1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Bunyikan Leher Bangkitkan Risiko Stroke

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by arcanine, Mar 13, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. arcanine M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 30, 2009
    Messages:
    542
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +3,012 / -0
    [​IMG]

    Kebanyakan orang gemar dan puas setelah sukses membunyikan leher. Gerakan khas itu mungkin menjadi kebiasaan yang sulit dihilangkan. Ternyata kebiasaan itu dipercaya dapat mengurangi rasa pegal. Sayangnya jika dilakukan terlalu sering dapat meningkatkan risiko stroke.

    Gerakan khas yang menghasilkan bunyi mirip tulang patah sebenarnya terjadi akibat adanya pelepasan gas di dalam membran synovial yang menyelubungi persendian. Gas tersebut keluar dari membran akibat adanya tekanan yang kuat saat leher atau pinggang diputar dengan gerakan mengentak.

    Lepasnya gas-gas tersebut tidak berbahaya, bahkan bisa membantu meredakan rasa kaku dan pegal-pegal di persendian. Rasa pegal bisa berkurang untuk sesaat, meski biasanya akan kembali lagi ketika membran synovial mulai terisi kembali oleh udara.

    Pakar kebugaran dari New York, Henry S Lodge, MD mengatakan kebiasaan membunyikan leher lebih berbahaya daripada bagian lain karena bisa meningkatkan risiko stroke.

    "Pada beberapa perempuan, membunyikan leher dengan gerakan khas dilaporkan bisa meningkatkan risiko stroke. Diduga karena hal ini memicu kerusakan arteri atau pembuluh nadi," ungkap Lodge seperti dikutip dari MSN Health.

    Tindakan menggerakkan leher sehingga menghasilkan bunyi mirip tulang patah tidak pernah dianjurkan oleh para ahli. Jika tidak ingin merasakan pegal-pegal, pilihan paling tepat adalah dengan lebih sering bergerak atau melakukan aktivitas fisik.

    Kalaupun terpaksa harus melakukannya karena mungkin sudah menjadi kebiasaan yang sulit hilang, maka gerakan yang dilakukan tidak boleh terlalu kuat dan mengentak. Lakukan gerakan sewajarnya, jangan dipaksakan terlalu memutar atau menekuk sehingga memberi beban ekstra karena bisa memicu arthritis atau radang sendi.

    [​IMG]

    sumber
     
    • Thanks Thanks x 2
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. dyelewer M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Aug 20, 2010
    Messages:
    4,134
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +5,062 / -0
    iya bener.. banyak yg bangga gitu abisa bunyiin leher..
    :yareyare:

    btw disini jual pertamax ga ?
     
  4. blackartviper Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 5, 2010
    Messages:
    11
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Hah? Beneran neh? Gw kira cm beresiko bikin leher bengkok. heheheh. Serem juga neh, hbs gw lumayan sering "kretek2" leher. Hbs ini dikurangin deh >.<
     
  5. arcanine M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 30, 2009
    Messages:
    542
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +3,012 / -0
    Jangan ada pertamax di antara kita kk.
    Nanati bisa2 leher kk di bunyiin sm momod smpe ga bisa bunyo lho. :XD:

    kl keseringan kk. makanya hati2 dengan itu. Jangan terlalu keseringan. Kalaupu dilakukan hati-hati :unyil:
     
  6. teuku_robby M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 22, 2010
    Messages:
    1,582
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +31,814 / -0
    ternyata bisa menyebabkan resiko stroke toh :kaget: kalo lagi pegel ane biasa begitu, apalagi kalo habis pangkas rambut, biasanya leher ane di puter-puter sama tukang pangkas, sampe bunyi kretek, tulang leher ane rasanya mau patah :takut:
     
  7. dyelewer M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Aug 20, 2010
    Messages:
    4,134
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +5,062 / -0
    baru baca lagi judulnya..
    cuma resiko toeh..

    sama aja kayak kasus 'rokok dapat menyebabkan blablabla..'
    yg kebukti cuma beberapa ..

    tergantung nasib aja...
    :peace:
     
  8. bima1001 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 16, 2010
    Messages:
    496
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +662 / -0
    bunyiin tangan aja gak boleh apalagi leher :panda:
     
  9. arcanine M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 30, 2009
    Messages:
    542
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +3,012 / -0
    Hati-hati kk, lihat aj di film2. Cara agen rahasia melakukan silent killer dengan mengkretek'an leher. So kalo bukan ahlinya, usahkan jangan dilakukan :awas:

    Dilihat perngertian dari risiko/ resiko adalah akibat yg kurang menyenangkan (merugikan, membahayakan) dr suatu perbuatan atau tindakan. Nah terlihat kan resiko adalah sesuatu yang biasanya kita tidak ambil karena dampak yg merugikan. So are still dare to take your risk ? :peace:

    Di leher kita kan ada urat arteri yang cukup penting, langsung menghubungkan saraf2 dari otak ke saraf2 bagian tubuh lainnya.
    Nah ada kemungkinan bisa terjepit urat arteri kita saat mengkretek'an leher kita.
    So if it not expert or professional please do not try this at home.
    :unyil::unyil:
    CMIIW

    :yahoo: setuju sm kk.
    Mari jaga kesehatan diri kita. Kalau bukan kita siapa lagi :hmm:
     
  10. polikujy M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 5, 2010
    Messages:
    1,100
    Trophy Points:
    171
    Ratings:
    +10,433 / -0
    Wah, ane sering banget nge-creck-an kepala....

    Terutama saat bangun pagi...

    Atau pulang kuliah, kan capek tuh....

    Enak banget rasanya kalo nge-krek-an kepala....


    Wah, bahaya nih...

    Jadi kebiasaan...:iii:
     
  11. arcanine M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 30, 2009
    Messages:
    542
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +3,012 / -0
    Dengan membacanya ini, setidaknya mengingatkan kk tuk menguaranginya.
    Bahaya kan masa masih muda sudah stroke.
    Keep your healt kk :hmm:

    Wah hormon apa itu kk, :???:
    saya mah taunya kalo cewe sedikit banyak meiliki hormon dan testosteron, berarti dia tomboy.
    dan kalo cowo sedikit banyak memiliki hormon progestreron berarti dia aduhai gemualai :hahai:.
     
  12. kuahpangsit Members

    Offline

    Joined:
    Aug 20, 2009
    Messages:
    9
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    waduh, sering secara ga sadar suka membunyikan leher kalo pegel

    semoga gak apap neh
     
  13. imul Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 6, 2009
    Messages:
    368
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +18 / -0
    waduh.. gawat nih..
    padahal gw sering pletek-in leher.. >_<
    rasanya plong klo lagi capek hehe.. atau waktu kelamaan di depan monitor..
    atau ama si tukang cukur.. klo abis di cukur pala di pijit2 lalu leher di bengkok ke arah kanan dan kiri horizontal..

    musti di kurangin nih.. bisa bahaya..
    malah dulu gw suka banget itu puter2in pinggang.. kadang keluar bunyi juga tuh.. :p
     
  14. satrianiboys M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 25, 2010
    Messages:
    838
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +2,556 / -0
    wah gw sering tuh kalo lagi naek motor, pala pegel mulu..
     
  15. applewhite M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 1, 2011
    Messages:
    670
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +47 / -0
    wah bahaya juga y :kaget:

    saya kira itu hanya hal sepele yg bisa kita bikin enakan sedikit :beku:

    taunya itu berbahaya y :kecewa:
     
  16. arcanine M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 30, 2009
    Messages:
    542
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +3,012 / -0
    Yup, setuju kk.
    Lebih baik mencegah daripada mengobati :hmm:
     
  17. indriyati M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 2, 2011
    Messages:
    315
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +344 / -0
    kalo lagi capek gw suka bunyiin leher...
    abis pegel lehernya apalagi kalo udah di depan komputer lama...
    waaaah bahaya nih....
     
  18. notime4luv Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 21, 2011
    Messages:
    53
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +2 / -0
    wah, gatao kalo efeknya bakal begitu parahnya..
    cuma karena udh kebiasaan jadinya agak susah buat ngilangin..
    kalo abis seharian d depan kompie, pegel banget, skalinya bunyiin leher langsung plong rasanya..
     
  19. arcanine M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 30, 2009
    Messages:
    542
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +3,012 / -0
    Hati-hatilah mulai dari sekarang kk :unyil:
     
  20. sukroitem Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 18, 2010
    Messages:
    132
    Trophy Points:
    32
    Ratings:
    +17 / -0
    Walah yang boneng??!!
    Ane selalu 'kretek'-in kepala ato jari sebelum lari dan bangun tidur :panik:
     
  21. MadMonk Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 21, 2010
    Messages:
    189
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +57 / -0
    nice share.. klo ga salah menyebabkan pergesekan tulang yg bikin tulang kropos..
    tp susah bgt buat ngilangin kebiasaan..
    klo ga dibunyiin.. malah kerasa ga enak.. dibunyiin malah nyebapin penyakit..
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.