1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Cara Efektif Mengikuti Job Fair

Discussion in 'Career Talks' started by danteadanka, Jan 17, 2017.

  1. danteadanka Members

    Offline

    Joined:
    Jan 10, 2017
    Messages:
    4
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    Temen-temen ada yang pernah datang ke Jobfair? Atau ada yang baru ingin datang ke Jobfair? Sedikit tips nih mengenai apa aja sih yang perlu dipersiapkan sebelum kamu datang ke acara Jobfair. Check this out!

    Cara Efektif Mengikuti Job Fair


    • Cari tahu mengenai perusahaan apa saja yang membuka lowongan pada Jobfair tersebut, apakah banyak lowongan kerja yang sesuai dengan bidang dan jurusan teman-teman, karena agak sedikit rugi kalau ternyata lowongan yang bisa di-apply oleh ‘any major’ hanya sedikit, beruntung kalau dari jurusan teman-teman banyak lowongan pekerjaan. Misal teman-teman dari jurusan Sastra Jepang, coba cari tahu dulu apakah banyak perusahaan Jepang di Jobfair yang diselenggarakan tersebut. Kalau tidak banyak, coba cari tahu apakah lowongan yang bisa di-apply ‘any major’ atau tidak. Kalau di Jobfair itu banyak sekali perusahaan Jepang, itu berarti merupakan Jobfair yang cocok untuk teman-teman dari Sastra Jepang. Got it? Next then.

    • Siapkan CV, surat lamaran, pas foto terbaru, fotokopi ijazah atau SKL (bagi yang ijazahnya belum keluar), fotokopi sertifikat pendukung, dan fotokopi surat keterangan magang jika ada. Periksa kembali apakah surat lamarannya sudah sesuai, jika belum tahu ingin melamar ke perusahaan mana, teman-teman bisa mengosongkan terlebih dahulu, dan dapat diisi saat berada di lokasi Jobfair, ketika sudah mengetahui akan melamar pada posisi apa, di perusahaan apa.

    • Cari tahu bagaimana proses pendaftaran pada irJobfa tersebut, terkadang ada Jobfair yang meminta pelamar kerja untuk mendaftar secara online terlebih dahulu, atau langsung mendaftar ketika hari H. Ini penting bagi teman-teman, karena kalau tidak mencari tahu terlebih dahulu, bisa jadi pas hari H teman-teman disuruh mengisi form secara online, dan agak memakan waktu, karena bisa jadi yang mengalami kondisi seperti ini bukan hanya teman-teman saja, antrinya bisa panjang sekali hanya untuk mengisi form secara online pada hari H.

    • Cari tau lokasi Jobfair, bagaimana rute ke sana, apakah rawan macet atau tidak, supaya pas hari H tidak tersasar. Kecuali teman-teman sudah familiar dengan lokasi Jobfair tersebut, its ok!

    • Jika teman-teman datang ramean dengan teman-teman lain, ketika Jobfair berlangsung, tidak perlu selalu barengan, karena perusahaan yang teman-teman minati belum tentu sama dengan perusahaan yang teman kalian minati. Cari perusahaan yang sudah teman-teman ‘kepoin’ sebelumnya, drop CV di situ, lalu teman-teman bisa mencari teman-teman lainnya. Tidak perlu selalu bergantung pada orang lain, bukan? Sendiri pun rapopo, mandiri!

    • Jangan lupa sarapan sebelum berangkat Jobfair, biasanya Jobfair itu ramai sekali, terlebih jika yang mengadakannya adalah Institusi ternama, wow ramenya bisa seperti rame ketika konser SUJU (lebay tapi benar), jangan sampai teman-teman pusing ketika Jobfair, harus selalu konsentrasi! Ok!
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. Ryuzaki201 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 4, 2013
    Messages:
    53
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +29 / -1
    jadi lebih baik bawa hardcopy CV atau tidak gan? makasihh

    btw di UI ada ecxpo Career tanggal 23 Feb sampe 25 Feb
     
  4. iceboom Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 7, 2010
    Messages:
    40
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +2 / -0
    cv mah bawa aja... ga ada ruginya
     
  5. mstrblqk Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 18, 2016
    Messages:
    42
    Trophy Points:
    6
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3 / -1
    Kalo ane sih siapin mental ajasih, yang penting bisa dapet info yang banyak hehe
     
  6. axleion Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 28, 2010
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +2 / -0
    selalu siap sedia bawa CV kalo ikutan job fair gan,
    memang tidak pasti kepakai, tp yang penting terhindar resiko nyesel ketika butuh tapi gk siap
     
  7. harrytanoe Members

    Offline

    Joined:
    Apr 21, 2021
    Messages:
    6
    Trophy Points:
    11
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +0 / -0
    Selain ikutan jobfair, biar cepet dapet kerja bisa bikin akun2 di situs loker macem jobstret, jobs db, topkarir, dll

    Intinya sih biar chance kita dapet kerja lebih gede
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.