1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

DKI Bentuk Siswa dan Guru Sebagai Agen Penyebar Informasi HIV dan AIDS

Discussion in 'JaBoDeTaBek' started by Gunawan02, Jan 14, 2015.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Gunawan02 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 14, 2015
    Messages:
    215
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +0 / -0
    Tingginya menularan penyakit HIV sepanjang tahun 2013, Membuat komisi Penanggulangan AIDS Provinsi (KPAP) DKI Jakarta bersama dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemprov DKI lainnya, melakukan pelatihan pemahaman HIV dan AIDS atau yang diberi nama Training of Fasilitator Participatory Action Reserch (ToF PAR) Pemahaman Komprehensif HIV dan AIDS.


    Diharapkan dengan adanya pelatihan ToF PAR, ini DKI Jakarta akan menghasilkan 594 siswa dan 152 guru sebagai agen penyebar informasi HIV dan AIDS.

    Sekretaris KPAP DKI Jakarta Rohana Manggala mengatakan salah satu indikator yang diharapkan dalam Millennium Development Goals (MDGs) adalah 95 persen penduduk usia 15-24 tahun harus mengetahui dan memahami HIV dan AIDS secara komprehensif. Karena itu pihaknya menggelar pelatiah pemahaman HIV di kalangan remaja dan guru.

    "Untuk mencapai target MDGs tersebut seluruh pihak harus benar-benar mampu mewujudkannya kepada remaja usia 15-24 tahun karena mereka merupakan tonggak dasar bagi bangsa Indonesia'.kata Rohana, Rabu (23/10).


    Pelaksanaan ToF PAR Pemahaman Komprehensif HIV dan AIDS tahun 2013 yang direncanakan akan dibuka oleh dilaksanakan dalam 3 angkatan.

    Angkatan pertama, paparnya, adalah ToF PAR untuk masyarakat umum sebanyak 85 orang. Antara lain terdiri dari unsur perwakilan remaja dari 6 agama sebanyak 45 orang, remaja karang taruna sebanyak 20 orang, serta remaja pendidikan nonformal - Informal sebanyak 20 orang.

    Angkatan ke dua adalah ToF PAR peserta didik tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) yang diwakili 2 siswa (laki-laki dan perempuan) tiap sekolah untuk 40 sekolah di DKI Jakarta. Angkatan ketiga adalah Guru Bimbingan Penyuluhan yang diwakili 2 guru tiap sekolah dari 40 sekolah di DKI Jakarta.

    “Pelatihan akan dilaksanakan tanggal 23-25 Oktober 2013. Wakil Gubernur selaku Ketua Pelaksana Harian KPAP DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama akan melepas peserta ToF PAR di Balaikota.”

    Dari kegiatan ini KPAP DKI Jakarta menargetkan, alumni peserta lebih mengetahui dan memahami HIV dan AIDS secara komprehensif. Diharapkan pula materi HIV dan AIDS yang diberikan dapat masuk dalam kurikulum sekolah, termasuk menjadi bahasan dalam agenda kegiatan kemasyarakatan.

    “Lalu secara simultan semua alumni dapat melakukan ketuk tular atau pemberian informasi tentang HIV dan AIDS dari mulut ke mulut secara individu maupun kelompok di lingkungan sekolah, keluarga dan lingkungan sosial lainnya. Kami, bersama Dinas Pendidikan akan memonitor dan mengevaluasi kegiatan ini pertiga bulan sebagai bagian dari rencana tindak lanjut,” tukasnya. (bhi)

    www.cahaya.cohttp://www.cahaya.co/kanal/read/2/162/dki-bentuk-siswa-dan-guru-sebagai-agen-penyebar-informasi-hiv-dan-aids.html
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.