakan untuk mendorong piring dan mangkok.
    * Sumpit biasanya tidak dipakai untuk memilih-milih apalagi mengacak-acak makanan di piring lauk, dan makanan dilarang dikembalikan lagi kalau sudah diambil.
    * Sumpit biasanya tidak digunakan untuk menusuk makanan seperti ketika menggunakan garpu, walaupun boleh saja digunakan untuk membelah sayur-sayuran atau kimchi yang masih berukuran besar.
    * Sumpit biasanya tidak diletakkan begitu saja di atas meja, melainkan di atas serbet, di atas sandaran sumpit atau di atas mangkok.
    * Di Tiongkok dan Jepang, sumpit dipegang di bagian tengah dan digunakan secara terbalik (bagian pangkal sumpit dijadikan bagian ujung sumpit) sewaktu memindahkan makanan dari piring makanan ke mangkuk nasi tapi bukan ke mulut. Di Korea cara memindahkan makanan dengan bagian pangkal sumpit justru dianggap tidak higienis.
    * Mangkuk nasi boleh-boleh saja diangkat sampai ke depan mulut, tapi di Korea mangkok nasi harus tetap berada di atas meja.
    * Sumpit dianggap tabu untuk ditusukkan berdiri di dalam mangkok berisi nasi karena menyerupai hio yang dinyalakan untuk mendoakan arwah orang yang meninggal.

    # Cara memegang sumpit

    Sumpit bisa dipegang dengan tangan kiri atau tangan kanan tergantung pada kebiasaan orang.

    1. Batang sumpit pertama dipegang seperti memegang pensil yang dijepit di antara ibu jari, telunjuk, dan jari tengah.
    2. Batang sumpit kedua diletakkan di antara jari tengah dan jari manis.
    3. Pastikan kedua batang sumpit dalam keadaan sejajar.
    4. Posisi kedua batang sumpit bisa dianggap benar jika bisa batang sumpit pertama bisa melakukan gerakan ke atas dan ke bawah secara berulang-ulang, sementara batang sumpit kedua dalam keadaan diam.

    Di sebagian besar negara-negara Asia Timur, sumpit juga bukan satu-satunya alat makan yang ada di atas meja. Di Tiongkok dan Korea misalnya, sumpit digunakan bersama-sama dengan sendok dan sendok bebek. Dalam menikmati masakan Jepang, orang Jepang biasanya hanya memerlukan sumpit sebagai satu-satunya alat makan, walaupun sendok dan alat makan lainnya juga digunakan sesuai dengan makanan yang dihidangkan.
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. Heaven7 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 16, 2009
    Messages:
    85
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +98 / -0
    oo trnyata alasannya itu toh :swt:
    dl cm di kasi tau ortu ga boleh gitu ga tau napa :swt:
     
  4. chubuchubu M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 10, 2009
    Messages:
    498
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +1,134 / -0
    wah,wah,aturannya banyak juga yah??
    tapi kalo kayak di korea yg ga boleh ngangkat mangkok nasi susah juga yah.
    mungkin itu alesannya orang sono lebih suka makan langsung dr panci :lol:
     
  5. masuakal M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 29, 2009
    Messages:
    4,511
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,652 / -0
    wahahah
    ribet ah
    klo di sini enek buat makan mie
    ama dim sum :top:
     
  6. akamichi Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 1, 2009
    Messages:
    142
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +14 / -0
    gw pernah buat milih" dan memilah" makanan menggunakan sumpit.. untung gak ada yang marahin:cihuy:
     
  7. zagayo M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 26, 2007
    Messages:
    849
    Trophy Points:
    206
    Ratings:
    +25,904 / -0
    jujur lho gw sampe skrg masi salah megang sumpit..

    diketawain temen mulu ><
     
  8. night_bat M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 3, 2009
    Messages:
    252
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +4 / -0
    baru tau...biasanya langsung pake aja hahaha yang penting dipake makan :lol:
     
  9. yazido Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 24, 2008
    Messages:
    91
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +13 / -0
    gw jarang make sumpit,
    tapi sumpit juga merupakan salah satu kebudayaan dari cina yang udah ada lama
     
  10. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,093
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,259 / -0
    pantesan, pernah liad cara pegangnya yg benar di film2 cina...

    dan tak salah lagi, cara pegang sumpit gw SALAH...
    kalo gw coba gerakkan batang sumpit pertama ke atas dan ke bawah, pasti yg kedua ikut juga :swt: :nangis:
     
  11. andidragon M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 27, 2009
    Messages:
    198
    Trophy Points:
    56
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5 / -0
    Nice Info...
    gw cobain deh
     
  12. krakatoo Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 7, 2008
    Messages:
    52
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +9 / -0
    haha, gw pernah di tegor sama temen keturunan waktu makan bareng.
    ugh jadi malu.
     
  13. MiniMaximA M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 12, 2008
    Messages:
    1,040
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +40 / -0
    Walah ribetnya mao makan aja. :swt:

    Gw sih gak suka pake sumpit, lebih suka make sendok ama garpu, praktis + stainless steel lagi. Alternatif lain kalo gak ada alat ya pake tangan kosong, 1 on 1 sama nasi panas + kuah mendidih. :haha:
     
  14. IDWSdonator M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 26, 2009
    Messages:
    154
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +25 / -0
    ia ni mau makan aja ribet


    jadi gak nafsu makan,,kalo rules nya banyak

    [​IMG]
     
  15. tombx M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 3, 2009
    Messages:
    224
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +5 / -0
    ^
    ^

    terlalu ribet yah..

    gile.. gw baru tau ada kyk2 gini..

    biasa nya tinggal pake aja.. gk pake Lama.. ^^
     
  16. mr_ark SUPERMOD

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Jan 14, 2009
    Messages:
    20,930
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +71,855 / -15
    Yang penting makanan masuk mulut, sebodo amat cara pegangnya salah juga. :hahai: Lagian paling dipake pas makan mi ayam ato hoka-hoka/ichi/ito bento doank. :ngacir: Enaknya pake sumpit berasa alami aja, gak ada sensasi rasa logam gitu pas makan.
     
  17. isengdude M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 21, 2009
    Messages:
    665
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +36,380 / -0
    halahhhh ribet banget mw pake sumpit aja :hahai:
     
  18. kacamataku M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 30, 2009
    Messages:
    2,034
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +17,872 / -0
    baru tau klo banyak peraturannya.. kirain ya tinggal makan aja :haha:

    duh ngomong2 makanan jadi laper deh
     
  19. enceladus Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 8, 2010
    Messages:
    98
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +16 / -0
    pantesan kalo liat pelem2 drama korea pas ada adegan yang lagi makan, kok keliatannya pada g napsu makan gtu, beda ma pelem dari China ato jepang.. wong piring/mangkoknya g boleh diangkat dari atas meja..

    nice share kk.. saya jadi nambah ilmu baru,, ^^ jempol buat kk
     
  20. articuzwolf Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Aug 10, 2009
    Messages:
    7,700
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +40,977 / -1
    :hmm: biasa gw seenaknya ada deh megang sumpit :hmm:
    kalo terlalu dipikirin makannya jadi ga enak :XD:
     
  21. kc99 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    191
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +11 / -0
    katanya megang sumpit yang bener, klo pas mo buka, ga boleh siang kan y...
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.