1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Ciri Khas Film Indonesia Jaman Dulu

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by GilbertDurandal, Apr 7, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. GilbertDurandal Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 11, 2010
    Messages:
    311
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +217 / -0
    [​IMG]

    Adegan-adegan yang biasanya ada dalam film-film Indonesia "jadul" (jaman

    dulu) tahun 1970-an dan 1980-an:

    1. Makan bersama keluarga. Entah maksudnya apa, selalu pamer apa yang dimasak + pembantu rumah tangganya, atau pamer peralatan dapur. Dan biasanya minumannya selalu jus jeruk.

    2. Cinta yang tidak disetujui orang tua. Entah sudah berapa judul film Rano Karno yang temanya beginian.

    3. Tokoh Ayah selalu berbaju safari. Biasanya warnanya coklat muda, dengan 2 bolpen di kantongnya, membawa koper, dan biasanya ke kantor.

    4. Polisi yang selalu datang terlambat. Seperti biasa, polisi selalu terlambat untuk menangangi masalah dalam film Indonesia , dengan kalimat yang kaku dan khas: "Ini memang buronan yang sedang kami cari, Pak!"

    5. Adegan pub/bar/nightclub. Scene ini biasanya lampu remang-remang warna kemerahan, diiringi musik-musik kaya' ABBA, Beegees, Kool and The Gang. Lalu minuman diberi obat perangsang.

    6. Masuk Rumah Sakit. Biasanya karena penyakit yang baru disadari sudah stadium 2 atau 3, karena mengidap kanker, leukimia, atau jantungnya kambuh. Sangat jarang penyakitnya bengek, korengan, atau diare. Dokternya biasanya berkumis, badan agak gemuk, kacamata baca model Malcolm X, stetoskop menggantung di leher, dan biasanya ngomong : "Bapak dan Ibu tidak usah khawatir, kami akan berusaha semampu kami."

    7. Adegan lari-larian di taman atau di pinggir laut sambil ketawa-ketawa kecil "hahaha...hahaha..." trus yang cewek menjatuhkan diri. Maksudnya romantis, tapi kok malah jadi lucu. Trus saat adegan ciuman, diganti (disensor) dengan deburan ombak atau bunga mawar.

    8. Mau di-per-kosa trus nggak jadi karena jagoannya datang. Entah dari mana, tiba-tiba berantem aja sama yang mau mem-per-kosa.

    9. Tokoh kyai/orang sakti/pemuda yang alim. Biasanya untuk ngusir setan kaya kuntilanak, arwah penasaran dan lain-lain. Banyak ditemui di film-film horor Indonesia dan biasanya selalu menang.

    10. Di setiap ending film pasti disertai dengan tulisan: SEKIAN, TAMAT, SELESAI, dan lain-lain dengan warna-warna yang cerah.

    11. Kalau cowok pergi ngapel ke rumah camer biasanya bawa oleh-oleh kue tart yang norak-norak (zaman segitu belum ada black forest, atau tiramisu sih!)

    12. Kalau kuliah naik motor and berambut gondrong.

    13. Cewek kalau dijemput cowoknya pakai mobil, pintunya dibukain.

    14. Adegan buang puntung rokok, terus dimatiin pake kaki. Mungkin biar sepatu boot/kulit mengkilap-nya keliatan.

    15. Kalau perpisahan bikin acara disko sendiri di rumah.

    16. Terjadinya ML ya karena gak sengaja, sering kali gara-gara kehujanan atau pada saat hujan.

    17. Kalau mau ketemu cewek, si cowok sisiran dulu. Rambut gondrong dangdut, diminyakin dan sisirnya ditaruh di saku belakang. Biar tambah keren, biasanya sisirnya nongol sedikit.

    18. Nama peran utamanya kalau cowok selalu JOHAN, HENDRA, ANTON, BRAM, dll

    19. Kalau naik motor nggak pernah pake helm.

    20. Cewenya kalau habis dimarahin sama bokapnya, biasanya langsung lari ke kamar terus nangis tersedu-sedu di ranjang (biasanya film-film Oma Irama).

    21. Suka ada iklan tersembunyi, biasanya rokok. Pemeran utama megang2 rokok dengan gaya garing, biar merek nya bisa kesorot kamera.

    22. Kalau pemeran utama cowoknya dalam ceritanya udah jadi tua, biasanya mukanya cuma tinggal ditambahin kumis doang. Tapi tampangnya tetep aja muda.

    23. Kalau film silat, gadis desanya senang nyuci di kali pakai kemben, bawa bakul, bajunya cuma 2 biji. Pas lagi nyuci, datang penjahat dan langsung tuh pejahat pengen mem-per-kosa.

    24. Kalau film perang, kapten Belanda biasanya orang Indonesia pake wig pirang, serdadunya senang jalan-jalan keliling kampung, pas liat cewek lagi nyuci di kali,kejadian berikutnya sama dengan no 23 di atas.

    25. Biasanya kisah sedihnya beruntun. Misalnya: anak sakit, nggak punya uang, mau beli obat, hujan deras, eh si emak ketabrak mobil lagi..(apesss. .)

    27. Anak SMA pake seragam, lengannya dilinting, nggak cewe ngga cowo. Celananya baggy, atau yang pipanya nyempit di bawah.

    28. Rambut cewek belahannya di samping.

    29. Vokal untuk theme song suaranya lirih dan mendesah desah. (ahh..ahhh.. ahhh..)

    30. Kalau ada yang mau mati, pasti ninggalin pesen duluan, baru mati. (nah lho..)

    31. Suara cewe kalo lagi marah pasti jadi gembret.

    32. Zainal Abidin kebanyakan jadi tokoh Bapak.

    33. Kalau di film anak-anak, biasanya ibu atau bapaknya meninggal. Si anak tinggal sama ibu tiri atau bibinya, dijadiin pembokat, dimarahin. Si anak kabur ke kota , jadi gelandangan. Biasanya dipungut orang kaya, trus jadi penyanyi cilik terkenal. Biar rada dramatis sering tuh anak akhirnya ditabrak mobil. Kadang dibikin mati, kadang cuma cacat.

    34. Kalau ada cewek yang mau diculik, biasanya ntu cewek lagi jalan di tempat sepi yang nggak ada orang/mobil lewat. Padahal sebelumnya ga pernah dia lewat jalan sepi begitu. tau kali ya mau diculik????

    35. Kalau film eksyen, adegan berantem di jalan ramai dilanjutkan dengan kejar-kejaran. Dari kota tiba-tiba pindah berantem ke tengah sawah! Proses tengahnya (kok dari kota bisa langsung nyebur kesawah) gimana, gak tau dah.

    36. Kalau adegan daerah pelacuran, biasanya di pinggir sungai, ada becak sama warung jualan bir. Terus ada adegan WTS godain orang lewat. Kadang-kadang ada bencongnya juga.

    37. Adegan batuk-batuk. Habis itu keluar darah...dilap tissue....dijamin abis itu pasti mati.

    39. Cerita SMA biasanya sering ada murid baru, biasanya cewek. Sering ada adegan cowok godain cewek pake lemparan gulungan kertas atau kapur. Surat cintanya biasanya nyasar ke temen cewek yang jelek dan gendut atau ke ibu guru.

    40. Kalau jajan di kantin biasanya makannya bakso, duduk di bangku panjang kayak di warteg. (ga ada makanan lain kali ya???)

    41. Kalau lulus-lulusan biasanya kemping ke gunung, di bis nyanyi-nyanyi kayak anak TK.

    42. Kalau bikin geng biasanya ada yang gendut, bencong, atau kurus.

    43. Jagoan SMA biasanya ketua OSIS, kalau sekolah bawa tas kecil yang ditaruh di bahu, bukunya kadang cuma satu biji, lusuh lagi.

    44. Hantu-hantu di film horor:

    - Biasanya yang jadi korban duluan adalah orang yang lagi ronda.
    - Kuntilanaknya sering jajan sate.
    - tiap tengah malam ada aja tukang sate yang keliling (yang pasti bukan
    nyari pembeli, wong namanya tengah malam mana ada orang yang nyari.. apalagi di desa-desa)

    45.Omar Syarif pasti jadi petinggi VOC atau paling tidak Demang Belanda, kerjaannya cari kembang desa, trus selalu bilang "Over Domeh" ke antek-anteknya (Modol teu omeh - siganamah)

    46.Anteknya/ prajurit Demang Belanda kagak pernah banyak / kolosal, pasti cuma ber lima atawa ber enam, sementara Inlander-nya malah lebih banyak (Budget-nya nggak nyampe kali)

    47.Kalo lagi makan di restoran pasti tamu-tamu yang lain pada jadi patung... ada yang duduk doang gak ngapa2in. Satu-satunya Jus yang dipesen gak disentuh-sentuh. ... (kali ngirit biaya kalo harus shooting berulang-ulang)

    48.Pasti keluar dari resto-nya berdua Cowok & Cewek.... Wagu Poolllll. Kagak pernah ada, cuma sendirian ato ama kucing.

    49."Pletak.. pletok..pletak. ..pletok. .." kagak cewek kagak cowok kalo jalan sama aja bunyinya. (hak sepatunya dari baja kali ya.. wakakaka)

    50. Pong Hardjatmo perannya selalu jadi penggoda wanita, juga kadang sering mem-perkosa. ..... pokoke mekso banget....

    51. Terus keliling Jakartanya diseputaran Bundaran HI yang selalu nampak khas HOTELnya, biasanya naik mobil yang tahun lama banget (JADUL= jaman dulu) kalo nggak gitu ya Tugu Pancoran


    Sumber http://bacaanmu.blogspot.com/2011/02/ciri-khas-film-indonesia-jaman-dulu.html#ixzz1InsDxqMN

    Sorry kalo repost, del aja
    Kalo Salah tempat tinggal di move
    Atas komentarnnya (asal g junk dkk) disampaikan terima kasih :peace:
     
    • Thanks Thanks x 2
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. Hktoyshop M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Sep 19, 2008
    Messages:
    14,785
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,918 / -0
    :hahai::hahai: bener juga gan..
    nice info :top:
     
  4. moegila M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 28, 2009
    Messages:
    1,263
    Trophy Points:
    97
    Ratings:
    +950 / -0
    polisi datang terlambat, masuk rumah sakit trus Tamat, Sekian, Selesai:lol:
    beneran tu gan,, jadi ingat masa dulu:lol:
     
  5. GilbertDurandal Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 11, 2010
    Messages:
    311
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +217 / -0
    jujur aja paling ngakak no 44, jadi ingat cerita nya bokap gw
     
  6. snowflakez M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 20, 2008
    Messages:
    801
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +1,680 / -0
    ternyata bgtu toh film2 jaman dl :haha:

    ga jaman dl ga jaman skg, pola film nya jg masih gt2 aja...antara 1 film sama film laen ceritanya sebagian kecil mesti sama, yah sekitar 80% lah sama...klo ga rebutan harta, rebutan cwo/cwe, rebutan warisan, rebutan kekuasaan...ga pernah gt rebutan sembako kek d dunia nyata :haha:

    tiap ada adegan berantem d film silat yg jagoan nya cwe, mesti pas lg berantem tuh cwe tiba2 badan nya berubah jd kekar, kaki berbulu dan langsung mendadak item...pdhl awal nya badan nya semok, putih, n agak pendek :haha:

    ternyata dunia perfilman indo ga jauh berkembang nya, pke acara film luar ga bole tayang d bioskop :yareyare:

    kasian yg ga bisa internetan mah, ga bisa cari film buat nonton sendiri :yareyare:
     
  7. Double_DecaKiva_DenBlades M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Sep 14, 2009
    Messages:
    17,534
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +36,874 / -0
    ya tapi kan keadaan di film juga disesuaikan dengan gaya dan keadaan jaman dulu:iii:
    beberapa poin yang disebutkan pada jaman dulu itu hal biasa lho:unyil:
     
  8. piyongima M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 17, 2010
    Messages:
    446
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +5,649 / -0
    :swt: yg ini setuju banget..
     
  9. fierzyad M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 30, 2009
    Messages:
    1,341
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +2,899 / -0
    wah ane belum lahir di era itu...btw TS nya teliti betul...pemerhati film jadul kah?..
    tapi film juga menyesuaikan masa...
     
  10. escafl0wne Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Dec 5, 2008
    Messages:
    3,141
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +3,207 / -2
    namanya juga jadul:swt:
    daripada kaga ada:hehe:
     
  11. Akatsuki_Rolan40 M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 22, 2009
    Messages:
    18,276
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +109,064 / -1
    Pas bgt smua ciri2 film2 jadoelnya.....:lol::lol::lol:
    TSnya pasti sring neh mlakukan observasi film2 lama/ jadoel...

    :lol::lol::lol:
     
  12. superbenjo M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    2,443
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +1,403 / -0
    kalo bang oma kan ngadaptasi dari boliwut

    tapi emang kaya gitu, pasti ada polanya

    ga jauh beda lah sama film / sinetron sekarang,
    tapi polanya menyesuaikan jaman sih :yareyare:
     
  13. Ozzvx M V U

    Offline

    Red Carpet

    Joined:
    Jan 24, 2009
    Messages:
    59,612
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +126,812 / -1
    namanya juga filem jadul,pasti yang bikin juga pemikirannya juga situasi saat itu juga jadul :yareyare:
    beda dengan saat ini,pemubuatan fileme maju seiring pemikiran dengan situasi saat ini :rokok:
     
  14. cooldejavu Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 24, 2009
    Messages:
    117
    Trophy Points:
    46
    Ratings:
    +23 / -0
    :haha::haha: bener semua tuh, jangan2 TS hobi nonton film jadul
     
  15. uwick M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 18, 2010
    Messages:
    756
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +915 / -0
    :niceinfo:nih..
    munkin kalo jaman dulu kyk gitu mah keren..
    kalo jaman sekarang gk tau deh jd ny ap :haha:
     
  16. s_idrive M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 3, 2010
    Messages:
    1,141
    Trophy Points:
    226
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +23,418 / -1
    namanya juga jadul gan,, :swt:

    tapi g da peningkatan yang berkualitas ya mpe sekarang, cma beberapa ajah..
    :iii:
     
  17. raikandus M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 26, 2010
    Messages:
    1,056
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +7,881 / -0
    banyak banget ternyata :swt:
    tapi yang point no 6 kocak, masak gak pernah kena korengan :lol:
    penyakit biasa-bisa kan sering muncul di film jadul Warkop :lol:
    misalnya encok aja sampe ke Rumah sakit (ujung-ujungnya makin parah :lol: )
     
  18. GilbertDurandal Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 11, 2010
    Messages:
    311
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +217 / -0
    wakakakka, nggak kok gw hobinya nonton Anime :peace:

    tapi pernah juga sih nonton film jadul gini dulu tapi
     
  19. licerbanyakgaya M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 2, 2011
    Messages:
    250
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +170 / -0
    setidaknya ga kaya film sekarang...

    temanya pasti cinta, KDRT, rebutan kekayaaan ...

    ga ada kreatifnya sama sekali :sigh:
     
  20. tenzen M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 3, 2009
    Messages:
    445
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +548 / -0
    daripada film horor jaman skarang bro....
     
  21. bangbrengos Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 7, 2010
    Messages:
    298
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +31 / -0
    yang ini bener banget, kepengaruh ama film india kali ya
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.