1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Info Ciplukan (Physalis angulata) yang Kaya Manfaat

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by yadiein, Jan 3, 2015.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. yadiein M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Oct 6, 2011
    Messages:
    3,422
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +59,001 / -3
    Ciplukan (Physalis angulata) yang Kaya Manfaat​


    [​IMG]
    Ceplukan atau ciplukan yang dalam bahasa latin disebut sebagai Physalis angulata merupakan salah satu tumbuhan herbal yang hidup semusim dan mempunyai tinggi sekitar 1 meter saja. Ceplukan atau ciplukan (Physalis angulata) yang mempunyai buah khas yang tertutup oleh pembesaran kelopak bunga ini kaya akan berbagai manfaat terutama sebagai tanaman herbal (obat-obatan).

    Ceplukan atau ciplukan dikenal dengan berbagai nama daerah (lokal) seperti keceplokan, ciciplukan (Jawa), nyornyoran, yoryoran, (Madura), cecendet, cecendetan, cecenetan (Sunda), kopok-kopokan, kaceplokan, angket (Bali), leletep (sebagian Sumatra), leletokan (Minahasa), Kenampok, dedes (Sasak), lapunonat (Tanimbar, Seram), daun kopo-kopi, daun loto-loto, padang rase, dagameme, angket, dededes, daun boba, dan lain-lain.

    Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai cutleaf groundcherry, wild tomato, camapu, dan winter cherry. Sedangkan dalam bahasa ilmiah (latin) disebut sebagai Physalis angulata yang bersinonim dengan Physalis minima dan Physalis peruviana.

    Diskripsi Ceplukan. Ceplukan merupakan tanaman semusim yang mempunyai tinggi sekitar 1 meter. Batang ciplukan berongga dan bersegi tajam.

    Daun ceplukan berbentuk bulan telur dengan ujungnya yang meruncing. Tepi daun terkadang rata terkadang tidak dengan panjang daun antara 5-15 cm dan lebar 2-10 cm.

    Bunga ceplukan (Physalis angulata) terdapat di ketiak daun, dengan tangkai tegak berwarna keunguan dan dengan ujung bunga yang mengangguk. Kelopak bunga berbagi lima, dengan taju yang bersudut tiga dan meruncing. Mahkota bunga menyerupai lonceng, berlekuk lima berwarna kuning muda dengan noda kuning tua dan kecoklatan di leher bagian dalam. Benang sari berwarna kuning pucat dengan kepala sari biru muda.

    Buah ciplukan (Physalis angulata) terdapat dalam bungkus kelopak yang menggelembung berbentuk telur berujung meruncing berwarna hijau muda kekuningan, dengan rusuk keunguan, dengan panjang sekitar 2-4 cm. Buah buni di dalamnya berbentuk bulat memanjang berukuran antara 1,5-2 cm dengan warna kekuningan jika masak. Rasa buah ciplukan manis dan kaya manfaat sebagai herbal.

    Pohon ceplukan diduga berasal dari daerah tropis Amerika dan tersebar ke berbagai kawasan di Amerika, Pasifik, Australia, dan Asia termasuk Indonesia. Di Indonesia, ciplukan tumbuh secara alami di semak-semak dekat pemukiman hingga pinggiran hutan. Tumbuhan yang kaya manfaat sebagai obat-obatan (herbal) ini mampu hidup hingga ketinggian 1.600 meter dpl.

    Kaya Khasiat dan Manfaat. Ciplukan banyak dimanfaatkan sebagai tanaman herbal (obat-obatan). Akar tumbuhan ciplukan dapat digunakan sebagai obat cacing dan penurun demam.

    Daun Ciplukan (Physalis angulata) bermanfaat sebagai obat penyembuhan patah tulang, busung air, bisul, borok, penguat jantung, keseleo, nyeri perut, dan kencing nanah. Sedangkan buah ciplukan sendiri sering dimakan langsung untuk mengobati epilepsi, sulit buang air kecil, dan penyakit kuning.

    Pada pohon ceplukan mengandung senyawa-senyawa aktif yang antara lain saponin (pada tunas), flavonoid (daun dan tunas), polifenol, dan fisalin (buah), Withangulatin A (buah), asam palmitat dan stearat (biji), alkaloid (akar), Chlorogenik acid (batang dan daun), tannin (buah), kriptoxantin (buah), vitamin C dan gula (buah).

    Ceplukan dapat dimanfaatkan sebagai antihiperglikemi, antibakteri, antivirus, imunostimulan dan imunosupresan (imunomodulator), antiinflamasi, antioksidan, analgesik, dan sitotoksik. Juga sebagai peluruh air seni (diuretic), menetralkan racun, meredakan batuk, mengaktifkan fungsi kelenjar-kelenjar tubuh dan anti tumor

    Melihat aneka manfaat pohon ciplukan yang sedemikian besar sungguh mengherankan hingga sekarang belum ada satupun yang berusaha membudidayakannya. Tanaman ceplukan masih dibiarkan tumbuh liar secara alami. Dan kemarin, saya iseng-iseng mencari sosok pohon ceplukan disekitar tempat tinggal saya untuk mengambil gambarnya, tetapi hasilnya nihil. Saya hanya bisa menemukan gambar pohon kaya manfaat ini melalui bantuan ‘Om Google’.

    Adakah diantara agan-agan dan nyonya 2 yang sudah membudidayakannya ??? :hehe:
    Kalau ada,, boleh minta donkk pohonnya... :peace:

    Sumber.
     
    • Like Like x 1
    Last edited: Jan 3, 2015
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. IndoAnchovy M V U

    Offline

    ドラえもん

    Joined:
    Oct 23, 2010
    Messages:
    6,559
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +9,478 / -0
    Dulu gampang banget dicari di sekitaran lingkungan rumah ane, tapi ga tahu kalo sekarang, soalnya emank tumbuh bebas gitu az. Belum pernah pake sih kalo untuk khasiat pengobatannya :???:
     
    • Like Like x 1
  4. SPIRITOFCOROLASO M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Oct 1, 2013
    Messages:
    4,090
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +1,059 / -0
    waah ternyata ciplukan banyak sekali manfaatnya dari Batang, daun sampe buah pun berkhasiat untuk kesehatan..

    kita patut bersyukur karena kekayaan alam serta bermacam jenis pohon yang kita milik banyak mengandung obat2an herbal..
     
  5. bocahkungfu M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 1, 2009
    Messages:
    1,111
    Trophy Points:
    87
    Ratings:
    +190 / -0
    rasanya pernah liat ni taneman....
    ternyata manfaatnya banyak bngt :top: baru tahu
     
  6. archi_yuki M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 26, 2012
    Messages:
    1,222
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +1,199 / -0
    wah kasiatnya ngobatin penyakit ga umum :top:
    pengen juga ntar klo punya rumah yg luas halamannya
    biar bisa cocok tanam
     
    • Like Like x 1
  7. jengkelinih M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 6, 2011
    Messages:
    9,380
    Trophy Points:
    187
    Ratings:
    +7,077 / -1
    Dulu waktu kecil suka makan soalnya banyak di belakang rumah
    Sekarang sih nyaris musnah.. susah banget nyarinya :sepi:
     
    • Like Like x 1
  8. armD M V U

    Offline

    gori's rule

    Joined:
    Apr 18, 2012
    Messages:
    5,049
    Trophy Points:
    157
    Ratings:
    +1,902 / -0
    Ciplukan udh mulai punah kali ya. Tempat idupnya tergusur beton. Daunnya ternyata banyak manfaat.
    Cuma masak dmakan gt aja.

    Lbh sering makan buahnya dari daunnya di masa lalu.

    using tapa
     
    • Like Like x 1
  9. yadiein M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Oct 6, 2011
    Messages:
    3,422
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +59,001 / -3
    Betull gann
    ane juga susah nyarinya,,
    udah langka nih Ciplukan.
    kalau ada yang jualan pohonnya ane mau beli deh..
     
  10. geogeo M V U

    Offline

    ≫≫≫≫ Nagi Nagi no Mi ≪≪≪≪ Not Staff Member

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    2,161
    Trophy Points:
    247
    Ratings:
    +7,531 / -0
    Dulu waktu kecil pohon ini sering buat bercandaan pas main petak umpet, suruh ngumpet di bawah pohon cimplukan... padahal kan tau sendiri rata2 pohonnya paling cuma 30 cm an :lol:

    dulu juga suka mainan pake buahnya yang masih ada kulitnya kalau ditepokin ke tangan bunyinya "ctok" :hehe:

    ternyata banyak manfaatnya toh ini pohon
     
  11. alqodri M V U

    Offline

    ♥ GUMI ♥ ~ ♥ TOUHOU ♥

    Joined:
    Nov 11, 2012
    Messages:
    555
    Trophy Points:
    137
    Ratings:
    +623 / -0
    sering baca dan dengar kalo buah ini emang banyak manfaatnya

    tp saya sendiri gk pernah liat kayak apa buahnya :puyeng:
     
  12. wongkebalen M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 30, 2011
    Messages:
    583
    Trophy Points:
    157
    Ratings:
    +1,396 / -0
    berasa inget masa kecil
    ternyata banyak manfaatnya juga nih
    perasaan dulu kaya tanaman liar aja (terabaikan)
     
  13. Soebagijo M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 20, 2014
    Messages:
    540
    Trophy Points:
    32
    Ratings:
    +43 / -0
    dulu waktu kecil sering banget makan ini buah,
    sering nemu tumbuh di sekitaran sungai dan sawah,
    sekarang kok jarang nemu ya? :ogtanya:
    jangan-jangan sudah mulai langka ini tumbuhan? :ogcuriga:
     
  14. gufee M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Oct 11, 2009
    Messages:
    11,044
    Trophy Points:
    226
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +27,152 / -0
    kalo liat post2 yg bertebaran

    pasti langsung menginget masa kecilnya dulu (emang benar sih begitu adanya)

    kita masih bermain sana sini


    ternyata ini tanaman segudang manfaatnya toh

    ternyata banyak juga yah tanaman yg disekitar kita yg ternaya sebagai tanaman obat
     
  15. 1r2i3o4t M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 11, 2010
    Messages:
    2,506
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,441 / -0
    wah jdi keinget dolo banget ini kalo maen" masa kecil suka makan ciplukan d gili" banyak zaman e masih MI :oglol:
    sekarang dah jarang kek nya :maling:

    ternyata bnyak manfaat nya y :malu
     
  16. yadiein M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Oct 6, 2011
    Messages:
    3,422
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +59,001 / -3
    iyaaa..
    sekarang malah susah nyarinya..... :bingung:
     
  17. 1r2i3o4t M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 11, 2010
    Messages:
    2,506
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,441 / -0
    y emang dah langka kalo d tempat saya sepertinya :puyeng:
    nanti smbil mlewat" tak coba liat" cari" x ja da :ngacir:
     
  18. novitanuphi M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Feb 27, 2012
    Messages:
    5,363
    Trophy Points:
    258
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +5,285 / -0
    sering lihat buah ini sejak kecil. ada di deket sawah2, tapi sekarang udah ga lihat.

    rasanya kayak tomat, tapi lebih ada manisnya. bentukya kayak talok :lol:

    suka makan ini karenapake buka bungkus segala :XD:

    tapi gatau manfaatnya apa, kalau cuma makan beberapa manfaatnya tetep dapet ga ya?? :bloon:

    buah ini jadi buah langka :XD:
     
  19. yadiein M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Oct 6, 2011
    Messages:
    3,422
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +59,001 / -3
    Kalau ada yang menjual pohonnya,,,,
    ane berani beli gann..
    sekarang masoh di KR nih...
    nanti bisa diurus ama wali ane yang ada di indo gann..
    barangkali ada yang mau menjual pohonnya... :hehe:
     
  20. 1r2i3o4t M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 11, 2010
    Messages:
    2,506
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,441 / -0
    d korea :shock:
     
    • Like Like x 1
  21. 12345678 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 25, 2009
    Messages:
    2,303
    Trophy Points:
    242
    Ratings:
    +12,187 / -0
    sering mainin,,, bunganya itu dipake buat main cepluk gt,, haha,, hbs itu buang2,, kirain taneman liar gt doang.. trnyt banyak manfaatnya :malu:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.