1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Apa kamu cukup berani melawan Valak? Satukan kekuatan di The Werewolf Series #16: THE NUN. Open registration: 14 - 21 September 2018!
  6. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

Berencana Ajukan KTA Untuk Biaya Kuliah Anak? Pertimbangkan Dulu Beberapa Alternatif Ini

Discussion in 'Money Talks' started by alunayaka, Sep 28, 2017.

  1. alunayaka Members

    Offline

    Joined:
    Sep 28, 2017
    Messages:
    4
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Adanya kredit tanpa agunan yang diberikan oleh bank untuk para nasabahnya memang memberikan kemudahan. Tak bisa dipungkiri, banyak orang yang jadi berpikir untuk mengajukan pinjaman uang online atau kredit tanpa agunan demi memenuhu kebutuhan ekonomi. Terutama, kebutuhan ekonomi yang mendadak. Kredit tanpa agunan dianggap sebagai jawaban paling cepat dan mudah untuk banyak permasalahan ekonomi banyak kalangan. Tak hanya untuk modal usaha saja. Namun bahkan untuk biaya liburan, kesehatan, hingga pendidikan.

    Tak salah memang, karena salah satu tujuan dari kredit tanpa agunan atau KTA memang untuk membantu masalah ekonomi yang mungkin muncul di masyarakat. Terutama untuk nasabah bank. Namun walau begitu, bila saat ini Anda berencana untuk mengajukan kredit tanpa agunan atau KTA untuk biaya pendidikan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

    Menggunakan uang dari hasil pinjaman maupun kredit, untuk kebutuhan apapun memang membutuhkan pertimbangan yang besar. Terutama untuk biaya kuliah. Sering kali, biaya masuk kuliah yang tinggi karena anak yang gagal masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) sehingga harus masuk ke perguruan tinggi swasta (PTS). Meski bisa juga karena Anda yang kurang persiapan untuk biaya masuk sekolah anak ini sendiri,

    Menggunakan dana pinjaman dari kredit tanpa agunan untuk biaya masuk kuliah memang mudah. Prosesnya cepat, syarat yang mudah, serta tentu saja plafon kredit yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan sekolah. Namun bagaimana dengan masa depan cicilan Anda nantinya?

    Produk Kredit Tanpa Agunan atau KTA biasanya memiliki jangka waktu kredit yang tak terlalu panjang. Untuk plafon puluhan juta, lama kredit biasanya hanya beberapa tahun saja. Ambil saja salah satu contohnya yaitu produk KTA Dana Bantuan Sahabat dari Bank DBS. Ini berarti tagihan cicilan setiap bulannya pun akan cukup besar. Tagihan cicilan kredit tanpa agunan ini pun masih harus ditambah dengan biaya kuliah setiap semesternya. Serta kebutuhan lain. Banyak sekali bukan? Saking banyaknya, bukan tak mungkin Anda malah akhirnya keteteran karena kredit tanpa agunan untuk biaya masuk kuliah.

    Alternatif yang bisa dilakukan mengenai biaya masuk kuliah selain dengan kredit tanpa agunan, adalah beberapa yang ada di bawah ini misalnya.

    1. Perguruan tinggi biaya rendah

    Anda mungkin pada akhirnya tetap akan mengajukan pinjaman kredit tanpa agunan pada bank untuk biaya masuk kuliah. Untuk mengimbangi pengeluaran setiap bulannya nantinya, yang bisa Anda lakukan dengan mencari perguruan tinggi dengan biaya yang rendah. Ada banyak kok perguruan tinggi swasta maupun negeri yang mematok biaya per semester cukup rendah. Sehingga nantinya, Anda tak akan terlalu pusing dengan banyaknya pengeluaran antara membayar cicilan dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar biaya semester di perguruan tinggi.

    2. Fasilitas pinjaman dari kantor

    Selain KTA, alternatif pinjaman lain dengan bunga dan cicilan yang lebih rendah juga ada dari kantor. Bahkan biasanya juga bank akan bekerja sama dengan perusahaan untuk KTA Payroll, yang nantinya pembayaran akan dipotong langsung dari gaji setiap bulannya. Fasilitas pinajman dari kantor ini, berbeda dengan KTA biasanya memiliki plafon kredit yang tak cukup besar. Jadi Anda mungkin masih perlu menggunakan tabungan sendiri juga untuk menutupi kurangnya dari pinjaman kantor ini sendiri. Namun keuntungannya, cicilan lebih rendah setiap bulan serta biasanya jangka waktu yang bisa lebih panjang. Serta tentu saja, bunga jauh lebih kecil atau bahkan bisa-bisa tanpa bunga sama sekali.

    3. Peruntungan di perguruan tinggi pada tahun mendatang

    Seringnya, Anda tak bisa memaksakan untuk memasukan anak ke perguruan tinggi pada tahun tersebut bila persiapan belum matang. Baik itu persiapan dari sang anak sendiri, maupun persiapan Anda. Anda dan anak mungkin bisa bersama-sama mempertimbangkan langkah selanjutnya. Mulai dari dengan persiapan untuk memiliih masuk ke perguruan tinggi negeri untuk pembayaran yang lebih ringan. Hingga Anda bisa memiliki jangka waktu lebih lama untuk mempersiapkan keuangan bagi anak.

    Dalam jangka waktu satu tahun tersebut, Anda bisa mulai menabung dengan cara mencicil hingga mencapai besarnya dana yang dibutuhkan untuk membayar biaya perguruan tinggi anak tahun selanjutnya. Cara ini bisa menjadi alternatif lain bila dua cara di atas sebelumnya tak berhasil bagi Anda.

    Pendidikan hingga perguruan tinggi memang penting untuk anak hingga saat ini. Inilah mengapa, Anda juga sebaiknya memiliki persiapan sepenuhnya untuk pendidikan yang dibutuhkan oleh anak nantinya.
     
  2. yakubcahaya Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 26, 2017
    Messages:
    11
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    makasih banyak ya informasinya, aku juga punya informasi tentang kredit. silakan ditonton yaaa, semoga bermanfaat..

     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.