1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Ungkapin kenangan film Asia paling berkesan buatmu. Berhadiah GK, Pulsa, dan Line Gift Sticker loh! .Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Diet Sehat untuk Pekerja Kantoran

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by raza_anguy, Mar 23, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. raza_anguy Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 7, 2008
    Messages:
    46
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +12 / -0
    VIVAnews - Para pekerja kantoran cenderung memiliki pola makan yang kurang baik. Selain pilihan makanan yang jauh dari menu sehat, para pekerja kantoran ini juga sering melanggar aturan makan yang benar. Misalnya ngemil di antara jam makan.

    Aktivitas kerja di kantor yang menuntut Anda berlama-lama duduk di depan komputer juga tak baik untuk kesehatan. Terlalu banyak duduk akan membuat Anda berisiko mengalami nyeri pinggang dan punggung. Selain itu, Anda juga kurang bergerak sehingga lama-kelamaan, berat badan meningkat.

    Supaya aktivitas kerja di kantor lebih efektif, sebaiknya ikuti pola diet berikut ini.

    Jangan tinggalkan sarapan
    Sarapan sangat penting untuk menyupali energi tubuh dan otak saat bekerja. Jika tidak sarapan, Anda akan lebih sulit berkonsentrasi dan rasa lapar akan mengganggu kerja.

    Bila tak sempat sarapan, bawalah buah atau jus buah. Pilih buah yang bisa menyuplai gula darah ke otak sehingga menghambat rasa lapar datang lebih cepat. Misalnya jeruk, apel, dan strawberry.

    Kurangi kebiasaan makan di luar

    Saat makan siang, Anda bersama teman sekantor mencari jajanan di warung makan. Pilihan makanan di warung pinggir jalan yang beragam juga bisa membuat Anda melupakan asupan nutrisi sehat.

    Bila menu yang Anda pilih memenuhi semua kebutuhan nutrisi, tak ada masalah. Coba pilih menu yang seimbang, ada karbohidrat, protein, mineral, vitamin, dan sebagainya.

    Tapi kebanyakan jajanan di pinggir jalan tingkat kebersihan dan kesehatannya diragukan. Misalnya makan ayam goreng, minyak yang digunakan belum tentu sehat. Minyak tersebut biasanya sudah dipakai menggoreng berkali-kali, sehingga bisa membahayakan kesehatan.

    Lupakan camilan tak sehat
    Di antara waktu makan, Anda perut tetap bekerja sehingga terkadang timbul rasa lapar. Pasti Anda tergoda untuk ngemil.

    Gorengan atau keripik kentang memang teman yang menyenangkan di antara jeda makan. Tapi makanan seperti itu tak ada gizinya dan tinggi kolesterol.

    Siapkan buah untuk camilan
    Coba makan buah setidaknya lima kali dalam sehari. Bila keinginan ngemil datang, makan buah. Kandungan nutrisi sehat dalam buah tak perlu dipertanyakan lagi. Serat dan vitamin tinggi bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh dan memperlancar pencernaan.

    Pilih buah berwarna kuning seperti jeruk, mangga, aprikot untuk memenuhi kebutuhan beta karoten. Buah-buahan berantioksidan tinggi seperti strawberry, blueberry atau grapefruit juga bisa jadi pilihan.

    Anda juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk salad buah, rujak, atau jus buah, atau smoothies. Selain buah, Anda juga bisa menyiapkan sayur untuk camilan, misalnya brokoli, bayam, atau wortel.

    Jangan abaikan rasa haus
    Pegawai kantoran banyak menghabiskan waktu di dalam ruang berpendingin (AC). Hal ini membuat tubuh lebih cepat mengalami dehidrasi. Kadang Anda menunda minum karena kesibukan kerja. Tapi hal itu membahayakan fungsi kerja ginjal.

    Anjuran minum air putih yang baik minimal delapan gelas sehari. Tapi bagi Anda, sebaiknya tambah porsi minum. Bila Anda malas bolak-balik mengambil minum di dispenser, sediakan teko di meja Anda.

    Perbanyak menu ikan
    Bekerja 8-10 jam sehari membuat Anda banyak menguras otak. Sehingga Anda perlu mengasup protein tinggi.

    Penelitian kesehatan mengungkapkan, orang yang memakan ikan minimal tiga kali seminggu memiliki risiko terserang penyakit lebih rendah. Kandungan asam lemak omega 3 yang sangat tinggi pada ikan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Selain itu, protein tinggi ikan juga membantu memperbaiki sel-sel otak dan sistem saraf. Dengan demikian, kerja otak dan konsentrasi Anda lebih baik.
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. yusuf_th3cupu M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 5, 2009
    Messages:
    574
    Trophy Points:
    207
    Ratings:
    +9,114 / -0
    Bukannya camilan itu bisa bikin kegemukan n g' sehat kan?
     
  4. Valky M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 12, 2008
    Messages:
    593
    Trophy Points:
    77
    Ratings:
    +334 / -0
    ^

    ga baca yg bener ya?
     
  5. lazuard M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 30, 2009
    Messages:
    411
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +13 / -0
    nice inpoh.,.,. gw save.,.:)
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.