1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

Tips Cara Mengenali Bahan Tekstil yang Mudah Luntur

Discussion in 'Fashion' started by naoko, Feb 19, 2014.

  1. naoko M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 23, 2009
    Messages:
    151
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +136 / -0
    [​IMG]

    Bagi Anda yang dapat mengenali bahan tekstil yang mudah luntur dengan baik merupakan salah satu tips cara berbelanja kain atau busana secara cerdas. Sebab ketika Anda telah mengetahui seperti apa ciri-ciri bahan tekstil yang mudah luntur, maka tentunya hal ini dapat Anda jadikan sebagai refrensi untuk mendapatkan kain yang terbebas dari luntur.

    Memang tidak dapat pula dipungkiri bahwasannya proses pembuatan bahan tekstil juga akan berpengaruh tehadap harga. Artinya semakin mahal harga kain, sehingga kualitas yang dihasilkan juga akan semakin baik, dan tentunya hal ini juga sekaligus akan berpengaruh terhadap luntur atau tidaknya sebuah pakaian yang hendak akan Anda beli itu.

    Selain itu bahan atau jenis kain juga menentukan apakah kain tersebut mudah luntur atau tidak. Seperti kain katun misalnya, bila Anda memilih kain dengan bahan dasar katun, maka kecil kemungkinan pakaian tersebut luntur, sebab salah satu kelebihan kain yang terbuat dari katun adalah meski terbuat dari bahan berwarna, tetapi kain tersebut tidak akan luntur saat dicuci.

    Sementara itu beberapa jenis kain untuk jeans rentan akan kelunturan saat hendak dicuci. Meski demikian ada juga beberapa tips yang bisa dilakukan agar kelak kain ini tidak mudah luntur saat dicuci, msalnya dengan mencuci kain dengan menggunakan dertergen non abrasive.

    Khusus untuk kain jeans yang luntur, maka Anda juga dapat mengatasinya dengan cara menambahkan cuka dalam cucian, sebab hal ini akan berfungsi untuk melapisi warna jeans, sekaligus melindungi warna kain agar tidak cepat pudar. Dalam hal ini Anda dapat menambahkan 1/8 cuka pada air cucian.

    Mengatasi agar bahan tekstil tidak mudah luntur dapat juga dilakukan dengan cara tidak mengeringkannya di bawah sinar matahari langsung, sebab hal ini akan merusak warna kain. Dalam hal ini Anda bisa memeras kain dengan tangan saja kemudian jemur di bawah sinar matahari secara tidak langsung.

    Mengenali bahan tekstil yang tidak mudah luntur memang gampang-gampang susah, sehingga bagi seseorang yang awam akan sulit mengenalinya secara baik dan benar. Tetapi dalam hal ini bagi Anda seseorang yang masih sangat awam untuk mengenali ciri-ciri kain yang mudah luntur, maka sebagai alternatif Anda dapat meminta bantuan dari para ahli kain untuk menentukannya secara tepat.

    sumber
     
    • Like Like x 1
    Last edited by a moderator: Feb 20, 2014
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. Vera3650 M V U

    Offline

    Reaper of Souls

    Joined:
    Apr 19, 2009
    Messages:
    11,423
    Trophy Points:
    257
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +38,541 / -273
    jadi kesimpulannya apa nih :bloon:



    lihat harga :???:
    atau bertanya ke ahli kain :???:
     
    • Like Like x 1
  4. Emma45 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 17, 2014
    Messages:
    835
    Trophy Points:
    37
    Ratings:
    +250 / -0
    menurut saya selain lihat harga, kita juga lakukan pengecekan di tempat.
    misalnya tangan kita basahi trus pegangkan ke kain tersebut. biasanya kalau luntur, tangan kita jadi berwarna.
    begitulah yang pernah diajarkan ke saya dari seseorang yang pekerjaannya jual beli kain...

    selain itu, beberapa baju juga sudah diberi label "luntur pada pencucian pertama". Biasanya untuk batik tulis pasti luntur, jadi diberi label seperti itu.

    kalau tanya ke ahli kain bisa dijadikan alternatif jika cara di atas ga berhasil atau susah dipraktekkan. sepertinya itu maksud TS.
     
    • Like Like x 1
  5. miss_manutd Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 4, 2012
    Messages:
    30
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +7 / -0
    iya sih kalo mau hindarin luntur, jgn dijemur matahari lgsg, tapiiiiiii kalo jemur indoor, jd apek kelamaan :(
     
    • Like Like x 1
  6. sammora85 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 1, 2011
    Messages:
    109
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +7 / -0
    Bukannya kain yg luntur biasanya dikasih label nya ya? jadi kalau nyuci gak disatukan dg bahan yg lain
     
    • Like Like x 1
  7. dzulhamd Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 8, 2010
    Messages:
    11
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Kok ane punya beberapa baju kalo udah 5 hari dipake suka nempel di ketiak yah gan/sis?
    Apa itu karena bahan tekstilnya yang jelek?
     
  8. eLz33 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 24, 2010
    Messages:
    27
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    Kalo suka nempel di kulit warna baju kita berarti fix luntur yaa
     
  9. chiwa_wa Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 9, 2010
    Messages:
    207
    Trophy Points:
    26
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +6 / -0
    boleh dicoba tuh yang nambahin vuka buat bahan jeans...
    tapi masalahnya kenapa celana jeansku selalu luntur ya???padahal juga beli yg normal...hehehe
     
  10. sitaraguyangtea Members

    Offline

    Joined:
    Jul 31, 2013
    Messages:
    5
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +0 / -0
    pake cuka bisa melindungi warna jeans y, tapi ada pengaruhnya ga y ke bahan kainnya sendiri, cuka kan zat asam trs kan bersifat korosif kalo terkena logam, nah kalo di campur untuk nyuci jeans nanti lama2 bahan jeans nya bisa rapuh hehehehe
     
  11. alisays Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 18, 2014
    Messages:
    30
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +0 / -0
    itu cuka buat jeans kayanya malah ngebikin lapisan di jeans makin terkikis dan alhasil jadi gak kuat deh perasaan CMIIW
     
  12. Rouann M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 3, 2012
    Messages:
    9,180
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +15,041 / -0
    Setahu sy untuk pencucian kain ato baju yg baru terutama yg berwarna gelap sebaiknya hindari untuk dicampur dgn bahan warna lbh muda. Biasanya selalu ada sisa warna yg tertinggal di bahan tsb :hmm:
     
  13. oxycantha Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 8, 2014
    Messages:
    72
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +15 / -0
    Ditambahkan lagi dong gambar plus penjelasan mengenai kain yang mudah luntur dong gan.. Misal dari penampakan fisiknya, tekstur dan lain-lain.
     
  14. irsalina Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 11, 2013
    Messages:
    42
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +0 / -1
    Kain jeans juga ada yg luntur.kalo kain batik ada yg buat nyuci sendiri kalp gak salah klerek namanya atau batik cleaner
     
  15. nanoniken Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 2, 2013
    Messages:
    54
    Trophy Points:
    17
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +8 / -0
    dertergen non abrasive itu yang apa aja ya?
     
  16. razzler Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 12, 2014
    Messages:
    15
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    jadi untuk tau kualitas warna sebelum membeli ada gag ya?
     
  17. Woodiz Members

    Offline

    Joined:
    Oct 3, 2014
    Messages:
    7
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +5 / -0
    wah makusdnya 5 hari gak di cuci setelah dipake gt?? biasanya kalo bahan kaya gitu bajunya dibiasaain setelah dipake 1 atw 2 hari langsung cuci aja gan, jangan di biarin lama2 noda di baju bahan kaya gt.
     
  18. kyuvbree M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 26, 2013
    Messages:
    943
    Trophy Points:
    52
    Ratings:
    +957 / -0
    biarpun harganya mahal, kainnya tetep luntur tuh :sigh:
    masa iya tiap mau beli baju/celana, harus bawa orang yg ngerti jenis2 kain??? :bloon:
     
  19. purelunacy M V U

    Offline

    MILF hunter

    Joined:
    Nov 23, 2009
    Messages:
    2,552
    Trophy Points:
    151
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +584 / -11
    Bawaaaa akuuu tanteeee!!! :dead:

    Klo baju/celana jadi sih ..liat aja di cara perawatannya, kan ada tuh. Baca disitu secara seksama...

    Klo bahan2 yg mahal mending ke laundry yg udah punya nama kyk 5asec de el el...

    Klo kain berkualitas biasanya punya bobot yg lebih berat jg, test nya genggam aja kainnya..bandingkan dengan kain lain...lebih berat mana...


    Cheers
     
  20. kyuvbree M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 26, 2013
    Messages:
    943
    Trophy Points:
    52
    Ratings:
    +957 / -0
    ke laundry kalo nyuci bahan yg tebel2 aja. Macam selimut, karpet, bedcover :hoho:
    terus... kalo beli baju / celana, jarang liat gambar (cara perawatan)-nya. Paling sih diukur dari beratnya si bahan. Kalo berat & adem, berarti bagus drpda yg tipis :puff:
     
  21. Identified M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 28, 2014
    Messages:
    881
    Trophy Points:
    52
    Ratings:
    +262 / -0
    punya celana jeans warna gitu tiap dicuci kelunturan mulu, untung udah dipisah sih nyucinya tapi itu warna lama2 kelamaan abis pudar butek gitu lama2 padahal harganya gak murah juga tu celana :sigh:
     

Share This Page

Users found this page by searching for:

  1. ciri celana & pakaian yang tidak mudah pudar warnanya

    ,
  2. cara mendeteksi baju

    ,
  3. ciri ciri baju gampang luntur

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.