1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Cara Membaca kode dan simbol Ban Motor

Discussion in 'Otomotif' started by blacksheep, Nov 17, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. blacksheep M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,594
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +25,046 / -0
    [​IMG]
    Ban adalah salah satu komponen yang sangat penting, karena berhubungan langsung dengan aspal jalanan. Pada komponen itulah keselamatan, pengendalian, akselerasi, pengereman dan berapa luas area tapak ban yang menempel pada jalan akan memberikan keamanan pada pengendara.

    Hal ini penting manakala kita akan mengganti ban kendaraan entah itu modifikasi atau karena ban aus, ini yang harus diperhatikan. Pada saat kita akan mengganti ban kendaraan, biasanya kita hanya mengatakan ukuran ban yang akan kita ganti atau beli, misal ukuran 2.75-17 atau 100/90-18. Karena parameter itu menunjukan ukuran lebar, tebal dan diameter, tetapi sesungguhnya masih banyak kode maupun symbol yang harus bikers ketahui agar mendapat ban yang sesuai dengan spesifikasi yang dinginkan serta mengetahui batasan-batasan yang aman untuk pemakaian.

    Kita simak dari bagian yang paling umum dahulu untuk standar sebuah ban.
    [​IMG]

    UKURAN BAN.
    Ukuran ban biasanya menggunakan sistem metrik (metric system) atau sistem inci (inch system). Sebagai ilustrasi misal ban mempunyai kode: 100/90-18, dan 2.50-17
    bagaimana membacanya?

    Ban 100/90-18 ini menggunakan sistem metrik maksud angka pertama adalah ukuran lebar ban, angka kedua setelah garis miring (/) adalan rasio dalam persen antara lebar dan tinggi ban dan angka ketiga setelah tanda – adalah diameter pelek/velg. Jadi ukuran ban dengan kode 100/90-18 jika diterjemahkan adalah lebar ban 100 mm, tinggi ban 90% x 100= 90 mm dan diameter dalam ban atau ukuran velg/rim 18 inchi.

    Ban 2.50-17 menggunakan sistem inci jadi ukuran ban adalah lebar 2.5 inchi jika diubah menjadi mm, 1 inch = 2.54 jadi lebar ban 63.4 mm, tinggi ban karena angka kedua setelah garis miring tidak ada dianggap rasionya 100% jadi tingginya 2.50 inchi dan diameter dalam ban 17 inchi atau ukuran pelek/rim 17 inchi.

    UMUR PRODUKSI.
    Disalah satu sisi ban biasanya tercetak kode empat angka yang menunjukan kapan ban diproduksi. Misalnya, 2108 angka tersebut dapat dibaca dua angka pertama menunjukan minggu, dua angka terakhir tahun pembuatan. Jadi kode di atas adalah ban diproduksi pada minggu ke-21 tahun 2008. Kode usia produksi perlu diperhatikan jadi dapat berapa lama ban tersimpan, yang dikuatirkan akan berpengaruh terhadap performa ban itu sendiri

    KODE BAN DEPAN ATAU BELAKANG.
    Untuk kode pemakaian ban depan atau ban belakang biasanya di tulis dengan huruf (alphabet) kode “F” front berarti ban tersebut untuk ban depan sedangkan “R” rear ban tersebut untuk ban belakang. Biasanya ada perbedaan bentuk kembangan/pattern ban depan dan belakang dikarenakan fungsinya yang berbeda untuk ban depan sebagai kemudi dan jika hujan harus bisa mengalirkan air makanya ban depan biasanya mempunyai alur air. Sedangkan ban belakang fungsi untuk menggerakan maka membutuhkan torsi yang besar sehingga traksi sangat dibutuhkan makanya ban belakang biasanya ukuran lebih besar dan tidak mempunyai alur air.
    Tetapi kadang kita juga suka menjumpai ban belakang mempunyai alur air hanya beda ukuran lebih besar saja.

    KODE KECEPATAN MAKSIMUM.
    Kode kecepatan maksimun ditulis dengan kode huruf, yang menunjukan batas
    maksimal sebuah ban dipacu terus selama 1 jam dengan membawa beban sesuai spesifikasi standar.
    Tabel kecepatan maksimum (Km/jam)
    [​IMG]

    Contoh kasus : ban skutik Honda Beat merek Federal kode 80/90-14 M/C 40P. Huruf P yang ada dibelakang angka (40P) itu yang menunjukan kecepatan maksimal. Sesuai table di atas P adalah menunjukan maksimun kecepatan 150 km/jam.

    KODE COMPOUND YANG DIGUNAKAN.
    Kode Compound ban ditulis dengan kode huruf, yang menunjukan ban itu
    mempunyai kompon yang lunak sampai yang keras. Kode “S” soft menunjukan
    compound lunak, “M” medium menunjukan compound sedang dan “H” hard berarti compound ban keras. Pemilihan kompon ban tergantung dari kebutuhan misal untuk road race biasanya menggunakan kompon soft dimana ban dengan kompon soft lebih empuk dan lengket menempel pada aspal tetapi karena sifatnya lunak maka ban akan cepat habis. Sedangkan medium biasanya dipakai untuk sehari hari.
    Jika ban merek Batllax dengan kode BT 92 F Radial 120/70 R17 M/C 54H, kode M/C itulah yang menunjukan compound ban sedang.

    ARAH ROTASI BAN.
    Arah rotasi atau perputaran ban ditunjukan dengan tanda panah (Arrow), pemasangan ban harus sesuai dengan arah panah hal ini karena arah kembangan ban akan sempurna menempel pada aspal, atau mengalirkan air pada jalan basah serta
    mendapatkan traksi yang baik. Jika pemasangan terbalik ban tidak akan menempel pada jalan dan traksinya kurang baik sehingga ban terasa lebih licin yang bisa membahayakan pengendara.

    BEBAN MAKSIMUM BAN.
    Indikasi beban maksimum yang dapat ditahan oleh ban dalam keadaan dingin
    biasanya dicantumkan dalam diding ban. Ada yang tertulis langsung bebanya ada juga yang menggunakan indek angka.
    Tertulis langsung misal tertulis Max. Load 212 kg (467 LBS) AT 280 KPa (41 Psi) Cold dapat dibaca: ban tersebut menahan beban maksimum 212 kg atau 467 lbs dengan tekanan angin maksimal 41 psi dalam keadaan dingin (kendaraan tidak dipakai)


    Menggunakan Indek angka:
    (73W) V280 angka 73 adalah angka indek yang mempunyai standar beban maksimal 365 kg.
    dibawah ini table indeks beban maksimum (kg).

    • 30= 106, 31=109, 32=112,33=115, 34=118, 35=121, 36=125, 37=128,
    38=132,39=136
    • 40=140, 41=145, 42=150, 43=155, 44=160, 45=165, 46=170, 47=175,
    48=180, 49=185
    • 50=190, 51=195, 52=200, 53=206, 54=212, 55= 218, 56=224,57=230,
    58=236, 59=243



    TIPE BAN.
    Pada sisi dinding ban biasanya dicantumkan pula tipe dari ban tersebut misal TT = Tube Type atau TL = Tubeless. Ban tube type artinya ban tersebut ban yang menggunakan ban dalam, sedang tubeless atau radial sudah tidak memerlukan ban dalam lagi.

    SIMBOL SEGI TIGA.
    Simbol segi tiga disebut Thread Indication (TWI) atau indicator batas pemakaian.
    Gambar segitiga pada sisi dinding ban merupakan batas akhir dari grip atau alur ban, jika alur ban sudah terkikis habis atau sdudah tipis karena pemakaian maka ban tersebut harus diganti karena sudah tidak aman lagi.

    SIMBOL GARIS WARNA.
    Simbol garis warna ini ada pada lapisan kembangan yang belum pernah dipakai untuk menandakan ban tersebut masih baru. Karena lapisan ban ini paling luar pada kembangan/pattern maka jika ban lama dipakai akan habis. Garis warna ada yang satu tetapi ada juga yang lebih dari satu warna, dan tiap pabrikan biasanya mempunyai warna berbeda missal putih, merah, kuning, biru dan hijau.

    SIMBOL BALANCE.
    Simbol balance biasanya berupa bulatan pada dinding ban, tanda bulat dengan warna berbeda-beda tiap pabrikan misal kuning, merah ataupun biru. Tanda balance ini harus diperhatikan saat pemasangan ban, karena itulan titik paling ringan dari tiap ban, di titik itu pula posisi pentil harus sejajar. Karena pentil ban merupakan titik berat dari ban.

    STRUKTUR BAN.
    Tidak semua pabrikan ban mencantumkan struktur ban, tetapi untuk pabrikan ban dengan kualitas baik biasanya mencantumkannya. Misal: Tread: 4 nylon, side wall: 2 nylon

    - Tread adalah bagian tapak ban yang langsung bersinggungan dengan aspal, harus
    kuat terhadap benturan, tusukan yang dapat merusak ban. memberikan daya lengket
    ke aspal dan daya tahan ban karena gesekan. Jadi Tread ban tersebut terdiri 4 lapisan
    nylon.
    - Side wall adalah bagian dinding samping kiri dan kanan ban. Berfungsi sebagai
    penopang ban.Jadi side wall ban tersebut terdiri 2 lapisan nylon.

    (sumber British Tyre Manufacturers' Association)
    Code:
    http://anehbinunik.blogspot.com/2009/11/cara-membaca-kode-dan-simbol-ban-motor.html
     
    • Thanks Thanks x 2
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. dhie M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 19, 2009
    Messages:
    332
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +187 / -0
    wah, rumit juga ya gan...:???:
    banyak sekali penjelasannya...

    tapi ada beberapa ban yang ga ada tulisan sebanyak itu de gan, kalo ane si yang menting pas, pake deh... :lol:

    btw, nice inpo brader :top:
     
  4. hanlai M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 28, 2009
    Messages:
    355
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +29 / -0
    klo mau beli ban cukup periksa lewat bentol2 ban aja bro.. itu klo ditarik masi lentur n ga mudah putus brarti masi bagus n layak pakai bannya...
    buat symbol balance itu benernya bukan ditaruh pas di copnya bro..
    itu menurut teknis velg nya di balance dulu. ntar titik berat velg di pas'in di titik kuning. klo titik/bulatan merah n macem2 itu biasanya kode pabriknya bro.. yg balance kuning. biasanya di ban ada beberapa warna titik.
     
  5. kucing_alas M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 30, 2008
    Messages:
    898
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +59 / -0
    wah...nice info ni...br tau klo ada kecepatan maksimum jg utk ban yg kita pake...
     
  6. happybratboy M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 11, 2009
    Messages:
    5,240
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,348 / -0
    wah ilmuyang berguna neh
    ga da di pelajaran tapi berguna di kehidupan sehari2
    soalnya tiap hari pasti naek kendaraan...
     
  7. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,616
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,642 / -1
    :lol:
    ternyata di balik kode2 di ban itu ada artinya..
    baru tau ane soal kek gini, jadi nambah pengetahuan juga.. :top:
     
  8. 1c4ru5 Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    6,682
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +5,957 / -1
    ini sbnrnya jg dibuat untuk adminitrasi dlm produksi setiap hari :haha:
    tp walau susah bwt org awam tp sbnrnya org bengkel yg profesional psti tw crnya tp syg kdg uda profesional hal sprti ini tidakd ikuasai :sigh:
     
  9. cc9ule Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 20, 2009
    Messages:
    22
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    mantap...nice info
     
  10. triangle2639 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 10, 2011
    Messages:
    896
    Trophy Points:
    37
    Ratings:
    +429 / -0
    :glek: ada kecepatan maksimumnya :iii: gak pernah meratiin tabras aja :lol:
     
  11. adi_bayumi M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 21, 2011
    Messages:
    1,756
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,555 / -0
    ternyata tiap kode ada spesifikasinya....

    baru tau, soalnya ane kalo mo ganti ban... ya ganti aja ... hehe

    nice share bro
     
  12. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,616
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,642 / -1
    iya gan ada peruntukannya..
    klo motornya bebek maka karakteristik bannya di sesuaikan dengan standar motor bebek..
    begitu juga dengan motor gede.. :elegan:
     
  13. karstenaa M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 11, 2010
    Messages:
    478
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +251 / -0
    ternyata rumit sekali ya bro :bingung:
    ane baru tau ada begituan :top:
     
  14. HoRny M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 12, 2011
    Messages:
    1,814
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +705 / -0
    wew , agak rumit gan

    ilmun yg jrg disosialisasikan neh , thx gan , bermanfaat banged
     
    Last edited by a moderator: Nov 18, 2011
  15. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,616
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,642 / -1
    baru tau walopun udah pernah liat ya.. :hihi:
    tapi sekarang jadi tau kan gan.. :hoho:
     
  16. x29a Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 8, 2010
    Messages:
    171
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +35 / -0
    nice inpoh gan .. gue baru tau klo di ban ada spesifikasinya yg lengkap

    gue paling tau ban dr ukurannya doank
     
  17. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,093
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,265 / -0
    Loh ada di Education :iii:
    Mari kita pindah ke Otomotif :tkp2:
     
    • Thanks Thanks x 1
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.