1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Ungkapin kenangan film Asia paling berkesan buatmu. Berhadiah GK, Pulsa, dan Line Gift Sticker loh! .Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Tips Cara Menghindari Penyakit Herpes

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by smkosasih, Apr 18, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. smkosasih M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,341
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,187 / -0
    Banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya sudah terinfeksi virus herpes karena terkadang herpes tidak menimbulkan gejala. Bagaimana penularan penyakit herpes ini dan cara menghindarinya?

    Terdapat dua jenis penyakit herpes yang bisa menginfeksi manusia yaitu penyakit herpes zooster (shingles) yang terlihat seperti cacar dan juga penyakit herpes genital (herpes simplex).

    Kedua penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus yang berbeda. Jika penyakit herpes zooster disebabkan oleh virus varicella zoster (VZV), penyakit herpes genital disebabkan oleh Herpes HSV 2 (Herpes Simplex Virus 2). Kedua penyakit ini memang berbeda, tapi keduanya merupakan penyakit yang menular.

    Cara penularan

    1. Penyakit herpes genital (kelamin)
    Penularannya melalui kontak kulit langsung yaitu dari daerah yang terinfeksi ke daerah yang tertular.

    Misalnya saat seseorang yang terinfeksi mencium atau melakukan hubungan s*ks seperti or*l, v*gina atau dubur, maka bisa menyebabkan pasangannya tertular.

    Herpes jenis ini paling mudah menular jika kondisi seseorang sedang sakit, biasanya ditandai dengan rasa gatal, kesemutan dan sensasi lain sebelum muncul apapun di kulit.

    2. Penyakit herpes zooster
    Penyakit ini biasanya mempengaruhi orang-orang dewasa yang memiliki kekebalan tubuh sedang menurun. Virus herpes ini ada dimana-mana tapi jika seseorang memiliki kekebalan tubuh yang baik, maka jarang terkena kondisi ini.

    Virus varicella zoster adalah virus yang juga menyebabkan penyakit cacar. Jika orang sudah terkena cacar jarang terkena herpes zooster.

    Berbeda dengan cacar, herpes zooster mengakibatkan rasa sakit dan nyeri yang luar biasa. Dan lokasi penyakitnya hanya terjadi di beberapa sisi tubuh saja. Kadang ada juga yang menyerang mata, wajah, leher, sekitar telinga dan ujung hidung.

    Gejala pertama yang dirasakan adalah rasa sakit di satu daerah tertentu. Diikuti dengan adanya ruam yang berisi cairan yang karakteristiknya mirip dengan cacar air. Jika digaruk bisa menyebabkan infeksi.

    Cara menghindari

    Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari infeksi kelamin herpes, seperti dikutip dari eHow, yaitu:
    • Menggunakan k*nd*m baik untuk laki-laki atau perempuan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa virus herpes tidak dapat melewati k*nd*m latex jika digunakan dengan benar. Praktik ini cukup bisa mengurangi risiko penularan.
    • Jujur dengan pasangan jika salah satu memiliki infeksi penyakit seksual, hal ini bisa membantu mengurangi penularan melalui kontak seksual.
    • Jangan melakukan s*ks or*l jika sedang flu atau diketahui memiliki HSV 1 di dalam mulut, karena ini bisa menjadi penyebar virus ke alat kelamin.
    • Setia pada satu pasangan (monogami) dan melakukan praktik s*ks yang aman setiap kali berhubungan tanpa ada pengecualian. Mengurangi gesekan dan juga mencegah timbulnya luka kecil di v*gina atau penis yang berpotensi masuknya virus ke tubuh.
    • Mencuci tangan setelah menyentuh luka sebelum menyentuh bagian tubuh lain untuk menghindari penyebaran virus.

    Untuk menghindari penyakit herpes zooster (shingles) ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu:
    • Jika belum pernah mendapatkan cacar air sama sekali, usahakan untuk tidak berdekatan dengan orang yang sedang cacar.
    • Melakukan vaksin untuk mencegah terinfeksi virus varicella zooster. Seseorang tidak bisa mendapatkan herpes zooster jika belum pernah mendapatkan cacar air, jadi salah satu caranya adalah melindungi diri dari cacar air dengan melakukan vaksin cacar.
    • Jika sedang mengalami herpes zooster, sering-seringlah mencuci tangan agar penyakit ini tidak menyebar ke bagian tubuh lain.
    • Sebisa mungkin menghindari sentuhan atau kontak dengan orang yang sedang sakit herpes zooster, karena sentuhan adalah salah satu media penyebaran dari penyakit ini.
    • Menjaga sistem kekebalan tubuh agar tidak menurun, sehingga virus sulit untuk menginfeksi tubuh.

    herpes zooster:
    [​IMG]

    herpes genital:
    [​IMG]

    sumber:detikHealth
     
    Last edited: May 27, 2011
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. Rick_hardner M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 10, 2009
    Messages:
    1,865
    Trophy Points:
    132
    Ratings:
    +1,803 / -0
    cara menghindarinya kurang lebih sama cara ngindarin hiv ya...
     
  4. godblezzus M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 21, 2009
    Messages:
    303
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +45 / -0
    Untung saya tidak suka free *** jadi G bakal kena rasanya :p

    Intinya "Save ***"
     
  5. 1nuy45h4 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 7, 2009
    Messages:
    272
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +24 / -0
    aduh.... Jadi inget sama herpes zooster ane yang di pipi nih,,,
    serem amat... mudah-mudahan tidak terserang lagi
     
  6. ketakketik Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 22, 2008
    Messages:
    69
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +22 / -0
    wah.. nyari2 thread ttg herpes ternyata cuma ad 1 yah..

    saya mau tanya nih bos...

    temen gw kena herpes.. zooster... di punggungnya.. tp ga separah yang ada digambar itu...
    ga lebar kemana2 sih..

    nah sekitar 3-4hari pertama ngga papa tuh.. paling ikutin anjuran dokter aja.. minum obat, kemudian dikasih obat salep/oles..
    nah setelah itu dia jadi panas tinggi (seringnya malam hari) dan sakit kepala yang katanya luar biasa sakitnya.. sampe ke mata dan kuping..

    gw jadi bingung apa itu memang bagian dr penyakit herpesnya apa kena penyakit lain?
    jangan2 kena typus atau gimanaa....

    ada yang pernah kena herpes zooster?
    share dongs.. :)
     
  7. finoeci M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Oct 22, 2009
    Messages:
    2,362
    Trophy Points:
    211
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6,541 / -0
  8. boltzz123 M V U

    Offline

    Inocence User

    Joined:
    Jul 8, 2009
    Messages:
    12,411
    Trophy Points:
    257
    Ratings:
    +52,475 / -585
    spt kt di atas gw, mungkin kena komplikasi penyakit laen.
    lgs periksa dokter aj.
    moga aja temen lo tobat .:doa:

    serem gw liat gambarnya :takut:
     
  9. kinchan Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 28, 2010
    Messages:
    47
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +104 / -0
    Selain dengan menggunakan resep dokter, herpes juga dapat disembuhkan dengan menggunakan daun sangjo
    temen gw udah pernah nyobain dan khasiatnya manjur
     
  10. totonpunk M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 8, 2011
    Messages:
    1,435
    Trophy Points:
    97
    Ratings:
    +480 / -0
    Ini yang sulit. Jika kita jujur pada pasangan berarti kita mengakui kalau kita pernah berkhianat.
    Hal ini tentu tidak mudah dilakukan bila kita masih ingin mempertahankan hubungan.
     
  11. ryrien MODERATOR

    Offline

    The Dark Lady

    Joined:
    Oct 4, 2011
    Messages:
    6,423
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +3,112 / -58
    intinya jangan free *** aja yg paling utama.. :hahai:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.