1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Info Buah-buahan Eksotis dari Berbagai Negara

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by hillbee, Feb 3, 2015.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. hillbee M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 8, 2011
    Messages:
    598
    Trophy Points:
    167
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +3,802 / -0
    Buah-buahan Eksotis dari Berbagai Negara

    Durian, manggis, dan kedondong adalah beberapa buah lokal yang populer di Indonesia. Buah-buahan ini biasa dikonsumsi di kawasan Asia Tenggara dan sekitarnya. Tetapi bagi warga negara lain yang tidak pernah mendengar atau menyantapnya, durian dan kedondong bisa digolongkan sebagai buah eksotis. Bagi beberapa warga asing, rasanya yang tak biasa cukup mengejutkan bagi lidah mereka. Terutama yang memiliki aroma tajam seperti durian.
    Setiap daerah, setiap negara punya jenis flora yang berbeda-beda. Dan ini mengakibatkan tanaman buah yang tumbuh di sana beragam pula. Benua Afrika, Amerika, Asia, dan Australia memiliki ragam buah-buahan yang sulit ditemui di negara lain. Benua Asia, Afrika, dan Amerika Selatan dikenal dengan buah-buahan tropis, sementara Amerika Utara dan Eropa menjadi tempat tumbuh tanaman buah yang berlainan ciri pula.


    Akebi adalah buah eksotis asli dari Jepang. Bagian dalamnya yang berwarna putih dan dipenuhi biji tampak seperti markisa. Bagian inilah yang biasa disantap oleh warga Jepang. Sementara kulitnya yang berwarna ungu cerah biasa diolah dan disajikan sebagai sayur.

    Synsepalum dulcificum atau lebih dikenal dengan nama buah ajaib termasuk golongan buah-buahan beri. Buah mungil berwarna merah yang sekilas tampak seperti goji berry ini jika dimakan bisa membuat buah yang asam terasa manis. Coba makan jeruk asam setelah mengunyah beri ajaib. Jeruk tersebut akan terasa manis. Ini disebabkan kandungan miraculin dalam beri ajaib.

    Jabuticaba adalah buah sejenis anggur yang ditemukan di negara bagian Minas Gerias dan Sao Paulo, Brasil. Sekilas buah yang menurut Wikipedia disebut anggur Brasil ini tampak seperti buah rukem dari Indonesia. Hanya saja warnanya lebih gelap. Buah ini biasanya dimakan mentah, dibuat jeli, atau diperas dan dijadikan minuman jus.


    Keunikan buah jabuticaba terletak pada cara tumbuhnya. Buah ini tumbuh langsung dari kulit batang pohon. Saat buah jabuticaba tumbuh, pohonnya akan tampak seperti ditempeli bola-bola hitam. Jabuticaba termasuk buah musiman, hanya berbuah sekali atau dua kali dalam setahun, biasanya dalam bulan Mei.

    Buah yang satu ini bentuknya mirip apel, berasal dari Afrika dan terkenal beracun. Tetapi orang-orang dari benua itu justru gemar mengonsumsinya sebagai makanan pokok. Ackee sebenarnya masih bersaudara dengan buah lengkeng dan leci. Penggunaan ackee dalam kuliner Jamaika sangat sering ditemui. Ackee bahkan diklaim sebagai buah nasional Jamaika.

    Melon kiwano disebut juga dengan melon bertanduk. Asalnya dari Afrika, namun juga tumbuh di California, Chili, Australia, dan Selandia Baru. Bagian dalamnya seperti timun, namun rasanya mirip seperti campuran lemon dan pisang. Biasanya melon ini dihidangkan sebagai campuran salad atau garnish makanan.

    Tangan Buddha adalah sejenis jeruk sitrus yang cukup populer di Asia. Bentuknya seperti jari-jari tangan yang mencuat. Namun rasanya mirip dengan buah lemon.

    Asimina triloba atau lebih populer dengan nama Paw paw adalah buah yang dikenal sebagai pisangnya orang miskin. Dari luar bentuknya mirip seperti mangga dan pisang muda.
    Tetapi bagian dalamnya merupakan perpaduan antara daging buah pepaya dan aroma pisang. Buah ini biasa ditemui di Amerika Serikat dan Kanada, namun masih sulit dijumpai di negara lain.

    Carissa macrocarpa atau biasa disebut Num-num, plum Natal, dan amatungulu adalah buah asli dari Afrika Selatan. Buah ini cukup terkenal pula di Uganda dan Mozambik.
    Num-num memiliki buah yang bentuknya mirip dengan buah pinang, namun berwarna merah muda. Biasa disantap dalam keadaan mentah atau diolah menjadi selai.

    Buah berry yang satu ini memiliki bentuk yang cukup unik. Seperti terompet dengan warna yang menyerupai blueberry. Buah bernama latin Lonicera caerulea ini tumbuh di kawasan barat daya Asia dan Amerika utara. Rasanya seperti blueberry dan raspberry. Biasa diolah sebagai bahan campuran es krim, selai, dan anggur.

    Blood lime atau limau darah adalah buah unik asal Australia. Buah ini memiliki bentuk seperti buah limau pada umumnya, namun kulitnya berwarna merah tua. Daging buahnya juga berwarna merah dan bercitarasa agak manis.

    Leptecophylla juniperina adalah tanaman buah asal Australia dan Selandia Baru. Buah ini dikenal pula dengan nama pink mountain berry dan prickly heath. Pink mountain berry masih satu keluarga dengan tanaman beri-berian. Tanaman ini hanya bisa tumbuh di daerah berhawa dingin.

    Bentuknya menyerupai paprika berukuran kecil dengan warna ungu terong. Dikenal dengan nama appleberry atau blue tasmanian vine. Appleberry merupakan tanaman liar yang tumbuh di kawasan dingin, terutama di Australia tenggara. Rasanya merupakan perpaduan antara apel dan buah beri.

    Chesas atau lucuma adalah buah eksotis yang berasal dari Filipina. Buah bernama latin Pouteria lucuma ini disebut juga buah telur, sebab daging buahnya menyerupai kuning telur rebus. Lucuma masih sekeluarga dengan buah sawo. Bagian dalamnya pun mirip dengan sawo matang, hanya saja berwarna kuning terang. Sementara rasanya merupakan perpaduan antara maple dan ubi manis.

    Capuacu merupakan buah yang banyak dibudidayakan di Kolombia, Bolivia, Peru, dan daerah utara Brasil. Buah ini masih sekeluarga dengan Theobroma cacao alias cokelat. Bentuknya pun menyerupai buah cokelat. Capuacu biasa diolah menjadi hidangan penutup, jus, dan manisan. Aromanya merupakan perpaduan antara cokelat dan nanas. Sementara rasanya seperti pir dan pisang.

    Che adalah sebutan untuk buah mulberry China. Buah ini masih sekeluarga dengan murbei. Tanaman che berbuah pada musim panas. Bentuknya sekilas tampak seperti buah raspberry. Namun rasanya sama sekali tidak asam. Lebih mirip dengan buah melon.

    Jocote merupakan buah yang masih satu famili dengan jambu mede. Penampilannya pun mirip dengan jambu mede yang sudah masak, hanya saja tanpa biji mencuat di ujungnya. Buah asal benua Amerika ini biasa dimakan sebagai manisan. Saat masih belum masak biasa dikonsumsi dengan garam, cuka, atau air perasan jeruk nipis.

    Meskipun namanya jambu Chile, buah ini ternyata justru populer di Inggris. Konon jambu berukuran sebesar kelereng dengan warna merah terang ini merupakan buah favorit Ratu Victoria.

    Sekilas memandang, buah ini tampak seperti kernatu atau kenitu. Tetapi jika dibelah, daging buahnya berwarna cokelat kehitaman. Rasanya pun seperti puding cokelat. Buah bernama latin Diospyros digyna ini masih bersaudara dengan buah kernatu dan sawo. Dikenal juga dengan nama Chocolate Pudding Fruit (buah puding cokelat) dan Chocolate Persimmon (kesemek cokelat). Berasal dari wilayah Amerika Tengah dan Meksiko. Tetapi sekarang ini dikembangbiakkan di Florida, Australia, dan Filipina.

    Meskipun namanya berkaitan dengan Spanyol, buah ini tidak berasal dari negara tersebut. Menurut situs Quora, limau Spanyol adalah buah yang berasal dari Amerika selatan dan Amerika tengah. Meskipun rasanya seperti limau, buah ini justru masih sekeluarga dengan leci.

    Pandanus tectorius merupakan salah satu spesies pandan yang bisa dijumpai di daerah Pasifik dan Australia. Buahnya yang terdiri dari puluhan ruas bertekstur keras dan berwarna oranye (saat sudah matang).Buah ini biasa dipakai dalam kuliner khas Maladewa dan Mikronesia.

    Ada yang pernah nyoba salah satu?

    Sumber: Part1 Part2
     
    Last edited: Feb 5, 2015
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. Misguided_Ass M V U

    Offline

    Arse Bender

    Joined:
    Sep 25, 2011
    Messages:
    17,527
    Trophy Points:
    187
    Ratings:
    +2,687 / -0
    yang pasti, gambarnya ga keliatan semua.. [​IMG]
     
  4. kakanghen Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 8, 2014
    Messages:
    25
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +238 / -0
    gambarnya gak ada yang kelihatan

    tapi ane penasaran sama buah tangan buddah, gimana bentuknya kok bisa dinamain begitu??
     
  5. mikkun M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 18, 2010
    Messages:
    934
    Trophy Points:
    192
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,710 / -0
    gak keliatan gambarnya om :swt:

    bbrp buah ga saya kenal namanya, tapi pengen nyoba rasanya :XD:
     
  6. augmentin Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 23, 2015
    Messages:
    104
    Trophy Points:
    32
    Ratings:
    +14 / -0
    suka ama infonya gan
     
  7. tristan99 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 1, 2009
    Messages:
    514
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +3,114 / -0
    Info-ny bagus gan, tp gambarny ndak keluar....
     
  8. yufisyalala M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 28, 2013
    Messages:
    1,236
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +18,976 / -0
    Nama buahnya lucu2 :XD:

    tapi gambarnya... :ngupil:
     
  9. tristan99 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 1, 2009
    Messages:
    514
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +3,114 / -0
    Skrg gambarny udah keluar... keren info-ny gan... :ogtop:

    Yg no 1 Akebi rasany gimana tuh ? habis liat malah keingetan sama chomper di plant vs zombies...
     
  10. comixcode Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 2, 2014
    Messages:
    44
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +1 / -0
    gak ada yang penah liat di daerah saya :"((
     
  11. nyong31 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 25, 2011
    Messages:
    17
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    namanya macem-macem aja
     
  12. soliqina M V U

    Offline

    Red Devils

    Joined:
    Aug 21, 2013
    Messages:
    5,866
    Trophy Points:
    192
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,047 / -0
    ne rata2 buahnya ada di negara lain gan,, jadi gak ada di indonesia,,,
     
  13. verdronn M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 22, 2014
    Messages:
    487
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +11 / -0
    bentuknya unik2.. ada jg yg aneh :matabelo
    penasaran pgn coba rasanya kaya gimana :matabelo
     
  14. kudabitchnal Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 6, 2015
    Messages:
    157
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +122 / -0
    itu buah hala ama buah tangan budha beneran bisa di makan apa gak tu ?
    bentuknya aneh gitu, ama yang tangan budha bentuknya kayak gingseng.
     
  15. bajakan007 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Apr 30, 2012
    Messages:
    2,651
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +4,114 / -3
    limau spanyol kok malah macam buah matoa :ogtanya:
     
  16. SPIRITOFCOROLASO M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Oct 1, 2013
    Messages:
    4,090
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +1,059 / -0
    hahah ada2 aja nih tapi unik-unik buahnya :hehe:
     
  17. lagosa Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 7, 2012
    Messages:
    92
    Trophy Points:
    17
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +10 / -0
    asli nih buah baru gw liat...
     
  18. ghincrate Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 11, 2010
    Messages:
    98
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +17 / -0
    ngeliat bentuk nya bikin ga napsu makan... :peace:
     
  19. sukibulan Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 6, 2012
    Messages:
    99
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +8 / -0
    Duren sih, buah eksotis indonesia.
     
  20. daisuke_niwa Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 14, 2009
    Messages:
    53
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    Melon Kiwano serem banget bentuknya..

    Tangan Buddha? lebih mirip gurita hahaha
     
  21. sonyalfian13 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 15, 2015
    Messages:
    24
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +0 / -0
    belom pernah liat dan rasakan
    bentuknya unik wwkkwkw
    sayang itumah kalo dimakan
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.