1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Dismiss Notice
  7. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  8. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Cabe pedas tapi 1000 manfaat

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by shinobi32, Nov 10, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. shinobi32 M V U

    Offline

    Forza Inter!

    Joined:
    Jul 31, 2008
    Messages:
    18,337
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,195 / -10
    Bagi Anda yang menyukai masakan pedas, artikel ini akan membuat Anda makin bangga dengan cabe. Tapi bagi yang kurang suka, mungkin beberapa fakta dan manfaat cabe untuk kesehatan akan merubah pikiran Anda.

    Jika cabe dibelah, akan kita temukan tangkai putih di dalamnya yang mengandung zat capsaicin. Capsaicin ini seperti minyak dan menyengat sel-sel pengecap lidah. Zat inilah yang mengakibatkan cabe menjadi terasa pedas dan panas di lidah saat kita mengkonsumsinya. Selain itu, capsaicin ini dapat membuat para pengkonsumsinya merasa ketagihan. Itulah alasan mengapa banyak orang begitu menyukai, bahkan tidak mau berhenti mengkonsumsi cabe.

    Memang rasa pedasnya menimbulkan selera makan yang tinggi. Tak heran, kalau dengan sambal yang lezat porsi makan jadi bertambah banyak. Jika dikonsumsi dalam jumlah terlalu banyak, cabe dapat mengakibatkan sakit perut yang dahsyat bagi pengkonsumsinya. Namun, jika dikonsumsi dalam jumlah wajar, cabe justru akan memberikan banyak manfaat kesehatan bagi pengkonsumsinya.

    Penyembuh Luka

    Jika jari Anda secara tidak sengaja teriris pada saat memasak, pada umumnya Anda akan mencari obat merah untuk menyembuhkannya. Namun walaupun Anda telah member obat merah pada luka, rasa sakit/nyeri tetap saja berasa kuat.

    Alternatif obat merah yang tidak hanya mencegah infeksi tapi juga segera meredakan rasa nyeri dan pendarahan sehingga mempercepat proses penyembuhan adalah cabe merah. Caranya, adalah cabe merah dikeringkan kemudian ditumbuk sampai halus.

    Setelah itu ditaburkan pada luka-luka. Bubuk cabai tersebut tidak akan membuat perih luka Anda. Justru sebaliknya, cabe akan menghentikan dengan cepat nyeri dan pendarahan yang ada.
    Ini disebabkan karena adanya zat capsaicin pada cabe merah yang menghilangkan rasa sakit.

    Pereda Demam Tinggi

    Dibandingkan dengan pengobatan konvensional, mengatasi demam tinggi dengan cabe merupakan solusi alternatif yang mudah, murah dan cepat. Tapi yang dugunakan bukan buah cabenya tapi daunnya.

    Caranya, pertama ambil segenggam daun cabai rawit, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan 1 sendok minyak selada dan campurkan kedua bahan ini sampai rata. Setelah itu tempelkan ramuan pada ubun-ubun atau dibalurkan pada seluruh badan.

    Selimuti badan penderita dengan selimut yang tebal. Tak berapa lama, badan akan mengeluarkan keringat, sehingga panas badan akan menurun dengan cepat.

    Delapan Belas Manfaat Lainnya pada Cabe

    1. Cabe dapat meredakan pilek dan hidung tersumbat karena capsaicin dapat mengencerkan lendir. Sehingga, lendir yang tersumbat dalam rongga hidung akan menjadi encer dan keluar. Akibatnya, hidung menjadi tidak tersumbat lagi. Ini berlaku pada sinusitis dan juga batuk berdahak.

    2. Cabe dapat memperkecil risiko terserang stroke, penyumbatan pembuluh darah, impotensi, dan jantung koroner. Karena, dengan mengkonsumsi capsaicin secara rutin darah akan tetap encer dan kerak lemak pada pembuluh darah tidak akan terbentuk. Sehingga, darah akan mengalir dengan lancar. Jadi, cabe juga berkhasiat mengurangi terjadinya penggumpalan darah (trombosis).

    3. Sebagai antibiotik alami.

    4. Cabe dapat meringankan keluhan sakit kepala dan nyeri sendi. Karena, rasa pedas dan panas yang ditimbulkan capsaicin akan menghadang pengiriman sinyal rasa sakit dari pusat sistem saraf ke otak. Sehingga, rasa sakit tersebut akan berkurang, bahkan hilang.

    5. Cabe dapat meningkatkan nafsu makan pengkonsumsinya. Karena, capsaicin dapat merangsang produksi hormon endorphin, hormon yang mampu membangkitkan rasa nikmat dan kebahagiaan. Sehingga, nafsu makan menjadi bertambah.

    6. Menurunkan kadar kolesterol

    7. kandungan antioksidannya dapat digunakan untuk mengatasi ketidaksuburan (infertilitas), afrodisiak, dan memperlambat proses penuaan

    8. Ekstrak buah cabai rawit mempunyai daya hambat terhadap pertumbuhan jamur Candida Albicans, yaitu jamur pada permukaan kulit

    9. Menormalkan kembali kaki dan tangan yang lemas

    10. Meredakan migraine

    11. Untuk gangguan rematik dan frostbite (jari nyeri karena kedinginan)

    12. Daunnya bisa digiling untuk dibalurkan di daerah yang sakit guna mengatasi sakit perut dan bisul.

    13. Mengobati perut kembung

    14. Membantu pembakaran kalori hingga 25%.

    15. Memberikan kalsium dan fosfor bagi tubuh

    16. Cabe menghasilkan vitamin C (lebih banyak daripada jeruk) dan provitamin A (lebih banyak daripada wortel) yang sangat diperlukan bagi tubuh.

    17. Kaya akan kalsium dan fosfor yang mengungguli ikan segar.

    18. Cabe dapat menghilangkan rasa dingin pada tubuh dengan cara mengoleskannya pada bagian yang terasa dingin.


    Mengatasi Kepedasan Karena Cabe


    Beberapa cara yang dapat dilakukan saat mengalami kepedasan, yaitu:

    · Kunyahlah makanan yang mengandung kasein. Karena, kasein dapat melarutkan capsaicin sehingga rasa pedas pada lidah akan berkurang. Contoh makanan yang mengandung kasein: susu bubuk, nasi, dan roti tawar.

    · Makanlah makanan yang mengandung minyak karena minyak juga dapat melarutkan capsaicin.

    · Jangan meminum minuman hangat atau bersoda. Karena, kedua minuman ini akan membuat rasa pedas dan panas menjadi semakin dahsyat.

    Menentukan Cabe yang Berkualitas

    Makin pedas cabe, makin berkhasiatlah ia. Cabe akan makin pedas jika tanamannya:

    · Tumbuh di daerah pegunungan (min 200m dpl);

    · Mendapatkan curah hujan yang cukup;

    · Terkena sinar matahari yang cukup selama 11-12 jam/ hari.

    Daerah yang paling cocok menjadi penghasil cabe berkualitas tinggi adalah Asia, meskipun sebenarnya cabe berasal dari Amerika.

    klo manfaat di atas gak nyampe 1000, maap ya..
    :hahai:

    sumber


    bonus
    [​IMG]
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. ryzqrd M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 4, 2009
    Messages:
    1,552
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +533 / -0
    wah tips mengurangi megap2 karena pedasnya patut dicoba..
    huehue.. nice info broo..
     
  4. melali M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 13, 2009
    Messages:
    607
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +18,434 / -0
    kk...
    ktanya 1000 manfaat tpi kok cman 4
    wkwkwk just kidding
    - - - - - -
    tak coba makan mentah2 aj
     
  5. giganticskies M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Mar 22, 2009
    Messages:
    5,702
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +7,764 / -1
    Thanks for sharing... Pantesan pas pusing makan sambal yang puedas jadi ilang dikit pusingnya. Kalo lagi pilek jadi meler :muntah:.
    anyway, bukanya cabe bikin orang suka makan, juga bisa bikin gemuk lo. Aku makan cabe berat badan naik. Diet ga boleh makan sambal (hmm... Berlaku untuk orang yang bisa gemuk /potensial, kalo ga ada bakat gak bakalan gemuk :hahai:).
     
  6. pinkqrenz M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 18, 2009
    Messages:
    395
    Trophy Points:
    102
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +1,094 / -0
    loh?? katanya orang2,,kalo minum aer anget / aer panas setelah makan cabe,,emang sih awalnya jadi makin berasa pedes,,tapi abis itu kan pedesnya ilang... gmana dong??? :haha:
     
  7. Phei2 Members

    Offline

    Joined:
    Sep 26, 2009
    Messages:
    9
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    wah ternyata banyak manfaatnya juga cabe

    makanan ga enak kalo ga da cabe

    cabe the best d ^^
     
  8. Rincar M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 14, 2008
    Messages:
    582
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +918 / -0
    infonya berguna skali.. ga nyangka klo cabe itu msh byk manfaatnya..

    dulu suka makan byk cabe kalo lg sakit kepala dan memang bener bs lsg agak mendingan sakitnya..
    selain itu katanya bs menghambat tumbuhnya uban dirambut...

    ga disangka msh byk lg manfaat dari cabe yg berguna bagi kita.. :top:
     
  9. riedjal Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 23, 2009
    Messages:
    3,591
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +9,947 / -0
    AFAIK jg gitu ... coz aer hangat jg bisa melarutkan capsaicin ...
     
  10. icham M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 16, 2009
    Messages:
    993
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,245 / -0
    Waduh nie mah engga bgt gan !!! ane pny penyakit sinus malah ga boleh makan yg pedes2 ma dokter,.yg ada klo makan yg pedes2 hidung ane mampet.
     
  11. shinobi32 M V U

    Offline

    Forza Inter!

    Joined:
    Jul 31, 2008
    Messages:
    18,337
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,195 / -10
    ^
    mungkin pake teknik yang berbeda..
    cabe kan banyak macem2nya. mungkin jgn makan cabe rawit. yang pedes banget..
    CMIIW
     
  12. chickenundead M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 19, 2009
    Messages:
    350
    Trophy Points:
    57
    Ratings:
    +65 / -0
    woo hoo saya suka cabe!! padahal dulu sempet trauma gara2 waktu SD makan gorengan yang didalamnya ada cabenya :malu:
     
  13. meichuu Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 28, 2009
    Messages:
    21
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    ga suka cabeee.. :hot:
    nice info.. mesti belajar makan cabe nih.. :ehem:
     
  14. wyvern2 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 5, 2009
    Messages:
    451
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +27 / -0
    tambah lg gan..jika ada yg pengen taro cabe di mata lo gan..dijamin langsung nangis..klo yg ngantuk langsung bangunn :top:
     
  15. jr. Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    20,677
    Trophy Points:
    252
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +171,069 / -0
    yap gw sering klo pusing makan yang pedes2, meskipun dulu blom tau klo ada zat dari cabe yang bikin pusing nya ilang...
    manjur, ngga butuh obat2an kimia
     
  16. darkpsycho M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 20, 2008
    Messages:
    1,405
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +2,429 / -0
    justru paling seru tuh kl makan pedes2 gt minumnya aer anget biar mantaf:top:
     
    • Like Like x 3
  17. chicken_little M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Apr 21, 2009
    Messages:
    5,222
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +13,581 / -0
    cabe memang banyak manfaatnya..:top:
    tapi klo gw makan pedas2, bisa2 langsung kambung maagnya..:hahai:
     
  18. aryef23 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Dec 3, 2008
    Messages:
    4,429
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +289,941 / -0
    wuihh,, ga nyangka ternyata cabe punya banyak manfaat
    tapi klo cabe rawit masuk juga ga ya :???:
     
  19. shinobi32 M V U

    Offline

    Forza Inter!

    Joined:
    Jul 31, 2008
    Messages:
    18,337
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,195 / -10
    wih, ini sih bukannya bangun. tapi ngejerit2...:hahai:
     
  20. luckyaegy M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 8, 2009
    Messages:
    498
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +825 / -0
    abis makan cabe langsung minum soda..walupun pedesnya makin mantap....tapi pedesnya cepet ilang.wkwk
     
  21. giganticskies M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Mar 22, 2009
    Messages:
    5,702
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +7,764 / -1
    Disembuhin dolo ampe total... Kalo ga berabe...
    Tambahan, klo mw cabe extra pedas, pake cabe atambua NTT, pedes banget kecil2. Pernah dibawain bikin nagis.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.