1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Ungkapin kenangan film Asia paling berkesan buatmu. Berhadiah GK, Pulsa, dan Line Gift Sticker loh! .Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Machinery Cara Kerja Kacamata 3D dan Film 3D

Discussion in 'Science and Technology' started by Hyperangel, Jul 24, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Hyperangel M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    651
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,621 / -0
    Sekitar 57 tahun yang lalu, tepatnya pada bulan Desember 1952, dimulailah trend film 3D di bioskop. Namun, hanya dalam dua tahun, trend tersebut menghilang, terutama karena masalah teknik yang digunakan.

    Efek 3D tidak terlalu mengesankan, yang terlihat hanyalah gambar bayang-bayang apabila kepala sedikit bergerak. Bahkan, banyak penonton yang sakit kepala saat melihat tayangan 3D tersebut.

    Pada bioskop-bioskop IMax, efek 3D memang masih ada, namun hanya untuk film-film pendek. Tidak ada 3D untuk feature film yang berdurasi 90 menit atau lebih. Tampaknya kondisi ini akan segera berubah.
    [​IMG]
    Semakin banyak produsen dan studio film yang memproduksi film baru mereka tidak hanya dalam 2D, tetapi juga dalam format 3D. Bahkan, studio film Pixar dan DreamWorks menerapkan 3D sebagai standar film animasi mereka, seperti pada film terbaru mereka Bolt dan Monsters vs. Aliens.

    Teknologi dan teknik film 3D kini sudah jauh berbeda dari teknik yang diaplikasikan pada 57 tahun yang lalu. Ada 4 cara kerja yang umum untuk menampilkan film 3D, masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.

    1. XPAND
    Teknologi ini dulunya bernama nuvision dan bekerja dengan sebuah lensa pengatur cahaya dan proyektor. Gambar diproyeksikan secara bergantian untuk mata kiri dan kanan.
    [​IMG]
    Lensa pengatur cahaya yang dikendalikan melalui inframerah dan dioperasikan dengan baterai akan mengurangi cahaya pada masing-masing mata, terutama pada saat sebuah gambar tidak harus terlihat oleh mata tersebut. Lantaran bekerja tanpa polarisasi, teknologi ini dapat menggunakan jenis layar apa saja.

    Kelebihan : Tidak pakai layar perak

    Kekurangan : Kacamata mahal dan kepala tidak boleh miring


    2. Real D
    Proyektor akan menampilkan gambar secara bergantian melalui Z-Filter ke sebuah layar perak. Proyektor ini akan mengubah cahaya untuk masing-masing mata dengan menggunakan polarisasi sirkular. Kacamata hanya untuk melewatkan cahaya yang sesuai.
    [​IMG]
    Kelebihan : Kepala boleh miring

    Kekurangan : Memerlukan layar perak



    3. Dolby 3D Digital Cinema
    Sebuah color filter yang berputar akan mengganti panjang gelombang pada gambar-gambar yang diputar secara bergantian untuk masing-masing mata. Sebuah kacamata interferensi akan menyaring semua panjang gelombang, kecuali yang sengaja dihasilkan untuk masing-masing mata.
    [​IMG]

    Kelebihan : Tidak harus menggunakan layar perak

    Kekurangan : Perlengkapan mahal



    4. Proyeksi ganda dengan polarisasi
    Dua proyektor sekaligus, masing-masing untuk mata kiri dan kanan, akan mengirim cahaya dengan polarisasi berbeda secara bersamaan ke layar perak. Kacamata hanya untuk melewatkan gambar yang telah ditentukan untuk mata tersebut.
    [​IMG]
    Kelebihan : Brightness tinggi

    Kekurangan : Kepala tidak boleh miring


    Kesimpulan :

    Film dengan feature 3D memang tengah marak dan selalu ramai dibicarakan. Teknologi 3D memang masih mahal untuk home theater. Namun, begitu film-film 3D bermunculan dalam format Bluray, player yang dibutuhkan pun bakal terjangkau oleh pasar. Jadi, setiap orang dapat menikmati tayangan film 3D secara optimal di rumah.

    Cara Kerja 3D :

    Kacamata ini membuat gambar pada film bioskop dan televisi seperti adegan 3 dimensi yang terjadi tepat di depan anda. Dengan objek bergerak keluar masuk layar dan seolah menuju ke arah anda, dan tokoh jahat yang bergerak keluar untuk menangkap dan meraih tangan anda.

    Kacamata 3D membuat anda merasa bagian dari adegan film, tidak hanya seseorang yang duduk disana menonton adegan tersebut. Mengingat alat ini mempunyai nilai entertainment yang tinggi, anda akan terkejut betapa sederhananya sebetulnya kacamata 3D ini.

    Manusia lahir dengan dua buah mata dan sistem penglihatan binocular yang sangat luar biasa. Untuk objek dengan jarak lebih dari 20 kaki (6 - 7 meter), sistem binocular membuat kita mudah menetukan seberapa jauh jarak objek tersebut secara akurat. Sebagai contoh.

    Jika ada beberapa objek di depan, kita akan dengan mudah mengetahui objek mana yang lebih jauh dan objek mana yang lebih dekat, serta seberapa jauhnya jarak objek tersebut dengan kita. Apabila anda melihat dunia dengan sebelah mata tertutup, anda akan tetap dapat memperkirakan jarak, namun keakuratan perkiraan jarak akan menurun.

    Untuk melihat seberapa besar perbedaannya, mintalah seorang teman untuk melemparkan bola dan coba untuk menangkap bola tersebut sementara sebelah mata anda tertutup.

    Juga coba pada ruangan yang sedikit cahaya atau pada malam hari. Pada kondisi ketersediaan cahaya sedikit, perbedaan akan semakin terlihat. Akan lebih sulit untuk menangkap bola hanya dengan sebelah mata terbuka di banding kedua mata terbuka.

    Lakukan percobaan berikut :

    Fokuskan pandangan anda pada gambar sebuah mata di bawah ini. Lalu taruh ibu jari didepan hidung anda menghalangi pandangan. Pandangan tetap fokus pada gambar mata tadi. Maka anda akan melihat gambar mata tersebut berada diantara dua ibu jari.

    Dan jika fokus pandangan anda alihkan pada ibu jari anda, maka ibu jari anda berada di antara gambar dua mata. Jika hasil yang anda dapatkan seperti itu, maka sistem binocular anda masih berfungsi baik.
    [​IMG]
    Sistem penglihatan binocular berdasarkan pada kenyataan bahwa dua mata kita terpisah dengan jarak 2 inchi (5 cm). Dengan demikian setiap mata melihat dunia dari perspektif yang sedikit berbeda, dan otak menggunakan perbedaan tersebut untuk menghitung jarak secara akurat.

    Otak memiliki kemampuan untuk mengkorelasikan dan memperkirakan posisi, jarak, bahkan kecepatan suatu benda melalui data yang diperoleh dari sistem binocular mata.
    [​IMG]
    Dalam menonton film 3D, alasan kenapa anda memakai kacamata 3D adalah untuk memberikan gambar yang berbeda pada mata. Layar sesungguhnya menampilkan dua gambar, dan kacamata menyebabkan satu gambar masuk ke satu mata dan gambar lainnya masuk ke mata yang satunya. Terdapat dua sistem umum yang digunakan.

    1. Kacamata Merah-Hijau

    2. Kacamata Merah-Biru

    Sistem ini menggunakan kacamata berbeda warna. Merah/hijau atau yang lebih umum merah/biru. Pada film 3D, proyektor akan menampilkan dua jenis gambar sekaligus.
    [​IMG]
    Filter pada kacamata memperbolehkan hanya satu jenis gambar yang masuk ke tiap-tiap mata, kemudian otak akan menyelesaikan sisanya. Sistem kacamata berbeda warna ini mempunyai kelemahan. Warna pada film tidak terlihat dengan baik, sehingga kualitas gambar yang terlihat kurang begitu baik.

    sumber

    gak nolak kalo dikasih ijo2 dan thx

    Kalau Bisa di rate dan dikasih Oleh2nya gan biar ane tambah semangat :semangat::semangat::semangat: :hero:
    Penjelasan Karakteristik Tenaga Dalam Pada Tubuh Manusia
    10 Hal yang Menjadi Idaman Para Pecinta Teknologi
    Gudang Emas Terbesar Di Dunia
    Buang air kecil malah di bayar. di Musiri, India
    10 Perempuan Asia yang Paling Banyak Dicari di Internet
    Gunung Berapi Raksasa Akan Muncul di Bawah Arab Saudi
    Alasan Mengapa Daging Ikan Berwarna Putih Atau Merah
    Senjata Rahasia Google Untuk Dapat Menguasai Dunia Komunikasi Masih Belum
    Dokter Melakukan Operasi Tersusah Di Dunia Hanya Berdasarkan Instruksi lewat SMS
    SMART EAGLE - Elang Mekanis yang Serba Bisa (UAV nya Indonesia)

    Bintang Baru yang Dikelilingi 7 Planet
    Rancangan Asli Game Pac-Man Diungkap Oleh Penciptanya
    10 Teknologi Pengaman Terbaru Pada Mobil yang Dapat Mencegah Kecelakaan
    Mengupas Konspirasi Planet MARS (+Pic) Khusus buat yg Open Minded
    Secara Tak Sadar, Mungkin Kita Telah Menelan Makhluk-Makhluk Menyeramkan Ini
    Ikan Paling Jelek Terancam Punah
    Korea Selatan Bangun Kota Robot Tahun 2013
    Bintang Baru yang Dikelilingi 7 Planet
    Taxi Masa Depan Tanpa Supir
    Dibalik Tombol Kemudi Mobil Balap Formula 1
    Inilah 10 Kota Tertua di Dunia Yang Masih Dapat Kita Saksikan Keberadaannya
    Rakit Kapal Selam Sendiri Dari Drum Bekas
    Paus Narwhal, Ikan Paus Bertanduk
    Laba-laba Vegetarian Pertama di Dunia
    Cara Kerja Mesin-Mesin Yang Rumit
    Keajaiban pada Cumi-cumi dan Gurita
    Ubur-ubur Misterius Muncul di Langit
    Perbedaan LCD TV Dengan Plasma TV
    Pistol Armatix Yang Tidak Bisa Digunakan Tanpa Jam Tangan Khusus
    Robot Astronot NASA akan Jelajah Angkasa
    Dinosaurus Berwarna Cerah dan Ekornya Belang
    Rahasia ‘Monalisa’ Terkuak
    7 Karya Arsitektur Kuno Yang Menakjubkan
    Jepang Ciptakan TV 3D yang Bisa "Dicubit"
    Inilah Bagian Otak Yang Bikin Takut Kehilangan Uang
    Mengapa Makanan Pedas Membuat Kita Mengeluarkan Air Mata?
    Asteroid Misterius Saat Ini Sedang Mendekati Bumi
    Cara Kerja Kacamata 3D dan Film 3D
    Fenomena di Langit Yang Akan Terjadi Sepanjang 2010
    Misteri di Balik Ribuan UFO Terekam Sedang Mengepung Matahari
    10 Ikan Prasejarah Yang Masih Hidup Sampai Saat Ini
    Jerman Ternyata Pernah Menciptakan Piring Terbang
    Bila BlackBerry Tercebur ke Air
    Bahan Bakar Kopi Untuk Kendaraan Bermotor
    [Info] Bahaya, Tidur Dengan Lampu Menyala
    [Info] Efek Negatif Dari Kurang Tidur
    Berlatih Menjadi Jenius
    Mengapa Kita Berhenti Bertumbuh?
    Mengenal Cara Kerja Layar Sentuh (Touch Screen)
    Foto Unik Kawanan Cheetah Bermain-main dengan Seekor Kijang
    Seorang Anak Dari Planet Mars ?
    Manfaatkan Garam Untuk Membantu Keperluan Masalah Dalam Rumah Anda
    Wow, Sungguh Menakjubkan Pemandangan Alam The Avatar Mountains
    [Info] Ini Alasan Mengapa Anda Sering Sakit Punggung
    Mengapa Dokter Bedah Menggunakan Baju Hijau?
    [Info] Hati-hati! Kebosanan Bisa Bikin Mati Muda
    Jamur Yang Bisa Menyala dalam Gelap
    Robot-Robot yang Mungkin Akan Mengakhiri Peradaban Manusia
    Alat pendeteksi Hantu
    Terbang Dengan Tenaga Air
    10 Foto Unik Terbaru dari Mars Dengan Kamera Seharga 400 Milyar
    Mungkinkah Manusia Mengebor Bumi Sampai Tembus?
    [Info] Stop Keringat Saat Gelisah
    Inilah Tanaman -Tanaman Anti Polusi
    [Info] Wanita Butuh Tidur 20 Menit Lebih Banyak Dari Pria
    Super Cows
    Jantung Buatan Diilhami Oleh Kecoak!
    David, Tanaman yang Doyan Tikus
    Bakteri yang Menyukai Antibiotik
    [Info] 7 Cara Mudah Cegah Kanker
    6 Robot 'Mirip Manusia' Terunik
    Sains dan Teknologi dalam Evaluasi Kemanusiaan
    Yang Pertama Kali Memikirkan Alfabet
    Misteri Candi Muara Takus yang masih Terputus
    Toyota 1/X: mobil hybrid dengan bodi yang terbuat dari rumput laut
    [Info] Suara 'Krek' Pada Sendi Kita Berasal Dari Mana Yaa?
    "Jenderal Sherman" Pohon Terbesar di Dunia
    Ilmuwan Inggris Klaim Sperma Bisa Dihasilkan dari Stem Sel
    Rancangan Asli Game Pac-Man Diungkap Oleh Penciptanya

    Gudang Emas Terbesar Di Dunia
    Buang air kecil malah di bayar. di Musiri, India
    Dokter Melakukan Operasi Tersusah Di Dunia Hanya Berdasarkan Instruksi lewat SMS
    SMART EAGLE - Elang Mekanis yang Serba Bisa (UAV nya Indonesia)


    Mudah2an Trit-trit Ane Bermanfaat Buat agan2 sekalian
    Gak Nolak Kalu Dikasih Hadiah dari agan2 Biar Ane Semangat :semangat: :hero:
     
    • Thanks Thanks x 13
    • Like Like x 6
    Last edited: Oct 3, 2010
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. lastking M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 8, 2009
    Messages:
    4,928
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +3,627 / -0
    ternyata teknologi 3D tidak cuma 1 :hihi:
    yg sering dipake dibioskop yg mana tuh :???:
     
  4. roxxast M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 20, 2009
    Messages:
    688
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +233 / -0
    kalo yg di bioskop tu bukannya yg Dolby ya:hehe:
     
  5. linglung M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 8, 2009
    Messages:
    274
    Trophy Points:
    37
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +246 / -0
    tapi kalo masih harus pake kacamata ga asik...
    malah lama-kelamaan pusing gara" nonton 3d sama pake kacamata..
    mungkin nanti ga harus pake kacamata lagi
     
  6. noerha M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 19, 2010
    Messages:
    3,037
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +88,910 / -0
    Info bermanfaat nih, ternyata sekarang standar animasi adalah 3d.

    Kalau dulu ada film REMI di RC**, sudah sama dengan kualitas 3d jaman sekarangkah :???:
    aku gak sempet nonton filmnya, cuman pernah dapat kacamata 3d dari majalah bobo.
     
  7. onefineday M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 23, 2010
    Messages:
    570
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +24,171 / -0
    btw, diera 3D nanti, dimana rata-rata film ditampilkan secara tiga dimensi,
    apa tidak ada efek sampingnya keseringan pake kacamata 3D ???
    soalnya denger-denger, ada penelitian yang menyebutkan,
    mata dipaksa untuk melakukan hal-hal diluar kebiasaan
    yang bisa menyebabkan sakit kepala dan pandangan kabur ???
     
  8. consciousness M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 1, 2010
    Messages:
    983
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,630 / -0
    bnyk juga ya model2nya..
    kirain cuma satu doank yg sering kita pake wktu nntn d bioskop akhir2 ni..
    tp ngomong2, kacamata yg klo d pake trus kepala kita ga boleh miring tu kasian juga y yg make nya,,
    :peace:
     
  9. TurquoiseCat M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 4, 2010
    Messages:
    303
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +14 / -0
    banyak jenisnya kacamata 3D
    keren emang kl nonton film 3D
    btw, kl nonton pake kacamata 3D pasti panas mata ama pusing
    apa gpp tuh?
     
  10. azchtein M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 6, 2010
    Messages:
    740
    Trophy Points:
    77
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +310 / -0
    kacamata biru merah dah ga kepake lagi dong?
     
  11. cellomozz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 4, 2009
    Messages:
    815
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +33,512 / -2
    indonesia udah lama pake tuh yang di TMII. ampe sekarang juga kyknya masih... :peace:
     
  12. martinnus Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 7, 2010
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +8 / -0
    yg sering dipake bioskop itu "Dolby 3D Digital Cinema"
    ternyata sederhana, namun keren juga euy :hihi:
     
  13. sinsisme M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 25, 2009
    Messages:
    1,538
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +2,672 / -0
    Kalo ntn film 3D yang ada teksnya apakah teksnya keluar jadi 3D juga apa ttp dilayar sehingga hanya gambarnya saja yang keluar :bingung:

    Btw :niceinfo:
     
  14. tovic M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 19, 2009
    Messages:
    1,129
    Trophy Points:
    127
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +355 / -0
    pengen bikin kacamata 3d
    mumpung nemu video 3d yg mo dicobain
     
  15. tr1dagg3r Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 9, 2010
    Messages:
    349
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +13 / -0
    Ngomong2 ada efek negatif ga gan dr 3D? :bingung:
     
  16. joe_cfu M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 10, 2010
    Messages:
    2,083
    Trophy Points:
    132
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,572 / -0
    kita kan dah tau lama cara kerja kacamata 3D dan film 3D...
    klo yg yang tipe 4D sama cara kerjanya...:???:
     
  17. souzaku Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 31, 2010
    Messages:
    265
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +58 / -0
    tapi yang bikin bingun cara bikinya......kan ada kemungkinan karakter keluar, itu biinya gimana??
     
  18. cakrabyuha M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    364
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +17 / -0
    kapan ya diindonesia - khususnya di bali ada bioskop dengan kemampuan 3D???

    T.T
     
  19. quro_one M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 13, 2011
    Messages:
    577
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +124 / -0
    ternyata jaman jadul udah ada 3D yah.. :iii:
    klo skrg, game/software pun bisa di buat 3D, ada softwarenya.. :panda:
     
  20. illude M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 10, 2009
    Messages:
    607
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +142 / -0
    @dygenguar

    :ehem: Sekarang sih lagi beredar isu kalau kalau film 3D atau televisi 3D bisa mengakibatkan kerusakan mata terutama pada anak dibawah umur .
    Saat ini Nintendo juga sedang di serang isu bahwa handheld 3DS-nya yang juga mengusung teknologi 3D juga berpotensi mengakibatkan persoalan yang sama.
     
  21. michaelfabregas M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Dec 7, 2010
    Messages:
    24,855
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +4,340 / -0
    mmm...
    klo ga salah...
    :bingung:
    banyak jenisnya kacamata 3D
    keren emang kl nonton film 3D
    btw, kl nonton pake kacamata 3D pasti panas mata ama pusing
    apa gpp tuh?
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.