1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Ungkapin kenangan film Asia paling berkesan buatmu. Berhadiah GK, Pulsa, dan Line Gift Sticker loh! .Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Cara mengambil Keputusan Yang Tepat, Bijaksana dan Bertanggung Jawab

Discussion in 'Career Talks' started by finansialku_com, Jul 24, 2017.

  1. finansialku_com Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 4, 2017
    Messages:
    204
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3 / -0
    [​IMG]

    Bagaimana cara mengambil keputusan yang tepat dan juga bijaksana serta bertanggung jawab? Melalui rubrik kali ini, Tim Finansialku akan membahas bagaimana cara mengambil keputusan yang tepat, bijaksana dan juga bertanggung jawab. Selamat membaca!

    [​IMG]

    Hari Esok Ditentukan Oleh Keputusan Hari ini

    Setiap manusia pasti dihadapkan pada masalah yang harus diselesaikan, baik itu berskala risiko besar maupun kecil. Tidak ada seorangpun yang lepas dari sebuah masalah dan tidak berhadapan dengan keputusan yang harus dibuat. Bahkan ketika seseorang berniat untuk tidak melakukan sesuatu pun, sesungguhnya dia sudah mengambil keputusan dan berbagai risiko yang harus dituai di kemudian hari.

    Sejak pagi hari ketika kita bangun hingga kembali ke tempat tidur, banyak sekali keputusan-keputusan yang harus diambil dan dilakukan. Bagi Anda para Entrepreneur atau investor, setiap keputusan masa kini pastilah sangat berharga karena menentukan usaha dan pengembangan investasi yang Anda lakukan. Untung dan rugi yang akan dialami di kemudian hari sebetulnya sudah ditentukan semenjak dari sekarang ini dalam setiap keputusan yang akan diambil dan dieksekusi. Ketika Anda membaca artikel kali ini pun merupakan keputusan yang Anda ambil, tentu saja untuk menambah wawasan Anda yang akan berguna di kemudian hari atau bahkan di waktu-waktu dekat setelah Anda membaca pemaparan berikut ini.

    [​IMG]

    Dalam menghadapi masalah, bukan perkara yang sepele ketika mengambil keputusan. Tentu saja perlu diperkirakan, ditimbang, dipikirkan dengan saksama segala risiko dan dampak yang akan ditimbulkan dari pengambilan keputusan tersebut. Berikut ini akan dipaparkan beberapa tips yang setidaknya dapat menolong kita untuk mampu mengambil keputusan dengan tepat, bijaksana dan bertanggung jawab.

    #1 Kuasai Duduk Perkaranya

    Sebagaimana setiap manusia adalah unik dalam setiap cara pemikiran, pertimbangan bahkan dalam mengeksekusi suatu keputusan. Demikian juga setiap permasalahan dan tantangan yang dihadapi setiap manusia begitu unik adanya. Penanganan dari setiap kasus dan hambatan hidup setiap orang pasti berbeda satu dengan yang lain. Tips yang pertama mengajak kita untuk mengambil waktu sejenak dan berpikir secara mendalam tentang duduk perkara yang sedang Anda hadapi. Pertimbangkan secara matang setiap dampak positif dan negatif yang ditimbulkan. Ketika keputusan itu adalah sesuatu sifat urgensitasnya tinggi, sebaiknya Anda benar-benar membuat diri Anda tenang dan tidak tersulut emosi dan rasa khawatir karena tentu saja ketika pikiran sedang kalut dan hati tidak keruan, keputusan yang diambil tidaklah bijaksana dan cenderung terburu-buru sehingga tidak mempertimbangkan secara mendalam dampak yang akan ditimbulkannya.

    [​IMG]

    #2 Kumpulkan Informasi dan Tarik Konklusi

    Saat hendak mengambil keputusan, sebaiknya setiap informasi yang berkenaan dengan masalah Anda itu dikumpulkan dan dipelajari secara mendalam. Analisis permasalahan dan sumber dari problem itu. Ketika setiap informasi dan data yang diperlukan sudah terkumpul, Anda perlu mempelajarinya dengan saksama. Apabila ini berkaitan dengan pekerjaan Anda, tentu Anda perlu mengambil waktu lembur dan berusaha agar keputusan yang akan Anda ambil dapat menambah keuntungan bagi perusahaan atau usaha Anda. Akan selalu ada segala kemungkinan dan mungkin saja mengecoh kita agar melakukan kesalahan. Lakukan dengan tekun karena pengetahuan tanpa ketekunan serta kehati-hatian membuat kita terjerembab pada lubang permasalahan yang lebih mendalam. Selalu ingat bahwa setiap keputusan kita mempengaruhi masa depan kita.

    #3 Tanyakan Kepada Rekan atau Orang Lain yang Berpengalaman

    Inilah gunanya memiliki relasi, teman, bahkan sahabat. Mereka adalah orang-orang yang sudah mengenal kita sejak lama dan mengetahui sedikit banyak tentang kehidupan kita, termasuk orangtua. Tanyakan kepada mereka yang mengenal Anda perihal setiap masalah yang sedang Anda hadapi dan juga setiap solusi yang harus diambil. Tentu saja Anda tahu kepada siapa Anda harus bercerita karena terkadang ada orang yang kita anggap teman tetapi kurang dapat dipercaya dalam menjaga kerahasiaan permasalahan kita.

    Ceritakan kepada mereka, orang-orang kepercayaan Anda, siapa tahu mereka pernah menghadapi permasalahan yang sama, atau setidaknya mereka dapat memberikan solusi yang tidak terpikirkan sebelumnya oleh kita. Ada kalanya ketika masalah itu begitu berat, Anda membutuhkan profesional yang dapat menolong masalah Anda. Apabila Anda sedang mengalami jalan buntu dalam menentukan dan merencanakan arus keuangan Anda, kami, Tim Finansialku hadir untuk menolong Anda. Silakan Daftarkan diri Anda dan konsultan keuangan kami akan membantu Anda dengan senang hati!

    #4 Beranikan Diri Dalam Mengambil Risiko

    Risiko akan selalu ada dan justru malahan melalui setiap risiko dan kesalahan yang kita alami, kita dapat belajar untuk memperbaiki kesalahan itu untuk menghadapi berbagai permasalahan lainnya dengan level yang lebih tinggi dan tentu saja lebih cenderung lebih sulit. Minimalkan setiap kesalahan melalui tips di poin ke-2. Melalui tips yang ke-4 ini, kita diajak untuk memberanikan diri untuk mengambil keputusan dengan melalui setiap pertimbangan yang ada, kemudian konklusi yang diambil harus dieksekusi walaupun ada risiko yang harus diambil kemudian.

    [​IMG]

    Terkadang ada beberapa orang yang terlalu banyak berpikir bahkan secara mendetail tetapi tidak berani dalam mengeksekusi konklusi yang telah dirumuskan. Hal ini pun malahan menjadi penghambat dan risiko yang lebih besar karena tidak mengambil keputusan pun akan dirasakan. Tanamkan pada diri kita bahwa setiap kesalahan adalah hal yang manusiawi, setidaknya kita sudah berusaha yang terbaik dan kita dapat belajar dari setiap kesalahan itu agar tidak jatuh pada lubang yang sama. Pada titik ini kita pun sedang diuji mengenai kepercayaan diri kita dalam mengambil keputusan dan menentukan masa depan kita.

    #5 Libatkan Sang Pencipta

    Sebetulnya ini bukanlah opsi yang terakhir melainkan opsi yang paling mendasar dan pertama. Setiap hal di dunia ini diciptakan oleh Sang Pencipta dengan tujuan yang sudah melekat pada dirinya, termasuk setiap manusia. Bahkan setiap permasalahan yang kita hadapi, sesungguhnya sudah diatur oleh-Nya. Tentu saja untuk membawa kita kepada kualitas kehidupan manusia yang semakin baik. Setiap kita yang beragama pasti percaya dengan adanya satu Pribadi, Sang Pencipta. Libatkanlah Pencipta kita dalam pengambilan keputusan kita, niscaya kita mendapatkan pencerahan dan mampu menghadapi setiap masalah yang kita hadapi.

    [​IMG]

    Tentukan Masa Depan Dengan Mengambil Keputusan Hari Ini

    Apabila kita menganggap bahwa hidup kita adalah penting, maka setiap pengambilan keputusan yang kita ambil setiap waktunya akan bertanggung jawab dan tidak main-main. Semoga artikel di atas dapat menolong kita untuk menjadi pengambil keputusan yang tepat, bijak dan bertanggung jawab agar menjadi pribadi yang semakin baik dan mampu menghadapi permasalahan secara dewasa.


    Keputusan apakah yang menurut Anda terasa sulit dan memerlukan pemikiran begitu mendasar dan mendalam sehingga menyita waktu Anda begitu banyak? Berikan tanggapan dan pendapat Anda termasuk pengalaman Anda dalam pengambilan keputusan melalui kolom di bawah ini dan jangan lupa untuk membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda. Terima kasih.
    :1thumbup :toast


    Sumber:
    Cara mengambil Keputusan Yang Tepat, Bijaksana dan Bertanggung Jawab

    Baca Juga:
    Keputusan Dalam Keuangan yang Akan Membuat Anda Menyesal
    Kata-kata Bijak Peter Drucker yang Dapat Mengubah Bisnis sekaligus Mengubah Dunia
    Menuju Kesuksesan dengan Mengintip Gaya Kepemimpinan Barack Obama
    Daftar Orang Terkaya di Dunia 2017 dan Nasihat-Nasihatnya dalam Berbisnis
    Begini Cara Bijak Memakai Uang THR agar Sejahtera


    [​IMG]

    Tentang Finansialku:
    Finansialku.com adalah portal perencanaan keuangan individu dan keluarga. Kunjungi kami di:
    Website: Finansialku.com
    Facebook: @Finansialku
    Twitter: @Finansialku
    Google+: +Finansialku
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.