1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Fauna Daisy, Anjing Labrador yang Jago Deteksi Kanker

Discussion in 'Flora dan Fauna' started by kaisar079, Nov 22, 2014.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. kaisar079 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 26, 2012
    Messages:
    365
    Trophy Points:
    52
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,794 / -0
    [​IMG]

    KOMPAS.com - Anjing biasanya menggunakan indra penciumannya yang tajam untuk mencari makanan. Namun, Daisy, anjing jenis labrador ini juga menggunakan penciumannya untuk mengendus penyakit kanker.

    Anjing berusia 10 tahun ini pun mendapat penghargaan medali Blue Cross di Inggris karena bisa mendeteksi kanker pada 551 orang dengan tingkat akurasi 93 persen. Daisy dianggap telah banyak menyelamatkan nyawa manusia.

    Pemiliknya, dokter Claire muemang sudah melatih Daisy sejak kecil untuk mengendus penyakit dari urine dan nafas manusia. Daisy pun berhasil mendeteksi tumor yang diderita pemiliknya. Hidung seekor anjing labrador diketahui 300 kali lebih sensitif daripada manusia.

    Anjing ini dilatih dengan mengendus sampel orang yang sudah didiagnosis kanker dan orang tanpa penyakit sehingga dapat membedakannya. Daisy pernah mendeteksi kanker payudara seorang pasien.

    "Dia menciumi tubuh saya berulang kali. Saya mendorongnya agar pergi, tapi dia tetap menciumi saya. Dia pun marah. Dia mendorong saya begitu keras sehingga membuat saya memar," ujar dokter Tamu yang dideteksi menderita kanker payudara.

    Saat itu Tamu mengaku heran dengan kelakuan Daisy yang biasanya ramah. Namun, beberapa hari kemudian, Tamu merasa ada benjolan kecil di payudaranya. Benjolan itu ternyata kista yang tidak terlalu berbahaya. Namun, dalam jaringan payudara bisa menjadi kanker. Karena telah dideteksi sejak awal, benjolan tersebut diangkat sebelum kanker menyebar.

    "Kalau bukan karena Daisy, itu (kanker) bisa terdeteksi lebih lama lagi dan bisa saja menjadi lebih serius," kenang Tamu.

    Persaingan cukup ketat untuk mendapatkan penghargaan ini. Selain Daisy, ada pula JJ, anjing pendeteksi bom yang telah menyelamatkan nyawa tentara di Afghanistan.

    Steve Goody, wakil kepala eksekutif yayasan tersebut mengaku tersentuh dengan kisah Daisy. Menurut dia, Daisy sangat layak mendapatkan medali tersebut.

    "Kanker mempengaruhi kehidupan ribuan orang dan Daisy telah berkontribusi besar untuk diagnosis dan sebagai awal pengobatan kanker," kata dia.

    Daisy kini membantu melatih 12 anjing di Medical Detection Dogs dan ia merupakan 'konsultan senior' di Inggris untuk mendeteksi kanker payudara.

    Sumber
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. SNSDlYoona M V U

    Offline

    Sexiest Man in The World

    Joined:
    Oct 10, 2011
    Messages:
    200
    Trophy Points:
    97
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +177 / -2
    waw ini anjing ngalahin teknologi tinggi ya wkwkwk
    mau dong eike pelihara
     
  4. faridsw Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 23, 2011
    Messages:
    55
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    bisa gitu ya. hebat bener dia, mungkin sering dikasih makan daging kankeer
     
  5. SPIRITOFCOROLASO M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Oct 1, 2013
    Messages:
    4,090
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +1,059 / -0
    waalah gua baru tau kalo anjing labrador bisa mendektesi kanker..

    berarti dokter bisa kalah saing nih ma anjing..
     
  6. putrisarahz M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 26, 2012
    Messages:
    229
    Trophy Points:
    52
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +140 / -0
    wahhh keren banget anjingya bisa mendeteksi kanker.
    jadi pengen pelihara anjing pinter ini :hmm:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.