1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Cara Menghilangkan Gatal Akibat Eksim Dishidrotik

Discussion in 'Lifestyle' started by serenamilka, Feb 13, 2021.

  1. serenamilka Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 10, 2020
    Messages:
    170
    Trophy Points:
    26
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +1 / -0
    Pompholyx disebut juga dengan nama eksim dishidrotik merupakan salah satu jenis eksim yang menyebabkan munculnya lepuhan kecil berisi cairan pada sisi jari-jari, telapak tangan dan telapak kaki. Kondisi lepuhan berisi cairan dan sangat gatal, keadaan ini bisa berlangsung selama kurang lebih tiga minggu.

    Pada saat lepuhan memgering, kulit akan terlihat seperti retak atau bersisik, penyakit ini bisa menyerang semua orang dengan segala usia. Meskipun seringkali hanya terlihat pada orang dengan usia di bawah 40 tahun. Beberapa faktor bisa menyebabkan kondisi ini terjadi, seperti alergi musiman hingga stres.

    Cara Atasi Eksim Dishidrotik

    Tidak ada obat untuk kondisi ini, namun bisa dikendalikan agar tidak menular, meskipun orang lain tidak bisa tertular dari penderita ataupun penderita menularkan ke orang lain. Namun perlu diperhatikan agar seseorang harus menghindari kontak dengan apa pun yang bisa membuat kulit iritasi.

    Disarankan untuk menggunakan emolien sebagai pengganti sabun dan memakai sarung tangan berlapis katun guna menghindari risiko terkena zat yang berpotensi mebimbulkan iritasi. Selain itu berkonsultasi dengan dokter juga sangat disarankan agar pasien atau penderita mendapatkan penanganan yang sesuai.

    Bagi kebanyakan orang kondisi yang menyebabkan rasa gatal dan sensasi terbakar ini sangat mengganggu karena membuat tidak nyaman saat beraktivitas. Perlu diperhatikan agar penderita tidak menggaruk atau mengelupas bagian kulit yang telah terinfeksi. Berikut beberapa langkah yang disarankan untuk mengobati kondisi ini.

    1. Diagnosis
    Dalam melakukan diagnosis, dokter hanya akan melakukan pemeriksaan fisik karena gejala eksim ini mirip dengan gejala kondisi kulit lainnya. Pasien juga memilih melakukan pemeriksaan tertentu, yang memungkinkan untuk dilakukan seperti biopsi kulit dengan mengangkat sel kulit untuk selanjutnya diperiksa di laboratorium.

    Biopsi mampu digunakan untuk menyingkirkan penyebab terjadinya luka lepuh, seperti infeksi jamur dan jika dokter mencurigai adanya kemungkinan eksim ini yang berhubungan dengan alergi maka dokter juga akan melakukan pemeriksaan alergi.

    1. Pengobatan
    Tindakan ini dilakukan dilakukan dengan melihat tingkat keparahan dan faktor-faktor lain yang menentukan pasien harus menjalani perawatanyang mana. Dokter kemungkinan akan menyarankan pasien melakukan lebih dari satu perawatan guna menemukan tipe pengobatan yang tepat untuk pasien.

    1. Terapi Farmakologis
    Penderita dengan kondisi ringan, biasanya hanya akan menggunakan obat-obatan seperti krim atau salep kortikosteroid yang dioleskan langsung ke kulit. Namun, untuk kondisi yang parah kemungkinan obat yang dikonsumsi seperti obat golongan steroid topikal, injeksi steroid hingga pil, sementara perawatan medis lain yang bisa diandalkan seperti berikut.

    • Perawatan sinar UV, mengeluarkan cairan yang berada di dalam luka lepuh.

    • Antihistamin dan berbagai krim anti gatal.

    • Salep untuk menekan sistem kekebalan tubuh, bisa seperti protopic dan elidel.

    • Jika kulit terinfeksi, pasien akan diberikan antibiotik atau obat lain untuk mengobati infeksi.
    Gejala Eksim Dishidrotik

    Gejala pompholyx biasanya diawali dengan munculnya rasa gatal secara intens dan sensasi terbakar pada kulit tangan dan jari, terkadang juga bisa muncul pada telapak kaki. Setelah munculnya rasa gatal ini, dibarengi dengan lepuhan berukuran kecil yang berisi cairan. Dalam beberapa kasus yang lebih serius, lepuhan bisa menjadi besar dan menyebar ke seluruh tubuh.

    Setelah beberapa pekan, kondisi lepuhan akan mengering dan mengelupas sehingga kulit otomatis akan memerah, retak dan disertai dengan rasa nyeri. Kondisi ini juga bisa menyerang kuku dan kulit di sekitar kuku, hingga menyebabkan adanya pembengkakan atau parnikia. Penyakit ini tidak boleh disepelekan karena bisa sering terjadi berulang.
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. riyosakura Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 12, 2012
    Messages:
    86
    Trophy Points:
    21
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3 / -0
    semoga kita bisa terhindar dari segala macam penyakit, termasuk penyakit kulit.
     
  4. b_rebel M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 29, 2009
    Messages:
    501
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +90 / -0
    Semoga aja ane gak kena penyakit kayak gini
     
Tags:

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.