1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Apa kamu cukup berani melawan Valak? Satukan kekuatan di The Werewolf Series #16: THE NUN. Open registration: 14 - 21 September 2018!
  6. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

Info Cara Membuat Patung Lilin

Discussion in 'Random Images' started by blacksheep, May 15, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. blacksheep M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,595
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +25,012 / -0
    Madame Tussauds adalah sebuah museum lilin terkenal di London, Inggris, dengan cabang-cabang di beberapa kota besar di dunia. Museum ini pertama kali didirikan oleh pematung lilin Marie Tussaud (1761 - 1850). Dan kini telah berkembang menjadi sebuah tujuan wisata di London. Museum ini telah memiliki cabang di Amsterdam, Las Vegas, New York City, Hongkong, Shanghai, Hollywood-Los Angeles, dan Washington D.C

    Gimana sih cara membuat patung lilin ini sampe bisa mirip banget sama asli nya?
    Sampe bingung mana orang asli mana yang patung

    9.Inserting the Hair
    TAHUKAH ANDA: Setiap rambut individual dimasukkan ke dalam kepala! Dan akan ada lebih dari 10.000 rambut di satu kepala!

    Dibutuhkan sampai 4 minggu untuk memasukkan kepala penuh rambut. Kami selalu menggunakan rambut manusia yang nyata, yang disumbangkan, sehingga kita bisa mencuci, memotong dan gaya rambut. Kita juga bisa menggunakan berbagai styling produk dan alat-alat yang tidak akan bekerja efektif pada rambut sintetis. Tidak peduli apa pun jenis rambut selebriti telah, kita dapat menemukannya! Kita dapat sumber segala macam rambut: lurus, bergelombang atau keriting dan dalam berbagai warna sehingga kami selalu bisa mendapatkannya 100% sama dengan selebriti!
    [​IMG]
    [​IMG]
    Setelah rambut yang sempurna telah dipilih para seniman rambut mulai ... Kepala lilin dipanaskan perlahan dengan lampu hangat untuk membuat penyisipan lebih mudah dan lebih rapi. Setiap individu rambut dimasukkan ke dalam lilin dengan menggunakan alat kecil (lihat gambar dibawah) yang dibuat dengan memotong mata jarum jahit biasa menjadi garpu kecil.
    [​IMG]

    Akar rambut selalu dimasukkan ke dalam lilin yang memungkinkan rambut turun pada saat itu secara alami akan.

    Para seniman rambut berhati-hati untuk mengikuti pola pertumbuhan rambut yang unik dari masing-masing selebriti memastikan mahkota rambut dan perpisahan berada di tempat yang tepat.

    Kita sering harus mencampur berbagai warna rambut bersama-sama, jika rambut akan abu-abu atau jika selebriti telah menyoroti atau akar dicelup. Pada kesempatan kami telah diminta untuk 'bersikap baik' untuk selebriti, dan telah dikenal menebal penipisan rambut dan menghindari daerah botak!

    Rambut kemudian keramas, AC, memotong dan gaya untuk meniru selebritis 'gaya yang dipilih dan jika kita benar-benar beruntung kadang-kadang kita mendapatkan nasihat dari selebriti' stylist pribadi!

    8.Making the Teeth
    Untuk menciptakan senyum sempurna, diperlukan banyak informasi yang berbeda spt: bentuk gigi, tata letak, warna dan warna gusi. Jika beruntung, selama interview seniman juga meminta selebriti untuk membuat cetakan gigi mereka dengan menggigit gigi dempul. Semua gigi digunakan dibuat oleh perusahaan efek khusus (persis gigi palsu dari dokter gigi). Menempelkan gigi palsu ini menggunakan wax lembut yang masih lengket, seiring waktu wax akan mengeras mencegah gigi untuk bergerak.
    [​IMG]

    7.Cleaning the Wax
    Setelah wax berbentuk kepala telah jadi, kepala tsb dilepaskan dari cetakannya untuk kemudian diperiksa & dibersihkan. Warna dan ukurannya tidak lupa dicek terlebih dahulu. Hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa kepala tidak menyusut atau bermetamorfosis di dalam cetakan. Setelah itu, seniman wax mulai bekerja untuk menghapus garis sambungan yang terbentuk ketika mencetak. Mereka bekerja dengan peralatan kayu, menggosok lipatan dari sisi ke sisi untuk meratakan daerah tersebut.
    [​IMG]
    Bola logam digunakan untuk membakar bag.
    mata untuk membuat ruang bola mata untuk dipasang. Teknik yang sama digunakan untuk membuat ruang untuk gigi.

    6.Moulding
    [​IMG]
    Kepala tanah liat yang sudah jadi kemudian akan dimoulding (membuat cetakan negative) menggunakan plaster (gypsum). Setelah jadi, cetakan tersebut akan dibelah menjadi beberapa bagian agar mudah dibongkar pasang ketika menuangkan wax. Cetakan plaster inilah yang akan disimpan, agar dapat dipakai berkali-kali jika dibutuhkan. Patung tanah liat yg sebelumnya dibuat tidak akan terpakai lagi, dan akan dihancurkan (padahal ini kan bagian yang susah

    5.Pouring the Wax
    Cetakan gypsum kepala yg seperti puzzle disusun kembali dan direkatkan dengan tali dengan kencang, kemudian direndam ke dalam air hangat agar lembab dan mudah untuk dilepas dari wax yang akan dituang ke dalamnya. Wax (beeswax) yang masih panas (74o C) dituangkan ke dalam cetakan tersebut hingga penuh dan didiamkan 60 menit hingga lapisan terluar mengeras. Sisa wax di dalamnya dikeluarkan, sehingga yang dipakai adalah kepala wax berongga
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    ini adalah patung lilin Marie Tussaud yg sedang membuat patung

    4.Sculpting the Body
    Membuat bagian tubuh merupakan proses yang sangat rumit. Dibutuhkan banyak perencanaan dan persiapan sebelum memulai dengan tanah liat. Pertama-tama, membuat kerangka atau frame tubuh.
    [​IMG]
    Kerangka kaki terbuat dari tiang logam yang kuat, sedangkan lengan terbuat dari aluminium fleksibel. Biasanya proses ini membutuhkan waktu satu minggu. Setelah rangka jadi, baru bisa melekatkan tanah liat, dan membentuknya. Terkadang ada juga request dari sang seleb agar lebih berotot.

    3.Sculpting the Head
    [​IMG]
    Setelah menyusun semua foto referensi, dan mengambil gambaran posisi dan ekspresi seleb. Pematung mulai membuat patung dimulai dari kepalanya. Diawali dengan pembuatan cetakan yang terbuat dari clay pada rangka kawat. Setelah bentuk dasar sudah terlihat, dilanjutkan dengan detail bagian wajahnya dengan bantuan calipers.

    Pematung akan mengukir ekspresi seleb yg paling menarik.

    Proses pembuatan kepala ini sampai selesai dapat mencapai waktu 5 minggu. Biasanya yang menjadi favorit para pematung yaitu pemain sepak bola yang sedang berteriak, karena akan terlihat sangat nyata.

    2.Casting the Hand
    [​IMG]
    [​IMG]
    Bagian tangan tidak akan dibuat manual dengan tanah liat, melainkan mencetak tangan asli si seleb ke dalam cairan semacam karet (alginat), karena proses pembuatan tangan manual dinilai sulit untuk menyamai aslinya.

    1.Measuring the Stars
    Langkah awal yang dilakukan para pematung serta asistennya adalah mengumpulkan semua informasi yang diperlukan untuk membuat sebuah patung lilin baru, yaitu mengukur tubuh. Ada sekitar 200 pengukuran berbeda yang dilakukan terhadap tubuh seleb. Proses ini dapat dilakukan di hotel, ruang pertemuan atau rumah si seleb, memakan waktu 1 - 3 jam. Selain pita pengukur, alat yang paling sering digunakan yaitu Callipers.
    [​IMG]
    [​IMG]

    Code:
    http://terselubung.blogspot.com/2011/05/cara-membuat-patung-lilin.html
     
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. XDree M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 3, 2011
    Messages:
    733
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +2,184 / -0
    Kebayang susahnya masang rambut lebih dari 10.000 lembar manual pake tangan cuman dibantu alat seperti jarum :apa: kalo ane udah nyerah duluan :dead:
     
  4. DiraHasiakan M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 2, 2011
    Messages:
    1,016
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +280 / -0
    museum patung lilin yg di berita kemarin2 itu dimana ya, singapur kalo ga salah :???:

    keren2 tuh, mirip bgt sama manusia aslinya
     
  5. richo Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 23, 2010
    Messages:
    253
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +1,060 / -0
    jiah yang di ukur banyak amat ya,.,.,bisa makan waktu sampai 3 jam pula:dead:
     
  6. the_dos M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 28, 2011
    Messages:
    660
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +2,341 / -0
    gila proses'y rumit banget...

    cma org2 yg uda pro kaya'y yg bisa...
     
  7. stanzaries M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 21, 2010
    Messages:
    1,073
    Trophy Points:
    96
    Ratings:
    +291 / -0
    Madame Tussauds memang terkenal bnget ma patung lilin nya,..
    gila patung nya 100% mirip asli nya,..
    lo ga bs foto ma orang asli nya minimal ma patung lilinya ja, :hehe:
     
  8. Karishima M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 31, 2009
    Messages:
    813
    Trophy Points:
    106
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +969 / -0
    Ngak nyangka ternyata masukin rambutnya aja satu2, mana ada 10.000 helai lagi rambut nya:suram:
    itu baru yg di kepala, kalo yg di badan gemana tuh :???:
     
  9. Blackshield M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 15, 2010
    Messages:
    324
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +5 / -0
    nice info gan.... ternyata rumit juga prosesnya
     
  10. runDevilrun M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 27, 2011
    Messages:
    263
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +43 / -0
    jiah yang di ukur banyak amat ya,.,.,bisa makan waktu sampai 3 jam pula
     
  11. smkosasih M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,340
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,185 / -0
    gile masang rambut aja 4 minggu...:dead:
    butuh skil yg mumpuni + kesabaran tinggi nih..
    :doa:
     
  12. mer_curry M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 29, 2011
    Messages:
    1,329
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +1,592 / -0
    itu patung benar benar kyk wajah manusia sungguhan, hebat bgt :top:
     
  13. rambo3 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 13, 2009
    Messages:
    1,043
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +31 / -0
    yang jelas gw ga cocok gawe disana.. telaten abis orang-orangnya
    200 titik yang diukur... weleh weleh
     
  14. JunRusty M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 30, 2011
    Messages:
    533
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +177 / -0
    wuyuuh ternyata panjang bgt yah prosesnya..
    tapi emang hasilnya :top:
     
  15. YongShen M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 30, 2011
    Messages:
    2,541
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +350 / -0
    Susah bngt bro...
    Org yg bisa buat gitu hbt bngt ya...
    Salut dah..:top:
     
  16. izanagi M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 9, 2010
    Messages:
    1,485
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +40,323 / -0
    jadi inget house of wax.. ternyata patung2 lilin itu terbuat dari manusia asli
    tp bener dah, mirip bgt sama aslinya
     
  17. factinblitz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 20, 2011
    Messages:
    642
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +188 / -0
    ni keren...
    bosen liat wajah cma d lukisan....
    persis g tu..?
     
  18. txizz Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 15, 2011
    Messages:
    333
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +24 / -0
    :top:
    ternyata ribet yaq..
    butuh kesabaran tingkat dewa tuh....
     
  19. osyth Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 15, 2011
    Messages:
    119
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +23 / -0
    jago banget yang buat nya,, mirip bgt sama yg asli ..
     
  20. gimgim M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 30, 2010
    Messages:
    808
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +234 / -1
    tau cara nya pun perlu bakat
    jangan kan bikin patung nya,gambar aja cuma di ajarin gunung dan sawah dari tk sampai prof
     
  21. b0b0h0 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 15, 2008
    Messages:
    165
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +7 / -0
    wew,gw qrain rambutnya jg dr lilin, ternyata dipasang satu persatu juga ya --" knp gk dr lilin aja ya,gitu aja koq repot
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.