1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Breastfeeding [Breastfeeding] Metode MP-ASI : BLW

Discussion in 'Parenting and Pregnancy' started by phantom_blue, Dec 26, 2014.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. phantom_blue Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 13, 2012
    Messages:
    91
    Trophy Points:
    41
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +74 / -1
    Setelah bayi menjalani masa ASI eksklusif selama 6 bulan, selanjutnya bayi akan memasuki masa MP-ASI (Makanan Pendamping ASI), namanya saja masih makanan pendamping jd memang ASI masih merupakan sumber makanan utama namun dibantu oleh makanan-makanan pendamping lainnya.

    Mengenai MP-ASI skrg ini ada metode yang diberi nama Baby Led Weaning atau biasa disingkat BLW. BLW adalah sebuah metode yang diprakasai oleh Gill Rapley dari Inggris dimana bayi diberikan makanan perdananya berupa makanan - makanan padat yang lunak seukuran jarinya biasa disebut finger food.

    Banyak yang masih mempertanyakan metode ini. "Apakah bayi mampu langsung mengunyah makanan padat?", "Apakah tidak akan tersedak?", "Apakah finger food saja akan cukup?", dan masih banyak lainnya.

    Gill Rapley dalam bukunya, Baby-Led Weaning, menerangkan bahwa pada bayi yang menyusui (ASI) dapat dengan mudah menerima MP-ASI berupa makanan keluarga. Menurut Gill Rapley, bahwa jika tanda-tanda kesiapan bayi akan MP-ASI telah ada maka bayi telah mampu mengunyah dengan baik.

    Perbedaan dengan metode MP-ASI konvensional (disuapin) adalah bayi disini dibiarkan makan sendiri dan tidak diberi puree/bubur saring. Saat pemberian MP-ASI melalui teknik BLW, sangat dianjurkan agar ibu mengawasi pemberian makanan. Bahkan akan lebih mudah bagi bayi jika saat memakan makanan tidak menggunakan sendok atau garpu, hanya dengan menggunakan tangan.

    Bayi dianjurkan untuk BLW yaitu menyapih dengan sendok dan hanya membiarkan bayi Anda makan sendiri.
    Banyak orang tua tanpa sadar telah mengikuti BLW . Hal ini terutama terjadi dengan anak kedua atau seterusnya. Bayi senang untuk menyuapi saudara mereka yang lebih tua, mereka sering mencoba untuk mengambil makanan dari piring anak-anak lain, mereka juga senang makan sendiri seperti kakak-kakaknya bukan?

    Beberapa contoh makanan untuk metode BLW adalah Apel Kukus, Alpukat Mentega yang sdh maatang, Kentang Rebus, Pisang dll

    Apa saja tanda baby siap untuk BLW?
    Beberapa tanda baby sudah siap untuk BLW adalah
    1. Sudah mulai mengunyah mainan
    2. Menggapai-gapai mainan
    3. Sudah mulai bisa berdiri tegak

    Sumber: : http://jurnalbidandiah.blogspot.com/2013/06/baby-led-weaning-blw-bayi-mandiri-dalam_2922.html
     
    Last edited by a moderator: Jan 29, 2015
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. ilm Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 15, 2011
    Messages:
    7,395
    Trophy Points:
    287
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +12,030 / -1
    kalo metode BLW ini, berarti makanannya langsung ditaruh di depan si baby gitu yah? terus dia ngunyah dan gigit sendiri, kita cuma ngawasi?
    dikasih satu macam makanan atau boleh bervariasi biar si baby milih sendiri :???:

    gimana menurut kak phantom_bluephantom_blue; keberhasilan penerapan BLW ini? :???:
    sekalian tanya ke kak HateLoveHateLove; kak bungatyasbungatyas; FouLu_4FouLu_4; sama kak erfierfi; ah kali aja ada pengalaman :matabelo:
     
    Last edited by a moderator: Apr 25, 2015
  4. erfi M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 3, 2013
    Messages:
    1,479
    Trophy Points:
    72
    Ratings:
    +798 / -0
    metode BLW ini baik dan tidak hanya dalam pemberian MP-ASI , untuk anak balita pun sepertinya di anjurkan :hmm:

    selain untuk melatih motorik halus menggerakkan jari-jarinya, juga melatih kemandirian anak dan memang harus dalam pengawasan orang tua :hmm:

    yaa meskipun malah merepotkan karena anak makannya belepotan dan kotor dimana-mana :hehe:
     
  5. FouLu_4 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 23, 2011
    Messages:
    60
    Trophy Points:
    17
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +62 / -0
    metode BLW ini udah dipake banyak orang loh. Anak-anak temen-temenku masih kecil-kecil banget, satu tahun lebih dikit gitu udah bisa makan sendiri *yaaaa walaupun belepotan gituuu.. tapi namanya juga anak-anak heheee:cihuy:

    Kasi aja biskuit-biskuit bayi gitu, yang larut sama air. Tarok di depan si anak, nanti si anak bakal gigit-gigit tu biskuit. Semakin kecil pecahan biskuitnya, si anak semakin belajar untuk masukin pecahan kecil biskuit tadi. Kalo aku sih biasanya gitu. :hmm:

    Sekarang udah banyak tuh sendok-sendok yang didesain untuk BLW ini. Contohnya sendok yang kayak gini
    [​IMG]

    Jadi tu makanannya ditarok di dalam silikonnya, kalo si anak gigit2 tu sendok, sari-sari makanannya keluar dari lubang2 silikonnya gitu..

    Kasi makan anak aja perlu kesabaran, apalagi ngajarin anak makan sendiri.. Tapi liat manfaatnya, nanti kitanya sendiri yang bisa enak, ga payah nyuapin anak lagiiii heheheeee :haha:
     
    • Like Like x 1
  6. phantom_blue Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 13, 2012
    Messages:
    91
    Trophy Points:
    41
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +74 / -1
    iya kak @ilm karena biasanya anak umur mulai MP-ASI sudah masuk masa or*l dmna biasanya semua benda yang terpegang akan reflek dimasukin ke mulut jdi mmg makanannya tinggal kita taro langsung di dpn anak nnti dengan reflek anak kita pasti akan lgsg masukin ke mulutnya sendiri dan mulai mengunyah, kita ortu hanya mengawasii saja agar tdk sampai tersedak ato lainnya..jenisnya seh aalnya cuman satu macem saja sekali makan.


    bener kata kak @Foulu_4 kalo pemberiannya konsisten biasanya nnti anak akan bisa mulai makan sendiri bila mereka sdh berumur 2 tahunan
     
  7. HateLove M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 12, 2011
    Messages:
    419
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +482 / -0
    Secara pribadi tidak begitu mendukung perihal tersebut, karena sepertinya ada unsur kesengajaan dan atau pembiaran terhadap anak terhadap akan mendapatkan sesuatu..

    Lebih memilih cara pemberian MPASI yang biasa dan lazim dipake banyak orang dari dahulu saja, walau mungkin sebagian orang ada yang mengatakan kolot dan kuno tetapi metoda tersebut dapat lebih mengontrol si anak..


    Sent from my iPad
     
    Last edited by a moderator: Apr 25, 2015
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.