1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Dosen KWN Ku

Discussion in 'Motivasi & Inspirasi' started by moniqueen, Jul 23, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. moniqueen M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 8, 2010
    Messages:
    612
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +248 / -0
    Gw punya seorang dosen yg baru aja pensiun karna dia udah umurnya mesti pensiun. Namanya Pak T. Pak T ini dulunya orang ga punya, dia dari kampung, umur 10 taun dia ikut om nya yg punya rumah di jakarta. Kebetulan emang om nya ini orang yg cukup berada. Tiap hari Pak T yg masih kecil ini nyuci mobil om nya, nyapu2, bersih2 dan bantuin nyuci piring, semua tanpa disuruh, saat itu cuma 1 yg ada di pikirannya dia : "Semoga kalo saya bantuin om saya ini, saya disekolahin" dan ternyata bener, hati si om tergerak dan dia pun disekolahin sampe SMP.
    Pas SMP, cuma karna disekolahin sama om nya ga berarti dia bisa leha2. Dia mulai cari kerja sampingan, dari jadi tukang koran waktu pagi2 buta. sampe bantuin ibu2 jualan kue waktu sore sampe maghrib. Syukurlah dia bisa melanjutkan sekolah sampe SMA berkat beasiswa dan berhasil masuk Jurusan Keguruan di sebuah universitas tidak terkenal. "Yang penting saya bisa sekolah" gitu katanya. Saat kuliah ini dia sempet kerja sama orang Cina (ga bermaksud SARA, tapi orang cina dikenal dengan kegigihannya dalam berdagang dan itung2annya yg gila2an kalo udah menyangkut duit), dia kerja di fotokopi. Dia bingung pertamanya, kenapa kok fotokopi yg ini harganya bisa 50 perak per lembar, sementara fotokopi lain deket sana harganya udah 75-100. Pas dia tanya sama yg punya fotokopi, gini jawabannya "Biarpun sedikit, tapi udah ada untungnya ini dek. Dari selembar 50 perak ini, saya targetin sehari bisa dapet minimal sehari 5000 lembar, dari situ, 20% buat bayar listrik, 15% buat bayar pegawai, 15% buat bayar sewa..(dst)"
    Dosen gw pun mulai terbuka pemikirannya, kalo dia usaha sendiri, meskipun untungnya sedikit tapi kalo lakunya banyak kan tetep untung, apalagi usaha bisa diwariskan ke anaknya kelak, kalo dia kerja cuma bisa warisin duit (iya kalo anaknya ga foya2, kalo anaknya ga bisa ngelola duitnya percuma, kalo usaha bisa diajarin dari kecil biar ngerti ngelolanya gimana). Dosen gw pun membuka usaha kecil2an, nabung sedikit demi sedikit lama2 menjadi bukit, sampe akhirnya dia berhasil membuka toko bangunan di usianya yg waktu itu 35 tahun. Dia tetep jadi dosen karna dia memang berjiwa pengajar.
    Suatu hari sebelum ke kampus, dia lagi nganter pesenan ke toko bangunan lain. Tiba2 datanglah seorang pengemis, dan tukang bangunan yg lagi jaga nanya, "Biasa ya?" Si pengemis nya jawab "Iya", trus mereka bertukar uang 100 ribu receh dengan 100 ribu selembar. Dosen gw pun bertanya2 apa yg terjadi disini. Melihat muka dosen gw yg bertanya2, si tukang bangunan jawab, "Biasa itu Pak, pengemis yg tadi itu tiap hari nukerin duit ke sini. Jam 10an udah dapet 100 ribu dia, nanti siangan dan sorean dia nukerin duit lagi. Katanya duitnya ditukerin biar enteng, gampang bawanya kalo selembar gitu. Ckckck gila juga ya jadi pengemis bisa dapet minimal 250 ribu sehari. Enak banget" dosen gw diam sejenak, merenungkan semua usaha dia dari dia kecil sampe umur 40an. Dosen gw bilang gini "Emang enak mas jadi pengemis? Kalo enak mas jadi pengemis aja mendingan usahanya ditutup. Jadi pengemis itu kan ga halal, nipu orang lain, mas liat aja pengemis tadi, udah keenakan hidup kaya gitu jadi anaknya juga dididik jadi pengemis. Emangnya mas mau anak mas jadi kaya gitu?" si tukang bangunan cuma diem trus bilang "Iya juga ya pak, mendingan saya kerja begini meskipun gajinya kecil tapi halal"

    Jadi sodara2, semangatkah dalam menghadapi hidup :awas: Meskipun sulit dan penuh rintangan, asal kita mau usaha pasti Tuhan kasih jalan keluar :piss:
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. Will M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 14, 2010
    Messages:
    1,934
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +3,280 / -0
    wah hebat, salut masih ada orang kaya gitu di indonesia :top:

    kerja keras dari kecil meskipun hasilnya ga banyak tapi halal

    kalau boleh tau dosen dari PTN mana? :???:
     
  4. moniqueen M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 8, 2010
    Messages:
    612
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +248 / -0
    Dia sendiri ga pernah nyebutin dia kuliah di mana dulu. Gw sendiri sekolah di STBA tidak terkenal di bekasi, jurusan sastra jepang. Di kampus gw, yg kuliah itu banyak org dari berbagai umur (ada yg emang umurnya kuliah, ada yg telat setaun 2 taun, ada yg udah ibu2 hamil, bahkan ada yg umur 50 tahun. hebat ya mereka semua..) dan kampus gw dibagi shift pagi, siang, malam, dan shift2an (yg bisa masuk pagi/malam sesuai jam kerja) karna memang kampus menengah ke bawah, banyak yg kuliah sambil kerja. gw dulunya kuliah di kampus terkenal di jakarta, tapi gw dipaksa masuk sana dan akhirnya gw resign n pindah ke sini. Di kampus gw yg sekarang, gw sering liat temen2 gw pada bingung ga bisa bayar uang kuliah buat semester berikutnya dan terpaksa ngutang dulu sampe mid test biar bisa ngumpulin duit untuk bayar kuliah, beda bgt sama kampus gw yg dulu, di mana temen2 gw kalo mau minta duit kuliah tinggal telpon dan bilang "mami, transferin 6 juta ya sekarang, mau bayar kuliah ni" trus tinggal berlenggak lenggok ke ATM dan bayar deh.
    Gw salut sama temen2 gw dan dosen2 gw disini, mungkin itu sebabnya kenapa gw disuruh pindah kesini (yg untuk 4 taun kuliah cuma butuh 20-24 juta) sama bokap gw meskipun sebenernya bokap gw mampu biayain gw kuliah mahal (selain karna gw memang suka bahasa jepang), supaya gw bisa belajar hal2 lain yg ga bisa dipelajarin dari buku.
     
  5. Will M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 14, 2010
    Messages:
    1,934
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +3,280 / -0
    salut juga sama ayah bro moniqueen :terharu:

    memang pengalaman seperti itu yang dibutuhkan agar manusia bisa menjadi manusia yang sesungguhnya :terharu:
     
  6. moniqueen M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 8, 2010
    Messages:
    612
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +248 / -0
    uhm gw cewe.. ya gpplah..

    memang iya, gw banyak liat anak2 orang mampu yg pake mobil gaya2an kesana kesini, dan mereka ga ngehargain jerih payah orang tua mereka.. sementara gw liat dosen2 gw dan temen2 gw, yg ga mampu tapi terus berusaha untuk bisa kuliah,, bahkan sampe kerja 2 shift dari jam 3 sore sampe jam 7 pagi, jam 9 nya udah kuliah lg.. sungguh hebat mereka semua.. gw sendiri salut ngeliat perjuangan mereka, yg meskipun udah kerja cape2 masih nyari lembur dan kadang masih cari kerjaan lain kalo cuma dapet 1 shift.. luar biasa.. padahal banyak orang yg meskipun sehat tapi memilih untuk jadi pengemis, sungguh miris ngeliat nya..
     
  7. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,093
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,259 / -0
    jadi pengemis jelas2 gak mensyukuri apa yang telah dianugerahkan ke kita.
    jauh lebih baik memaksimalkan apa yang kita punya untuk mencapai hasil yang terbaik.
    dengan begitu baru kita bisa menjadi manusia yang benar2 layak.
     
  8. Will M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 14, 2010
    Messages:
    1,934
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +3,280 / -0
    err.. sorry :maaf:

    tapi di profilnya kok pria, walaupun sejak awal udah duga cewe dari nicknya :unyil:
     
    • Like Like x 1
    Last edited: Jul 23, 2010
  9. hidayato M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 7, 2009
    Messages:
    2,055
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +14,658 / -0
    pekerjaan mengemis adalah pekerjaan yg merendahkan derajat manusia
     
    • Like Like x 1
  10. bohemahmud M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 29, 2010
    Messages:
    803
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +94 / -0
    wah ane baru tau klo jd pengemis tuh bs dpt 250ribu perhari
    klo tiap bulan berapa ya??
    ugh males ngitung:hehe:
     
  11. Will M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 14, 2010
    Messages:
    1,934
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +3,280 / -0
    ayo jagan males, mari kita hitung :hehe:

    kalo 1 bulan kita bulatkan jadi 30 hari maka:
    250.000 x 30 = 7.500.000

    anjrit, tu pengemis gila juga, 1 bulan dapet 7,5jt :lol: belum lagi kalo pengemisnya pake sistem MLM, ada lho yang kaya gitu :lol:

    tapi sekali lagi itu duit gak halal :unyil:
     
  12. simomone M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 27, 2009
    Messages:
    3,523
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +37,183 / -0
    bener gak baek yang namanya ngemis :gembel: duitnya gak halal:gembel: gak ada berkah didalamnya

    mending kerja keras dengan cara halal sesuai kemampuan kita walaupun hasilnya sedikit
    dengan kerja keras insyaallah duit yang kita dapat juga lebih bermakna
    :onion-86:
     
  13. azkhaz M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 6, 2009
    Messages:
    2,191
    Trophy Points:
    211
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +121,764 / -1
    Rejeki banya atau sedikit sama aja ... yang membedakan adalah nilai keberkahannya .... sedikit tapi berkah, hidup kita tidak akan berasa kekurangan... banyak tapi berkah: kita bisa bermanfaat bagi orang lain ...
     
    • Like Like x 2
  14. dana12pm M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 18, 2010
    Messages:
    366
    Trophy Points:
    151
    Ratings:
    +31,466 / -0
    Benar kak bro... Lebih baik kerja keras.. Memberi selalu lebih OK daripada meminta..
    karena ada yang lebih dari sekedar materi yaitu "kemapanan bathin".. aseek... :hehe:
    selama masih dikaruniai badan sehat, mengemis itu dilarang..

    Teringat M. Gandhi yang memilih memakai baju rajutan sendiri, berjalan kaki dan makan garam ketimbang mengemis ke Inggris..
    Konfusius dalam perjalanannya bertemu seorang pengemis, bukan membantunya tapi justru memukulnya dengan kayu seraya mengatakan "kamu semasa muda adalah orang yang malas dan enggan bekerja keras.. "

    Dengan bekerja setidaknya kita memiliki kepercayaan diri untuk menjadi teladan keluarga, dan sekeliling kita..
    bahwa kita adalah orang yang sanggup mengayomi, bukan melulu minta diayomi..

    :hero:
     
  15. tracing_immortal Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 7, 2010
    Messages:
    232
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +9 / -1
    wew mengemis tu pkerjaan yg gmn ya..agak kurang baik deh kliatannya..
     
  16. moniqueen M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 8, 2010
    Messages:
    612
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +248 / -0
    wow ini menginspirasi bgt ceritanya, kk dana12pm nice said!!
    betul bgt yg namanya pengemis itu kalo dikasianin terus lama2 jadi kebiasaan hidup males dan ga mau usaha lagi, toh minta2 juga udah beres.. lain cerita kalo emang orangnya udah tua banget dan ga sanggup kerja lagi, wajar kalo minta2..

    anak2 juga sebaiknya ga dikasih kalo minta2, soalnya gw pernah kejadian liat anak2 minta2, tiap hari dateng ke warnet cowo gw buat minta2..
    sampe akhirnya cowo gw tanya, "lo minta2 terus, emang orang tua lo dimana?" si anak jawab "itu ibu lg di bawah pohon disana, sambil makan nasi rendang nungguin saya kasih setoran ke ibu" zzzzzzzzzzz
    trus cowo gw bilang lg, "lah kalo duitnya lo kasih ke ibu lo, trus lo buat apa minta2?" si anak dengan polosnya menjawab "supaya saya dikasih minum aqua nanti sama ibu.." ampooooooooooooooooon
    cowo gw tanya lg, "loh emangnya udah berapa hari lo ga makan?", lalu dijawab lg sama si anak "baru 2 hari ga makan.." busettttttt tu ibu nya bener2 dah..
    gw langsung dengan gregetannya bilang, "sini lo gw kasih aqua sama makan nasi bungkus, tapi makan sendiri ya, cepet lo makan" trus si anak lgsg pergi ke luar warnet dan makan dengan lahapnya
    ckck.. kasian gw liatnya, tapi sekali itu aja sih gw kasih dia makan, belakangan gw ga pernah ketemu dia lg, tapi ibunya gw sering ketemu.. minta2 di depan komplek (ga pernah gw kasih tu ibu wkwk)
     
  17. moniqueen M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 8, 2010
    Messages:
    612
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +248 / -0
    aslinya cowo gw yg buat id ini, tapi gw yg pake buat isi forum (dia pake buat download anime2 yg gw suruh doang hehehe)
    nevermind kk yg penting pesannya tersampaikan dengan baik.. meskipun kita sedikit oot disini hahahahaha
     
  18. valkyrie1984 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 3, 2010
    Messages:
    203
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +18 / -0
    Yang penting usaha.
    Dapet duit yg halal.
    coz uang haram biasanya bencana akhirnya.
     
  19. benih M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 11, 2009
    Messages:
    484
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +2,285 / -0
    salut kk ma dosen

    pantang menyerah menjalani hidup
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.