1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Cara Makan Yang Lebarkan Pinggang

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by dejivrur, Dec 27, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. dejivrur M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    3,896
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,109 / -2
    KOMPAS.com - Banyak diantara kita yang mengaku sudah menjalani aturan diet yang benar, tapi ternyata berat badan tidak pernah berhasil diturunkan. Dimanakah letak kesalahannya?

    Elisa Zied, RD, juru bicara American Dietetic Association, bercerita kebanyakan dari kita justru tidak menyadari telah mensabotase program diet kita sendiri. Sabotase itu menurut Zied yang juga penulis Feed Your Family Right! justru kita lakukan ketika salah mempersepsikan program penurunan berat badan.

    Contohnya :

    Memotong kalori berlebihan. Memang benar, mengurangi total kalori setiap hari adalah cara untuk menurunkan berat badan. Tapi terlalu banyak kalori yang kita kurangi, justru membangunkan hormon yang mengirimkan sinyal lapar pada kepala kita. Hormon itu adalah ghrelin.

    Cara lebih pintarnya adalah, gunakanlah rumus keseimbangan. Rumus seimbang adalah, tidak pernah melewatkan sarapan dan mengurangi porsi makan malam. Saat kita makan berlebihan di malam hari, sarapan menjadi jadwal makan yang kita lewati yang kemudian pada waktu makan siang tiba, kita makan berlebihan.

    Menu sarapan yang aman adalah, 450 kalori setiap pagi seperti roti gandum isi telur dan keju rendah lemak yang didampingi dengan segelas jus buah. “Menu ini akan menjaga kita hingga makan siang,” ucap George L. Blackburn, MD, PhD, dari divisi Nutrisi Harvard Medical School dan penulis buku Break Through Your Set Point. Menurut Blackburn, saat kita bisa melakukan manajemen nafsu makan maka kita akan makan dalam porsi yang sama di setiap jadwal makan.

    Waktu makan tidak teratur. Berdasarkan penelitian yang diumumkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, saat kita makan tidak teratur maka kita tidak akan pernah menyusutkan berat badan meskipun porsi makan kita sudah benar. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada 2005 lalu, perempuan yang makan di jam-jam yang sama setiap harinya, ternyata mampu membakar lebih banyak kalori. Ini membuat produksi insulin berkurang yang artinya menyelamatkan diri dari risiko resistensi insulin yang dapat menyebabkan obesitas dan diabetes.

    Cara lebih pintarnya adalah, coba hitung berapa kali dalam sehari kita makan, mulai dari makan utama hingga ke camilan-camilan kecil. Lalu catat, di jam-jam berapa saja kita lapar dan makanlah di jam-jam tersebut dengan teratur. Itu mengapa Zied menyarankan kita untuk memiliki catatan harian apa saja yang kita makan atau food diary. Catatan ini nantinya akan membentuk kesadaran kita untuk memilih makanan yang sehat dengan porsi yang sehat juga.

    Memilah-milih menghitung kalori. Tanpa kita sadari, kita tidak menghitung kalori semua makanan yang kita makan. Misalnya ikan atau ayam. D. Milton Stokes, MPH, RD., dari Bowling Green State University, menjelaskan, bukan berarti jika makanan tersebut masuk dalam kategori makanan sehat maka kita tidak perlu menghitung kalorinya. Ini akan membuat kita mengubah makanan sehat menjadi tidak sehat, sebab kita makan secara berlebihan.

    “Misalnya semangkuk almon, kalorinya sekitar 200 tapi ketika kita menambahnya dalam takaran yang berlebih maka tidak mungkin program penurunan berat badan kita sukses. Cara lebih pintarnya adalah, hitunglah kalori yang kita makan. Sekalipun makanan kita hanyalah ½ mangkuk sereal dan ingat untuk tidak makannya secara berlebihan!

    Membuat target untuk jangka pendek. National Weight Control Registry mengestimasi, hanya 20 persen dari pelaku program diet yang berhasil menjaga bobot idealnya selama setahun lebih. Sebabnya, setelah mereka berhasil mencapai target berat badan yang diinginkan, mereka kembali pada kebiasaan makan yang salah. Tapi bagi pelaku program diet yang menetapkan target secara gradual atau perlahan, mampu menjaga timbangan badan tetap ideal dari tahun ke tahun.

    Cara lebih pintarnya adalah, awalilah dengan perubahan kecil yang mengantar kita pada keberhasilan kecil. Setelah itu, berikan kepercayaan pada diri untuk mencapai target yang lebih besar. Dengan begitu, resolusi hidup sehat kita tidak hanya bertahan satu tahun tapi selama-lamanya sebab kita telah menjadikannya sebagai gaya hidup.

    Jangan terpesona dengan label rendah lemak. Cornell University melakukan penelitian kecil-kecilan dengan cara menyediakan 2 jenis cokelat pada acara open house universitas tersebut. Pertama, cokelat tanpa label rendah lemak dan kedua diberi label. Hasilnya, 28 persen dari pengunjung memilih yang berlabel rendah lemak. Tapi mereka tidak cukup mengonsumsinya sekali karena label rendah lemak telah menggoda mereka untuk mengambil beberapa bungkus cokelat.

    Cara lebih pintarnya adalah, jangan hanya merasa puas dengan label. Tetap ingat untuk membatasi asupan makanan berlabel rendah lemak.

    SUMBER : KOMPAS.com

    semoga bermanfaat buat yang lagi berjuang menurunkan berat badan:piss::piss::piss:
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. ghusesup Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 21, 2009
    Messages:
    125
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +25 / -0
    :niceinfo: kk...
    napa sih banyak orang pengen diet.. apalagi cewek
    padahal dengan kita punya pola makan yg baik aja, klo menurut saya dah bagus
    gak perlu diet tuh... :awas:
     
    • Like Like x 1
  4. dejivrur M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    3,896
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,109 / -2
    wah bener banget nih
    gw heran kenapa cewek skrg terlalu terobsesi dgn berat badan:hot::hot::hot:
    makan mah makan aja:piss::piss::piss:
    tapi jangan berlebihan itu yg paling penting sebenarnya:hahai::hahai::hahai:
     
  5. kabuki M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    May 14, 2009
    Messages:
    6,180
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +10,230 / -0
    diet itu mnjaga agar bdan tetep sehat bro
    terkadang contoh dgn puasa kita bisa ngurangin aktifitas lambung
    so diet itu bgs jg kok :top:
     
  6. kecebongoreng M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jul 23, 2008
    Messages:
    6,468
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +14,653 / -0
    Makan berlebihan di waktu siang, akibatnya lupa ngemil di sore hari, sehingga malamnya makan berlebihan kembali.

    Jadi muter-muter:keringat:
     
  7. hidey-holey M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Nov 7, 2008
    Messages:
    12,341
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +23,720 / -0
    tumbuh itu keatas, bukan kesamping,
    siapa yang bilang gitu ya:hihi:
     
  8. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,093
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,259 / -0
    kalo makan di saat lapar atau makan sedikit2 tapi sering, bisa membuat diet itu menyenangkan... jadi baik juga untuk aspek psikologis orang yg tengah berdiet.

    @hidey: iklan susu, tapi lupa susu apa...
     
  9. dejivrur M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    3,896
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,109 / -2
    iklan Hi-Lo
    ga tau gw merek susunya apa, tapi judulnya susu Hi-Lo

    adek gw suka beli susu begituan, terobsesi tumbuh ke atas
    :hot::hot::hot::hot::hot::hot::hot::hot::hot::hot:
     
  10. Karel M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Aug 13, 2009
    Messages:
    2,520
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +1,244 / -0
    WAAAA:swt:
    Gw lagi coba diet.....
    Bagian makan ngemilnya itu yaaaang:glek:

    Padahal sekarang makan sehari cuman 2 piring.....
    Tp masalahnya tiap malem kalo dah saatnya ngemil,bisa ampe 3 bungkus biskuit:haha:
     
  11. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,093
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,259 / -0
    oiya, hi-lo teens buat remaja...
    baru inget :swt:

    keknya biskuit harus disimpan di tempat yg susah dijangkau...
    kalo perlu biskuit serumah diumpetin semua biar nggak dijamah sama bro...
    abis kalo nggak gitu, susah keknya menghentikan kebiasaan ngemil :nangis:
     
  12. VixenLynz Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 1, 2010
    Messages:
    55
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +11 / -0
    tumbuh itu ke atas bukan kesamping <<< iklan zevit grow bener gak ?
     
  13. Archy Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    45
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +5 / -0
    setuju bos, tp kl emg obesitasnya udah berlebihan ya hrs diet jg tetep biar cpt
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.