1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Info Cara Jepang "mengharamkan" rokok

Discussion in 'Lifestyle' started by miumiu, Sep 22, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. miumiu M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 29, 2009
    Messages:
    1,151
    Trophy Points:
    132
    Ratings:
    +1,142 / -0
    Informasi tentang cara Pemerintah Jepang dalam “mengharamkan” rokok di negaranya. Tidak perlu pake MUJ (Majelis Ulama Jepang).

    Ini menunjukkan bentuk kepedulian Jepang akan kesehatan dan kenyamanan warganya.

    * Tahun 2004, Pemerintah Jepang menaikan harga rokok. Dengan dinaikannya rokok, tidak menyebabkan ongkos angkot, taksi, dll menjadi naik toh? (Di Jepang ada angkot ga ya?)

    * Tahun 2007 akhir, Pemerintah Jepang memasang larangan merokok di semua taksi di Jepang, tidak terkecuali untuk pengemudinya. Kalau di Indo kan, penumpang mengalah kepada sopir taksi yang merokok.

    * Tahun 2008, Pemerintah Jepang mengeluarkan kartu “Taspo”, yaitu semacam SIK (Surat Ijin Merokok), dengan tujuan anak di bawah umur 20 tahun tidak boleh merokok. Masing-masing perokok wajib terdaftar sebagai perokok dan wajib memiliki kartu tersebut. Kartu Taspo ini sangat sakti. Mesin penjual rokok atau toko tidak akan menjual rokoknya kepada yang tidak memiliki kartu ini.

    * Kartu ini juga akan mendeteksi presentase pengguaan rokok per bulan dalam hitungan grafik, yang berhubungan dengan kesehatan dunia dan sebagainya.

    * Rokok di Jepang dibuatkan semacam klasifikasi dari 10 s/d 1. Tujuannya adalah memberikan penyuluhan kepada perokok untuk berhenti secara alami. Klasifikasi tingkat 10 adalah yang paling berat, baik itu kadar tar, nikotin, dll. Setelah itu kia biasakan dengan rokok klasifikasi 9, 8, 7, dst., akhirnya klasifikasi tingkat-1, yaitu rokok yang paling ringan. Kalau sudah terbiasa menghisap rokok klasifikasi-1, tidak merokok sama sekali pun kita bisa.

    * Merokok sambil berjalan bisa didenda 5000 yen/ 400 rebu di tempat!

    * Akhir 2009, dikabarkan harga rokok akan naik berlipat-lipat, dari 300 yen menjadi 900 yen. Dijamin, gaji akan habis kalau nekad beli rokok tiap hari.

    Semua karena pemerintah peduli kepada warganya. Tanpa perlu fatwa-fatwa.



     
    • Thanks Thanks x 44
    • Like Like x 20
    Last edited: Jul 22, 2010
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. mellody Veteran

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 27, 2008
    Messages:
    1,494
    Trophy Points:
    267
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6,578 / -0
    Sip, bgini yang g suka, emang sih kalo harga naek orang juga jadi mikir, cuma kalo di Indonesia kalo mau dinaekkin, curiga bakal tingkat kejahatan juga naek, gara2 cuma pengen rokok...

    Pernah juga denger di satu negara tuh, tapi lupa dimana, harga tempat parkir mahal banget, jadi orang kalo mau bawa kendaraan pribadi mikir, pinter tuh pemerintah, jadi jalanan ga macet2 amat...

    :niceinfo:

    PERTAMAX~ :piss:
     
    • Like Like x 2
    • Thanks Thanks x 2
  4. jeanovea Rest In Peace

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 17, 2008
    Messages:
    1,333
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +35,881 / -0
    aje gile,... mahal banget tuh roko....
    bisa jadi bangkrut tuh perokok berat....

    Di indo kalo pake "TASPO" pasti banyak yg kena tilang..... :haha:

    :niceinfo:
     
    • Like Like x 2
    • Thanks Thanks x 2
  5. bLantara M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 30, 2009
    Messages:
    1,457
    Trophy Points:
    97
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +255 / -0
    Wah, ini ni yang bagus, Jadi pemerintahnya jga ikut andil..
    Tapi klo di indo susah juga sih Sebagian besar sponsor itu Datangnya Dari "Rokok". :suram::suram:
     
    Last edited: Apr 24, 2014
  6. bilabong M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 22, 2008
    Messages:
    562
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +184 / -0
    Laen negara kan laen aparat.
    Di sini kasih 20ribu udah seneng tuh.
     
  7. miumiu M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 29, 2009
    Messages:
    1,151
    Trophy Points:
    132
    Ratings:
    +1,142 / -0
    ya mungkin itu salah satu yang bikin ini g bisa diterapin di indo :suram:
     
  8. buayavegetarian Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 6, 2009
    Messages:
    115
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +1 / -0
    tmn2q bahkan mreka nganggep kl dgn merokok qt menghidupi org banyak..

    tp y bener juga se, di indo kn industri rokok plg bny nyerep tenaga krja..
     
  9. Happybahbah M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 17, 2008
    Messages:
    1,789
    Trophy Points:
    226
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,373 / -0
    cara Jepang emang ampuh dalam mengharamkan rokok..
    tapi gw kira bakal susah diterapkan di Indo..
    karena kalo di Indo pendapatan terbesar pajak kan ada di perusahaan rokok..
    pasti pemerintah bakal mikir2 juga kalo orang2 Indo pada gak mau
    lagi utk merokok, dapat pajak dari mana tu pemerintah.. :lol:
    tapi karena saya tidak merokok, jd saya gak gitu terlalu peduli soal ini.. :piss:
     
    • Like Like x 1
  10. bebekmajir Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 22, 2009
    Messages:
    51
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +2 / -0
    wah kalo kek gitu banyak orang nganggur cuz di PHK dari pabrik rokok. . . :piss:
     
  11. SuzukiRyo M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 13, 2008
    Messages:
    3,927
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,126 / -0
    jepang kan tembakaunya impor jadi ga masalah diterapin hal kayak gitu...

    lha kalo di indo kayak gitu, nanti dimarahin sama pak pr*b*w* karena menghilangkan lahan kerja para petani tembakau...
     
    • Thanks Thanks x 2
  12. prufessuer M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 10, 2009
    Messages:
    2,163
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,655 / -0
    jepang emang beda ma indo :onion-07:
     
  13. Lord_scum M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 21, 2009
    Messages:
    896
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +1,533 / -0
    ???



    merokok sambil lari kena berapa yach?:tkp3:
     
  14. sosmall Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 10, 2009
    Messages:
    5,266
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +74,198 / -0
    Kalo di indo harga rokok dinaikin bakal demo demo n demo :haha:

    aparat malah makin repot karna demo dimana2 :hahai:
     
  15. Toppa M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 1, 2009
    Messages:
    323
    Trophy Points:
    52
    Ratings:
    +799 / -0
    jangan2 malah aparatnya ikut ngerokok bareng :gotdrink:
     
  16. Lord_scum M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 21, 2009
    Messages:
    896
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +1,533 / -0
    ???

    di indo jg g beda jauh kn?:swt:
     
    Last edited: Sep 23, 2009
  17. nedco87 M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jul 23, 2008
    Messages:
    7,967
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +5,687 / -0
    hrus sinergi donk antara dunia usaha+pemerintah buat msalah itu:hulk:
     
  18. natsuki M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 6, 2009
    Messages:
    702
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +248 / -0
    :haha: manteb tuh selain dinaikin harganya berkali kali lipat juga sampe ngeluarin surat ijin buat merokok segala :top:

    tp klo di praktekin d indonesia bisa gak ya:???:
     
  19. Ibuju M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 28, 2009
    Messages:
    1,273
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +3,209 / -0
    Hmmm:rokok: bgus jga tuh :rokok: tpi di indo g bkalan bsa:rokok: :kabur aja ah kbanyakan rokok :haha:
     
  20. Suigintou M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 19, 2009
    Messages:
    410
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +350 / -0
    Hebat cara stop rokoknya
    Coba Indonesia ngikutin cara ini ya


    Yang ini galak hukumannya :takut:
     
  21. evolver Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 3, 2009
    Messages:
    86
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +16 / -0
    seandainya di sini bisa jalan... :)

    agak2 susah klo kebanyakan org sini masih banyak yg seneng rokok, ada jg mereka bakal boikot aturan supaya ga jalan... :D
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.