1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Bertanya & Menjawablah Dengan Baik

Discussion in 'Kotak Suara IDWS' started by boxofthecribs, Dec 2, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. boxofthecribs M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 7, 2009
    Messages:
    277
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +16,943 / -0
    Gw baru banget gabung sama www[dot]indowebster[dot]web[dot]id dan indowebster[dot]com, jadi hitungan member yang masih hijau banget.. hehehe..
    dan dalam sebulan ini, gw langsung jatuh cinta banget sama indowebster, banyak hal yang bermanfaat gw dapet disini, dari ilmu, tips, tutorial, hal yang kocak, sampe masalah-masalah kecil sampe besar yang ngebuat gw pengen ikut mecahin bareng-bareng, kayak misalnya baru-baru ini ttg "orang-orang" alias SDM dibalik layar indowebster yang sangat kurang.. gw pengeeen banget bantu, tapi masalahnya gw nggak punya "skill" di permasalahan itu..

    nah.. cukup deh curhatnya.. hehehhe..

    saran gw disini adalah untuk kita semua, khususnya untuk "member" sendiri.. akhir-akhir ini gw mampir ke forum ini [Kritik, Saran & pertanyaan], dan gw baca-baca kebanyakan thread.. entah kenapa, gw agak sedikit sedih.. khehehe.. bukan maksud mau lebay si.. tapi kenapa yah, banyak dari kita yang bertanya dan menjawab kadang kurang "baik" gitu lho.. jadi maksudnya ada yang nanya, tapi pertanyaannya suka aneh-aneh.. ada juga yang ngejawab tapi suka langsung nyolot.. hehehe.. padahal yang ada di dalem thread itu tuh cuma member semua (paling yg bedain tingkat'nya aja) tapi intinya semua tetap member kan.. momod juga termasuk member kan.. hanya mereka yang menjadi momod, mimin, sumod, atau apapun namanya diberi gelar tersebut agar kita bisa lebih menghargai mereka atas jasa-jasanya.. gw salut banget sama mereka, gak gampang soalnya jadi mereka.. soalnya gw pernah ngerasain gimana capek'nya jadi moderator di salah satu forum luar.. dan ribet minta ampun.. adaaaa aja masalah yang dikasi sama member.. hehhee..

    oke balik lagi ke poin inti.. kenapa si kita nggak lebih banyak berpikir, bahwa nggak selamanya kita ini harus "disuapin", jadi sebelum bertanya alangkah baiknya kita mencari terlebih dahulu, siapa tau ada pertanyaan serupa yang tujuan pertanyaannya kurang lebih sama.. atau jika anda tidak tahu cara search, atau bahkan malas untuk search, sebelum bertanya, kenapa nggak bertanya terlebih dahulu ke sesama member melalui PM atau mungkin ke moderator.. jadi jangan dulu bikin "thread".. karena dalam thread, semua orang bakal bisa memberi komentar.. akan semakin kacau jika pertanyaan anda di salah artikan.. bisa-bisa thread anda di block atau jadi ajang konflik.. hehehee..

    kemudian, untuk yang menjawab.. saya baca, banyak banget yang menjawab dengan se'enaknya saja.. ada yang sedikit dengan aroma "sinis" bahkan.. mungkin kalian akan berkata, "ya mereka aja nanya'nya aneh-aneh..kenapa kita harus jawab lemah lembut.." atau "ya mereka tuh yang nanya gak mau usaha..cape ngejawab hal yang sama terus.." bagaimana jika orang yang bertanya sama sekali tidak tahu? atau bahkan mereka benar-benar baru nyentuh internet dan nggak tau cara search? anda tidak akan tahu berapa usia dibalik ID seseorang.. siapa tau juga dia cuma anak berusia 10 tahun? jadi alangkah baiknya kita tetap menjawab dengan baik.. meskipun pertanyaannya kadang suka "nyeleneh" ya sesama member apa salahnya kita saling bantu dengan "hati bersih" hehehe.. karena kita orang indonesia kan..?? yang ramah dan sangat sopan.. hehe

    kemudian untuk mereka yang menjawab dengan "sinis" karena merasa bahwa pertanyaan yang diajukan adalah pertanyaan yang sama setiap saat.. seperti contohnya, "gimana sih cara bikin avatar (padahal mereka masih newbie bukan MVU).." misalnya lho itu.. hehhee kurang baik juga rasanya jika kita langsung menjawab dengan sinis.. kenapa anda tidak membiarkan saja pertanyaan tersebut jika memang sudah ada satu orang yang menjawabnya.. jangan anda tambah-tambah lagi merendahkan atau apapun itu.. karena banyak saya lihat, member yang mengajukan pertanyaan yang sama malah terkadang bisa sampe 3 halaman.. yang isinya hanya "hujatan" kepada TS.. kalo anda cape menjawab hal yang sama, ya jangan dijawab.. hehehehe... biar gak makin panjang.. setuju nggak kira-kira.. :)

    dan ini nggak cuma ada disini aja.. maksudnya nggak cuma di subforum [Kritik, Saran & Pertanyaan], tapi juga ada di seluruh forum indowebster.. misalnya ada orang-orang yang RePost dan masih banyak lagi..

    saya bukan bermaksud untuk sok bijaksana.. ini semua hanya saran.. dan saya sebagai manusia juga bisa menerima kritik.. jika anda kurang menyukai apa yang saya lakukan.. hanya saja.. saya mohon untuk menyampaikannya secara baik-baik sebagaimana saya menyampaikan semua ini dengan baik-baik..

    jadi intinya.. bertanyalah dengan baik.. dan menjawablah dengan baik.. hanya itu kok.. nggak banyak.. hehehhe..

    oke.. sekian curhat saya untuk kemajuan indowebster dan keeratan tali silaturahmi sesama member dan keluarga besar indowebster..

    terima kasih..


    *Nb: hahahaha.. saya bingung, ada yang nambahin "tag" u/ thread ini > "penjilat admin" & "penjilat momod" ternyata ada juga yg kurang senang dengan saran yg saya berikan.. untuk dia, saya ucapkan terima kasih saja.. sudah perhatian.. hehehe..

    ___________________________________________________
    :idwsmania:
    :cheers:

    [​IMG]

    [​IMG]
     
    • Like Like x 7
    Last edited: Dec 2, 2009
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. Faticant Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Nov 24, 2008
    Messages:
    5,080
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +7,074 / -0
    Wah argumennya mantap :top:

    Gw pribadi sih gak bisa ngomong yg lain kecuali setuju

    Cuman, gw sebagai manusia biasa mungkin gak bakal bisa jadi kaya yg lo tulis di atas

    Tapi tetep, gak ada salahnya mencoba jadi manusia yg lebih baik dan berbudi pekerti bijak :lalala:
     
    • Like Like x 1
  4. ~airiRin~ M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Feb 7, 2008
    Messages:
    9,631
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,749 / -0
    Gw pengen di KSP tidak dihitung postnya karena seperti yg anda katakan, thread jadi seperti tempat junk. :swt:
    Ada yg malas jawab tapi malah post yg tidak penting. :bolakbalik:

    Gw pengennya sih seperti di forum luar. Pertanyaan TS terjawab, tidak ada yg menambahi dgn hal2 tidak penting.
     
    • Like Like x 1
  5. eXcImEr M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    May 18, 2009
    Messages:
    5,259
    Trophy Points:
    226
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +35,938 / -1
    bertanya itu untuk mendapatkan jawaban yang baik perlu kalimat yang baik juga, itu sudah dasar seseorang dalam berkomunikasi, selain pintar bicara kita juga harus pintar mendengarkan orang lain dan berusaha memberikan solusi yang terbaik, karena emang ada beberapa member yang bertanya kurang baik sehingga membuat sikap antipati beberapa orang disini:semangat:

    saia juga gak merasa keberatan menjawab pertanyaan yang sama berulang2 karena member kan banyak, bisa jadi ada yang belum paham, yang marah kalo ditanya pertanyaan repost artinya yah seperti menyombongkan diri sebagai senior gitu, menanggapinya emang perlu kesabaran, lain soal kalau kalimatnya sudah gak enak dilihat orang banyak, itu perlu ditanggapi dengan bijak.............:semangat:

    peace...........
     
  6. darkpsycho M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 20, 2008
    Messages:
    1,405
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +2,429 / -0
    bilang aja ama om triz, pasti setuju:bolakbalik:
     
    • Like Like x 11
  7. Hell_Raiser M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 25, 2009
    Messages:
    2,973
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +13,894 / -0
    wah, mantap infonya :niceinfo:
    setuju sama TS, kalo njawab pertanyaan noob emang lebih baik secara baik-baik gak langsung galak :top:
    tapi kalo member lainnya gak setuju, ya itu hak mereka masing-masing :ngacir:
     
  8. choli SUPERMOD

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Jul 16, 2009
    Messages:
    11,653
    Trophy Points:
    236
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6,487 / -4
    Harusnya sih emang seperti itu..
    Minimal sih harusnya baca2 dolo lah...
    CUma masalah ngga semua orang punya pemikiran seperti ente...

    Coba posisikan anda sendiri sebagai anggota member laen (mau momod, member MVU, member biasa, etc), cape ngga diberondong pertanyaan yang sama terus2an..
    Jujur aja sih..
    Kalo seandainya gua momod di tret yang bersangkutan, cape kalo cuma posting untuk pertanyaan yang membutuhkan jawaban yang sama....
     
    • Like Like x 1
  9. hidey-holey M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Nov 7, 2008
    Messages:
    12,341
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +23,720 / -0
    semua member di idws memang harus saling bersaudara,
    makanya, kalo dirasa ada yang tersinggung kalo dimarahi (baik itu yang tanya atau yang jawab) anggap saja itu karena yang marah itu peduli, dan memarahi atas dasar kebaikan.

    kan sesuai anggapan lama, setelah marah-marah, hubungan pun jadi semakin erat dan harmonis, disini banyak koq contoh seperti itu, dulu dimarahi, sekarang malah jadi temen akrab di forum.
    ===============
    wah, siggynya ts sangar, kalah tu, vip:p
    _____________:ngacir:
     
  10. anakbingung M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 9, 2009
    Messages:
    1,433
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +782 / -0
    klo nubi nanya emang harus jawab baik2, klo ga tar malah kabur ke forum lain, trus cerita2 di forum lain klo di IDWS itu org2nya ~bip bip~ :shock:
    kan malah bikin rusuh nanti...

    tapi jadi newbie pun juga harus tau diri. jgn tanya2 & minta password klo jumlah post blm sampe kuota, uploader kan juga harus dihargai. tanpa uploader2 itu, IDWS ga bakal bisa jadi kyk skrg... kadang klo ga dikasi tau TS-nya suka dikatain pelit :swt:

    akan lebih baik klo newbie main2 dulu ke FAQs sebelum posting ato buat thread, daripada capek2 buat posting pertanyaan yg udah ada di FAQs. sebenernya gpp sih, cm kan kasian momod & mimin capek jawabnya klo yg ditanya itu2 aja --> dulu saia juga gini soalnya :haha:

    gitu juga klo kita nanya ke IDWS'er lain, yah yg sopan. abis nanya ucapin trima kasih kalo jawabannya memuaskan, klik 'thanks' juga ud ok.

    satu lagi, jangan nge-junk..:voodoo:
     
  11. Cio M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Oct 6, 2008
    Messages:
    3,569
    Trophy Points:
    211
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +9,416 / -0
    Hmm, Wa disini berdiri sebagai "penjawab" yah, kalo menurut wa, setuju ama apa yang TS utarakan, memang baik newbie/penanya harusnya baca Rules or Search terlebih dahulu, bagaimana untuk yang bener2 baru mengenal forum/internet? Yah kita sebagai penjawab, berusaha untuk menjawab, namun seperti yang TS utarakan, kita (penjawab) juga tidak tahu apakah si newbie ini adalah bener2 newbie ataukah user kolot yang malas baca Rules dan Search, jadi kita sebagai penjawab hanya bisa berusaha menjawab sebaik2nya, namun tetep saja kita juga adalah manusia biasa yang punya batas kesabaran, sehingga apabila ditanya hal yang sama terus apalagi dengan cara bertanya yang tidak sopan, tentu kita akan menjadi bad mood dan bisa menjadi sinis dalam menjawab pertanyaan tersebut.

    Wa cuman bisa bilang moga2 untuk ke depannya, kita sebagai penjawab bisa punya kesabaran yang lebih panjang :hahai:
     
    • Like Like x 1
  12. truedark7 M V U

    Offline

    Spiderman

    Joined:
    Mar 25, 2008
    Messages:
    1,847
    Trophy Points:
    242
    Ratings:
    +11,515 / -0
    wa kira kalau pertanyaannya "baik" jawabanya juga akan baik / benar tapi kalau pertanyaanya aj sudah tidak baik / salah pasti jawabanya akan menjadi kurang baik juga .:haha:
     
  13. boxofthecribs M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 7, 2009
    Messages:
    277
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +16,943 / -0
    Sykurnya saya pernah jadi momod si bro.. hehehe.. meski gak di indowebster.. emang cape banget.. tapi yg saya sedih, bukan masalah ngejawabnya.. tapi cara ngejawab dan kenapa harus ditambah2in itu lho.. cukup 1 orang aja mksd saya.. yg lain jgn ikut2an nambahin yg nggak penting.. malah jadi junk.. khehehe.. setuju kan.. Salut buat momod, sumod, mimin de el el..
     
  14. truedark7 M V U

    Offline

    Spiderman

    Joined:
    Mar 25, 2008
    Messages:
    1,847
    Trophy Points:
    242
    Ratings:
    +11,515 / -0
    ada peribahasa mengatakan 2 kepala lebih baik dari satu kepala :awas:
    jadi semakin banyak yang menjawab akan semakin baik asal jangan oot:hero::hero::hahai:
     
  15. shinobi32 M V U

    Offline

    Forza Inter!

    Joined:
    Jul 31, 2008
    Messages:
    18,337
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,207 / -10
    pasti TS nya seorang mahasiswa.
    disuruh mandiri sih.
    ha..ha....

    btw, gw kritik TS ah..
    itu gambar2 di bwah postingan maksudnya mw kyk signature gitu?
    he.h.e..
    jadi MVU ato VIP ajalah, daripada menuh2in bandwith aja
     
  16. truedark7 M V U

    Offline

    Spiderman

    Joined:
    Mar 25, 2008
    Messages:
    1,847
    Trophy Points:
    242
    Ratings:
    +11,515 / -0
    PERINGATAN ! FORUM INI KHUSUS TEMPAT BERTANYA TENTANG INDOWEBSTER NETWORKS BUKAN TEMPAT REQUEST ATAU PERTANYAAN TENTANG YANG LAIN !
    KAMI AKAN MENDELETE THREADNYA DAN MEMBERIKAN INFRACTION BAGI SIAPAPUN YG TIDAK MAU MEMATUHI ATURAN INI

    Kritik, saran dan pertanyaan - Segala kritik, saran dan pertanyaan untuk forum maupun portal

    sudah di close aj daripada kena infract :hehe:
     
  17. ~airiRin~ M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Feb 7, 2008
    Messages:
    9,631
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,749 / -0
    Kalau sudah ada yg menjawab benar, kenapa masih harus reply dgn jawaban yg sama [atau bisa dibilang tidak jauh beda atau mirip].
    Banyak pendapat perlu kalau memang jawaban kurang meyakinkan. Tapi kalau jawaban pertama sudah benar tidak perlu lagi reply dgn jawaban yg sama saja. :bolakbalik:

    Thread ini termasuk saran. :ngacir:
    Memberi saran terhadap para orang yg bertanya dan menjawab di KSP. Jadi berkaitan dgn IDWS. :ngacir:
     
  18. Raestloz M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 5, 2009
    Messages:
    4,991
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +4,533 / -0
    Tergantung si penjawab dan pertanyaan/kritik/sarannya

    Kalau ane sih ngejawabnya biasanya pake kalimat merah tebel di atas, dan digedein tulisan "infract"nya, karena rasanya udah kelewatan banged kaga ngebaca itu :ngacir:

    Kalau nanya baik2, jawab baik2 sih ya ngejawabnya baik2 juga. Kalau dari awal ngajak rusuh, dari awal pertanyaan OOT (ga sesuai sama kalimat merah diatas), dari awal emang ngeflame ya jawabnya rusuh juga... :ngacir:

    kalau nanya baik2 biar kata repost juga sih ane masih sering jawab, kecuali udah ada yang jawabin, ane kaga ikut2an

    Yang ane setuju sama TS bagian "kalau udah ada yang jawab jangan dijawab lagi", soal'e pan 1 pertanyaan cuma butuh 1 jawaban... ada koq kasus udah dijawab beberapa orang (misal'e 3) masih ditanggapi sampe halaman berikutnya, walau isinya sama (namanya jawaban ya cuma satu)

    Kalau masalah "tolong jawab baik2" sih ya terserah yang jawab... keyboard punya dia soal'e. Sama kayak yang nanya... keyboard punya dia mau ngepost flame juga ya... terserah dia (tinggal nunggu apakah ada yang tersinggung kalau ketemu post enggak asyik) :ngacir:
     
    • Like Like x 1
  19. truedark7 M V U

    Offline

    Spiderman

    Joined:
    Mar 25, 2008
    Messages:
    1,847
    Trophy Points:
    242
    Ratings:
    +11,515 / -0
    tapi nich thread gak bakal selesai toch sudah usernya ad ratusan ribu kan sudah ad timbangan dan segitia tinggal report aj ke momod bila ad post yang kurang berkenan kan beres:piss::piss::ngacir:

    jangan nanti post raestloz tinggal kurang dari setengah :hahai::ngacir:
    (joke)
     
    Last edited: Dec 2, 2009
  20. blackhole150191 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 10, 2009
    Messages:
    330
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +76 / -0
    Post gw di KSP kaga banyak2 amad... paling 200.... itu aja udah overestimate kayaknya... :hehe:

    at any rate, mau bilang gimana juga ujung2nya harus kembali ke diri yang ngepost masing2....
     
  21. boxofthecribs M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 7, 2009
    Messages:
    277
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +16,943 / -0
    hahahahhaa... iya makasih kritik'nya.. :piss:

    sebenernya itu jg ada maksudnya, gak cuma sekedar Signatures..

    Go for Green Bro. Reduce You Carbon Foorprint. (Kurangi polusi karbon)

    [​IMG]

    dan Go for Green. Save On Electricity Bills. (Hemat listrik u/ lingkungan)

    [​IMG]

    Masuk dalam kampanye.. ma'af yah kalo abis2in bandwidth.. tapi tetap saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya sama saya.. kehehe..
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.