1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Machinery Ekranoplans: Pesawat Berteknologi Ground-Effect Asal Soviet

Discussion in 'Science and Technology' started by smkosasih, Nov 10, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. smkosasih M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,341
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,189 / -0
    Ekranoplans adalah hasil perkawinan silang antara pesawat terbang dan hovercraft dan dibuat selama era perang dingin Soviet versus USA. Jenis pesawat ini mampu melayang dan meluncur di atas permukaan air hingga kecepatan 250 mil per jam. Mampu membawa kargo lebih banyak dan lebih berat dari pesawat kargo biasa. Ekranoplans, atau kendaraan "Wing-in-Ground" (WIG) mungkin adalah satu teknologi yang paling menarik dan paling bersosok aneh yang pernah didesain manusia.

    Kebanyakan dari jenis pesawat ini dibuat oleh Soviet selama era Perang Dingin oleh rumah desain milik Rostislav Alexeev. Beberapa diantaranya memiliki panjang lebih dari 500 feet dan berat diperkirakan mencapai lebih dari 500 ton. Pesawat-pesawat ini melayang di atas gelombang dengan anggun, dengan kecepatan tinggi, tahan terhadap badai, dan tidak terlihat di radar - semuanya karena menggunakan prinsip aerodinamika yang dikenal sebagai "ground effect"
    Semua pilot kenal dengan prinsip "ground effect" ini: saat sebuah pesawat akan menyentuh landasan untuk mendarat, biasanya tercipta efek yang mendorong pesawat untuk melayang ke udara lagi. Tekanan udara antara sayap dan tanah bisa menjadi "alas" yang membuat pesawat menjadi meluncur halus. Di atas permukaan air efek ini lebih bahkan lebih terasa.

    1. KM - Russian "Caspian Sea Monster" Ekranoplan
    Pernah jadi kendaraan ground-effect yang terbesar yang pernah didesain (dengan panjang 100 meter, berat 544 ton, ditenagai 10 mesin turbojet Dobryin VD-7). Pesawat ini masih memegang rekor untuk mengangkat barang ke udara terberat (bahkan lebih berat dari apa yang bisa dibawa pesawat kargo moderen Antonov An 225 "Mriya"). Sejak lama ada misteri yang menyelubunginya, diuji coba di Laut Kaspia tahun 1966 dan berhasil dimata-matai oleh satelit Amerika.
    Meski hanya satu KM (istilah Rusia untuk pesawat prototipe) yang diproduksi, ada beberapa variasi yang berbeda panjang dan tingginya. Semuanya mempunyai sosok yang aneh, didesain untuk memanfaatkan ground-effect untuk mengarungi samudera pada kecepatan tinggi dan tidak terdeteksi radar. Menurut sumber militer, pemerintah Soviet berencana membuat 100 monster ini pada penghujung era Perang Dingin, lalu jumlahnya berkurang menjadi 24.
    [​IMG]
    [​IMG]
    Setelah jatuh karena sebuah kecelakaan (gara-gara penglihatan terganggu oleh kabut), KM tenggelam di perairan dangkal sedalam 20 meter, dan karena tubuhnya yang bongsor menjadikannya sulit untuk diperbaiki. Ekornya yang tinggi nongol di permukaan air seperti tanda salib di kuburan.

    Model pengganti berikutnya adalah "Orlenok" - Ekranoplan berukuran medium untuk tugas transportasi militer.
    [​IMG]
    SM-8, versi yang lebih kecil dari KM

    2. A-90 "Orlyonok" ("Eaglet")

    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    Beratnya 140 ton, dengan panjang 58 meter, terbang perdana di tahun 1972. A-90 ditenagai sepasang mesin turbojet dan sebuah mesin turboprop yang sanggup mendorongnya hingga kecepatan 400 km/jam sejauh 1500 km dengan ketinggian jelajah 5-10 meter.
    Mampu juga dikebut di atas tanah jika dibutuhkan dan menjadi pertunjukan yang spektakuler.

    Mampu mengangkut 150 pasukan dan 2 tank (lihat foto di bawah ini):
    [​IMG]
    [​IMG]
    Militer Soviet merencanakan membuat 20 pesawat ini untuk menciptakan divisi baru di Laut Baltik. Pesawat-pesawat ini dikirim ke militer pada tahun 1979, dan tiga A-90 di antaranya dilaporkan masih beroperasi pada tahun 1993. Jatuhnya dua pesawat ini menyebabkan tidak seluruh pesawat dibuat. Salah satu peristiwa jatuhnya pesawat ini sangat spektakuler ketika pesawat ini kehilangan seluruh bagian ekornya setelah menerjang ombak, tapi terbukti kehandalannya dengan terus melayang seperti glider meluncur ke laut. Prestasi ini ternyata belum membuat para jenderal Soviet batal untuk menghentikan programnya.

    Sejak runtuhnya Uni Soviet, produksi Orlyonoks menjadi dikomersialisasikan. Saat ini diberi nama Volga Shipyard yang dibuat untuk kepentingan komersial maupun wahana SAR. Orlyonok dapat dipesan baik sebagai pesawat kargo berkapasitas 50 ton dengan jarak jelajah 1500 km atau pesawat penumpang dengan kapasitas 30 penumpang dan jarak jelajah 3000 km.

    3. VVA-14M : Desain Lanjutan yang Aneh
    Ekranoplan "VVA-14M" sesungguhnya adalah penjelmaan dari pesawat udara bertampang aneh "VVA-14". Di bawah ini adalah tampang aslinya sebelum dipermak:
    [​IMG]
    Dan ini setelah disulap menjadi pengarung samudera:
    [​IMG]
    [​IMG]

    4. "Lun(Spasatel)" (1987) - Lebih besar dari KM "Sea Monster" dan lebih berbahaya!
    Dengan berat 280 ton, panjang 74 meter, M-160 Lun adalah Ekranoplan lainnya yang dikembangkan oleh Alexeev. Satu berhasil dibuat tahun 1987, yang memulai tugas perdananya tahun 1989.
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    Ukurannya lebih besar dari Boeing 747. Lihat perbandingannya di bawah ini:
    [​IMG]
    [​IMG]
    Lebih jauh, pesawat ini dipersenjatai dengan roket supersonik ZM-80 "Moskit" (SS-N-22 Sunburn) yang sanggup menenggelamkan kapal musuh. Mesin ini sempat menjadi ancaman bagi NATO jika Uni Soviet tidak runtuh. Kekurangan dana dan alasan-alasan lainnya membuat proyek ini tenggelam, meski beberapa di antaranya berhasil beroperasi dan disulap menjadi wahana penyelamatan laut.
    [​IMG]

    Yang ini "Spasatel" versi sipil:
    [​IMG]
    Dan ini adalah konsep menarik yang hampir masuk jalur produksi:
    [​IMG]

    [youtube]
    <object width="425" height="344"><param name="movie" value="http://www.youtube.com/v/IgtaeRZjWNc&color1=0xb1b1b1&color2=0xcfcfcf&hl=en&feature=player_embedded&fs=1"></param><param name="allowFullScreen" value="true"></param><param name="allowScriptAccess" value="always"></param><embed src="http://www.youtube.com/v/IgtaeRZjWNc&color1=0xb1b1b1&color2=0xcfcfcf&hl=en&feature=player_embedded&fs=1" type="application/x-shockwave-flash" allowfullscreen="true" allowScriptAccess="always" width="425" height="344"></embed></object>
    [/youtube]
    Di video ini juga dipertunjukkan kondisi menyedihkan dari raksasa "Lun" yang teronggok di markas AL Kaspiysk.

    Inilah desain terakhir karya Rostislav Alexeev: "Rocket-2" - sebuah wahana penjelajah sungai:
    [​IMG]


    AMERICAN WINGSHIPS
    Steven Hooker, seorang insinyur penerbangan, pertama kali meneliti The Caspian Monster tahun 1967 dan setelahnya mendirikan perusahaan "Aerocon" dengan mimpinya untuk membuat "Wingship" yang sepuluh kali lebih besar dan jarak jelajah antar samudera. Di bawah ini adalah proposal konsep Aerocon Wingship di tahun 1984:

    (Ukurannya dua belas kali ukuran Boeing 747!)
    "Atlantis - 1":
    [​IMG]
    Masih menjadi pertanyaan apakah wahana ini akan diproduksi atau tidak; tapi saat ini US NAVY mempertimbangkan prototipe lain:

    Boeing Ultra Pelican - Jawaban Amerika atas the "Caspian Sea Monster"
    [​IMG]
    Lihatlah ukuran konsep wahana terbang raksasa ini. Mampu mengangkut hingga 1400 ton (cukup untuk 17 tank plus beberapa ratus tentara) dengan jarak jelajah hingga 16.000 km. Mesin spektakuler ini panjangnya 152 meter dan punya bentangan sayap sepanjang 106 meter. Pesawat ini 10 kali lebih cepat dari kapal kontainer moderen.
    [​IMG]
    [​IMG]
    Wahana ini mampu melakukan perjalanan pada ketinggian 20 kaki diatas permukaan air untuk mode operasional paling ekonomisnya, selain itu mampu juga terbang ke angkasa hingga ketinggian 20.00 kaki.

    [​IMG]
    Jika pengembangan pesawat ini tidak ada halangan, maka mimpi militer untuk menyiapkan satu divisi pasukan dalam 5 hari dimanapun di dunia akan terealisasi. Potensi "Wingship" untuk mobilisasi yang strategis hampir tidak bisa dibantah. Lebih jauh, efisiensi operasionalnya (konsumsi bahan bakar) 44% lebih baik dari pesawat terbang kargo moderen.
    Wingship adalah teknologi yang bisa menjadi kenyataan, dan bahkan jika prototipe yang lebih kecil berhasil dibuat dan sukses, ini akan merupakan era baru dalam sistem transportasi (apalagi jika bekerjasama dengan pihak Rusia - sang pionir).

    ~..~..~..~..~..~..~..~..

    Ekranoplan, Pesawat Berteknologi Ground-Effect Asal Soviet (part 2)........

    Ini dalah gambar-gambar seperti apa Ekranoplans jika dipersenjatai lengkap:
    [​IMG]

    Di bawah ini memperlihatkan perbandingan seluruh model Ekranoplans:
    [​IMG]

    Yang ini adalah gambaran futuristik bagaimana sosok Ekranoplans di masa depan sebagai wahana raksasa berpenumpang:
    [​IMG]

    Ekranoplan "Orlyonok"- Dari Dalam
    Sekelompok orang dari Avia Gorizont mencoba mengeksplorasi dalamnya salah satu jenis ekranoplan utama yang dibuat untuk keperluan kargo militer yang menurut beberapa kesaksian hingga saat ini masih digunakan oleh kementrian Ministry of Emergency Situations of Russia.
    [​IMG]

    [​IMG]
    [​IMG]

    Mesin Ajaib Beriev: Konsep Ekranoplan Kelas Berat
    Be-2500 adalah konsep ekranoplan berat yang desainnya sangat menakjubkan - seperti penempatan permukaan-permukaan sayap dan mesin-mesin yang acak, keliatan aneh seperti model lainnya yang dikeluarkan oleh Biro Desain Beriev.
    [​IMG]
    [​IMG]
    Nomor model "2500" merujuk pada berat wahana terbang ini yang mencapai 2500 ton! Diperkuat oleh enam mesin dan mampu menyeberangi samudera Atlantik atau Pasifik dengan sebuah kecepatan "wing-in-ground" hingga 450 km/jam.

    Yang satu ini juga aneh, model Bartini Beriev, VVA-14, yang dapat ditemukan di lapangan terbang Rusia di Monino meski keadannya sangat memprihatinkan, tapi cukup indah sebagai objek stok fotografi dan bagi pecinta sejarah penerbangan.
    [​IMG]
    [​IMG]
    VVA-14 menggunakan efek "Wing-in-Ground (WIG)" saat take-off, jadi bukan merupakan ekranoplan sejati melainkan "ekrano-plane". Pesawat ini diproduksi untuk Militer Soviet dan disebut-sebut ditargetkan untuk menghancurkan kapal selam bermisil Amerika Serikat, US Navy Polaris.

    Ekranoplan + Pesawat Luar Angkasa
    Konsep ini dibuat dengan harapan bahwa nantinya lautan akan digunakan sebagai lokasi lepas landas pesawat luar angkasa. Proyek "Sea-Launch" ini mempunyai fasilitas lepas landas vertikal, sementara untuk lepas landas dan landing horisontal, insinyur-insinyur Rusia mengusulkan menggnakan suatu armada ekranoplan berat:
    [​IMG]
    [​IMG]
    Yang ini juga merupakan konsep hebat sistem lepas landas:
    [​IMG]

    Ekranoplan yang kompak dan praktis: LippischX-114 buatan Jerman tahun 1977:
    [​IMG]

    Mungkin konsep-konsep dari ekranoplans saat ini sudah tidak dikembangkan lagi, tapi sejarah pernah mencatat pesawat jenis ini pernah ada dan sebenarnya mempunyai potensi besar sebagai alat angkut berkapasitas besar di masa depan.


    maaf kalu repost atau salah tempat..
    :maaf:
     
    Last edited: Nov 26, 2009
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. ENC M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 24, 2008
    Messages:
    229
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,247 / -0
    US Navy emang ganas..
    tp kayanya china diem-diem juga punya senjata yg sejenis..
    nice info bro... keep posting
     
  4. chynthia M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 22, 2008
    Messages:
    776
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +20,805 / -0
    Kalo Cina si gak gitu. Ngapain riset capek-capek. mending tungguin ampe ruski ama amrik ngadu teknologi, trus pas teknologinya uda mantep dan teruji, tinggal di spy aj. dapet de blue print tanpa keluar biaya dan tenaga buat riset. biar amrik dan ruski yang capek keluar biaya dan tenaga. Memang bangga gua dengan negeri leluhur gua ini.
     
  5. icham M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 16, 2009
    Messages:
    991
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,247 / -0
    kereen bgt nie pesawat ternyata perkawinan silang antara pesawat dg hovercraft
    pantesan aja bs mendarat d laut !!!
     
  6. smkosasih M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,341
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,189 / -0
    cina memang begitu... :hahai:

    Tapi kalu kaya cina ga ada kepuasan batinnya..
    kalu riset sendiri, trus melakukan percobaan, dan jika berhasil rasanya puas banget... :cerutu:
     
  7. 4njar2 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 28, 2009
    Messages:
    144
    Trophy Points:
    37
    Ratings:
    +916 / -0
    ~_~ Udah lama NIh

    Aturan COLREG (Collusion Regulation) Rule 30 Seaplanes..... keluaran IMO

    Tapi susah di jalanin, di COLREG dia harus menghindari kapal terus.. termasuk kapal yang pake layar....... ~_~

    digunakan Pas perang / angkutan.....
     
  8. ich4n M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    1,702
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +816 / -0
    sebagai wilayah terluas kedua di bumi setelah wilayah udara, sudah selayaknya transportasi air digalakkan dan dijadikan alternatif :yareyare:
    tapi biarpun bentuknya bongsor dan aneh malah menurut gw bentuknya cukup futuristik terutama yang g pake baling" luar (apa istilah teknisnya :???:)
    menurut gw lagi beberapa ada yg sedikit mirip ama desain" pesawat/space shuttle di anime :hahai:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.