1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Info BMKG Peringatkan Masyarakat di Berbagai Daerah Akan Cuaca Ekstrem

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by IDWS.News, Mar 12, 2021.

  1. IDWS.News adalah Partner/ Kontributor TerverifikasiIDWS.News Gatotkaca

    Offline

    ▁ ▂ ▄ ρεηүεвαя ιηғσ ▄ ▂ ▁

    Joined:
    Feb 18, 2010
    Messages:
    1,907
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +67 / -0
    Dalam sepekan ke depan, masyarakat yang tinggal di sejumlah wilayah Indonesia harus meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi cuaca ekstrem yang dapat memicu bencana hidrometeorologi

    Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto mengatakan dalam keterangan tertulisnya, Kamis (11/3/2021) mengatakan bahwa berbagai dinamika atmosfer, sangat berpengaruh dalam memicu terjadinya cuaca ekstrem di periode pergantian musim seperti saat ini.

    Laporan Kompas.com melansir analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), terpantau adanya sirkulasi siklonik di Samudera Pasifik Timur Filipina dan di Samudera Hindia sebelah selatan Bali-Nusa Tenggara. Sirkulasi siklonik ini dapat mengakibatkan terbentuknya pola konvergensi dan belokan angin, sehingga dapat meningkatkan pembentukan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia.

    Adapun, kondisi ini juga diperkuat dengan adanya fenomena Gelombang Rossby Ekuatorial yang diprediksikan masih cukup aktif di sekitar wilayah Indonesia bagian barat. "Dinamika yang diidentifikasi masih dapatberkontribusi cukup signifikan terhadap pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia," kata Guswanto dalam keterangan tertulisnya, Kamis (11/3/2021).

    Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah berikut:
    1. Aceh
    2. Sumatera Utara
    3. Sumatera Barat
    4. Banten Jawa
    5. Barat Jawa
    6. Tengah
    7. DI Yogyakarta
    8. Jawa Timur
    9. Bali Nusa
    10. Tenggara Barat
    11. Nusa Tenggara Timur
    12. Kalimantan Timur
    13. Kalimantan Utara
    14. Kalimantan Selatan
    15. Sulawesi Utara
    16. Sulawesi Tengah
    17. Sulawesi Selatan
    18. Sulawesi Tenggara
    19. Maluku
    20. Maluku Utara
    21. Papua Barat
    22. Papua
    Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem seperti puting beliung, hujan lebat disertai kilat atau petir, hujan es, gelombang tinggi dan lain sebagainya. Selain itu, dampak lainnya yang dapat ditimbulkan dari cuaca ekstrem ini adalah banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin selama memasuki masa pancaroba tahun ini.



    Sumber: Portal IDWS
     
    • Like Like x 1

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.