1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Tips Cara Mengeluarkan Air dari Telinga saat Berenang

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by ojongonotalah, Mar 22, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. ojongonotalah Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 21, 2011
    Messages:
    309
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +854 / -0

    [​IMG]

    Masuknya air ke dalam telinga sering terjadi saat orang sedang berenang. Kebanyakan orang akan menganggapnya sepele, padahal bila dibiarkan hal ini bisa menyebabkan risiko infeksi.

    Air yang masuk ke telinga dan tidak dibersihkan bisa menyebabkan masalah. Jika saluran telinga basah, maka perlindungan pada saluran telinga akan hilang dan berisiko mengalami infeksi.

    Telinga mengandung zat lilin yang berfungsi untuk menjaga kelembaban agar bakteri baik dapat berkembangbiak pada lapisan kulit di telinga. Selain itu, lapisan lilin ini juga berfungsi sebagai pelindung terhadap serangga atau benda asing yang masuk, seperti dilansir Livestrong, Sabtu (19/3/2011).

    Air dan lapisan lilin ini tidak bisa bercampur. Ketika orang berenang, maka air akan masuk dan mencuci lapisan ini. Bila orang berenang untuk jangka waktu lama, maka air benar-benar bisa membersihkan lapisan ini dan membuat telinga tanpa pelindung.

    Tanpa lapisan lilin ini, air dapat tetap berada di dalam saluran telinga dan membuat kulit menjadi lembab. Karena saluran telinga adalah ruang yang tertutup, air tidak menguap secara normal dan tetap berada pada saluran telinga yang lembab.

    Bila air dibiarkan berlama-lama di dalam saluran telinga, hal ini akan menciptakan lingkungan yang sempurna bagi berbagai infeksi organisme, karena infeksi organisme seperti jamur dan bakteri sangat suka tempat hangat, gelap dan tempat-tempat yang basah.

    Hal ini biasanya menyakitkan, terutama ketika Anda tarik bagian luar telinga. Ini juga bisa menyebabkan cairan kuning telinga menjadi busuk.

    Lalu bagaimana mengeluarkan air dari telinga saat berenang?

    1. Gerakkan kepala
    Gerakkan kepala dari satu sisi ke sisi lain dalam gerakan goyang ke arah bahu, kembalikan telinga ke posisi normal dan gerakkan kembali pada arah yang berlawanan. Masukkan jari ke telinga untuk membuat tekanan yang cukup untuk mengeluarkan air.

    2. Keringkan dengan pengering rambut
    Memiringkan kepala dan mengeringkannya dengan handuk kering juga bisa membantu air keluar. Hembusan pengering rambut yang disetel dengan panas yang rendah ke dalam telinga juga bisa membantu mengeringkan telinga. Tes pengering rambut pada kulit terlebih dahulu untuk memastikan panasnya tidak berlebihan.

    3. Campuran larutan alkohol dan cuka
    Menurut American Academy of Family Physicians, campuran larutan alkohol dan cuka putih juga membantu mengeringkan air yang tersiksa di saluran telinga. Masukkan 3-5 tetes campuran larutan ini ke dalam telinga dengan kepala dimiringkan dan biarkan selama beberapa saat. Anda akan mendengarkan suara hampa di telinga yang berarti telinga mulai kering.


    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]

    :panda:



     
    • Thanks Thanks x 1
    Last edited by a moderator: Sep 27, 2012
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. payied M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 6, 2010
    Messages:
    851
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +15,204 / -0
    mau tau cara yang biasanya ane lakuin?
    begini ni.
    kalo agan2 telinganya kemasukan air, entah saat mandi atau saat berenang.
    kasih air lagi telinga yang kemasukan air tadi.
    caranya miringkan kepala dan masukkan air pada telinga yang kemasukan air tadi, seumpama telinga kanan, tunggu beberapa saat.
    dan nikmati hasilnya.
    semoga membantu. :peace:
     
  4. Nuketify M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 15, 2010
    Messages:
    2,235
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +802 / -0
    Kalo aku tinggal jep-ajep aja. biasanya keluar sendiri

    Kalo enggak keluar, pake cotton bud...
    airnya keluar cotton bud nyelip :shock1:
     
  5. dittovalen Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 4, 2011
    Messages:
    149
    Trophy Points:
    37
    Ratings:
    +1,006 / -0
    Saya: Miring dulu, Nepok telinga kanan sampe keluar aernya :piso:
    Pas keluar aernya jadi panas :lol:
     
  6. azkhaz M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 6, 2009
    Messages:
    2,190
    Trophy Points:
    211
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +121,851 / -1
    Intinya sih sama dengan yang sudah biasa kita lakuin, tapi bagaimana jika kita sering membersihkan telinga dengn cotton bud?? apa berbahaya??
     
  7. sunsphoenix M V U

    Offline

    ~Super Cool~

    Joined:
    Oct 5, 2008
    Messages:
    5,737
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +2,324 / -0
    Hemp..
    Nambahin aja...

    Bisa juga pake cara tidur (beneran tidur) miring....
    Jadi misal yang kemasukan air telinga kanan, boboknya ya miring ke kanan... Telinga kanan nempel ke bantal...
    2-3 jam kemudian biasanya telinga sudah plong, badan juga dah seger...
    :lol:
     
  8. indriyati M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 2, 2011
    Messages:
    315
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +344 / -0
    ga serem ya masukin alkohol ke kuping???

    emang sih alkohol itu kan volatile banget...alias cepat menguap di suhu kamar...dan kalo ketemu air, air juga nanti sifat kevolatilannya terpangaruh sama alkohol. jadi air bisa volatile juga...tapi serem harus masukin itu alkohol ke kuping..apalgi kalo alkoholnya metanol...ati2 aja bro...
     
  9. Elementalist Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 11, 2009
    Messages:
    112
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +35 / -0
    iya gan ane setubuh, ngeri klo masukin alkohol ke telinga, kan zat bahaya:panik:
     
  10. ipal Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 10, 2011
    Messages:
    51
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +121 / -0
    thanks boos ane coba dulu
     
  11. ipal Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 10, 2011
    Messages:
    51
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +121 / -0
    sedot aja pakei mulut..gitu aja kok repot
     
  12. wakwekwok M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 5, 2009
    Messages:
    305
    Trophy Points:
    52
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +668 / -0
    hal gini sering ane alamin kalo berenang gan.. maklum kalo renang ga pernah pake penutup kuping..
    biasanya ane sebelum kluar dari kolam renang ane pancing dulu pake air juga masukin ke kuping, terus langsung cepat² di kluarin lagi..
     
  13. v4rian Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 14, 2009
    Messages:
    90
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    Emang pernah di coba yah sama agan?
     
  14. budenx M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 27, 2009
    Messages:
    271
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +576 / -0
    eh iya, kalo pake cara ditetesin air lagi ditelinga yg kemasukan air terus dimiringin..
    waktu keluar koq bisa jadi anget2 ya.. :bingung:
    berasa sensasi pipis lewat telinga.. :XD:
     
  15. zhEro M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 27, 2009
    Messages:
    267
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +73 / -0
    masukin asam ama cukaa
    hadooo
    nakutin kk
    biasanya saya masukin air lagi trus di keluarin
    baru bisa itu..hho
     
  16. ch3n_l3g3nds M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 22, 2010
    Messages:
    292
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +2,207 / -0
    gunakan hari dryer tuh maksudnya ya :bloon: bukannya tidak baik ? :bloon: AFAIK..
     
  17. ricky900x Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 11, 2011
    Messages:
    23
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +0 / -0
    Menurut saya : Masukin Bulu ayam ke kupingnya...geli sih tapi air nyanyangkut di bulu itu....
     
  18. mafia M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 10, 2009
    Messages:
    527
    Trophy Points:
    171
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +7,453 / -8
    klo ane tinggal masuk kan air lagi
    terus digoyangkan kepala nya
     
  19. sumardy Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 14, 2010
    Messages:
    10
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Thanks infonya bro, cara laen masukkan air lg ke telinga lalu miringkan kepala, ntar airnya keluar. selamat mecoba
     
  20. _GoDLiKe_ M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 21, 2011
    Messages:
    616
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +3,303 / -0
    sip,, klo nggerakin kepala ttp susah keluar gan airnya,,
    klo dimasukin cuka telinganya jdi kecut donk gan. hehehe
     
  21. arzura Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 28, 2010
    Messages:
    15
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    thanks for the tips,,, this will come in handy soon enough
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.