1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Medicine Bijak Konsumsi Vitamin C

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by fajaryadi, Nov 27, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. fajaryadi M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 4, 2009
    Messages:
    660
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +368 / -1
    ANGGAPAN bahwa vitamin C bisa menyembuhkan gejala beberapa penyakit, termasuk radang tenggorokan adalah anggapan yang keliru. Vitamin C tak berfungsi untuk pengobatan, tetapi pencegahan.

    Bila sedang terkena flu ringan atau radang tenggorokan, biasanya vitamin C dipilih sebagai suplemen untuk mencegah flu semakin berat. Tapi, ternyata konsumsi vitamin C saat sakit tak efektif menyembuhkan penyakit seperti flu dan radang tenggorokan. Temuan tersebut dikemukakan dalam penelitian terbaru bahwa tidak semua gejala penyakit ringan seperti influenza, radang tenggorokan atas atau inspeksi saluran pernapasan atas (ispa) dan panas demam bisa disembuhkan hanya dengan mengonsumsi vitamin C semata.

    Asupan vitamin C ketika mengalami radang tenggorokan atau ketika menderita influenza serta demam ringan sebenarnya tidak terlalu berpengaruh pada penyakit tersebut. Publik kerap salah kaprah bahwa vitamin C bahkan bisa membuat kebal terhadap bermacam penyakit. Anggapan keliru itu membuat orang mengonsumsi vitamin C secara berlebihan, padahal manfaatnya belum pasti didapat. Contohnya saja anggapan bahwa sakit radang tenggorokan bisa disembuhkan dengan vitamin C hingga saat ini masih menjadi keyakinan di masyarakat kita. Padahal dalam sebuah riset terbaru membuktikan bahwa vitamin C sama sekali tidak memberi pengaruh apa pun pada kasus radang tenggorokan.

    Sebuah review di Cochrane bertajuk "Vitamin C for Preventing and Treating the Common Cold" kembali menegaskan bahwa penggunaan vitamin C tidaklah rasional dalam kondisi sakit tertentu.

    Penyakit common cold yang dikenal juga dengan radang tenggorokan atau infeksi saluran pernapasan bagian atas ternyata tidak membutuhkan konsumsi vitamin C ketika penyakit itu tengah menyerang. Penyakit ini sering ditandai dengan keluhan meriang, nyeri ketika menelan, sakit kepala, pusing, pilek, batuk, dan tidak enak badan.

    Keluhan sering disebabkan virus dan umumnya dapat sembuh sendiri. Tidak perlu antibiotika. Cukup istirahat dan tingkatkan daya tahan tubuh dengan makan dan minum yang bergizi.

    Vitamin C yang dikenal juga dengan sebutan asam askorbat, walaupun tetap kontroversi, mungkin masih sering digunakan sebagai suplementasi untuk mencegah dan mengobati radang tenggorokan. Penelitian di Cochrane ini menegaskan bahwa suplementasi vitamin C tidak menunjukkan penurunan kejadian radang tenggorokan, baik pada lamanya sakit maupun tingkat keparahan.

    Jadi, dosis tinggi untuk pencegahan dan pengobatan yang mungkin masih rutin dianjurkan itu tidak rasional jika diterapkan pada komunitas umum. Tapi, mungkin masih bermanfaat bagi pelaku aktivitas fisik yang berat. Nah, sekarang jangan terlalu banyak menenggak vitamin C ketika terkena radang tenggorokan. Selain tidak banyak memberikan dampak pada tubuh ketika sedang sakit, juga akan membuat pengeluaran dana menjadi sia-sia.

    "Yang harus dilakukan pemerintahan kita sekarang ini adalah bagaimana memberikan pendidikan kesehatan kepada masyarakat agar lebih waspada mengonsumsi obat-obatan dan juga vitamin. Sebab, tidak semua vitamin dibutuhkan tubuh saat kita sakit," kata spesialis THT RSCM Dr David Hendarto.

    Lebih lanjut ditambahkan Dr David, selama ini masyarakat Indonesia baik di kota besar maupun di pedesaan masih banyak menganggap bahwa vitamin C bisa menyembuhkan penyakit. Hal keliru itu harus segera dihentikan agar penggunaan vitamin C tidak sia-sia dan penghematan pada pengeluaran rumah tangga.

    "Selama tidak ada proses penyuluhan kepada masyarakat, masyarakat kita akan selalu beranggapan bahwa sakit influenza, radang tenggorokan, juga demam bisa disembuhkan dengan mengonsumsi vitamin C yang banyak," katanya.

    Namun, bukan berarti vitamin C tidak dibutuhkan tubuh. Vitamin C memang memiliki banyak manfaat. Selain bersifat antioksidan yang mampu melawan radikal bebas, vitamin C juga berperan dalam meningkatkan sistem imun. Belakangan ini vitamin C juga menjadi sebuah konsumsi untuk kebutuhan penampilan.

    Vitamin C sangat dibutuhkan, terutama di kota besar. Belum lagi radikal bebas berupa polusi dari asap kendaraan bermotor dan rokok, serta lain-lainnya, makin bertebaran. Semua itu membuat tubuh rentan terhadap berbagai gangguan kesehatan.

    Daya tahan gampang menurun dan serangan radikal bebas membuat sel-sel tubuh mudah rusak dan tak mampu berfungsi dengan baik. Salah satu akibat dari proses kerusakan secara cepat itu adalah penuaan kulit lebih dini.

    Dosis konsumsi vitamin C yang ideal adalah 75 miligram per hari. Perempuan hamil dan ibu menyusui sudah tentu harus mengonsumsi vitamin C lebih besar dari jumlah tadi. Ada juga yang berpendapat cukup mengonsumsi 200 miligram sehari. Bagi orang yang hidup dengan stres atau mereka yang tinggal di kota besar yang penuh polusi, seperti Jakarta, dosis 500 miligram adalah dosis yang cukup baik.

    Kecukupan vitamin C akan membantu pembentukan kolagen atau senyawa berisi asam amino mirip lem pengikat sel. Zat perekat ini menjadi bagian susunan utama jaringan penghubung seperti kulit, tulang, dan ikatan sendi tulang. Kolagen menjaga kekenyalan dan kelenturan kulit dengan bantuan vitamin C. Juga untuk mendukung berlangsungnya proses yang memungkinkan molekul mencapai bentuk terbaiknya (hydroxylation).

    Tugas vitamin C pula untuk menjaga kolagen dari risiko cepat rusak dan lemah. Jadi, ketika vitamin C diberikan secara memadai pada sel kulit, ada kesempatan baik untuk mengurangi kerutan dan meningkatkan kehalusan permukaan kulit. Inilah yang dimaksudkan sebagai peremajaan kulit karena kulit memang tampak lebih muda dan cerah. Orang pun menilainya lebih putih.

    Disarankan bila ingin mengonsumsi vitamin C dosis cukup tinggi, untuk berkonsultasi dengan dokter. Sebab, menyangkut efek samping yang dapat Anda derita. Sejauh ini vitamin C aman untuk dikonsumsi, tapi vitamin C sebaiknya jangan diberikan kepada penderita gagal ginjal dan batu ginjal karena akan memacu pembentukan batu ginjal.

    Vitamin C juga bisa mengganggu penyerapan mineral yang diperlukan tubuh seperti tembaga. Vitamin C merupakan senyawa yang mempermudah penyerapan zat besi. Sebaiknya jangan diberikan kepada penderita yang mempunyai kelebihan zat besi. Misalnya pasien hematokromatosis (pewarnaan jaringan dengan pigmen darah)

    sumber
     
    • Thanks Thanks x 3
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. zimbenk M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 2, 2009
    Messages:
    992
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +1,089 / -0
    Untung jarang banget beli yang "1000" ato yang "500", paling makan buah secukupnya

    Pertamax lagi gak ya:piss:
     
  4. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,093
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,265 / -0
    dosis kecukupan minimal menurut textbook gizi yg gw baca adalah sekitar 60-75 mg per hari.
    tapi mengingat ada berbagai faktor yang telah disebutkan di artikel tadi, konsumsi sampai dengan 120-200 mg masih bisa dianggap cukup.
    lebih dari itu, vitamin C akan dibuang lewat urin.
    konsumsi vitamin C megadose (di atas 1 gram per hari) bisa meningkatkan risiko batu ginjal buat orang yg sensitif.
    dan ternyata hoax bahwa vit C bisa nyembuhin flu.
    vit C hanya sebatas membantu regenerasi kulit/permukaan mulut/tenggorok dan sekitarnya, dan berfungsi sebagai antioksidan.
     
  5. angelios M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 18, 2009
    Messages:
    309
    Trophy Points:
    72
    Ratings:
    +37 / -0
    hah ? masa vit C buat flu itu hoax...

    tp kok bermanfaat y??? terasa lebih baekan setelah konsumsi vitc....

    kalo yg bikin batu ginjal itu aq tau...
    katanya kebanyakan vit c bisa bikin tulang keropos... itu hoax jg apa bukan??????
     
  6. pietro90 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 16, 2009
    Messages:
    201
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +19 / -0
    koq g taw nya vit c buat cegah osteoporosis ya??ap salah y??hehe
     
  7. giganticskies M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Mar 22, 2009
    Messages:
    5,702
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +7,765 / -1
    Wew... Katanya kalo di lingkungan stress memang perlu vitamin C dengan dosis lebih tinggi?
    Bener gak ini?
     
  8. kun20 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 18, 2009
    Messages:
    327
    Trophy Points:
    66
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +255 / -1
    emang bener vit. c tuh buat pencegahan tapi harus diimbangi olahraga juga baru ngefek
     
  9. d1ckyh4rd Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 24, 2009
    Messages:
    53
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    Wah, aye minum vit c ampir tiap hari nich, kalo gak minum kayanya gimana gituh :malu2:
     
  10. alien Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 18, 2008
    Messages:
    204
    Trophy Points:
    171
    Ratings:
    +3,420 / -0
    sebenarnya
    kalau masalah untuk penyembuhan common cold ada yang ngga setuju ada yang setuju.
    contoh nya salah satu balasan journal yang ada di journal alergy (PMID: 19660806) tepatnya pada Journal of Allergy and Clinical Immunology Volume 124, Issue 4, October 2009, Page 859

    cuman IMHO, pengunaan dose vitamin c yang terlalu tinggi ... itu tidak baik pada ginjal terutama bagi orang yang sensitive, dan orang kurang minum. karena dari penelitan itu mereka main nya 3 G perhari sampai 6 G perhari

    tapi bisa berguna untuk mempercepat penyembuhan, terutama pada common cold yang tidak ada super infeksi, selama dose yang di gunakan tidak terlalu tinggi, IMHO perhari pengunaan vit C maks 500 mg perhari peroral alias hanya 1 tablet saja, dengan alasan agar kalau orang kurang minum ginjal nya tidak terlalu kerja keras. malahan lebih baik mendapatkan vit C dari buah, karena dose tidak terlalu tinggi dan tubuh bisa mengendali kan nya sendiri, daripada mengunakan vit C megadose, itu pendapat pribadi gue ya.

    nah kalau mengenai osteoporosis malahan kebalikan, ada penelitian PMID: 19347239
    Protective effect of total and supplemental vitamin C intake on the risk of hip fracture--a 17-year follow-up from the Framingham Osteoporosis Study.

    Sahni S, Hannan MT, Gagnon D, Blumberg J, Cupples LA, Kiel DP, Tucker KL.

    Dietary Assessment and Epidemiology Research Program, Jean Mayer USDA Human Nutrition Research Center on Aging (HNRCA) and Friedman School of Nutrition Science and Policy (FSNSP), Tufts University, Boston, MA, USA.

    Vitamin C may play a role in bone health. In the Framingham Study, subjects with higher total or supplemental vitamin C intake had fewer hip fractures and non-vertebral fractures as compared to subjects with lower intakes. Therefore, vitamin C may have a protective effect on bone health in older adults. INTRODUCTION: Dietary antioxidants such as vitamin C may play a role in bone health. We evaluated associations of vitamin C intake (total, dietary, and supplemental) with incident hip fracture and non-vertebral osteoporotic fracture, over a 15- to 17-year follow-up, in the Framingham Osteoporosis Study.

    METHODS: Three hundred and sixty-six men and 592 women (mean age 75 +/- 5 years) completed a food frequency questionnaire (FFQ) in 1988-1989 and were followed for non-vertebral fracture until 2003 and hip fracture until 2005. Tertiles of vitamin C intake were created from estimates obtained using the Willett FFQ, after adjusting for total energy (residual method). Hazard ratios were estimated using Cox-proportional hazards regression, adjusting for covariates.

    RESULTS: Over follow-up 100 hip fractures occurred. Subjects in the highest tertile of total vitamin C intake had significantly fewer hip fractures (P trend = 0.04) and non-vertebral fractures (P trend = 0.05) compared to subjects in the lowest tertile of intake. Subjects in the highest category of supplemental vitamin C intake had significantly fewer hip fractures (P trend = 0.02) and non-vertebral fractures (P trend = 0.07) compared to non-supplement users. Dietary vitamin C intake was not associated with fracture risk (all P > 0.22).

    CONCLUSION: These results suggest a possible protective effect of vitamin C on bone health in older adults.

    disebut kan mungkin malahan akan melindungi tulang.

    dari penelitian lain, Feeding orange pulp improved bone quality in a rat model of male osteoporosis PMID: 19459729 ternyata tikus jantan di berikan makanan jeruk tulangnya lebih baik.

    nah karena masih dalam penelitian, belum ada informasi yang lebih lengkap, mungkin kalau di IDWS ada yang mau meneliti, kayaknya akan baik juga.

    karena penelitian terhadap khasiat vit C ini udah berlangsung lama, dan paling menarik dan banyak pro dan kontra nya ^_^

    tapi... kan kita ngga lihat satu sisi saja bukan?
    obat makanan dan lainnya itu kayak pisau bermata dua, kalau dengan dose yang tepat dia bisa memperbaiki diri kita, kalau terlalu banyak malahan merusak.

    warning :offtopic: content
    contoh mudah oksigen yang kita hirup selama ini, kalau terlalu banyak atau bisa juga terlalu murni... bisa terjadi keracunan oksigen.
    kalau ngga percaya cari aja di google oxygen toxic atau key lain oxygen poisoning

    pendeknya semua yang terlalu itu selalu ngga bagus
    ^_^








    * :ehem: nasib terlalu ganteng :piss:
     
  11. canvas M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 2, 2009
    Messages:
    301
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +12 / -0
    jarang sih minum vitC..tp klo dh minum yg bentuknya permen itu ya, bs ketagihan mau trusss...
    kdg juga suka minumnya yg minuman...tp jarang2 si..lebi suka mangga..^^
     
  12. yuma Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 3, 2009
    Messages:
    5,763
    Trophy Points:
    201
    Ratings:
    +3,012 / -0
    Saya sih nggak mengonsumsi minuman atau suplemen yang konon katanya tinggi kandungan vitamin C, kecuali kalau terpaksa. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin C, saya dan keluarga mengandalkan jus wortel, jambu merah, jeruk, brokoli, tomat, dan pepaya :unyil:
     
  13. gamilas Members

    Offline

    Joined:
    Dec 16, 2012
    Messages:
    6
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +1 / -0
    Sepertinya kalo kebanyakan minum suplemen vit C bisa sakit lambung, krn sifatnya asam. Juga berat buat ginjal.
     
  14. verseiless Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 1, 2012
    Messages:
    58
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +3 / -0
    Konsumsi vitamin C ideal 75 mg per hari? Tapi produk-produk vitamin maupun minuman vitamin C banyak yang mengandung hingga 1000 mg..
     
  15. Aurora_110347 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 16, 2012
    Messages:
    511
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +202 / -0
    bnyak yg salah kaprah soal vit. C ini.

    sbnrnya Vit. C ini bukan untuk mnyembuhkan, tapi untuk mencegah, kalo belom kejadian flu nya.
    klo udah kejadian flu nya, Vit. C bermanfaat untuk meringankan flu nya saja, bukan mnyembuhkan flue nya.

    flue itu disbbkan oleh virus, dan virus tidak bisa dimatikan tpi hanya bs dilemahkan (pasif).
    yg berperannya adalah zat antioksidan yg ada di vit. C itu tdi.

    yg pasti konsumsi dengan wajar aja, klo bverlebihan malah ga baik jg buat kesehatan.
    gunakan sebijaksana-mungkin..

    :hmm:
     
  16. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,093
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,265 / -0
    Kebutuhan di waktu sehat emang sedikit doang.
    Yg lebih banyak adalah kebutuhan saat tdk fit, tapi itu pun nggak sampai seribu.
    Rasanya sih itu lebih ke strategi marketing produknya aja supaya laku.

    Not bad for a number two Tapatalk!
     
  17. GFA Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 14, 2011
    Messages:
    403
    Trophy Points:
    52
    Ratings:
    +1,297 / -0
    Konsumsi vitamin c tidak harus kita dapatkan dari supplemen tambahan namum secara alami bisa kita peroleh dari bahan alami seberti buah-buahan yang asam.
    Dosis yang kita konsumsi setiap hari juga perlu diperhatikan karena jika dosisnya berlebihan akan mengganggu metabolisme tubuh
    Jangan terpengaruh oleh iklan yang ada di TV
     
  18. ichinarayan M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 14, 2010
    Messages:
    581
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +223 / -0
    daya tahan ene emang lemprek gan makanya tiap hari ngemut 1 pil
    dan itu effectnya positif kok
     
  19. takumiusui Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 12, 2013
    Messages:
    43
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +1 / -0
    waduh... percuma donk selama ini saya minum jus jeruk atau vit.c drink... hahahah
    btw, nice info from this thread
    mulai hari ini, saya bisa hemat uang krn bakal lebih jarang minum vit c dan lebih sering olahraga aja buat jaga kesehatan <>_<>
     
  20. poogooh_san Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 23, 2013
    Messages:
    20
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +2 / -0
    bah, konsumsi yg wajar kurang dari 100 mg perhari, tapi knp banyak iklan2 yg dosisnya sampai 1 gram ya. untung jarang konsumsi yg gitu2an bisa2 rusak dah ginjal nih
     
  21. knight364 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 3, 2012
    Messages:
    349
    Trophy Points:
    37
    Ratings:
    +616 / -0
    konsumsi normal 75 ya?
    kalo ada yg beli yang sering nongol di iklan2 gitu yang "1000" bearti caranya minum dikit2, biat gk kelebihan, wkwkwkwkkw...
    :hoho:
    tanya dong, ada gk bedanya vitamin C dari jus botolan sama vitamin C dari buah langsung?
    agak males makan buah soalnya saya...
    :sepi:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.