1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Ungkapin kenangan film Asia paling berkesan buatmu. Berhadiah GK, Pulsa, dan Line Gift Sticker loh! .Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Pariwisata Bunaken

Discussion in 'Sulawesi' started by shinodaigo, Jul 28, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. shinodaigo M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 19, 2010
    Messages:
    680
    Trophy Points:
    206
    Ratings:
    +9,466 / -0
    Bunaken adalah sebuah pulau seluas 8,08 km² di Teluk Manado, yang terletak di utara pulau Sulawesi, Indonesia. Pulau ini merupakan bagian dari kota Manado, ibu kota provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Pulau Bunaken dapat di tempuh dengan kapal cepat (speed boat) atau kapal sewaan dengan perjalanan sekitar 30 menit dari pelabuhan kota Manado. Di sekitar pulau Bunaken terdapat taman laut Bunaken yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bunaken. Taman laut ini memiliki biodiversitas kelautan salah satu yang tertinggi di dunia. Selam scuba menarik banyak pengunjung ke pulau ini. Secara keseluruhan taman laut Bunaken meliputi area seluas 75.265 hektar dengan lima pulau yang berada di dalamnya, yakni Pulau Manado Tua, Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage berikut beberapa anak pulaunya, dan Pulau Naen. Meskipun meliputi area 75.265 hektar, lokasi penyelaman (diving) hanya terbatas di masing-masing pantai yang mengelilingi kelima pulau itu.
    Taman laut Bunaken memiliki 20 titik penyelaman (dive spot) dengan kedalaman bervariasi hingga 1.344 meter. Dari 20 titik selam itu, 12 titik selam di antaranya berada di sekitar Pulau Bunaken. Dua belas titik penyelaman inilah yang paling kerap dikunjungi penyelam dan pecinta keindahan pemandangan bawah laut.
    Sebagian besar dari 12 titik penyelaman di Pulau Bunaken berjajar dari bagian tenggara hingga bagian barat laut pulau tersebut. Di wilayah inilah terdapat underwater great walls, yang disebut juga hanging walls, atau dinding-dinding karang raksasa yang berdiri vertikal dan melengkung ke atas. Dinding karang ini juga menjadi sumber makanan bagi ikan-ikan di perairan sekitar Pulau Bunaken.Indriyani A. Rachman 13:42, 27 April 2010 (UTC).

    Suka snorkeling dan diving? Cobalah ke Bunaken. Kalau Anda baru dengar keindahannya dari cerita teman saja, rasanya belum lengkap. Soalnya kawasan konservasi laut yang sudah tersohor ini memang patut diselami.
    Permukaan air laut Bunaken jelang siang itu di penuhi puluhan manusia berkaki katak sedang mengapung dengan pelampung berwarna orange. Mereka ada yang berkelompok, tak sedikit pula yang menyendiri. Tujuan mereka sama, menikmati keindahan bawah laut lewat masker bersnorkel.

    Semakin siang, pengunjung yang datang semakin banyak. Ada yang menyewa speedboat, yacht, dan kapal kayu bermotor milik nelayan setempat. Bahkan beberapa orang sengaja ber-jetski.

    Mereka datang ditemani pemandu yang sebagian besar mengetahui titik-titik terbaik untuk bersnorkeling maupun diving. Bahkan para pemandunya juga ikut memandu pesertanya yang hendak bersnorkeling ke tempat yang indah dan aman.

    Dengan bersnorkeling, memang pengunjung dapat dengan jelas melihat aneka terumbu karang dan ikan hiss yang ada di Bunaken. Meskipun hanya di permukaan saja. Tapi itu sudah cukup membuat siapapun 'terhipnotis' dan betah berlama-lama hingga lupa waktu. "Aku baru ke sini, snorkeling aja, udah senang banget. Nanti kalau aku sudah bisa diving pasti balik ke sini lagi buat menyelami bawah lautnya," ujar Vita, wisatawan asal Jakarta yang tengah cuti kerja den berlibur ke Bunaken untuk kali pertama bersama 3 rekannya.

    [​IMG] Sementara nun di bawah laut sana, terlihat manusia-manusia bertabung bergerak lamban sambil mengeluarkan gelembung-gelembung udara. Mereka tengah menikmati pesona bawah laut Bunaken yang luar biasa. Melihat mereka dari atas permukaan, rasanya timbul rasa iri sekaligus bangga. Iri karena mereka bisa menyelami keindahan Bunaken secara utuh, lebih dekat dengan terumbu karang dan biotanya yang beragam. Bangga karena mereka bisa menikmati salah salah satu keindahan alam bawah laut tersohor di Indonesia ini tanpa merusak terumbu karang apalagi membawa sampah. Selam scuba menarik banyak pengunjung ke pulau ini.

    Dengan selam scuba, para penyelamat dapat menikmati aneka 'penghuni' bawah laut Bunaken lebih dekat, seperti Ikan Pelatuk yang memiliki sirip punggung yang dapat ditegakkan dan dikunci sehingga dia bisa tinggal aman dalam lubang di batu karang. Jangan mendekati sarang telur ikan ini, sebab ikan ini akan menyerang.

    Ikan Gobi yang merupakan famili terbesar ikan terumbu, salah satu ikan gobi yang unik di sini adalah Gobi Udang yang hidup bersama dalam satu lubang pasir. Keduanya mempunya tugas berbeda, si udang menjaga kebersihan sarang sedang si-Gobi melindungi udang dari serangan lawan. Ada Barracudas yang berkelompok dalam jumlah besar dengan gigi tajam seperti gergaji hingga membuatnya pemangsa yang efektif di daerah terumbu karang.

    Ikan lainnya Ikan Pedang dan Ikan Bertandung yang sama-sama memiliki sejenis pedang di bagian bawah ekornya. Pedang itu sebagai pertahanan dari serangan pemangsanya. Kadang digunakan untuk berkelahi dengan sesama untuk menentukan siapa yang menjadi pemimpin kelompoknya.

    Ada lagi Ikan Bidadari yang memiliki sarang di wilayah sendiri. Ikan jenis ini membentuk kelompok terdiri atas 1 jantan dan sejumlah betina. Uniknya ikan ini lahir sebagai betina ketika dewasa berubah jantan. Keunikan lainnya, ikan ini mampu membuat tepukan dalam air. Mungkin karena keunikannya itulah, membuatnya disebut bidadari.

    [​IMG] Masih ada lagi ikan lainnya seperti ikan kelelawar yang suka memperhatikan para penyelam terutama gelembung-gelembung udaranya. Juga ikan Sweetlips karena memiliki bibir yang sexy dan berotot. Selain ikan, juga ada berbagai reptil laut seperti ular dan penyu.

    Keindahan laut Bunaken sebenarnya sudah puluhan tahun terindentifikasi oleh para penyelam tanah air. Namun pemerintah baru sadar dan kemudian Taman Nasional Bunaken (TNB) secara resmi ditetapkan sebagai salah satu taman nasional laut di Indonesia pada Oktober 1991, setelah lebih kurang 20 tahun keindahannya ditemukan oleh 3 orang pelopor usaha penyelaman daerah, yakni dr Hanny Batuna, Loky Herlambang, dan Ricky Lasut. Baru setelah kawasan ini tersohor oleh para penyelam internasional, pemerintah sadar lalu secara bertahap menetapkan wilayah seluas sekitar 89.000 Ha ini menjadi kawasan konservasi.

    TNB terdiri dari beberapa pulau, yakni Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage, Pulau Manado Tua, berikut beberapa anak pulaunya, dan Pulau Nain. Lokasi penyelamannya terbatas di masing-masing pantai yang mengelilingi kelima pulau itu. Tercatat lebih kurang 20 titik penyelaman (dive spot) dengan kedalaman bervariasi hingga 1.344 meter. Dari 20 titik selam itu, 12 titik selam di antaranya berada di sekitar Pulau Bunaken yang Bering dikunjungi para penyelam dan pecinta keindahan pemandangan bawah laut.

    Sebagian besar dari 12 titik penyelaman di Pulau Bunaken berjajar dari bagian tenggara hingga bagian barat laut pulau tersebut. Di pulau inilah terdapat underwater great walls, yang disebut juga hanging walls atau dinding-dinding karang raksasa yang berdiri vertikal dan melengkung ke atas. binding karang ini juga menjadi sumber makanan bagi ikan-ikan di perairan sekitar Pulau Bunaken.

    Tebing-tebing karang itu sudah bisa kita lihat dari atas kapal sebelum mencapai Pantai Bunaken. Airnya biru dengan ribuan ikan besar di bibir tebing, menciptakan pemandangan indah luar biasa.

    Masyarakat TNB tersebar di sekitar 30 pemukiman baik di Pulau Nain, Siladen, Bunaken, Manado Tua, Daratan Utara, dan Daratan Selatan. Suku yang mendiaminya juga beragam antara lain Sangir Talaud, Bajo, Minahasa, Bantik, Bugis, Gorontalo, dan Jawa dengan profesi yang beragam seperti nelayan, petani, pedagang bahkan ada juga yang bisa keduanya yakni nelayan sekaligus petani. Perkawinan campuran pun tak terhindari di sana. Kendati demikian, mereka hidup rukun dan damai.

    [​IMG] Tips Perjalanan

    Pulau Bunaken seluas 8,08 Km2 di Teluk Manado merupakan bagian dari Kota Manado, ibukota Provinsi Sulawesi Utara. Di sekitar pulau ini terdapat Taman Laut Bunaken yang merupakan bagian dari Taman Nasional Laut Bunaken.

    Tak sulit menggapainya. Dari Pelabuhan Marina, Manado Anda bisa Carter kapal wisata Rp750.000, waktu tempuhnya selama sekitar 1 jam. Kapal berkapasitas 15 orang ini dilengkapi pelampung, tempat duduk, dan dua kaca berbentuk aquarium untuk melihat terumbu karang dan ikan hias dari atas kapal.

    Kalau Anda mau snorkeling, biayanya Rp 100.000 sudah termasuk masker dan sepatu katak serta kapal kayu bermotor pergi-pulang dari Pantai Bunaken ke lokasi.

    Sumber: Majalah Travel Club

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    so....Enjoy It....
    :piss:
     
    Last edited by a moderator: Jun 18, 2012
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. noerha M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 19, 2010
    Messages:
    3,037
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +88,910 / -0
    Carter Kapal pesiar 750.000/orang selama 1 jam. Mahal banget :hot:

    Tapi emang menarik banget disana, bisa lihat biota laut dengan jelas :matabelo:
     
  4. shinodaigo M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 19, 2010
    Messages:
    680
    Trophy Points:
    206
    Ratings:
    +9,466 / -0
    Yupz....Harganya Bisa di nego koq....
    hehehehe
     
  5. ayumssi Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 1, 2010
    Messages:
    85
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +13 / -0
    Ada yg ingin menyumbangkan sebagian uangnya ke gw dkk?
    :angel::angel::angel:
    Kita mau ke Bunaken :piss:
    Intinya ndak ada duwit.ntar kalo ada duit honeymoon ke sana deh:cihuy::cihuy:
     
  6. ViLia90 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 21, 2010
    Messages:
    173
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +14 / -0
    wuih mahalnya sewa kapalnya.. btw, tu kapal itu kira2 bisa muat berapa org ya?
     
  7. KidLeader Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 21, 2010
    Messages:
    8,175
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +24,114 / -0
    1 kapal kayaknya bisa muat 15 - 20 orang.. :hehe:
     
  8. rhevsky Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 7, 2010
    Messages:
    167
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +46 / -0
    sayang kemarin ga bisa ke bunaken gara2 ada anggota DPRD yg meninggal jadi tidak disarankan untuk kesana, padahal udah pingin banget snorkling n diving. emang sih kata orang disana laut nya susah diprediksi kadang cuaca nya langsung jelek gitu n ombaknya langsung tinggi. alhasil cuma ke danau linow aja deh....
     
  9. shinodaigo M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 19, 2010
    Messages:
    680
    Trophy Points:
    206
    Ratings:
    +9,466 / -0
    wew........danau linow juga mantab Bro.........
    :top:
     
  10. shinbee Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 3, 2010
    Messages:
    33
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    minggu neh mau meluncur ke sana, tapi batal gara2 kerjaan...
     
  11. hun Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 18, 2010
    Messages:
    195
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +14 / -0
    walopun bunaken tempatnya suda terkenal kayak pantai- pantai lain, tapi tempatnya tetep bersih . .
    acungan jemppol dah buat pengelolanya yg sudah jaga pantai bunaken . .
    moga terus dijaga kelestariannya :)
     
  12. ishakberiman Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 10, 2010
    Messages:
    117
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +64 / -0
    Nikmat selalu berbanding setara dengan uang....
    Jikalau punya uang ... silahkan ke Bunaken....
    jikalau tak punya uang... silahkan ke Google lalu ke images dan ketik bunaken...
    lihat dech di sana....
     
  13. ViLia90 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 21, 2010
    Messages:
    173
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +14 / -0
    liat foto2nya, jadi pengen ke sana. sayang smpai sekarang masih blm ada kesempatan...
    moga2 taon depan udh bisa injakkan kaki ke bunaken
     
  14. erola_works Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 15, 2010
    Messages:
    58
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +2 / -0
    ododoeh kita so rindu skli mo pi bunaken ulang :)


    bro admin, manumpang nitip lapak neh.....
    http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=165103
    ini produk bagus for fotografer manado ato yg mo suka babisnis cetak foto. apalagi klo pake rupa di bunaken pasti laku n maju

    makase banya bro :)
    God bless Manado, GBU
     
  15. KidLeader Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 21, 2010
    Messages:
    8,175
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +24,114 / -0
    so lama nda pigi bunaken eh...:ohno:

    suka mo kasana..:madesu:
     
  16. FulLZac M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 2, 2009
    Messages:
    492
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +4,319 / -0
    qt tre blum pernah ka bunaken..hahah

    suka mo kasana eh..
     
  17. bernardgo M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 9, 2011
    Messages:
    511
    Trophy Points:
    17
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +130 / -0
    nyanda per jam kua, sepuasnya kang? qta so tau carter,.. 750.000ribu/kapal isi 15 orang, bukan 750.000/orang,... :peace:
     
  18. uk_fiend Members

    Offline

    Joined:
    Jan 31, 2010
    Messages:
    4
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    sama :D
    org manado mar belum perna pigi~
     
  19. KidLeader Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 21, 2010
    Messages:
    8,175
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +24,114 / -0
    coba pigi biar cuma 1x kaks :hehe:
     
  20. Shiro_tail M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 22, 2009
    Messages:
    941
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +72,736 / -0
    sampe so basar bgini, injak kaki dimanado blum pernah eh..
    nda ada waktu yg pas, lebe parah nda ada doi mo kasana :gembel::hoho:
     
  21. elmambast M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 28, 2010
    Messages:
    570
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +6,602 / -0
    wah ini kalau gak salah pantai itu yaa,,,

    yang menjadi maskot indonesia,,, :malu:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.