1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Weapon Cara kerja granat tangan...

Discussion in 'Military Interest' started by kamencard, Dec 30, 2014.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. kamencard M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 15, 2012
    Messages:
    538
    Trophy Points:
    107
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +243 / -0
    CARA KERJA GRANAT TANGAN...
    (Penjelasan singkat)
    [​IMG]
    [​IMG]

    Bagai mana Cara menggunakan & kerja granat tangan, begini saat masih berada dalam keadaan Terpasang pen pengaman (Pull Ring)dan klip (safety Clip) akan mungunci tuas penahan pada posisi terkunci (mode protection), dalam keadaan demikian tuas penahan akan menahan per yang siap mendorong picu pengumpan, tetap merapat di posisinya.

    ketika pen (Pull Ring) pengaman baru dicabut, Kedudukan tuas penahan belum berubah, Karena masih tertahan oleh genggaman Tangan pemegang granat (Safety Clip), karena itu, kedudukan komponen lainnya juga belum berubah . hanya saja, saat itu granat sudah dalam Keadaan siaga Artinya, tidak terkunci lagi! layaknya pintu, hanya tinggal didorong saja.

    Saat granat dilemparkan, tak ada lagi Yang menahan tuas penahan (Safety Clip) akibatnya, per picu akan merenggang dan mendorong picu pengumpan pada saat yang bersamaan, picu pengumpan akan mendorong pula tuas penahan hingga terbuka, dan terlepas dari badan granat!

    Selanjutnya picu pengumpan akan berputar pada porosnya, dan menghantam picu pemantik yang terdapat di kepala tabung sumbu akibat hantaman tersebut, pemantik akan memercikan api, yang segera membakar mestu, jenis mestu lambat (delay element) akan terbakar perlahan yang memberikan jeda waktu sekitar 4-5 detik, sampai habis terbakar dan mencapai detonator!!!
    [​IMG]
    Di gambar tersebut kalo (Pull Ring) di cabut otomatis (Safety Clip) juga akan mental keluar
    artinya kalo (Safety Clip) enggak di tahan yang akan terjadi granat akan meledak di tangan
    dalam sekian detik


     
    • Like Like x 30
    • Thanks Thanks x 6
    Last edited: Jan 11, 2015
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. fuikisama MODERATOR

    Offline

    Saya innocent kaka~

    Joined:
    Mar 24, 2012
    Messages:
    18,892
    Trophy Points:
    258
    Ratings:
    +24,185 / -180
    Wah keren nih detail jg penjelasanya pake gambar gif sgala :top:
    Jdi klo masih degenggam meski dah dcabut pinnya
    Granat ga bakalan meledak ya :iii:
    Baru tahu :keriingat:

    Klo dipelem2 kan suka ada parodi orang yg klupaan/ga sengaja/saking bodohnya???
    Yg nyabut pin granat
    Trus panik malah dlempar2 kek jugling gtu deh
    Harusnya santai aj ye slama masih dpegang mah
    Justru klo djugling mlah bakalan cepet meledak :lol:




    Sawachika [​IMG]
     
  4. kamencard M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 15, 2012
    Messages:
    538
    Trophy Points:
    107
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +243 / -0
    iya gan kalo orang gak tau cara pegang granat mungkin akan meledak di tangan karena yang di pegang cuma bola granat doang tapi harus di pegang (Safety Clip) supaya enggak meledak
    soalnya kalo (Pull Ring) di cabut otomatis (Safety Clip) juga akan mental keluar artinya kalo (Safety Clip) enggak di tahan yang akan terjadi granat akan meledak di tangan dalam sekian detik
     
    Last edited: Dec 30, 2014
  5. LazyDog_ M V U

    Offline

    ~ Haram ~

    Joined:
    Feb 28, 2014
    Messages:
    1,601
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,386 / -2
    ijin nambah'in dikit om :xiexie:

    jenis" granat tangan

    Granat serpihan (fragmentation grenade) adalah granat yang dirancang untuk membunuh infanteri, yang dibuat untuk memuntahkan serpihan ke segala arah. Badannya dibuat dari plastik keras atau besi, lalu badannya diisi serpihan tajam, kawat, bola-bola besi, atau badan luarnya sendiri pun bisa bekerja sebagai serpihan. Bila kata “granat” digunakan tanpa penjelasan lebih lanjut, selalu diasumsikan bahwa yang dimaksud adalah granat jenis ini.

    [​IMG]
    Granat asap merupakan granat berbentuk kaleng yang digunakan sebagai alat isyarat darat atau darat ke udara, penanda zona sasaran atau pendaratan, atau penyamar pergerakan tentara. Granat asap biasanya terbentuk dari silinder logam dengan lubang di bagian atas dan bawah untuk mengeluarkan asap. Ada dua jenis utama granat ini: granat asap berwarna dan granat penyembunyi. Tersedia warna-warna merah, hijau, kuning, dan ungu. Granat asap penyembunyi biasanya berisi campuran HC (hexachloroethane/zinc) atau campuran TA (terephthalic acid). Jenis granat asap lain, adalah jenis asap meledak. Granat ini berisi fosforus putih (WP). Granat WP meledak dan menyebarkan phosphorus putih ke segala arah, lalu phosphorus terbakar apabila ketika bertemu udara, dan terbakar dengan api kuning terang, sambil menghasilkan asap putih yang banyak (phosphorus pentoksida). Ia juga berfungsi sebagai granat pembakar.

    [​IMG]
    Granat gas ini berisi gas air mata, yang biasanya berupa gas CS (Chlorobenzol malononitrile). Bentuk dan pengoperasian granat ini sama dengan gas asap, tetapi bedanya granat ini berisi 80 sampai 120 gram gas air mata, yang akan menyebabkan iritasi pada mata dan sistem pernapasan. Apabila seseorang terkena gas ini untuk waktu yang lama (lebih dari 10 menit) granat ini mampu menyebabkan lepuh pada kulit dan luka permanen pada paru-paru. Dan bagi orang yang lemah atau sudah tua, gas CS mampu menyebabkan kematian.

    [​IMG]
    Granat pembakar (incendiary grenade) menghasilkan panas sangat tinggi melalui reaksi kimia. Bentuknya hampir serupa seperti granat asap dan gas. Pengisinya terdiri dari 600 hingga 800 gram thermat (TH3), yang merupakan versi thermit yang diperbarui, bahan pembakar yang digunakan dalam granat sewaktu Perang Dunia II. Sebagian dari campuran thermat berubah menjadi besi cair, yang terbakar pada suhu 2204° Celsius. Granat ini dapat melelehkan logam yang bersentuhan dengannya. Pengisi thermate bagi granat AN-M14 terbakar selama 40 detik dan mampu membakar menembusi 12,7 mm kepingan baja. Granat ini juga tidak memerlukan oksigen dalam pembakaran dan mampu terbakar di bawah air. Fosforus putih juga digunakan sebagai pengisi granat pembakar, yang membakar pada suhu 2760 °C.
    Pembakaran thermat dan fosforus adalah dapat menyebabkan luka bakar yang paling parah dan menyakitkan karena thermat dan fosfor terbakar pada secara cepat dan suhu yang membuat satu partikel kimia tersebut membakar menembus kulit, saraf, otot dan juga tulang. Selain itu, fosforus putih amat beracun. Dosis 50-100 miligram bisa menyebabkan kematian.

    [​IMG]
    Granat kejut (stun grenade), atau disebut juga flashbang, pada awalnya dirancang dan dibuat untuk dipakai oleh Special Air Service Inggris. Granat ini dirancang untuk membingungkan, atau mengalihkan perhatian musuh selama beberapa detik. Granat jenis ini yang paling banyak dite mui adalah granat kejut M84, yang diberi julukan “Flashbang”, karena menghasilkan cahaya membutakan (6-8 juta Candela) dan ledakan yang keras (170-180 desibel).Ketika meledak, granat tersebut tetap utuh tanpa menghasilkan serpihan. Granat ini berbentuk tabung segienam besi dengan lubang untuk pengeluaran ledakan cahaya dan bunyi. Pengisinya adalah 4,5 gram peledak campuran oksida logam magnesium dan ammonium perklorat atau potasium perklorat.
    Pasukan khusus biasanya menggunakan granat flash-bang ini untuk menggoncangkan moral sasaran saat memasuki ruangan, tanpa bertujuan menyebabkan luka permanen
     
  6. kozuke70 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 4, 2014
    Messages:
    35
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    Klo di film2 koq sering ya kita liat granat tangan udah di cabut pinnya trus nga langsung meledak..
    Kadang masih sempet di pungut trus di tendang ato di lempar balik..
    Itu bner nga?
     
  7. kamencard M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 15, 2012
    Messages:
    538
    Trophy Points:
    107
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +243 / -0
    Bener
    pin di cabut akan membutuhkan jeda waktu sekitar 4-5 detik, sampai habis terbakar dan mencapai detonator!!!
     
  8. reiki86 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 5, 2011
    Messages:
    492
    Trophy Points:
    92
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,484 / -0
    Baru tau saya gan berarti granat bisa di lempar balik tuh cuman di pelem yah, kecuali klo pernya emang aus kali ye
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.