1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Berbisnis dengan Memanfaatkan Mesin Perkakas

Discussion in 'Micro Business Talks' started by jamezshame, Apr 2, 2016.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. jamezshame Members

    Offline

    Joined:
    Apr 2, 2016
    Messages:
    1
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1 / -0
    Adanya mesin membuat hidup manusia semakin mudah dan praktis. Yang tadinya sangat rumit untuk dilakukan, dengan adanya mesin hal itu menjadi mudah untuk dilakukan. Hampir semua orang merasakan manfaat dari mesin.

    Kehidupan sangat terbantu dengan adanya mesin. Mulai dari hal yang terkecil hingga hal yang besar. Mulai dari aktivitas di rumah hingga pekerjaan di kantor dibantu dengan mesin. Misalnya saja ingin memasak, para ibu rumah tangga saat ini lebih cenderung menggunakan blender untuk menghaluskan bumbu. Sedangkan dalam urusan pekerjaan, banyak pabrik-pabrik yang tidak hanya mengandalkan tenaga manusia, namun juga mengandalkan tenaga mesin.

    Biasanya, mesin yang digunakan dalam pabrik termasuk dalam kategori mesin perkakas. Mesin perkakas ini memiliki banyak jenisnya. Untuk mengetahui mesin apa saja yang dikategorikan mesin perkakas, berikut ini beberapa jenis mesin perkakas.

    Mesin Bubut

    [​IMG]

    Mesin bubut ini sudah tidak asing lagi bagi kita karena banyak usaha, baik UMKM maupun pabrik menggunakan mesin bubut untuk membantu aktivitas perusahaan. Mesin bubut ini pada umumnya berfungsi untuk memotong suatu benda, melubangi, dan masih banyak lagi manfaat yang dihasilkan oleh mesin bubut.

    Bagi kamu yang ingin membuka usaha dengan memanfaatkan fungsi dari mesin bubut, sebaiknya kamu mengetahui jenis-jenis dari mesin bubut itu sendiri. Karena mesin bubut ini memiliki beberapa jenis. Selain jenisnya, mesin bubut juga memiliki beberapa bentuk dan ukuran. Maka dari itu, sebelum memilih mesin bubut, perlu dicari informasi yang lebih detail mengenai mesin bubut ini. Bagi kamu yang mencari mesin bubut, kamu bisa mencari di internet. Karena banyak website yang jual mesin bubut ini.

    Mesin Frais (Milling Machine)

    [​IMG]

    Salah satu jenis mesin perkakas adalah mesin frais. Mesin ini memiliki banyak sekali fungsi yang dapat membantu pekerjaan. Beberapa fungsinya seperti untuk membuat siku, meratakan permukaan, pengeboran, membuat alur, dan sebagainya. Mesin frais memiliki banyak fungsi karena mesin ini memiliki banyak jenis pisau.

    Sehingga mesin ini mampu mengerjakan banyak jenis pekerjaan. Mesin ini juga memiliki jenis lagi. Pada umumnya, mesin frais terdiri dari mesin frais universal, horizontal, dan vertikal. Masing-masing jenis mesin frais terbagi menjadi beberapa jenis lagi. Oleh karena itu, tidak heran jika mesin frais ini memiliki banyak fungsi dan kegunaan.

    Mesin Sekrap

    [​IMG]

    Pada dasarnya, mesin sekrap ini berfungsi untuk memotong. Mesin sekrap mampu mengerjakan pekerjaan seperti meratakan permukaan suatu benda, membuat alur dengan cara menyayatkan pisau sekrap pada permukaan benda, dan sebagainya.

    Untuk menggunakan mesin sekrap ini, kamu harus mengikatkan benda yang ingin dibentuk dengan plat penjepit yang ada di mesin sekrap. Kemudian, pisau akan bergerak maju mundur untuk memotong benda tersebut.

    Mesin Bor

    [​IMG]


    Mesin bor yang sering kita lihat adalah mesin bor tangan, yaitu mesin bor yang pengerjaannya masih memerlukan tangan manusia. Jadi untuk melakukan suatu pekerjaan, perlu memegangi mesin bor ini. Pada dasarnya, mesin ini berfungsi untuk melubangi suatu benda.

    Biasanya, mesin bor digunakan untuk melubangi kayu, logam, tembok, dan sebagainya. Tidak hanya mesin bor tangan saja, ada beberapa jenis mesin bor, antara lain: mesin bor lantai, mesin bor kordinat, mesin bor meja, dan mesin bor radial.

    Mesin Lipat Plat

    [​IMG]


    Dengan tangan kosong, rasanya tidak mungkin untuk membengkokkan plat baja. Hanya orang yang memiliki kekuatan tertentu yang mampu melakukannya. Oleh karena itu, untuk membengkokkan atau melipat plat baja, perlu menggunakan mesin yang dinamakan mesin lipat plat. Cara kerja mesin lipat plat ini adalah dengan menarik tuas yang ada di mesin lipat plat untuk bisa melipat plat yang ingin dilipat.

    Mesin Press

    [​IMG]

    Mesin press merupakan salah satu jenis mesin perkakas yang berfungsi untuk menekan plat, bearing, dan AS yang permukaannya tidak rata. Mesin press juga berfungsi untuk menekan benda-benda dalam tumpukan yang cukup banyak untuk dipadatkan. Mesin press memiliki beberapa jenis dan ukuran.

    Mesin Las

    [​IMG]
    Mesin las seringkali digunakan di bengkel-bengkel. Mesin ini berfungsi untuk menyambung benda logam, memotong, dan sebagainya. Ada beberapa jenis mesin las, seperti mesin las titik, mesin las karbit, mesin las listrik, mesin las aterin, mesin las potong, dan sebagainya.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.