1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Dismiss Notice
  7. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  8. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Deteksi Jantung dengan Setetes Darah

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by d4174nk, Jun 10, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. d4174nk M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 24, 2008
    Messages:
    737
    Trophy Points:
    206
    Ratings:
    +6,149 / -0
    [​IMG]

    KOMPAS.com
    - Orang yang hendak memeriksa penyakit jantung mungkin hanya terpaut setengah jengkal lagi dari sasaran mereka berkat peralatan baru seukuran kartu kredit yang diciptakan oleh satu tim peneliti dari Harvard University dan Norteastern University di Boston, Amerika Serikat.

    Dalam laporan penelitian yang disiarkan melalui Internet, Senin, di dalam jurnal "Federation of American Societies for Experimental Biology" (FASEB), mereka menggambarkan bagaimana alat itu dapat mengukur dan mengumpulkan sejenis sel yang diperlukan guna membangun jaringan pembuluh darah, yang disebut "endothelial progenitor cells", dengan hanya menggunakan 20 mikroliter darah.

    Perkembangan tersebut juga penting karena hal itu memungkinkan ilmuwan mengumpulkan sel itu jauh lebih mudah dibandingkan dengan teknik saat ini, sehingga upaya menghasilkan jaringan yang diciptakan di laboratorium bagi operasi jantung by pass selangkah lebih dekat dengan kenyataan.

    "Alat sederhana ini alat yang menjanjikan bagi dokter anak dan penduduk dewasa dalam mendeteksi, mendiagnosis, memantau dan menyediakan pilihan perawatan penyakit jantung dan pembuluh darah dengan memanfaatkan sedikit darah," kata pemimpin penelitian tersebut Shashi K. Murthy dari Department of Chemical Engineering di Northeastern Univerisity, Boston.

    Untuk mengumpulkan sel itu, alat tersebut beroperasi dengan cara yang sama dengan "velcro" atau magnet. Secara khusus, bagian dalamnya dilapisi dengan antibodi yang hanya terikat pada "endothelial progenitor cells".

    Darah mengalir melalui alat tersebut lewat bagian terbuka yang menyerupa corong (kecuali darah masuk melalui ujung sempit dan keluar melalui ujung yang lebar), melewati anti-bodi, dan "endothelial progenitor cells dikumpulkan" di dalam proses itu.

    Selain memungkinkan peneliti mengumpulkan sel dari darah yang sangat sedikit, rancangan alat itu juga memberi para peneliti satu model baru guna mempelajari dampak dari aliran darah di dalam tubuh pada ikatan sel --seperti penggumpalan terbentuk di dalam pembuluh darah.

    "Yang paling utama ialah ini dapat menjadi alat baru untuk menilai kesehatan jantung dan pembuluh darah yang memangkas jumlah darah yang perlu dikeluarkan melalui ujung jarum. Ukurannya yang padat membuatnya jadi alat yang luar biasa untuk digunakan di negara berkembang, tempat akses ke laboratorium medis tak ada," kata Gerald Weissmann, Pemimpin Redaksi FASEB Journal, sebagaimana diberitakan kantor berita resmi China, Xinhua.

    "Selain itu, tindakan ini jauh lebih dekat dengan masa depan, tempat pembuluh darah baru, urat darah halus dan pembuluh nadi bagi pencangkokan tak lagi perlu dicangkok dari tubuh pasien. Jumlah rasa sakit dan masa pemulihan bagi operasi ’bypass’ akan berkurang secara mencolok," katanya.
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. zutara M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Aug 3, 2008
    Messages:
    9,280
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +46,318 / -0
    di indo sudah ada kah ??

    screen plis....
     
  4. gerry1990 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 14, 2009
    Messages:
    80
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +5 / -0
    wah,sekarang kalo mw tes lebih enak gak perlu ampe diambil setabung darahnya,,lebih ngirit,,tapi tetep aja eneg kalo mw diambil darahnya :takut:
     
  5. gildaditya Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 18, 2009
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    iya.
    pengen liat bentuk realnya kayak gimana.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.