1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Berencana Hamil, Kurangi Kopi

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by shinminho, Jul 9, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. shinminho Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 29, 2009
    Messages:
    5,166
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +6,813 / -0
    BAGI pasangan suami istri (pasutri) yang memiliki program punya anak, masa prakonsepsi (sebelum pembuahan) merupakan saat yang tepat untuk mempersiapkan diri. Untuk meningkatkan fertilitas (kesuburan), pasutri bisa memilih makanan khusus untuk dikonsumsi setiap hari.

    Menurut Yayuk Estuningsih, pada masa prakonsepsi, sebaiknya diprioritaskan makanan yang mengandung asam folat, zat besi, vitamin C, vitamin B6, seng, selenium, dan kalsium. Bahan makanan seperti biji-bijian, daging, dan serelia mengandung selenium. Sedangkan sumber seng di antaranya adalah makanan laut, gandum, dan beras merah.

    "Bahan makanan seperti wortel, ubi merah, mangga, dan sayur berdaun hijau merupakan sumber beta karoten yang bermanfaat untuk maturasi sperma," terangnya.

    Ahli gizi RSAL dr Ramelan Surabaya itu juga menyarankan konsumsi avokad dan jambu biji yang kaya vitamin C. Manfaat vitamin C, kata dia, tidak hanya meningkatkan daya tahan tubuh, tapi juga mencegah infeksi, kanker, dan penyakit jantung. Vitamin C juga merupakan sumber antioksidan. "Untuk fertilitas, vitamin C dapat meningkatkan jumlah dan mobilitas sperma," ujarnya.

    Yang perlu diperhatikan, ada pantangan yang sebaiknya dihindari. Yayuk mencontohkan konsumsi alkohol. Pada wanita, alkohol menekan produksi hormon estrogen dan progesteron serta meningkatkan prolaktin. Itu akan menghambat terjadinya proses ovulasi. Pada pria, alkohol mengakibatkan penurunan ukuran testis, menurunkan volume semen (air mani), serta menurunkan konsentrasi, motilitas, dan morfologi normal spermatozoa. Kondisi tersebut akan mengurangi fertilitas.

    Disarankan pula memperbanyak makanan organik dan menghindari makanan yang mengandung zat kimia/pestisida/hormon. Selain itu, hindari makanan instan yang kaya sodium, bahan pewarna, dan bahan pengawet.

    Calon ibu yang gemar mengonsumsi kopi dan soft drink dianjurkan untuk membatasi konsumsi bahan tersebut. Sebab, kafein yang terkandung dalam kopi, teh, dan soft drink merupakan stimulan yang dicurigai bisa menurunkan kesuburan. Efek tersebut muncul bila bahan itu dikonsumsi lebih dari tujuh cangkir per hari. "Disarankan tidak minum kopi lebih dari satu cangkir per hari jika berencana hamil. Sebaiknya perbanyak minum air putih," sarannya.

    Dianjurkan pula menjaga berat badan. Jika mengalami kegemukan, disarankan segera berkonsultasi ke ahli gizi untuk mengatur pola makan. Yayuk mengatakan, kegemukan akan menghambat keseimbangan hormon testoteron pada pria dan estrogen pada wanita. Kondisi itu mengurangi kesuburan. "Lakukan olahraga sewajarnya saja," ujarnya. (ai/c8/soe)

    http://www.jawapos.com/metropolis/index.php?act=detail&nid=143880
     
    Last edited by a moderator: Jun 16, 2011
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. reazon M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 20, 2009
    Messages:
    1,563
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +20,031 / -0
    Katanya d sini cuma d curigai kopi dapat menurunkan kesuburan......
    tapi apa ada bukti medis ato melalui penelitian........:???:
     
  4. manggaAsem Members

    Offline

    Joined:
    Mar 5, 2010
    Messages:
    4
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +6 / -0
    kalo dari yg pernah saya baca..
    ibu yg minum kopi pas masa kehamilan akan mempunyai bayi yg lebih kecil dibanding yg tidak minum kopi
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.