1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Ungkapin kenangan film Asia paling berkesan buatmu. Berhadiah GK, Pulsa, dan Line Gift Sticker loh! .Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Enam Jenis Pilihan Kontrasepsi

Discussion in 'Lifestyle' started by lian8819, Sep 1, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. lian8819 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    88
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +70 / -0
    PASANGAN yang belum mau memiliki anak atau ingin menunda kehamilan, seringkali bingung memilih metode kontrasepsi yang paling pas untuk diterapkan. Ada yang merasa tidak cocok, ada pula yang merasa tidak puas dengan performa yang ditunjukkan.

    Jika Anda dan pasangan termasuk salah satu kelompok di atas, simak dulu beberapa jenis kontrasepsi berikut ini sebelum menetapkan pilihan:

    1. Pil

    Pil kontrasepsi mengandung kombinasi hormon estrogen dan progesteron, dan merupakan salah satu cara pencegahan kehamilan paling ekonomis karena harganya relatif murah. Pil kontrasepsi bekerja dengan cara mencegah ovulasi, dan mengentalkan lendir serviks sehingga sperma tidak bisa mencapai uterus.

    Jika dilihat dari tingkat efektifitas, pil kontrasepsi memberikan jaminan perlindungan 100%, dengan catatan harus diminum secara teratur selama 21 hari tanpa terputus, dan dihentikan selama tujuh hari. Akan tetapi, penggunaan pil ini juga bisa menimbulkan sejumlah efek samping seperti sakit kepala, mual, tumbuh jerawat, atau berat badan naik.

    2. Cincin v*gina

    Alat kontrasepsi ini berbentuk cincin yang fleksibel dengan diameter sekitar 5 cm, yang bekerja melepaskan estrogen dan progesteron secara langsung ke dinding v*gina. Masukkan cincin ke dalam v*gina dengan menekan kedua tepi secara bersamaan, dan keluarkan setelah tiga minggu. Setelah dilepaskan maka Anda akan mengalami siklus haid.

    Setiap cincin v*gina mampu berfungsi selama satu bulan untuk mencegah fertilisasi, dan lebih baik digunakan oleh perempuan yang tidak cocok menelan pil (karena mengalami mual, pusing, dsb). Cincin v*gina ini bisa didapatkan dengan resep dokter, dan memiliki risiko sampingan infeksi v*gina yang bisa sembuh dalam beberapa bulan.

    3. Spon

    Spon merupakan sejenis alat berbentuk busa yang dimasukkan ke dalam v*gina beberapa jam sebelum melakukan hubungan seksual, dan dibiarkan di dalam sampai 30 jam sesudah berhubungan. Spon bekerja dengan cara melepaskan zat pembunuh sperma (spermicide) saat berada dalam kondisi lembap karena air, dan ditempatkan di atas serviks.

    Kekurangannya, alat kontrasepsi ini tidak dapat mencegah penjangkitan penyakit menular seksual, bisa menyebabkan iritasi v*gina, dan membuat penggunanya rentan terhadap mikroba.

    4. k*nd*m perempuan

    Berbeda dengan k*nd*m biasa, k*nd*m jenis ini dibuat khusus untuk kaum hawa, dan memiliki bentuk seperti kantung plastik panjang dengan cincin pada kedua ujungnya. Ujung yang terbuka merupakan jalan masuk penis, sedangkan ujung yang tertutup didesain untuk menahan ''perkakas'' pria tersebut dari area serviks.

    Untuk menggunakannya, tekan pinggiran salah satu cincin secara bersamaan dan masukkan sejauh mungkin ke dalam v*gina. Sementara itu, bagian cincin lainnya dibiarkan tergantung di luar tubuh.

    5. Diafragma

    Diafragma merupakan alat kontrasepsi berbentuk tudung/mangkuk yang terbuat dari karet dan bersifat fleksibel. Alat ini dibuat dalam berbagai ukuran sehingga dapat dipilih yang paling pas dengan tubuh. Selain mencegah kehamilan, diafragma juga efektif mencegah risiko kanker rahim.

    Untuk menggunakannya, lapisi diafragma dengan zat pembunuh sperma, lipat setengah, dan dorong masuk ke dalam v*gina hingga menutupi serviks. Biarkan diafragma berada di dalam v*gina selama sekurang-kurangnya enam jam setelah berhubungan intim, dan keluarkan dalam jangka waktu 24 jam untuk meminimalisasi risiko infeksi kandung kemih.

    6. Sterilisasi

    Metode ini merupakan salah satu alternatif pencegahan kehamilan secara permanen. Pada perempuan, prosedur ini dikenal dengan istilah tubektomi, yaitu pemotongan atau penutupan saluran telur yang terentang dari ujung atas rahim sampai kandung telur, sehingga perempuan yang bersangkutan tidak dapat hamil lagi.

    Metode ini juga bisa dilakukan terhadap laki-laki melalui prosedur vasektomi, yaitu pengikatan atau pemotongan saluran sperma sehingga laki-laki tersebut tidak bisa lagi menghamili lawan jenisnya.

    Source: Media Indonesia

    Maaf kalo repost yach..! :smiley_beer:
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. Flo Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 26, 2008
    Messages:
    16
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    hayo.. di pilih2.. sebelum perut si wanita membengkak..

    tp koq k*nd*m buat pria gk masuk yaa..
     
  4. hah082 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 30, 2009
    Messages:
    48
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +2,739 / -0
    Ehm...ehm...ilmu baru nih
     
  5. mikahoy045 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 16, 2009
    Messages:
    319
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +771 / -0
    buset gagal deh dapet PERTAMAX nya.. hehehehe....
    heheheh... btw senggama terputus juga bisa kan bro...
    ato klo gak sih pke k*nd*m aja...

    Bro judul threadnya keknya salah deh seharusnya kan Pilihan Kontrasepsi untuk wanita...
     
  6. ayeix Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 29, 2009
    Messages:
    151
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +162 / -0
    wew, banyak alternatif nih...
    wekekekeke.....
     
  7. sandal_elek Members

    Offline

    Joined:
    Jul 21, 2009
    Messages:
    1
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    nice info
    maturnuwun
     
  8. crazy4fun M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    May 1, 2009
    Messages:
    6,252
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +5,829 / -0
    Bwat pengetahuan di masa depan nich :top:
     
  9. ian M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 9, 2009
    Messages:
    225
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +448 / -0
    sangat membantu gan
     
  10. Saracen M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    269
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +146 / -0
    itu kan yang dijelasin TS metode kontrasepsi untuk perempuan

    lebih tepat kalo digunakan oleh pasangan yang sudah menikah tapi ingin menunda kehamilan:smiley_beer:
     
  11. an1m0us Members

    Offline

    Joined:
    Aug 16, 2009
    Messages:
    7
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    mantep nih gan info ya.
    laen kale kalo bisa ksh pic ya gan,jadi kita lbh jelas lagi.
    tq atas info ya.
     
  12. sempakiller M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 14, 2009
    Messages:
    273
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +8 / -0
    ayo dipake klo gamau tekdung :onion-52:
     
  13. koix11 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 11, 2009
    Messages:
    255
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +21 / -0
    lumayan buat nambah ilmu klo mau...:onion-08:
     
  14. rexdrake Members

    Offline

    Joined:
    May 6, 2009
    Messages:
    2
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    klo terlanjur tekdung gmn? panduan aborsi ada gak gan?
     
  15. agopiwe Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 12, 2009
    Messages:
    28
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +5 / -0
    ilmu bagus tapi bisa-bisa ni inpo dibuat yg enggek-enggak nih
    cuma mengingatkan aja boz
    anak tu berkah
    banyak orang yg pengen anak tapi g keturutan lhoooo
     
  16. RedH M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 26, 2009
    Messages:
    436
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +47 / -0
    ^
    Tp jaman sekarang klo kebanyakan anak mah, bisa ambruk perekonomian keluarga Bro.. :haha:
     
  17. iaquinta Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 24, 2009
    Messages:
    123
    Trophy Points:
    17
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +15 / -0
    thx 4 da info... menambah pengetahuan..
     
  18. garuq M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 18, 2009
    Messages:
    855
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +118 / -0
    mandul donng?
     
  19. diankestiwi M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 10, 2008
    Messages:
    197
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +35 / -0
    Nice info nich... buat pasangan yang masih lum menginginkan momongan... :) and pasangan muda mudi yang sering kelewatan .... :smiley_beer: :P
     
  20. juventinimaniac Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 3, 2009
    Messages:
    51
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +12 / -0
    weewww.. Makasih bro... Awas, jangan smp kebobolan sembelum menyesal di tengah pacaran, hehe...:onion-57:
     
  21. vidie02 Members

    Offline

    Joined:
    Jun 8, 2009
    Messages:
    1
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    sebenrnya masih ada 1 lagi... pake spiral... yang fungsinya sama aja buat mencegah kehamilan... tapi gw masih bingung ini bisa di pake ama cewe yg abis ngelahirin ataw bisa juga di pake ama yg belum.. soalnya kan jadinya mo ngeluarin di dalem juga gpp...:onion-05:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.