1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Info Cara Mengantisipasi Kenaikan Bunga pada KPR

Discussion in 'Lifestyle' started by ongger, Sep 11, 2014.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. ongger Banned User

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 30, 2014
    Messages:
    19
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +4 / -0
    [​IMG]

    Setiap keluarga tentu ingin memiliki rumah sendiri. Tinggal berlama-lama di rumah mertua atau di rumah kontrakan tentu sangat tidak nyaman. Namun tidak menutup krmungkinan memang harga rumah tidaklah murah meskipun ada begitu banyak iklan yang menawarkan rumah dijual. Harga rumah justru terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Nah, tak perlu berkecil hati jika memang anggaran untuk membeli rumah belum mencukupi. Masih ada cara lain untuk mendapatkan rumah yakni dengan memanfaatkan KPR.

    Namun kali ini kami tidak akan membahas panjang lebar tentang KPR. yang namanya kredit atau angsuran tentu memliki jangka waktu yang cukup lama dalam melunasi pembayaran pokok, bukan begitu? semakin lama kita menggunakan angsuran berbagai konsekuensi yang diterima akan semakin bertambah, terutama pada bunga cicilan rumah yang kita angsur misalkan selama bertahun – tahun, dampaknya bunga pada cicilan semakin bertambah. namun Anda tak usah khawatir kami akan memberikan Tips Cara Mengantisipasi Kenaikan Bunga pada KPR. selengkapnya mari kita simak :

    1. Evaluasi Pengeluaran dengan Bunga KPR Naik

    Pahami apa saja pengeluaran dan berapa besarnya. Tujuannya untuk tahu mana pengeluaran essensial dan non-essensial, yang bisa dipotong dan yang tidak bisa dipotong.

    Kenapa pengeluaran duluan yang dipangkas? penghasilan jelas sangat sulit dinaikkan dalam waktu singkat. Penyesuaian gaji paling – paling sekali dalam setahun. Karena itu, yang paling bisa dikelola adalah pengeluaran.

    Sayangnya, banyak keluarga yang tidak melakukan ini. Ketika tagihan naik, panik, khawatir tidak bisa bayar ke bank. Akibatnya, yang paling dulu dipotong adalah investasi. Jatah menabung dan alokasi ke Reksadana dipangkas supaya bisa membayar cicilan yang seketika naik.

    Padahal, ini cara salah. Pemotongan dengan cara ini tidak dilakukan berdasarkan prioritas, mana yang paling perlu dipotong. Harusnya pengeluaran – pengeluaran tidak penting, itu yang dipotong duluan. Bukan investasi. Masak, investasi reksadana dikurangi, sementara hobi ngopi setiap pagi tidak dihilangkan.

    Karena itu, penting tahu terlebih dahulu, detil pengeluaran itu apa saja. Bagaimana bisa memotong, kalau apa dan berapa pengeluaran setiap bulan tidak tahu.

    Sebelum panik, dan kemudian membabi buta memotong investasi, Anda seharusnya sudah tahu pengeluaran mana yang harus disesuaikan paling duluan. Ini akan membuat proses penghematan bisa berjalan efektif dan tepat sasaran ketika nanti naiknya cicilan menuntut itu.
    2. Hitungan Dampak Bunga KPR Naik terhadap Cicilan

    Hanya pinjaman dengan bunga mengambang (floating rate) yang naik cicilannya. Jika masih dalam periode bunga tetap (fixed rate), Anda boleh bernafas lega karena cicilan tidak berubah. Seperti kita tahu, banyak bank yang memberikan fasilitas bunga tetap selama periode tertentu diawal masa kredit.

    Sebaiknya mulai dihitung berapa kenaikkan cicilan bunga mengambang yang baru. Bisa konsultasi dengan bank tempat mengambil kredit untuk tahu jumlah pastinya. Belajar dari pengalaman kenaikkan bunga sebelumnya, kenaikkan cicilan bisa sangat bervariasi antara satu bank dengan bank lainnya.

    Dengan tahu besarnya kenaikkan cicilan, setelah bunga KPR naik, bisa diperkirakan penyesuaian anggaran rumah tangga. Berdasarkan perhitungan ini, anggota keluarga bisa diajak diskusi mengenai dampak kenaikkan bunga ini terhadap kondisi keuangan, supaya nanti saat dibutuhkan penghematan, mereka bisa mengerti serta tidak kaget dan resisten.
    untuk menghadapi dampak dari naiknya bunga mengambang ini, mungkin beberapa langkah ini bisa dijadikan acuan. antara lain :
    A. Memindahkan Pinjaman ke Bank Lain, atau over kredit B.

    Dengan pindah, Anda dikategorikan sebagai nasabah baru di bank yang baru, dimana bunga untuk nasabah baru umumnya adalah bunga tetap (fixed rate) yang lebih rendah dari bunga mengambang. Namun, pemindahan pinjaman biayanya tidak kecil karena ini adalah proses selayaknya nasabah baru dimana banyak biaya mencakup pengurusan sertifikat dan pengikatan kredit. Belum lagi proses operasional pemindahan pinjaman yang cukup kompleks. Oleh karena itu, meskipun ada iming – iming bunga lebih rendah, over kredit perlu dipertimbangkan baik – baik .
    B. Mempertimbangkan Pinjaman Syariah

    Dalam skema syariah, jumlah cicilan pinjaman tetap sama selama masa kredit. Bagi karyawan yang memiliki penghasilan cenderung stabil, skema syariah sangat membantu karena tidak dipusingkan oleh naik turunnya cicilan karena perubahan bunga .
    3. Yang akan Mengambil KPR, Hitung Cicilan dengan Bunga KPR Naik

    Karena setelah bunga KPR naik, cicilan rumah jumlahnya akan lebih tinggi dari perhitungan sebelumnya. Hitung ulang apakah rasio cicilan dan penghasilan bulanan masih dikisaran maksimum 30%. Angka 30% adalah standard yang umum dipakai untuk menentukan kemampuan membayar cicilan hutang rumah.

    Jika rasio cicilan KPR sudah diatas 30%, selayaknya mulai mencari alternatif solusi. Beberapa hal yang bisa dipertimbangkan
    A. Memperbesar Uang Muka

    Uang muka yang lebih besar akan mengurangi jumlah pinjaman yang ujungnya cicilan jadi lebih kecil. Ini memang cara yang tidak mudah karena biasanya jumlah uang muka juga sudah terbatas.
    B. Cari Rumah B dengan Harga Lebih Murah atau Mengambil Rumah Bekas

    Dalam kondisi pasar properti yang tertekan, karena naikknya suku bunga, harga rumah bekas biasanya terkoreksi kebawah. Menyesuaikan dengan turunnya permintaan. Ini kesempatan Anda mencari rumah dengan harga yang terjangkau.
    C. Segera Mengambil KPR RumahC

    Biasanya masih ada jeda waktu sampai bank menyesuaikan bunga kredit setelah BI rate naik. Sebelum bunga KPR naik, segeralah mengurus proses kredit. Ini tentu saja tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Hanya bagi mereka yang memang sudah siap dengan pilihan rumah dan dokumen – dokumen pendukung.

    Bunga kredit naik adalah hal yang mau tidak mau harus diterima. Namun, dampaknya bisa dikelola jika kita melakukan langkah antisipasi jauh hari sebelum kenaikkan itu datang. “sedia payung sebelum hujan” .

    Demikian artikel tentang Cara Mengantisipasi Kenaikan Bunga pada KPR. semoga bisa bermanfaat untuk Anda yang tidak ingin mengalami dampak negatif dari resiko menggunakan KPR.
    :oghoho:
     
  2. ongger Banned User

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 30, 2014
    Messages:
    19
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +4 / -0
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.