1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Dimana Tempat Membeli Emas yang Aman dan Terpercaya?

Discussion in 'Entrepreneur Talks' started by finansialku_com, Apr 23, 2017.

  1. finansialku_com Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 4, 2017
    Messages:
    204
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3 / -0
    [​IMG]

    Menurut Anda, dimanakah tempat membeli emas yang aman dan terpercaya? Sekarang ini sudah banyak toko yang menyediakan emas, baik toko online maupun toko tradisional. Yuk kita bahas satu persatu.

    [​IMG]

    6 Tempat Membeli Emas yang Aman dan Terpercaya

    Ibu Ria adalah seorang ibu rumah tangga yang rajin berinvestasi emas logam mulia. Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh Ibu Ria adalah memilih toko atau tempat membeli emas yang aman dan terpercaya. Sejauh ini Ibu Ria hanya membeli di toko emas langganan. Sayangnya toko emas langganan ibu Ria tidak menerima cicilan, baik cicilan ke toko emas maupun cicilan kartu kredit. Malahan transaksi dengan kartu kredit dikenai biaya sampai 2% per transaksi.

    Ibu Ria sempat berpikir untuk pindah ke toko emas lainnya, namun ada keraguan dengan keaslian emasnya. Apakah emasnya 24 karat atau emas yang sudah dicampur dengan logam lain. Dimana sajakah tempat yang menjual emas?

    [​IMG]

    Sekarang ini kita memiliki banyak pilihan tempat membeli emas yang aman dan terpercaya. Emas tidak melulu hanya dijual di toko emas, tetapi juga ada pegadaian, bank dan bahkan toko online. Berikut ini 6 tempat yang membeli emas di Indonesia.

    #1 Toko Emas

    Tidak semua toko emas melayani logam mulia ANTAM. Kebanyakan toko emas yang ada di Indonesia hanya menjual perhiasan-perhiasan emas. Finansialku.com lebih menyarankan investasi emas logam mulia dibandingkan dengan emas perhiasan. Sistem pembayaran yang ditawarkan toko emas umumnya adalah pembelian dengan uang kontan dan sistem cash on delivery (COD).

    [​IMG]

    #2 Perusahaan ANTAM, Unit Antam atau Cabang ANTAM

    Apakah Anda tahu, yang dimaksud emas ANTAM itu seperti apa? Logam mulia atau emas ANTAM adalah logam mulia yang diproduksi oleh PT. Aneka Tambang Tbk (Dikenal dengan istilah PT. ANTAM). Sebagai informasi saja, PT. ANTAM adalah produsen emas di Indonesia. Tentu saja harga emas yang ditawarkan juga lebih menarik, coba saja cek harga emas hari ini.

    [​IMG]

    Untuk informasi terkait dengan logam mulia, Anda dapat menghubungi Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia di:

    Jl. Pemuda – Jl.Raya Bekasi Km.18

    Pulogadung, Jakarta 13010

    Tel: (021) 299 80 900, (021) 4757 108.

    Email: infolm@antam.com

    Anda juga dapat membeli emas di butik Antam yang terdapat di daerah-daerah seperti Surabaya, Bandung, Makassar, dan Palembang. Harga emas di kantor butik ANTAM memang sedikit lebih tinggi daripada di Gedung Pusat Antam. Namun harga emas di kantor cabang atau Butik Emas Antam di daerah-daerah sama.

    #3 Pegadaian

    Anda juga dapat membeli emas atau logam mulia di kantor Pegadaian. Namun tidak semua Pegadaian melayani pembelian secara tunai. Hanya Pegadaian yang punya outlet Galeri 24 saja yang melayani pembelian secara tunai. Selain itu, kita juga bisa membeli emas secara online lewat www.Pegadaian.co.id. Tata cara pembelian tercantum pada situs tersebut.

    Pegadaian menawarkan 3 layanan terkait dengan emas yaitu:
    1. Membeli emas logam mulia secara tunai maupun dengan angsuran (jangka waktu angsuran mulai dari 3 bulan sampai dengan 36 bulan). Anda hanya cukup membayarkan uang mukanya sebesar 15%.
    2. Tabungan emas, untuk membeli dan menjual emas dan layanan titipan emas. Sistemnya sama seperti tabungan pada bank, namun uang kita dikonversi dalam bentuk kepemilikan emas.
    3. Konsinyasi emas adalah layanan titip jual emas yang kita miliki di Pegadaian.
    [​IMG]

    Emas yang dijual di pegadaian berasal dari PT Aneka Tambang (Antam). Pegadaian juga melayani penjualan emas. Jika emas yang dijual dulunya dibeli dari Pegadaian (dibuktikan dengan sertifikat pembelian), Pegadaian mau membelinya sebesar 97% dari harga pasar. Nilai ini termasuk tinggi karena kebanyakan tempat jual emas lain, seperti Antam, menawarkan 95% dari harga pasar.

    #4 Bank Syariah

    Sejumlah Bank Syariah melayani pembelian emas, misalnya Bank Syariah Mandiri, Bank BRI Syariah, Bank BCA Syariah dan lain sebagainya. Apabila kita membeli emas di Bank Syariah, kita bisa membelinya secara kredit, biasanya dengan menggunakan sistem akad jual beli (murabahah).

    Murabahah adalah perjanjian jual-beli antara bank dengan nasabah. Bank syariah membeli logam mulia (emas) yang diperlukan nasabah kemudian menjualnya kepada nasabah yang bersangkutan. Tentu saja harga emas dari bank ke nasabah akan dikenai margin keuntungan yang telah disepakati bersama (bank dan nasabah).

    [​IMG]

    Pembelian emas di Bank Syariah juga lebih meringankan keuangan karena pembayarannya bisa lewat mekanisme cicilan per bulan. Bank Syariah juga menerima gadai emas yang telah dibeli dengan nilai hingga 95% dari harga pasar.

    #5 Toko Emas Online

    Sebelum membeli emas di toko online, pastikan untuk mencari tahu toko emas online yang terpercaya. Dengan cara memilih toko emas online terpercaya dapat menghindari membeli logam mulia palsu. Di Indonesia ada beberapa toko online yang fokus menjual emas, seperti Orori.com dan ANTAMGold.com.

    Disclaimer: Finansialku.com tidak terafiliasi dengan ORORI.com dan ANTAMGold.com. Penyebutan merk sebagai saran edukasi, bukan sebagai nasihat investasi. Anda sebagai nasabah harus teliti dan melakukan pengecekan kembali status perusahaan atau status toko online.

    [​IMG]

    Beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli emas dari toko online:
    • Harga emas yang ditawarkan.
    • Pilihan pembayaran (termasuk cicilan kartu kredit 0%). Cek kembali apakah ada biaya adminstrasi terkait dengan cicilan kartu kredit.
    • Biaya pengiriman dan asuransi saat mengirimkan logam mulia. Jika pengiriman bermasalah maka logam mulia yang dipesan akan lama sampai di rumah. Sebelum membeli tanyakan terlebih dahulu jasa pengiriman apa yang digunakan.
    • Customer service yang ramah dan solutif.
    • Promo dan kebijakan toko juga harus dipertimbangkan sebelum membeli emas di toko online
    #6 Marketplace dan E-Commerce

    Selain itu Anda juga dapat membeli emas di website-website marketplace, seperti TokoPedia dan BukaLapak. Namun satu hal yang harus dicatat, penjual di website Marketplace adalah perorangan. Anda harus benar-benar selektif. Seperti contoh berikut ini:

    [​IMG]

    Jika Anda perhatikan gambar di atas, dalam sebuah website e-commerce atau marketplace, akan ada banyak penjual. Seperti contoh di atas, ada banyak sekali penjual yang menawarkan produk logam mulia emas. Anda dapat langsung membandingkan harga antara penjual yang satu dengan yang lain serta ketersediaan produk.

    Berikut ini salah satu tampilan penjual logam mulia di website marketplace.

    [​IMG]

    Beberapa hal yang perlu diperhatikan:
    • Lihat reputasi
    • Lihat review dan baca komentar
    • Lakukan chat melalui platform marketplace atau WhatsApp dan telepon
    • Jika memungkinkan lakukan COD (cash on delivery), agar lebih aman.
    • Jika Anda menggunakan kartu kredit, cek kembali biaya administrasi.
    Cari Tempat Membeli Emas yang Aman dan Terpercaya

    Saat ini sudah ada banyak pilihlah tempat membeli emas yang aman dan terpercaya. Pelajari terlebih dahulu cara pembelian dan perhatikan detil biaya-biaya yang dikenakan. Semoga investasi emas Anda menjadi lebih mudah.

    Jangan lupa share artikel ini, kepada teman Anda, agar mereka juga dapat berinvestasi emas dengan lebih baik.


    Apakah Anda pernah membeli emas di marketplace dan menggunakan cicilan kartu kredit? Silakan share pengalaman Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.


    Sumber:
    Dimana Tempat Membeli Emas yang Aman dan Terpercaya?

    Baca Juga:
    Hindari 6 Hal ini Saat Anda Membeli Emas untuk Investasi, agar Tidak Rugi
    Apa Saja Untung Ruginya Investasi Emas Perhiasan?
    5 Cara Investasi Logam Mulia ANTAM
    7 Manfaat Emas dan Logam Mulia, Selain untuk Berinvestasi
    12 Jenis Investasi Emas dari Perhiasan Emas, Logam Mulia Hingga Perdagangan Berjangka
    Apakah Benar Ada Pajak Penjualan Emas Sebesar PPH Final 0,45%?
    Pilih Investasi Logam Mulia Bersertifikat atau Emas Lokal (Cukim)?
    7 Alasan Anda Perlu Menabung Emas dan Berinvestasi Emas


    [​IMG]

    Tentang Finansialku:
    Finansialku.com adalah portal perencanaan keuangan individu dan keluarga. Kunjungi kami di:
    Website: Finansialku.com
    Facebook: @Finansialku
    Twitter: @Finansialku
    Google+: +Finansialku
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.