1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Sharing Cara Media Sosial Merusak Mental Anda

Discussion in 'Career Talks' started by vikz, Sep 1, 2014.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. vikz Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 22, 2008
    Messages:
    479
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +15 / -0
    Dear Supporter,

    Media sosial kini telah menjadi bagian dari kehidupan kita, ada yang menggunakannya sebagai alat komunikasi, pelampiasan rasa penat setelah beraktivitas dan ada pula yang menjadikan media sosial sebagai ladang mencari pekerjaan. Media sosial begitu digandrungi semua orang, karena dari media sosial mereka bisa berbagi pikiran, kenangan bahkan perasaan ke dunia maya.

    Padahal media sosial sebenarnya telah banyak memberikan dampak pada mental seseorang. Telah banyak penelitian yang menemukan kaitan antara media sosial dengan kesehatan mental penggunanya. Seperti yang dikutip dai Health Me Up berikut ini, ada berbagai cara di mana media sosial telah merusak kesehatan mental Anda.

    Selalu merasa kekurangan

    Sudah jadi rahasia umum jika media sosial kerap dijadikan ajang pamer bagi para penggunanya. Tanpa sadar Anda akan membandingkan diri Anda dengan citra yang telah dibangun teman Anda di media sosialnya. Saat Anda menyaksikan orang lain lebih sukses dan bahagia membuat Anda jadi merasa serba kekurangan. Penelitian menemukan saat seseorang sering membandingkan diri dengan orang lain di media sosial, akan menyebabkan Anda merasa kurang percaya diri bahkan depresi.

    FOMO (Fears of Missing Out)

    FOMO adalah istilah yang digunakan sebagai penunjuk ketakutan akan ketinggalan informasi atau kesempatan untuk berinteraksi. Media sosial memberikan kemudahan untuk Anda berinteraksi dengan banyak orang. Tapi sayangnya ketika penggunaannya berlebihan, Anda akan merasa terikat dengan media sosial dan takut melewatkan kesempatan berinteraksi dengan teman lainnya.

    Takut sendirian

    Saat tak lagi berinteraksi di media sosial Anda akan merasa kesepian. Aktif di media sosial akan membuat Anda merasa tak pernah sendirian, sehingga terlalu sering berinteraksi di media sosial akan membuat Anda jadi mudah merasa takut sendirian.

    Terlepas dari kehidupan nyata

    Tak sedikit orang yang menjadikan identitas mereka di dunia maya sebagai identitas asli di dunia nyata. Tak jarang banyak yang terasing dari kehidupan mereka yang sebenarnya. Biasanya orang yang seperti ini akan kesulitan berinteraksi secara langsung saat di dunia nyata. Umumnya akan timbul rasa cemas saat harus berhubungan dengan banyak orang di dunia nyata, tapi merasa sangat nyaman saat di dunia maya.

    Kecanduan

    Dari semua masalah di atas akhirnya muncul lah satu masalah yang tak akan bisa dihindari, yaitu rasa kecanduan. Keinginan untuk tetap log in dan menggunakan media sosial akan memicu titik pada otak yang berkaitan dengan kecanduan. Tanpa Anda sadari Anda malah akan sangat bergantung dengan media sosial.

    Jadi, apakah Anda juga mengalami masalah-masalah mental di atas gara-gara media sosial? Mudah-mudahan Anda bisa dengan bijak menggunakan media sosial, terutama untuk mengembangkan bisnis dan pekerjaan Anda.

    Salam,
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. swhp M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 19, 2013
    Messages:
    346
    Trophy Points:
    117
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +746 / -1
    Hal ini berarti berlaku juga bagi yang kecanduan game online atau internet
    dan sialnya ane sepertinya kecanduan internet :panik:
     
  4. Peloponessian M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 28, 2011
    Messages:
    530
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +67 / -0
    oh itu ta FOMO, sering denger, tp karena mirip sama sebutan itu
    ane jd malas tanya... #malu
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.