1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.

Cara Menurunkan Berat Badan

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by kwetiau23, Dec 28, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. kwetiau23 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 20, 2010
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +21 / -0
    1. Pertama-tama kenali tubuh sendiri.

    Berhentilah membandingkan dengan tubuh teman-teman Anda. Saat Anda mengenal cara kerja tubuh sendiri, maka akan lebih mudah untuk memenuhi apa yang dibutuhkannya.

    2. Makan secara teratur dengan menu dan porsi yang cukup

    Seperti kata pepatah ," Makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang.

    3. Lebih banyak konsumsi buah dan sayur

    Orang langsing rata-rata makan lebih dari satu sajian buah dan makan lebih banyak serat dan kurang lemak dibanding orang gemuk. Itu hasil penelitian yang dipublikasikan di Journal of the American Dietetic Association tahun 2006.

    4. Jangan lupakan Sarapan pagi

    Mulailah hari dengan menu dan porsi sarapan yang cukup. Ini akan membantu mengurangi asupan kalori di sepanjang sisa hari.

    5. Perbanyak Minum air putih.

    Cukupi kebutuhan air putih anda minimal 2 liter perhari

    6. Berolahragalah.

    Jadikan itu sebagai kegiatan yang tidak bisa dikompromikan lagi.Ber-aerobik dengan musik kesukaan bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan. Ajak keluarga untuk ikut bergerak. Awalnya mungkin agak aneh mendengarnya. Tapi begitu Anda mulai, bisa-bisa Anda lupa berhenti.

    7. Bebas Gula

    Cobalah 2 minggu tanpa gula. Rasanya luar biasa mengetahui napsu makan Anda yang biasanya tak bisa dipendam berangsur-angsur menghilang.

    8. Jangan melakukan tindakan ekstrim.

    Tindakan ekstrim maksudnya seperti sama sekali tak makan demi kurus dalam waktu cepat. Yang terbaik adalah makan dalam porsi sedikit, yang mencakup tiga nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan dua camilan tiap hari untuk metabolisme yang lebih efisien.

    9. Gosok gigi segera

    Setelah makan malam segera gososk gigi untuk mengingatkan diri Anda bahwa waktu makan sudah habis.

    10. Jangan sekali kali kompensasikan perasaan ke makanan.

    Kebiasaan yang sangat tidak baik bila kita makan berlebih disaat-saat perasaan kita sedang buruk ataupun terlalu gembira.Pada umumnya orang yg terlalu terbawa emosi sesaat agak susah mengontrol pola makannya.
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. kwetiau23 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 20, 2010
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +21 / -0
    Sahabat Sejati kali ini akan memberikan Sedikit Cara Menurunkan Berat Badan berlaku untuk semua umur baik wanita maupun pria, dan dengan Cara ini semoga Berat Badan anda dapat dengan drastis berubah dari besar ke lebih kecil dalam hal Beratnya. Trik ini sudah ada yang pernah mencoba kok katanya bisa turun berat badannya sebanyak 9 Kg dalam 2 bulan lho icon wink Cara Menurunkan Berat Badan Silakan simak di bawah ini langkah langkahnya ya:

    Tips diet menurunkan berat badan yang harus di jalani adalah :

    - Pada saat sarapan kalau bisa pilih menu makanan yang tinggi seratnya ditambah minuman jus jeruk (tanpa gula). Kalau suka minum teh, mendingan minum teh hijau setiap hari dimana dapat membantu membakar sekitar 70 kalori lebih dalam sehari
    Kalau suka minum susu, sebaiknya jangan pilih yang fullcream. Silahkan konsumsi minuman susu yang rendah lemak demi terjaganya Berat Badan anda nanti.

    - Selalu Perbanyak minum air putih. Banyak orang tidak bisa membedakan rasa lapar dan haus demi Berat Badan. Saat mengira merasa lapar (padahal, sebenarnya haus), Anda akan mengkonsumsi makanan (yang sebetulnya tidak perlu Anda konsumsi) lalu, bagaimana cara membedakannya? Minum segelas air dan tunggu hingga 10 menit untuk mengetahui apakah Anda masih lapar. Jika ya, berarti Anda memang lapar.

    - Makan dengan cara perlahan. Mengapa orang Amerika lebih rentan terkena obesitas Berat Badan daripada orang Prancis? jawabannya, bukan saja karena porsi makan orang Amerika lebih banyak, tetapi juga karena orang Prancis sangat menikmati makanan mereka dalam setiap kunyahan, sehingga cenderung makan secara perlahan. Hal ini menyebabkan perut akan lebih cepat terasa kenyang yang pada akhirnya turut membantu menekan selera dan porsi makan. Bagi Anda yang belum terbiasa, coba trik Cara Menurunkan Berat Badan ini: letakkan sendok atau garpu saat Anda sedang mengunyah, minum air mineral setiap selesai mengunyah, dan kunyah makanan beberapa kali sebelum menelannya.

    - Usahakan membatasi karbohidrat dan perbanyak protein. Makan yang mengandung karbo cukup 1x saja di siang hari, lengkap dengan protein (ikan gading telur) dan sayuran. Makanan tinggi protein sangat baik untuk untuk mengontrol bobot tubuh. Ini karena protein membuat Anda kenyang lebih lama. Jika Anda ingin mengkonsumsi karbohidrat, hindari yang sederhana, karena lebih cenderung disimpan sebagai lemak ketimbang digunakan sebagai energi.
     
  4. kwetiau23 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 20, 2010
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +21 / -0
    10 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Rasa Lapar

    Kalimat “Makanlah kalori lebih sedikit daripada yang anda bakar” sudah menjadi mantra untuk menurunkan berat badan. Masalahnya adalah, mengurangi makanan dan berolah raga lebih pasti akan membuat orang kelaparan, yang mana tidak bisa memberikan perubahan positif dalam jangka panjang. Di artikel ini saya menawarkan solusi praktis dengan menggambarkan beberapa cara yang dapat memposisikan tubuh dalam kondisi “kekurangan kalori” dan membantu penurunan berat badan tanpa perlu merasa kelaparan.

    Lupakan Kalori
    Prinsip kalori memang ada benarnya, tetapi dia tidak memperhatikan fakta bahwa jenis kalori yang berbeda dibakar secara berbeda pula didalam tubuh. Seringkali hanya lemak yang diperhatikan dalam cara diet kalori rendah, ada bukti bahwa ketika kalori yang dimakan sama, individu yang mengkonsumsi lemak paling banyak sebenarnya kehilangan lebih banyak berat badan. Lagipula, efek makanan terhadap selera akan menentukan berat badan dan kemampuan makan. Kunci untuk bisa menurunkan berat badan dalam jangka panjang adalah tidak berkonsentrasi pada jumlah yang anda makan tetapi kualitas makanan-nya.

    Makanlah Makanan Kaya Protein
    Kalori untuk kalori, protein dikenal bisa memuaskan nafsu makan lebih dari karbohidrat atau lemak. Makanan kaya protein biasanya dapat memuaskan selera makan, karena itu, baik sekali untuk menekankan pentingnya mengkonsumsi makanan kaya protein seperti daging, ikan, telur, kacang-kacangan, dan biji-bijian dalam diet anda.

    Makanlah makanan dengan Indeks Glisemik (GI) rendah
    GI adalah ukuran untuk mempercepat dan jumlah dimana makanan melepaskan gula kedalam saluran darah. Semakin tinggi jumlah GI dalam makanan, semakin rendah kepuasan yang didapat. Dari 20 penelitian yang pernah dipublikasikan antara tahun 1977 dan 1999, 16 penelitian menunjukkan bahwa makanan dengan GI rendah dapat memberikan kepuasan yang didapatkan dari makan dan mengurangi rasa lapar sesudahnya. Selain kentang makanan kaya protein lainnya yang juga memiliki jumlah GI sangat rendah, adalah kacang-kacangan, miju-miju, dan sebagian besar buah dan sayuran.

    Makanlah Sarapan
    Sarapan pagi bagi kebanyak-an orang dapat menolong mence-gah makan terlalu banyak pada siang hari. Fenomena ini dipelajari secara formal didalam riset yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition. Studi ini menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan lebih banyak pada malam hari, rata-rata memakan lebih banyak kalori daripada orang yang makan porsi besar untuk sarapan paginya. Jadi agar dapat mempunyai nafsu makan yang alami, pastikan anda tidak melupakan makan pagi.

    Makan sedikit, Jangan terlalu banyak
    Ketika kita kelaparan, sulit bagi kita untuk mengontrol apa yang kita makan dan berapa banyak. Makan diantara waktu makan dan makan sedikit kacang-kacangan ataupun buah-buahan pada siang / sore hari dapat membuat kita makan dengan lebih sehat pada jam-jam makan. Selain itu, makan secara teratur juga dihubungkan dengan rendahnya tingkat Insulin (hormon yang bisa menyebabkan kenaikan berat badan pada tubuh dengan menstimulasi produksi lemak).

    Jangan Beli
    Salah satu cara diet yang baik adalah dengan pola pemilihan makanan yang tepat, karena makanan tidak sehat terlalu mudah didapatkan, dan susah untuk tidak memakannya. Cara yang cukup mudah untuk mencapai ini adalah memastikan tidak berbelanja di supermarket ketika lapar. Jadi makanlah sebelum belanja.

    Batasi Konsumsi Alkohol
    Salah satu cara untuk mengu-rangi mengkonsumsi kalori yang tidak diinginkan adalah mengurangi minum Alkohol. Sebagian berkeinginan untuk minum Alkohol karena persepsi yang dihasilkan oleh alkohol yang berupa rasa dan efek relaksasi. Tetapi, yang tidak banyak diketahui adalah minum alkohol juga bisa disebabkan rasa haus dan lapar. Mempertahankan agar tidak kehausan dan tidak pergi ke bar atau restoran ketika merasa lapar dapat menekan jumlah konsumsi alkohol anda.

    Gunakan Piring Kecil
    Porsi makan secukupnya akan menjadi sulit jika kita makan dengan menggunakan piring besar, karena makan de-ngan menggunakan piring besar dapat menimbulkan tendensi untuk mengambil dan makan lebih banyak dari yang dibutuhkan. Oleh karena itu makan dengan menggunakan piring dan mangkuk kecil dapat membantu membatasi makan yang berlebih.

    Kunyahlah Makanan Anda
    Makan lebih lambat dapat membantu memastikan jumlah makanan yang diserap tubuh serta dapat mengurangi resiko makan terlalu banyak. Secara ideal, makan harus dikunyah merata sebelum ditelan. Hal ini juga bisa membantu agar kita tidak menyentuh sisa makanan dan alat makan lagi sampai makanan benar-benar dimakan seluruhnya.

    Temukan Diet Ideal Anda
    Penelitian psikologis menunjukkan bahwa setiap orang memiliki tingkat ketangkasan metabolisme yang berbeda-beda terhadap makanan tertentu. Mi-salnya, sebagian orang memiliki metabolisme yang sangat bagus terhadap lemak, sedangkan pada sebagian orang lainnya memiliki metabolisme yang prima terhadap karbohidrat. Mempertahankan berat badan yang sehat adalah menyesuaikan dengan kondisi tubuh. Untuk informasi lebih lanjut, dapat dilihat di http://www.thetrueyoudiet.com

    (Dr. John Briffa/The Epoch Times/rob)
     
  5. kwetiau23 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 20, 2010
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +21 / -0
    3 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami

    Semua orang ingin hidup sehat, bisa bergerak bebas, terhindar dari penyakit, tampil lebih menarik dan merasa percaya diri. Semua itu bisa Anda dapatkan apabila berat badan Anda ideal. Sayangnya, banyak orang yang punya berat badan berlebih dan kesulitan untuk mencapai berat badan ideal meskipun sudah menghabiskan puluhan juta untuk membeli peralatan, obat pelangsing, atau mengikuti program tertentu yang hasilnya belum tentu bisa diandalkan. Ada 3 cara mudah menurunkan berat badan secara alami :

    1. Kacang-kacangan dan mengkonsumsi makanan yang benar untuk menjaga berat badan yang sehat tidaklah semuanya rumit. Kenyataannya, ini adalah cara yang baik yang kebanyakan orang sudah tahu mana yang terbaik. Oleh karena itu, menurunkan berat badan dengan alamiah seharusnya tidak menjadi masalah sama sekali

    2. Menanggapi kelaparan dengan makanan ringan yang sehat. Ahli kesehatan mengatakan akan lebih baik untuk mencoba makan setiap tiga sampai empat jam, yang dapat berarti makanan ringan yang bernutrisi rendah lemak antara jam makan siang dan makan malam.

    3. Ngontrol setiap makanan yang Anda makan dan setiap aktivitas yang Anda lakukan. Bila Anda mengatakan menurunkan berat badan secara alami berarti Anda tidak perlu menggunakan beberapa aksesoris atau bantuan yang berguna untuk menurunkan berat badan, Anda salah!
    Menurunkan berat badan secara alami adalah sebuah proses dan bukan iseng-iseng belaka. Oleh karena itu, ini membutuhkan tekad yang mantap, pengendalian diri, dan disiplin untuk mencapai berat ideal Anda.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.