1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Flora Buah Matoa

Discussion in 'Flora dan Fauna' started by uzi, Jun 13, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. uzi Members

    Offline

    Joined:
    Jun 13, 2010
    Messages:
    1
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    Buah Matoa (Pometia pinnata) adalah buah khas asli Papua. Rasa buah ini manis seperti buah rambuatan atau buah kelengkeng. Pohon matoa tumbuh tinggi, dan kayu nya bisa untuk mebel atau kusen – kusen rumah. Buah ini merupakan buah musiman yang berbuah pada bulan September – Oktober. Matoa tumbuh di seluruh wilayah kepulauan Cenderawasih.
    Rasa buahnya “ramai”, dan susah didefinisikan, seperti antara rasa buah leci dan buah rambutan. Ada juga yang merasakannya sangat manis seperti buah kelengkeng. Ada yang bilang manis legit. Ada lagi yang merasakan aromanya seperti antara buah kelengkeng dan durian. Pendeknya, buah matoa berasa enak, kata mereka yang suka.
    Buahnya berbentuk bulat melonjong seukuran telur puyuh atau buah pinang (keluarga Palem) dengan panjang 1,5-5 cm dan berdiameter 1-3 cm, kulit licin berwarna coklat kehitaman bila masak (kalau masih muda berwarna kuning kehijauan, ada juga yang menyebut hijau-kekuningan). Kulit ari putih bening melekat pada biji, manis dan harum.
    Selama ini orang mengenal buah matoa berasal dari Papua, padahal sebenarnya pohon matoa tumbuh juga di Maluku, Sulawesi, Kalimantan, dan Jawa pada ketinggian hingga sekitar 1.400 meter di atas permukaan laut. Selain di Indonesia pohon matoa juga tumbuh di Malaysia, tentunya juga di Papua New Guinea (belahan timurnya Papua), serta di daerah tropis Australia.
    Di Papua, pohon matoa sebenarnya tumbuh secara liar di hutan-hutan. Ini adalah sejenis tumbuhan rambutan, atau dalam ilmu biologi disebut berasal dari keluarga rambutan-rambutanan (Sapindaceae). Sedangkan jenisnya dalam bahasa latin disebut pometia pinnata.
    Di Papua New Guinea, buah matoa dikenal dengan sebutan Taun. Sedangkan di daerah-daerah lainnya, sebutannya juga bermacam-macam, antara lain : ganggo, jagir, jampania, kasai, kase, kungkil, lamusi, lanteneng, lengsar, mutoa, pakam, sapen, tawan, tawang dan wusel. Artinya, buah ini sebenarnya juga dijumpai di daerah-daerah lain di Indonesia.
    Di Papua, pohon matoa yang semula tumbuh liar kini menjadi semakin naik gengsinya. Apalagi semenjak (mantan) presiden Megawati mencanangkan penanaman berbagai jenis pohon asli Indonesia seperti cempaka Aceh, meranti Kalimantan dan matoa Papua sebagai pohon lestari, di kawasan Gelora Bung Karno Jakarta, beberapa tahun yang lalu.
    Maka, dapat dimaklumi kalau umumnya masyarakat Papua akan dengan bangga menyebut buah matoa sebagai buah khasnya propinsi Papua. Pohon ini berbunga sepanjang tahun, maka pohon matoa pun dapat dikatakan berbuah hampir sepanjang waktu. Oleh karena itu, buah matoa relatif mudah dijumpai di pasar-pasar tradisional di Papua.
    Kalau ingin merasakan buah Matoa asli ini, bisa langsung berkunjung ke Papua pada setiap bulan musim buah ini.
    Atau kalau anda berminat untuk memiliki phonnya silahkan hubungi Bapak Ahmad
    CP : 081346363324 atau 0542414272
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. terongsquad M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 22, 2009
    Messages:
    716
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +22,127 / -0
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]

    Biarkan buah ini tetap lestari dengan tetap menanam dan memakannya.. jgn sampai tergeser dengan buah2 import.. :maaf:

     
    • Like Like x 2
    • Thanks Thanks x 2
    Last edited: Aug 23, 2010
  4. khuma_putry Regional Leader

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Nov 7, 2009
    Messages:
    5,609
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +117,230 / -9
    tidak semua buah matoa kalau mateng warna kulitnya merah.
    ada sebagian yang warnanya tetep ijo (dah mateng)
    d papua kebanyakan mereka bilang Matoa Merah dan Matoa Hijau.
    untuk rasa lebih enak Matoa warna merah.
    rasa daging lembut. dan harum. (kalau menurut ane tidak sama dengan rambutan)
    dan untuk musimnya setiap setaun sekali.
    dan jangan heran kalau d papua lagi musim buat matoa... banyak pohon yang d tebang (untuk mengambil buahnya)
    karena pohonnya besar dan tinggi. untuk besar pohonnya bisa mencapai diameter 3-5 meter Linkaran pohon).
    dan tingginy bisa mencapai 30-60 Metr.

    utnuk kualitas kayunya pada kelas B...
     
  5. sondonkpoenya M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 3, 2009
    Messages:
    1,200
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +1,537 / -0
    rasanya manis, seperti rambutan...

    dulu dekat rumah ada pohon ini, waktu masih SD dulu

    sekarang dah gak ada

    [​IMG]
     
  6. bluesaveman Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 19, 2009
    Messages:
    193
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +21 / -0
    ane dulu punya nih pohon (bapak ane suka nanem2 pohon)
    dulu pas lebat2nya berbuah sampe dibagi2in tetangga, tp sekarang ditebang soalnya pohonnya terlalu tinggi n dicuri ma kelelawar (kalong)
    sedih bgtt, pengen punya pohonnya lg nih.
     
  7. khuma_putry Regional Leader

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Nov 7, 2009
    Messages:
    5,609
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +117,230 / -9
    buah mato tuhh tidak d makan ma kalaong bro...

    kalau memang bro dah pernah liat pohonnya... ane ma tanya... untuk jenis/bentuk kulitnya gimana???

    kalau ane amah dah d luar kepala. karena dari kecil ampe seakrang ane tau betol buah matoa tu apa...
     
  8. Edho_14st Banned User

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 7, 2010
    Messages:
    129
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +244 / -0
    jhahahhahaaa.... :lol:

    kalo dikota saya 1kg cuman Rp.2500 :lol:

    murah meriah,itu buah sering dijual didesa2,kakak :lol:

    yang parahnya lagi itu makanan buat Codot atau kelalawar :lol:
     
  9. khuma_putry Regional Leader

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Nov 7, 2009
    Messages:
    5,609
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +117,230 / -9
    yang bener ajjah bro.... mang lu tinggal d mana?????????

    sepengetahuan ane buah itu adanya cuma d Papua. kalau dah di luar papau tu berarti dah melalui pembibitan.

    masa Rp. 2500...... sedangkan d Papua ajjah sekilo kena Rp. 25.000.

    kalau Rp. 2.500 mah itu namanya bukan buah matoa..... tapi buah laen yang mirip seperti matoa.
     
  10. Edho_14st Banned User

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 7, 2010
    Messages:
    129
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +244 / -0
    hahahahaa....
    contoh gambarnya ajah salah :lol:
    Matoa dari Papua yang asli warna merah,gan :lol:
    kalo yang pembibitan itu buahnya ijo dan kalo tua jadi cokelat :lol:

    coba kamu diPati Jawa Tengah,dikota itu banyak banget pohon matoa :lol:
     
  11. khuma_putry Regional Leader

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Nov 7, 2009
    Messages:
    5,609
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +117,230 / -9
    aduhhh bro.... masalahna ane d sini papua d hutan tuh banyak buah matoa dan asli buah matoa tu dari papua merah dan hijau. :hehe:

    jadi ane tau betul gimana buah matoa... kalau d pati itu mah dah pembibitan dari papua.

    kalau bro kurang paham dengan buah matoa... bro bisa cari d mbah google.

    untuk contoh gambarnya tuh dah bener bro.... mungkin yang bro maksud buah laen. tapi d papua tuh dah bener kalau itu namanya buah matoa sesuai dengan d gambar.

    o ya bro... kalau ane boleh tau mang buah matonya kalau berbunga bentuknya seperti apa???

    kira2 sama tidak dengan yang d papua? kalau orang papua mah dah pasti tau apa itu buah matoa yang d maksud TS. heheh...

    untuk gambarnya ini asli buah matoa papua yang mateng semua.
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
     
  12. myth73 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jun 13, 2009
    Messages:
    2,784
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +8,374 / -0
    Penasaran nih ama buah matoa, kira2 di malang ada yang jual gak yaa:???:
    bro khuma, kirimin saya buah matua sekilooo aja...:hihi:
     
  13. ShiR0 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 13, 2010
    Messages:
    241
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +145 / -0
    masuk ke keluarga rambutan y...
    btw ma rambutan enak mn :???:
     
  14. bluesaveman Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 19, 2009
    Messages:
    193
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +21 / -0
    ya itu tergantung selera bro.
    tapi, kalo aq sih matoa tu tepatnya ditandingin ma kelengkeng.
     
  15. bluesaveman Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 19, 2009
    Messages:
    193
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +21 / -0
    ane punya buah matoa yang kayak gini bro:
    [​IMG][/QUOTE]

    beneran gan, dulu sih buahnya lebat n kalo berbuah sampe dibagi2in tetangga, trus 3 tahunan yang lalu kalo berbuah tu saat mau musim kering, jadi banyak yang jadi garing.belum mateng dah krompong kecoklatan. trus ditambah pohonnya terlalu tinggi n dimakan ma kalong, belum sampe satu tahun pohonnya dah ditebang.
    dulunya kalong gak tau manisnya buah ini, tapi akhir2 sebelum pohonnya ditebang kalo berbuah tiap pagi buahnya berjatuhan tapi cuma tinggal kulit ma bijinya bertebaran. memang kalo buah matoa jatuh suka retak, tapi gak sampe bijinya keluar apalagi daging buahnya ilang/tipis. trus kalo malem ane liat kelelawar pada berseliweran di situ, buahnya juga banyak yang rontok. ane juga heran kulit setebal ini bisa remuk digigit kelelawar.
    kalo tupai kayaknya enggak deh, memang tupai suka makan rambutan di belakang rumah, tapi kalo keliaran sampai depan rumah q belum liat tuh. apalagi tupai cuma keliaran di siang hari.
     
  16. STARHACK Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 2, 2010
    Messages:
    171
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +217 / -0
    buah matoa di sini malah gratis gan..
    di belakang rumah pohon matoa banyak banget..
     
  17. endoyaro Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 23, 2010
    Messages:
    191
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +5 / -0
    enak gak itu?
    :lol: udah langka di supermarket
     
  18. dedycan Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 18, 2007
    Messages:
    40
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    jadi pengen nanem
     
  19. ikarus07 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 10, 2009
    Messages:
    520
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,627 / -0
    wah lagi2 buah yg gw belum pernah rasain..
     
  20. rhevsky Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 7, 2010
    Messages:
    167
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +46 / -0
    tp klo lg ga musim susah dicari jg tuh pas di papuanya
     
  21. thaifansu M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 30, 2010
    Messages:
    431
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +6 / -0
    manis tuh , enak kaya lengkeng rasana
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.